,

Top 10 Kuliner Khas Thailand! Saatnya Berburu Makanan Enak!

Siapa sih yang nggak doyan sama makanan enak? Mau ke mana pun perginya, sudah pasti makan jadi aktivitas yang wajib dan nggak boleh terlewatkan. Apalagi kalau sobat tiket nyobain kuliner khas Thailand kalau main ke Negeri Seribu Pagoda ini.

Kuliner khas Thailand, Waktunya Icip-Icip Makanan Enak!

Jangan salah, meski masih termasuk dalam wilayah Asia Tenggara, Thailand punya cerita sendiri kalau sudah ngomongin makanan. Ini dia, rekomendasi makanan super enak yang harus kamu coba kalau main ke Thailand:

1. Lezatnya Pad Thai yang Nggak Tergantikan

Kamu suka mi? Wuih, kamu harus cobain mi khas Thailand yang satu ini. Pad Thai namanya. Bentuknya mirip sama kwetiau, mi-nya lebar dan dibuat dari beras, bukan tepung. Sebagai tambahannya, ada kucai, tauge, tahu kuning, udang, daging sapi, daging ayam, atau kepiting.

Munculnya Pad Thai ini terbilang unik, karena dibuat untuk mengurangi pemakaian beras. Padahal, makanan ini dibuat dari beras, ya. Makanan ini mulai dikenalkan pada tahun 1930-an untuk membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat Thailand.

2. Nggak Boleh Kelewat, Durian Lokal Thailand

Sumber: Shutterstock.com

Nggak hanya di Indonesia, Thailand juga punya buah durian yang menjadi buah paling diminati oleh masyarakat lokal selain mangga. Bedanya dengan buah durian lokal di Tanah Air, durian lokal khas Thailand terasa agak mengkal ketika kamu mengonsumsinya.

Namun, bukan berarti rasanya tidak enak alias mentah, ya! Satu hal yang harus kamu tahu, sobat tiket, buah-buahan di Thailand itu rasanya amazing banget alias enaknya nggak bohong! Bahkan, saking enaknya, durian Thailand ini juga dibuat olahan kudapan khas setempat, namanya Durian Sticky Rice.

Mirip dengan Mango Sticky Rice, kudapan ini juga dibuat bersama dengan ketan dan siraman kuah santan. Sudah pasti, rasa manis dan gurih dari ketan, durian, dan santan akan berkolaborasi dengan sempurna di lidahmu.

3. Salad Pepaya Khas Thailand, Som Tum

Sumber: Shutterstock.com

Pepaya yang matang memang sangat manis rasanya. Nah, di Thailand, pepaya yang masih muda disulap menjadi olahan salad yang sangat menyegarkan. Namanya Som Tum, dengan tambahan campuran beragam sayuran yang nggak kalah segarnya.

Namun, kuliner khas Thailand ini beda sama salad lainnya, lho! Kalau salad biasanya diberi saus mayonaise sebagai topping-nya, Som Tum dibuat dengan tambahan cabai, tomat, dan bawang putih sebagai bumbunya. Rasa pedas, manis, dan asam berpadu dengan sempurna.

4. Tom Kha Gai, Sup Ayam Thailand yang Nagih Banget

Sumber: Shutterstock.com

Lalu, ada pula Tom Kha Gai, atau disebut Tom Kha Kai, hidangan asli Thailand yang rasanya mirip dengan Tom Yum. Mungkin, kamu akan menyebut hidangan satu ini dengan sup ayam, karena memang berbahan dasar ayam. Bedanya, kuah sup yang biasanya bening, kali ini kental dengan warna putih.

Lalu, rasa pedas Tom Kha Gai kabarnya lebih tinggi levelnya daripada Tom Yum. Bisa dibayangkan, ya. Tom Yum saja sudah pedas rasanya, bagaimana dengan sup ayam ini? Kalau sobat tiket penasaran tapi nggak suka pedas, coba pakai perasan air jeruk untuk mengurangi rasa pedas dan menambah kesegarannya.

5. Tom Yum Goong dengan Rasa Udang yang Khas

Sumber: Shutterstock.com

Kuliner khas Thailand satu ini sebenarnya adalah salah satu jenis Tom Yum yang begitu terkenal seantero Thailand, bahkan hingga ke negara lain di dunia. Bedanya adalah campurannya, yaitu menggunakan udang, sehingga disebut Goong.

Kamu bisa mencicipi Tom Yum Goong dengan kuah bening atau santan kental. Kabarnya, kuah santan kental akan menghadirkan rasa lezat yang lebih luar biasa daripada kuah bening. Namun, supaya lebih lengkap nih, nggak ada salahnya kok nyobain keduanya!

6. Legit Manis Mango Sticky Rice

Kalau sobat tiket main ke Thailand dan nggak nyobain Mango Sticky Rice, dijamin nyesel banget, deh! Mengapa? Ya apa lagi kalau bukan karena enaknya kudapan khas Thailand satu ini!Mango Sticky Rice termasuk makanan pinggiran atau street food yang paling terkenal di Thailand.

Khao Neeo Mamuang, begitu nama asli kudapan ini, dibuat dari ketan putih, mangga, dan siraman santan. Rasanya manis dan gurih, berhasil berpadu dengan sempurna membuat lidah terus bergoyang di setiap suapan.

Memang, kalau kamu belum pernah mencobanya, mungkin Mango Sticky Rice akan terasa cukup aneh. Ya, tentu saja, bagaimana bisa ketan dimakan dengan irisan mangga dan santan? Jangan salah, coba dulu deh, dijamin bikin kamu ketagihan!

7. Tom Yum, Makanan Tradisional Thailand

Makanan satu ini pasti sudah nggak asing lagi di telinga sobat tiket semua. Bahkan, makanan Thailand ini juga sangat tersohor di berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Apa lagi kalau bukan rasanya yang benar-benar lezat!

Tom Yum sendiri adalah masakan berkuah kental atau bening dengan isian udang atau beragam hasil laut alias seafood. Supaya rasanya lebih nikmat, ditambahkan cabai rawit, cabai merah, serai, bawang putih, jahe, lengkuas, hingga jeruk dan kecap asin.

8. Lembut dan Gurihnya Bubur Khao Tom

Bubur mungkin menjadi kuliner yang bisa dengan mudah kamu jumpai di seluruh Indonesia. Masing-masing, tentu punya ciri khas dan keunikannya, baik dari rasa, campuran, hingga bahan yang digunakan sebagai campuran sampai lauk-pauknya.

Nah, kalau di Thailand, Khao Tom adalah bubur lokal yang paling enak rasanya. Pasalnya, kuliner ini dimasak bersama aneka hasil laut dan daging. Sudah kebayang dong, bagaimana enaknya? Belum lagi kuahnya yang terbuat dari bumbu rempah yang rasanya sangat khas!

9. Kari Pedas Khaeng Pet

Sekarang, mari mendekat untuk para penikmat kari. Kari merah Thailand, namanya Khaeng Pet, memiliki rasa pedas yang begitu menggugah selera. Terbuat dari bahan utama berupa daging sapi, ayam, atau babi untuk penikmat makanan non-halal.

Kuah karinya menggunakan rempah yang begitu khas dengan tambahan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, cabai merah, dan masih banyak lagi. Selain daging, ditambahkan tahu, labu, sosis, rebung, hingga terung.

10. Mi Kaldu Ikan Pedas, Khanom Cin Nam Ya

Nama kuliner khas Thailand satu ini benar-benar panjang, ya! Pasti susah banget menyebutnya. Jadi, supaya lebih mudah, sebut saja Khanom. Hidangan ini berupa mi putih yang disiram kuah seperti kari dengan bahan dasar ikan. Rasanya? Tentu saja pedas dan segar!

Supaya lebih lezat rasanya, ditambahkan sayuran seperti tauge dan buncis. Lalu, lauknya, nggak kalah enaknya kalau bukan pakai telur rebus. Jangan lupa, tambahkan perasan jeruk nipis supaya rasanya lebih segar, ya!

Perut Kenyang, Hati Senang!

Tentu saja, kalau sudah kenyang nyobain kuliner khas Thailand, pasti suasana hati jadi lebih menyenangkan. Kalau sudah begitu, ngapain saja pasti nggak masalah. Gimana kalau belanja? Hitung-hitung, olahraga setelah kekenyangan karena kebanyakan makan.

Ada banyak tempat belanja di Thailand yang punya barang menarik yang pastinya harus kamu beli. Namun, jangan lupa beli tiket pesawat sama booking hotel dulu supaya jalan-jalannya makin sempurna. Apalagi kalau kamu pesannya lewat tiket.com, banyak banget promonya!