malaysian souvenirs

,

8 Oleh-Oleh Khas Malaysia yang Terkenal untuk Dibawa Pulang

Liburan ke Malaysia. Teman-teman minta dibawain oleh-oleh. Dibeliin apa ya? Nah, jangan bingung sobat tiket. Kami di sini untuk membantu, kalau kamu ingin cari referensi oleh-oleh khas Malaysia yang bisa dibeli selain magnet kulkas, maka kamu sudah di tempat yang tepat.

Pergi ke manapun sepertinya tidak akan lepas dengan yang namanya oleh-oleh, baik itu kamu pergi untuk kebutuhan kerja, belajar, apa lagi liburan. Pasti kamu ingin membawa secuil kenangan untuk dibawa pulang.

Oleh-Oleh Malaysia Kekinian dan Tempat Belinya

Oleh-oleh juga sebenarnya tidak selalu dibagi-bagikan ke orang lain seperti teman-teman atau orang di rumah. Kamu bisa juga menyimpannya sebagai kenang-kenangan yang mengingatkan kamu ketika liburan ke Malaysia.

Apapun alasannya, tak lengkap memang rasanya kalau kamu pulang tak membawa oleh-oleh khas Malaysia. Lalu apa saja yang bisa kamu beli di sana? Simak daftar lengkapnya di bawah ini ya.

1. Songket Malaysia

oleh oleh khas malaysia

Malaysia terkenal dengan pakaian songket yang terbuat dari sutra atau katun dan ditenun dengan proses khusus menggunakan benang emas atau perak. Pakaian ini adalah pakaian khas melayu yang bisa kamu gunakan untuk menghadiri acara formal.

Tempat untuk membeli songket Malaysia antara lain ada di Central Market yang terletak di Kuala Lumpur. Selain itu kamu bisa juga membelinya di Kompleks Kraftangan di Kuala Lumpur atau Langkawi.

2. Old Town White Coffee

Oleh-oleh khas Malaysia murah yang bisa kamu beli dalam jumlah banyak adalah Old Town White Coffee. Sama seperti warga negara lainnya, Malaysia juga sangat menyukai kopi dan bahkan memiliki satu merek kopi legendaris.

Old Town White Coffee bisa kamu beli dalam kemasan sachet dan mudah dibawa. Tempat untuk membelinya pun tidak sulit ditemukan. Kamu bisa membelinya di minimarket atau pusat oleh-oleh yang ada di Malaysia.

3. Produk Timah

Salah satu pengrajin timah terbesar yang ada di dunia antara lain adalah Malaysia, atau lebih tepatnya Royal Selangor, sebuah perusahaan timah yang telah berdiri sejak kira-kira 130 tahun yang lalu. Pendirinya berasal dari China yang pindah ke Malaysia.

Produk yang dibuat di sini merupakan yang terbaik. Contohnya kamu bisa beli barang seperti gelas atau papan catur keren yang terbuat dari timah.

Toko-toko Royal Selangor bisa kamu temukan banyak di Malaysia. Di bandara KLIA dan KLIA2 juga tersedia produk dari perusahaan tersebut kalau kamu tak sempat mampir ke tokonya.

4. Tau Sar Piah

Kalau kamu ingin membawa pulang makanan ringan sebagai oleh-oleh khas Malaysia, kamu bisa membeli makanan bernama tau sar piah. Cemilan kecil yang gurih dengan isi kacang hijau ini cocok banget untuk teman ngobrol bersama teman-teman.

Tak hanya kacang hijau, tersedia juga varian rasa lain seperti kacang merah atau pandan. Toko yang menjual makanan ini tersebar sangat banyak di Malaysia. Namun toko tertua yang sudah berjualan lebih dari 100 tahun berada di Penang, namanya Gee Hiang.

5. Batik Malaysia

Salah satu oleh-oleh khas Malaysia yang mendapatkan pengaruh dari Indonesia, khususnya dari Jawa, adalah batik. Kain yang satu ini juga menjadi pilihan andalan banyak turis mancanegara yang datang ke negara ini.

Kamu bisa temukan banyak sekali toko yang menjual batik Malaysia, mulai dari yang menawarkan kualitas tinggi hingga yang terjangkau untuk dibeli dalam kuantitas besar. Di Penang, kamu bisa ke Campbell Street. Kalau di KL kamu bisa ke Petaling Street untuk membeli batik ini.

6. Makanan Olahan Durian

Selain di Indonesia, durian juga merupakan buah yang sangat populer di Malaysia. Ada banyak sekali olahan makanan yang terbuat dari bahan durian seperti kue, coklat, dan lain sebagainya. Wajib banget kamu coba kalau kamu doyan makan buah durian.

Produk olahan durian ini bisa kamu temukan tersebar luas di supermarket yang ada di Malaysia atau toko kue setempat. Salah satu merek coklat yang membuat rasa durian yang terkenal adalah Beryl’s.

7. Kerajinan Tangan

Kalau kamu cari barang-barang unik untuk dijadikan oleh-oleh khas Malaysia, maka kamu bisa beli produk-produk kerajinan tangan. Umumnya produk tersebut terbuat dari bambu, rotan, kelapa, dan daun pandan.

Bentuknya pun sangat beragam, mulai dari tas, keranjang, dompet, dan bentuk lain yang bisa mengingatkan kamu tentang Malaysia. Tempat membelinya juga sangat tersebar. Contohnya, kamu bisa ke Central Market yang ada di Kuala Lumpur untuk membelinya.

8. Dodol Malaysia

Meskipun di Indonesia juga ada dodol, tapi camilan yang manis dan lengket ini juga menjadi oleh-oleh khas Malaysia yang sangat populer. Ada dua varian dodol di sini, yang kenyal dan lengket, atau yang keras dan renyah.

Varian rasanya pun sangat beragam, mulai dari rasa durian, pandan, mangga, nanas, dan lain sebagainya. Kalau kamu mau beli makanan ini, kamu bisa datang ke pusat oleh-oleh di Kuala Lumpur atau di Melaka.

Oleh-Oleh Murah, Dapat Banyak!

Nah, itu dia oleh-oleh khas Malaysia selain magnet kulkas yang bisa kamu beli. Banyak bukan pilihannya? Tak perlu khawatir lagi karena banyak juga pilihan oleh-oleh yang murah untuk kamu bagikan ke semua orang-orang terdekat. Jangan lupa juga mampir ke tempat wisata di Penang. Kalau mau ke Malaysia, kamu bisa pesan tiket pesawat murah melalui tiket.com.