Makanan Favorit di Macau

,

Pastikan untuk Mencicipi 6 Makanan Khas Macau Ini Saat Liburan ke Sana

Mencicipi kuliner khas daerah setempat merupakan salah satu aktivitas wajib saat liburan selain belanja dan hunting foto. Apalagi jika kamu mengunjungi Macau, salah satu kawasan wisata terkenal di dekat Hong Kong.

Meskipun identik dengan wisata hiburan seperti kasino dan bar, tetapi kita tidak boleh melewatkan hidangan khas yang banyak ditemui di restoran dan tempat makan lokal.

Soal rasa, sepertinya kita tidak boleh meragukannya. Kebanyakan hidangan di Macau identik dengan kebudayaan Tiongkok dan Portugis yang dari dulu dikenal memiliki ragam menu yang lezat dan cocok di lidah.

Menu Favorit di Macau

Jadi apabila sobat tiket berkesempatan mengunjungi Hong Kong dan mampir ke Macau, pastikan untuk mencoba 6 menu favorit berikut ini, ya!

1. Dimsum

makanan khas macau

Dimsum sudah seperti makanan nasional masyarakat Macau mengingat kebanyakan penduduknya merupakan etnis Tionghoa. Hidangan ini bisa disajikan sebagai makanan utama atau pendamping dengan rasa yang berbeda.

Dimsum terenak seharusnya dimakan hangat-hangat. Jadi pastikan saat membeli, kamu mendapatkan seporsi dimsum hangat untuk dimakan bersama hidangan khas Tionghoa lainnya.

Untuk penyajian. pihak rumah makan biasanya akan meletakkan dimsum di wadah bambu yang juga berfungsi sebagai pengukus. Saat ini, ada banyak isian dimsum selain daging babi loh.

Mengingat banyak wisatawan Muslim yang juga ingin menikmati dimsum saat berkunjung ke Macau. Nah, apabila kamu termasuk yang mencari dimsum nonbabi, pastikan untuk mencoba hidangan ini di restoran berlogo halal.

Sebab di Macau ada beberapa restoran yang berlabel halal. Biasanya dimsum halal memiliki isian berupa seafood, daging sapi, atau daging ayam, dan dimasak dengan minyak sayur. Sebagai rekomendasi, nikmati dimsum dengan citarasa asli di Corina Pinnochio.

Restoran yang berlokasi di Villa de Taipa ini beroperasi mulai dari jam 12.00 sampai 23.00, dan sejak tahun 1968 cukup konsisten menyajikan hidangan khas Macau dan Tiongkon, seperti dimsum.

2. Egg Tart

makanan khas macau

Karena dulunya Macau merupakan daerah jajahan Portugis, banyak sekali makanan di kota ini yang dipengaruhi budaya negara tersebut. Salah satunya, Egg Tart. Egg Tart dengan resep asli Portugis merupakan nama sebuah kudapan khas.

Makanan ini termasuk salah satu jenis pastry berbentuk mangkuk kecil dan bentuknya hampir mirip pie susu asli Bali. Bedanya, di bagian tengah terdapat custard telur yang disiram dengan karamel sehingga rasanya menjadi manis.

Mencari kudapan Egg Tart di Macau juga bukanlah hal yang sulit. Hampir seluruh distrik di kota ini memiliki toko atau restoran yang menjual Egg Tart. Jadi sobat tiket bisa membeli hidangan manis ini di toko atau kedai mana saja.

Sama seperti hidangan lainnya, Egg Tart tentu lebih enak saat dikonsumsi hangat-hangat. Rasa pastry yang lembut serta lelehan custard akan menjadi paduan spektakuler di lidah kita.

Selain dinikmati langsung, Egg Tart juga bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga di tanah air. Karena dimasak dengan cara dioven, daya tahan kudapan manis ini cukup lama sehingga kamu tidak perlu khawatir Egg Tart akan busuk saat di jalan.

Tempat terbaik untuk makan Egg Tart di Macau adalah Lord’s Stow Garden Cafe yang pertama kali berdiri pada tahun 1989. Tempat ini tidak hanya digemari warga lokal tetapi juga turis mancanegara.

3. Almond Biscuits

Kudapan lezat lainnya di Macau adalah kue kenari atau almond biscuit. Menu ini biasanya disajikan bersama secangkir teh atau kopi panas saat pagi dan sore hari. Meskipun bentuknya kudapan, tetapi almond biscuit memiliki rasa gurih dan manis.

Berbeda dengan kebanyakan biskuit atau kue kering. Makanan khas Macau ini lebih tebal dan empuk. Karena memiliki daya tahan yang cukup lama, selain dinikmati langsung almond biscuit biasanya juga dijadikan oleh-oleh.

Makanan enak ini bisa kamu beli di toko oleh-oleh dalam kemasan kotak atau kaleng. Karena cukup populer dan digemari, banyak sekali toko yang menjual almond biscuit.Termasuk di toko oleh-oleh duty free bandara.

Kamu juga bisa menikmati almond biscuit dengan aneka isian lezat di Koi Kei. Toko pertama restoran yang saat ini hampir ada di setiap sudut Macau ini dibuka pada tahun 1997. Selain menjual biskuit kenari, Koi Kei juga menjual eggroll dan peanut candy.

4. Pork Chop Bun

Pork chop bun atau roti isi daging merupakan jajanan khas Macau lain yang tidak boleh dilewatkan. Sekilas, hidangan ini mirip dengan burger atau hotdog, yaitu potongan daging yang disajikan di antara lapisan roti.

Bedanya, pork chop bun menggunakan roti dan racikan bumbu yang khas dan berbeda. Serunya, setiap penjual pork chop bun menggunakan resep pribadi mereka untuk meracik makanan lezat ini.

Jadi jangan heran apabila rasa roti isi daging ini berbeda antara tempat makan satu dan yang lainnya. Roti yang dijadikan bahan isian sendiri adalah daging babi. Karena tidak bisa diganti daging lain, tidak semua orang bisa menikmatinya.

Untuk makan hidangan lezat ini, sebaiknya nikmati pork chop bun saat masih hangat. Karena pada saat itu, paduan roti lembut dan daging berbumbu akan membuat lidah dimanjakan dengan rasa yang lezat.

Pork chop bun dengan rasa terbaik bisa kamu dapat di Tai Lei Loi Kei. Meskipun cabangnya berdiri di hampir setiap sudut Macau, tetapi restoran yang buka sejak 1968 ini tetap mempertahankan cita rasa menu-menu yang dijual .

5. Street Food Skewer

Berkunjung ke sebuah negara tidak akan lengkap sebelum kita mencoba hidangan kaki limanya. Salah satu yang recommended di Macau adalah skewer atau sate. Kudapan khas ini mudah sekali ditemukan di Macau terutama saat malam hari.

Penjual biasanya akan menyajikan aneka jenis skewer sehingga pembeli bisa bebas memilih makanan yang mereka mau. Bahan yang digunakan pun bermacam-macam, mulai dari daging ayam atau babi, bakso daging, dan seafood.

Penjual biasanya akan memasak skewer yang mereka jual dengan kuah kaldu kaya rasa. Setelah itu makanan ini disajikan di sebuah paper cup kecil atau kemasan styrofoam.

Kamu bisa menambahkan saus sesuai dengan selera, seperti saus kari kuning atau cabai. Selain itu, tambahkan sayuran sebagai pendamping untuk rasa yang lebih nikmat. Ada banyak penjual sate pinggir jalan semacam ini di Senado Square.

6. Milk Pudding

makanan khas macau

Hidangan lezat ini sebenarnya juga bisa kita temukan di Hong Kong. Tapi saat berada di Macau, tidak ada salahnya untuk mencicipi pula puding susu ala kota bekas jajahan Portugis ini.

Salah satu puding susu terbaik yang bisa kita coba saat berada di Macau adalah produk Yee Shun Milk Company. Berbeda dengan milk pudding lainnya, puding susu produksi Yee Shun cenderung lebih kental dan padat.

Tekstur semacam ini justru banyak sekali diminati oleh para turis. Milk pudding sendiri dapat dinikmati saat hangat atau dingin. Bagi milk lover hidangan ini tentu saja masuk ke dalam daftar hal-hal yang harus dicoba saat berada di Macau.

Belanja dan Makan Sepuasnya di Macau

Setelah memenuhi kebutuhan perut dengan mencoba 6 hidangan khas di atas. Tidak ada salahnya untuk berbelanja oleh-oleh dan kebutuhan lainnya di Nathan Road. Jadi selain memanjakan tubuh, kamu juga bisa memanjakan mata.

Macau memang gudangnya tempat wisata, akan sangat rugi jika saat berlibur ke sini kita tidak memanfaatkan waktu yang dimiliki sebaik mungkin. Jadi selama liburan, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi setiap sudut kota.

Nuansa Portugis dan eksotisme budaya Tiongkok merupakan dua hal yang akan sering kamu lihat di sini. Paduan tersebut tentu saja akan membuat pengalaman berlibur ke kota yang berjarak 70 km dari Hong Kong ini semakin sulit dilupakan.

Jadi tunggu apalagi, segera booking tiket pesawat ke Macau sekarang juga dan nikmati liburan full entertainment ala kota cantik ini. Selamat menikmati liburan dan semoga informasi di atas bermanfaat, ya.