,

Wisata Sekaligus Belajar di 10 Museum Terbaik Malaysia? Dijamin Bikin Liburan Makin Seru!

Menjadi salah satu negara budaya dunia versi UNESCO membuat Malaysia memiliki banyak sekali tempat wisata bersejarah, salah satunya museum. Setidaknya ada sekitar ratusan museum yang tercatat berdiri di Malaysia.

Ada banyak sekali jenis museum yang bisa kita kunjungi di Malaysia, baik yang historik atau yang benar-benar unik. Untuk kamu yang akan pelesiran ke Negeri Jiran, berwisata ke museum akan jadi pengalaman yang menyenangkan!

Mulai dari museum sejarah nasional, kerajaan, perdagangan, hingga museum kontemporer, semua ada! Nah, menurut beberapa traveler, dari sekian ratus museum tersebut ada 10 museum di Malaysia yang nggak boleh dilewatkan.

10 Museum Terbaik di Negeri Jiran

Jika kamu berlibur ke Malaysia, jangan lupa untuk mengunjungi 10 museum terbaik yang akan memberikan pengalaman belajar sekaligus berlibur seru! Simak ulasannya di bawah ini, lengkap beserta harga tiket masuknya juga, lho 😉

1. Baba and Nyonya Heritage

museum di Malaysia

Museum unik ini awalnya merupakan sebuah bangunan milik seorang keturunan Cina yang kaya raya bernama Baba Chan. Bangunan museum sendiri awalnya merupakan situs peninggalan Belanda.

Tidak heran apabila gaya arsitektur Eropa mendominasi di setiap sudut bangunan. Baba and Nyonya Heritage sendiri merupakan museum yang menyimpan sejarah peranakan di Malaysia.

Di dalamnya kamu akan melihat banyak sekali benda-benda yang mewakili etnik Tionghoa dan perabot antik dari Belanda, Italia, maupun Inggris. Jangan lupa untuk mengambil gambar sebanyak-banyaknya ya saat berada di sini.

Karena kapan lagi kan kita bisa berpose dengan latar belakang bangunan kuno berusia lebih dari 100 tahun tersebut?

Alamat: Jalan Tun Tan Cheng Lock No. 48-50, Melaka, Malaysia

Harga tiket: RM4-RM8

Jam operasional: 10.00-12.30 dan 14.00-16.30

2. Museum Samudra (Flo de Lamar)

Selain dua nama di atas, museum ini juga dikenal dengan nama Museum Maritim Melaka. Kerennya, bangunan museum merupakan replika kapal Portugis yang pernah mendarat di Malaysia pada tahun 1600-an.

Replika dimanfaatkan sebagai pengingat bahwa negara ini pernah menjadi bagian dari jajahan Portugis. Pada masanya, kapal tersebut digunakan untuk membawa banyak dokumen dan barang berharga milik Kesultanan Malaka.

Tapi sayangnya, kapal ini karam di Laut Aru, Malaysia. Museum Samudra sendiri berisi sejarah panjang maritim dan pelayaran berbagai bangsa yang singgah di Malaysia. Museum ini juga memamerkan sejarah pelayar nasional Malaysia.

Alamat: Jalan Quayside, 75000 Melaka, Malaysia

Harga tiket: RM0,5-RM3

Jam operasional: 09.00-18.00

3. Museum Sejarah Naning

Naning merupakan nama sebuah suku dominan di Semenanjung Malaka atau Malaysia. Suku Naning sendiri memiliki hubungan yang erat dengan Suku Minangkabau di Indonesia. Jadi jangan heran jika kamu menemukan banyak kemiripan budaya.

Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan banyak sekali sejarah dan peninggalan Suku Naning. Hal tersebut bisa kita lihat dari koleksi barang-barang unik seperti alat pertanian, pakaian adat, hingga miniatur bangunan tradisional.

Keunikan dan keotentikan budaya Naning merupakan daya tarik utama dan alasan, mengapa museum ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Alamat: Jalan Datuk Naning, 78000 Alor Gajah, Melaka, Malaysia

Harga tiket: RM3-RM5

Jam operasional: 09.00-18.30

4. Pinang Peranakan Mansion

Jika Melaka punya Baba and Nyonya Heritage, Penang menawarkan Pinang Peranakan Mansion. Bangunan rumah megah yang telah mengalami banyak renovasi tersebut awalnya merupakan rumah seorang Kapten Chung Keng Kwee.

Kapten yang merupakan warga asli Cina daratan tersebut merupakan penambang timah dan pemimpin organisasi rahasia pada abad ke-19. Kebudayaan Tionghoa bukan satu-satunya koleksi di museum unik ini.

Setidaknya ada 1.000 barang antik dari kebudayaan Eropa yang juga dipamerkan di tempat ini. Keren bukan? Sayangnya, untuk berfoto kita harus meminta izin dulu pada penjaga rumah.

Alamat: 29, Jalan Church, 10200 Penang, Malaysia

Harga tiket: RM20

Jam operasional: 09.00-18.00

5. National Textile Museum (Museum Tekstil Malaysia)

museum di Malaysia

Sesuai namanya, tentu saja daya tarik utama museum ini adalah koleksi kain atau tekstilnya. Tidak hanya memamerkan ribuan jenis kain, museum keren ini juga menawarkan pengetahuan-pengetahuan baru tentang pertekstilan, lho!

Seperti teknik apa saja yang digunakan untuk mencetak motif pada kain, bagaimana caranya membuat sebuah kain, hingga sejarah berbagai macam kain yang diimpor dari luar negeri ataupun kain lokal.

Alamat: Jalan Sultan Hishamuddin, KLCC, Kuala Lumpur, Malaysia

Harga tiket: Gratis!

Jam operasional: 09.00-18.00

6. Penang House of Music

Dibangun sebagai penghargaan terhadap karya dan prestasi musisi masa lalu, Penang House of Music memiliki banyak sekali koleksi dokumentasi keragaman budaya dan musik di Negeri Jiran. Meskipun baru diresmikan tahun 2007 silam, tetapi tempat ini cukup menarik minat turis.

Bagaimana tidak, di sini pengunjung tidak hanya akan belajar tentang dunia permusikan di Malaysia tetapi juga mendengar langsung aneka lagu dan nada yang dibuat oleh para musisi legendaris negeri tersebut.

Alamat: KOMTAR, L4-02, Level 4, Jalan Penang, George Town, 10000 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

Harga tiket: RM7

Jam operasional: 09.00-18.00

7. Straits Chinese Jewelry Museum

Meskipun dari konsep dan bangunannya museum ini mirip dengan dua museum sejarah peranakan yang disebutkan sebelumnya, tetapi dari koleksinya, tempat ini cukup unik dan berbeda, deh!

Merupakan rumah bagi 400 jenis perhiasan dan pernik khas peranakan, Straits Chinese Jewelry Museum sendiri baru dibuka pada tahun 2012. Sebelumnya, bangunan museum merupakan tempat tinggal seorang peranakan Tionghoa yang tersohor.

Jadi dari bangunannya saja, kesan mewah akan terlihat jelas. Selain perhiasan, museum unik ini juga menyimpan banyak sekali benda antik dan pajangan-pajangan khas peranakan yang bersejarah.

Alamat: 108, Jalan Tun Tan Cheng Lock, 75200 Melaka, Malaysia

Harga tiket: RM10-RM15

Jam operasional: 09.00-18.00

8. Wonderfood Museum

museum di Malaysia

Kamu suka makan? Di Malaysia ada museum yang cocok dengan hobi kamu loh, namanya Wonderfood Museum. Seperti namanya, museum ini memiliki koleksi berupa replika 100 jenis makanan mulai dari makanan tradisional hingga street food.

Makanan tradisional yang dipamerkan pun bukan hanya yang berasal dari Malaysia, tetapi juga Cina, India, dan Peranakan. Selain replika, pihak museum juga menyajikan aneka makanan asli yang cukup mengenyangkan perut kita.

Jadi selain berfoto, kamu juga bisa menikmati aneka makanan lezat ala Malaysia yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Alamat: 49, Lebuh Pantai, George Town, 10200 George Town, Pulau Pinang, Malaysia

Harga tiket: RM15-RM25

Jam operasional: 09.00-18.00

9. Islamic Art Museum Malaysia

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Malaysia memiliki museum Islam terbesar di Asia Tenggara. Dibuka pada tahun 1998, museum ini memiliki berbagai macam koleksi tentang agama Islam yang berasal dari berbagai negara di dunia.

Setidaknya ada 12 galeri yang digunakan untuk menyimpan berbagai koleksi berupa 7.000 artifak tentang budaya, sejarah, dan benda-benda yang berhubungan dengan perkembangan Islam di Malaysia ataupun dunia. Keren banget, kan?

Alamat: Perdana, Jalan Lembah, Tasik Perdana, 50480 Kuala Lumpur, Malaysia

Harga tiket: RM14

Jam operasional: 09.30-18.00

10. Museum Nasional Melaka

Melaka merupakan cikal bakal berkembangnya negara yang sekarang kita kenal dengan nama Malaysia ini. Jadi jangan heran kalau di kota tersebut kamu akan menemukan museum yang menyimpan berbagai dokumentasi tentang kemerdekaan negara ini.

Menggunakan bangunan kuno peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1650, Museum Nasional Melaka merupakan rumah bagi ratusan koleksi bersejarah mulai dari masa penjajahan hingga pemerintahan Malaysia modern.

Untuk kamu yang tertarik dan ingin tahu tentang sejarah lengkap Negeri Jiran, tempat ini merupakan pilihan yang tepat buat belajar! Dijamin belajar sejarah nggak akan membosankan dengan mengunjungi museum ini.

Alamat: Jalan Kota, Bandar Hilir, 75000 Melaka, Malaysia

Harga tiket: RM5

Jam operasional: 09.00-18.00

Belajar Sejarah Sekaligus Berlibur Malaysia

Selain mengunjungi 10 museum di atas, jangan lupa juga untuk mengunjungi beberapa tempat wisata budaya yang tidak kalah keren. Jadi liburan sekaligus belajar di Malaysia bisa lebih berwarna dan menarik.

Agar perjalananmu semakin mudah, pastikan untuk memesan tiket pesawat dan hotel di Malaysia dari jauh-jauh hari ya. Rencanakan jalan-jalanmu dengan baik dan selamat melancong!