Ini Lho 10 Kuliner Khas Malaysia yang Harus Kamu Cicipi
Sumber: Shutterstock.com

,

Ini Lho 10 Kuliner Khas Malaysia yang Harus Kamu Cicipi!

Malaysia adalah negara tempat bercampurnya berbagai kebudayaan. Sobat tiket yang pelesiran ke negara ini, akan mudah sekali menemukan budaya Melayu, India, dan Tiongkok di setiap sudut kota, termasuk makanan khasnya.

Warna-Warni Budaya di Kuliner Khas Malaysia

Karena percampuran budaya ini berdampak kepada makanannya juga, tentu saat kamu liburan ke Malaysia harus banget cobain kuliner lezat khas Negeri Jiran ini.

Penasaran kan apa aja sih makanan enak di Malaysia? Tenang, nggak usah repot-repot browsing lagi. tiket.com sudah merangkum 10 kuliner khas Malaysia yang wajib kamu cicipi. Dijamin bikin ketagihan!

1. Nasi Lemak

Ini Lho 10 Kuliner Khas Malaysia yang Harus Kamu Cicipi
Sumber: shutterstock.com

Nasi lemak dimasak menggunakan campuran santan kelapa dan daun pandan sehingga terasa sangat gurih di lidah. Teskturnya sedikit berminyak karena penggunaan santan, namun baunya sangat wangi karena penggunaan pandan.

Warga Malaysia biasanya menyantap nasi lemak di pagi hari. Nasi ini dihidangkan dengan irisan telur, timun, kacang panjang, dan kacang tanah. Lauknya bisa dikombinasikan, yaitu tempe, tahu, ikan, udang, cumi-cumi, ayam, maupun daging.

Sobat tiket bisa coba lezatnya kuliner ini di nasi lemak Saleha. Selain lezat, harganya pun cukup terjangkau. Satu porsi nasi lemak Saleha ini kurang lebih RM 20 alias Rp 67.500.

Alamat: Jl. Raja Muda Musa No.8 Kampung Muda Baru, Kuala Lumpur.

Jam buka: pukul 07.00 – pukul 12 malam.

2. Ayam Percik

Ada dua wilayah di Malaysia yang sangat terkenal dengan masakan ayam perciknya, yaitu Kelantan dan Trengganu. Perbedaan keduanya hanya terletak pada level pedasnya bumbu.

Ayam percik Kelantan menggunakan saus serta bumbu rempah yang kemudian dicampur dengan santan. Nah, kalau ayam percik Trengganu, selain bumbu dan santan juga menambahkan cabai dalam masakannya sehingga cocok bagi penikmat rasa pedas.

Penasaran dengan ayam percik? Sobat tiket bisa mencoba kelezatannya di Yati Ayam Percik. Selain di Kelantan, restoran ini juga telah membuka cabang di Kuala Lumpur.

Satu porsi ayam percik di sini dihargai RM 10 atau Rp 34.000. Ingin menikmati kuliner ini dengan nasi biru? Sepiring nasi biru di Yati Ayam Percik harganya RM 2 atau Rp 6.800.

Alamat: Jalan Long Yunus, Kota Bharu, Kelantan,

Jam buka: pukul 10.30 pagi – pukul 6.30 malam

3. Assam Laksa

Ini Lho 10 Kuliner Khas Malaysia yang Harus Kamu Cicipi
Sumber: shutterstock.com

Assam laksa bisa sobat tiket temukan dengan mudah saat berkunjung ke Penang. Salah satunya ada di pertigaan Pasar Air Itam saat kamu menuju kuil Kek Lok Si di Penang.

Perpaduan mie beras dan kuah ikan serta udang yang sedap, susah sekali untuk dilupakan. Laksa ini sedikit asam karena bumbunya dicampur dicampur dengan air asam. Rasanya lezat sekali!

Orang-orang rela antri berjam-jam hanya demi makan laksa ini di Pasar Air Itam. Harganya juga tidak terlalu mahal, kurang lebih RM 4 saja untuk makanan sedap ini.

Alamat: Jalan Pasar No. 1, Pekan Ayer Itam, Pulau Pinang

Jam buka: Pukul 10.30 pagi – pukul 7 malam. Hari Rabu tutup.

4. Nasi Kerabu

Nasi kerabu adalah masakan ikonis Malaysia. Nasinya berwarna biru! Hal ini dikarenakan saat proses memasak, nasi dicampur dengan kelopak bunga yang berwarna biru.

Lauk pendamping dari nasi kerabu adalah ikan, ayam goreng, telur asin, ayam bakar, kerupuk dan tak lupa berbagai sayuran rebus. Penggemar selera pedas juga bisa menambahkan sambal terasi untuk menambah nikmatnya santapan ini.

Sobat tiket segera saja mencoba kelezatan nasi biru ini di Lieniey Nasi Kerabu Tumis. Harganya murah, namun lezatnya tak terkira.

Satu porsi nasi kerabu dengan kambing bakar dihargai RM 9 atau Rp 30.500. Adapun nasi kerabu dengan ayam bakar kurang lebih RM 5 atau Rp 17.000.

Alamat: Jalan Abdul Kadir Adabi, Kota Bharu, Kelantan,

Jam buka: pukul 7.30 pagi – pukul 2 siang. Usahakan kamu datang jam 8 pagi dimana pengunjung belum terlalu ramai.

5. Roti Canai

Ini Lho 10 Kuliner Khas Malaysia yang Harus Kamu Cicipi
Sumber: shutterstock.com

Warga Malaysia biasanya menghidangkan roti canai dengan perpaduan kuah kari ataupun dal, sejenis sayur kacang. Kuah kari yang digunakan biasanya kari kambing karena masyarakat India tidak makan daging sapi.

Tersedia juga versi manis dari roti canai ini. Penggemar makanan manis bisa menikmati roti canai menggunakan susu kental manis, kemudian menambahkan pisang serta buah-buahan lain saat menikmatinya.

Roti canai paling hits saat ini di Kuala Lumpur adalah roti canai tsunami Pak Ali. Keunikan dari kuliner ini adalah roti canainya disiram dengan kuah kari sampai menutupi roti seperti tersapu banjir tsunami. Satu porsi roti canai tsunami dihargai RM 13 atau Rp 43.900.

Alamat: Perumahan Pantai Permai, Jalan Pantai Permai, Pantai Dalam, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Kuala Lumpur.

Jam buka: pukul 4 sore – pukul 9.30 malam. Usahakan datang jam 8 pagi dimana pengunjung belum terlalu ramai.

6. Manok Pansoh

Sobat tiket bisa menikmati makanan khas Malaysia ini di daerah Sarawak. Hal paling unik dari kuliner Malaysia ini tentu proses memasaknya, yakni dengan menggunakan bambu.

Bagian dalam bambu harus dibersihkan terlebih dahulu. Lalu, bambunya dialasi dengan daun pisang sebelum dimasuki ayam yang telah dilumuri dengan berbagai bumbu.

Ayam kemudian dipanggang di atas api. Saat dipanggang, permukaan bambu harus ditutup menggunakan daun ubi kayu atau singkong sehingga uap panasnya tidak keluar. Hasilnya adalah kuliner lezat yang harus kamu rasakan kenikmatannya!

Kuliner ayam pansoh yang lezat ini bisa kamu temui di restoran My Village Barok, Sarawak. Satu porsi ayam pansoh dengan nasi putih biasa dihargai RM 11,5 atau Rp 38.900,

Alamat: Jalan Broke no. 7, Kampung Boyan, Kuching, Sarawak.

Jam buka: pukul 4.30 sore – pukul 11.30 malam.

7. Char Koay Theow

Ini Lho 10 Kuliner Khas Malaysia yang Harus Kamu Cicipi
Sumber: shutterstock.com

Kuliner satu ini lumayan mirip dengan makanan yang berasal dari Indonesia, yaitu kwetiau. Char koay theow adalah kwetiau goreng yang sudah ditambah dengan berbagai pelengkap seperti telur, udang, daun kucai, bakso ikan, dan sosis.

Perbedaan char koay theow dengan kwetiau goreng Indonesia adalah penggunaan sayurnya. Kalau di Indonesia, kwetiau goreng biasanya tambahan sayurnya menggunakan daun sawi, sedangkan di Malaysia menggunakan tauge.

Char Koay Theow paling lezat bisa kamu cicipi di Siam Road Charcoal Char Koay Teow. Sepiring kwetiau goreng ini dihargai RM 6,5 atau Rp 22.000, pas banget di kantong backpacker!

Alamat: Jalan Siam No. 82, George Town, Pulau Pinang.

Jam buka: pukul 12 siang – pukul 7 malam. Hari Minggu dan Senin restoran ini tutup.

8. Kolo Mee

Kolo mee bisa kamu temukan di daerah Kuching, Sarawak. Karakteristik kuahnya cukup ringan di lidah dan berwarna transparan. 

Mie ini biasanya disajikan kering dengan taburan daun bawang di atasnya, kemudian kuah. Diolah dengan menggunakan daging sapi ataupun daging babi. Cocok disantap di segala waktu dan suasana.

Kolo mee legendaris dan super lezat bisa kamu nikmati di Oriental Park Kolo Mee. Kamu bisa menikmati mie lezat ini kapanpun, karena resto ini buka dari pagi sampai malam. Semangkuk besar Kolo Mee harganya RM 5,5 atau Rp 19.000, sangat terjangkau!

Alamat: Gertak Lane, Kuching, Sarawak.

Jam buka : pukul 7 pagi – pukul 1 dinihari. Jam terbaik untuk mengunjungi resto ini adalah pukul 9 pagi.

9. Hokkien Mee

Ini Lho 10 Kuliner Khas Malaysia yang Harus Kamu Cicipi
Sunber: shutterstock.com

Hokkien Mee bisa kamu temukan dengan mudah saat mengunjungi Kuala Lumpur. Bahan utama dari kuliner spesial ini adalah mie telur.

Hokkien Mee kuahnya berwarna hitam karena penggunaan kecap. Mie digoreng dengan campuran telur, daging, udang, dan cumi-cumi. Biasanya disajikan dengan sambal, potongan jeruk nipis, dan lemak babi.

Restoran Hokkien Mie paling terkenal di Kuala Lumpur adalah Mun Wah Hokkien mee. Sepiring lezat Hokkien Mie harganya cuma RM 8 atau Rp 27.000.

Alamat: Jalan Maharajalela no. 155,Kampung Attap, Kuala Lumpur.

Jam buka: pukul 5 sore – pukul 12 malam. Hari Rabu restoran ini biasanya tutup.

10. Hainanese Chicken Rice

Ini Lho 10 Kuliner Khas Malaysia yang Harus Kamu Cicipi
Sumber: shutterstock.com

Hainanese Chicken Rice ini berasal dari suku Hainan di Tiongkok.Kuliner Peranakan ini merupakan perpaduan potongan ayam rebus dan nasi yang sudah dibumbui.

Nasi yang dihidangkan sebenarnya juga sesuai selera. Ada yang menyajikannya dengan nasi kukus berbumbu, ada juga yang lebih suka menggunakan nasi yang sedikit berminyak. Hainanese Rice Chicken lebih nikmat apabila disajikan dengan saus sambal dan potongan mentimun. 

Rekomendasi restoran di Kuala Lumpur untuk kuliner khas ini namanya sama persis, yaitu Hainanese Chiken. Hainanese Chicken Rice dijual mulai harga RM 6,5 atau Rp 22.000. Sangat bersahabat dengan kantong kamu.

Alamat: Jalan Sultan Azlan Shah no. 653, Taman Rainbow, Kuala Lumpur.

Jam buka: pukul 8 pagi – pukul 7.30 malam.

Nikmati Lezatnya Kuliner Langsung di Malaysia!

Penasaran ingin menikmati kuliner khas Malaysia? Segera pesan tiket penerbanganmu ke Negeri Jiran ya. Jangan lupa pesan hotelnya juga, banyak banget hotel nyaman di Malaysia dengan harga terjangkau!

Nah, sebelum booking, ada baiknya kamu juga mengikuti tips memilih hotel yang nyaman saat di Malaysia untuk menambah keseruan liburan kamu. Selamat liburan!