6 Tempat Wisata Budaya Malaysia yang Wajib Masuk Itinerary Kamu!
Source: Shutterstock.com

,

6 Tempat Wisata Budaya Malaysia yang Wajib Masuk Itinerary Kamu!

Liburan ke tempat-tempat wisata yang memamerkan budaya suatu negara tertentu akan lebih seru dari pada jalan-jalan biasa, lho. Selain pikiran segar, ilmu pengetahuan tentang budaya pun akan menambah wawasan baru untuk sobat tiket.

Jika kamu ada rencana untuk pelesiran ke Negeri Jiran, jangan lupa masukkin beberapa tempat wisata budaya Malaysia ke itinerary kamu. tiket.com punya 6 rekomendasi wisata budaya Malaysia yang seru dan instagrammable. Kuy, cek di bawah!

Cara Menyenangkan Belajar Budaya Malaysia

Di Malaysia, ada beragam kebudayaan yang menarik untuk kamu pelajari. Kuy, jalan-jalan ke sana! Sebagai rekomendasi, tiket.com akan memberi tahu tempat-tempat wisata budaya mana saja yang bisa kamu kunjungi di Malaysia.

1. Batu Caves yang Sanggup Buatmu Terpukau

Tempat pertama adalah tempat pemujaan dewa-dewi Hindu di Selangor, Malaysia, yaitu Batu Caves. Wisata budaya ini adalah tempat berdirinya patung Dewa Murugan setinggi 43 meter yang indah dan eksotis banget.

Di sini, ada gua-gua besar dan kecil yang bisa kamu masuki demi mengenal budaya agama Hindu. Selain itu, daya tarik tempat wisata ini juga ada di puncak bukit kapur, di mana ada kuil utama yang menampilkan pemandangan kota dari ketinggian.

6 Tempat Wisata Budaya Malaysia yang Wajib Masuk Itinerary Kamu!
Source: Shutterstock.com

Untuk sampai ke puncak, sobat tiket mesti menaiki 272 anak tangga yang berwarna-warni, melelahkan tapi terbayar dengan pemandangan di atas. Ratusan burung dara menambah nilai eksotis, dan ada juga monyet-monyet kecil berkeliaran di sekitarnya.

Oh iya, di sini juga diwajibkan berpakaian sopan dan tertutup. Untuk memasuki kuil suci ini, sobat tiket nggak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, alias gratis!

Akses kendaraan, bisa dilalui mobil atau taksi. Sedangkan untuk kendaraan umum, sobat tiket hanya perlu naik monorail dari KL Sentral ke Stasiun Titiwangsa, kemudian naik bus menuju Batu Caves.

2. Mendengarkan Cerita Sejarah di Chinatown

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran sobat tiket saat mendengar Chinatown? Belanja, tentu saja! Di sini tempatnya para pedagang menjajakan souvenir murah, mulai dari jajanan kali lima hingga makanan khas Cina.

Selain souvenir dan kuliner, Chinatown juga menjanjikan cerita-cerita bersejarah yang bisa kamu temui dari bangunan-bangunan kuno yang ada di sini. Suasana tradisional juga sangat terpelihara di sini, didukung oleh lampion-lampion yang semarak saat malam.

Banyak banget yang bisa sobat tiket ketahui dari berkunjung ke Chinatown a.k.a Petaling Street ini. Jangan lupa untuk membawa uang cash jika kamu ingin berbelanja beberapa souvenir, ya.

Asyiknya, hampir semua barang bisa ditawar, lho! Jadi sobat tiket nggak perlu ragu untuk meminta diskon. Untuk menuju ke sini kamu bisa berjalan kaki dari depan Central Market atau naik kereta kemudian turun di Stasiun Pasar Seni.

3. Gedung Sultan Abdul Samad, Big Ben-nya Malaysia

Dengan memanfaatkan transportasi bus gratis di Kuala Lumpur, Go KL, sobat tiket bisa mengunjungi banyak spot wisata di Kuala Lumpur. Salah satunya, Gedung Sultan Abdul Samad yang berada di Daratan Merdeka.

Gedung bergaya Moorish ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena bangunannya yang sangat mewah dengan kubah-kubah berlapis tembaga. Selain itu, ada juga menara jam yang kemudian membuat gedung ini disebut sebagai Big Ben-nya Malaysia.

6 Tempat Wisata Budaya Malaysia yang Wajib Masuk Itinerary Kamu!
Source: Shutterstock.com

Sobat tiket harus tahu bahwa gedung ini sebenarnya masih difungsikan sebagai kantor kementerian Malaysia serta kantor pos. Jangan lupa untuk berfoto! Lingkungan bergaya Maroko yang bersih dan nyaman ini wajib banget kamu kunjungin.

4. Ibadah di Masjid Tertua, Masjid Jamek

Selain Big Ben, ada juga Masjid Nabawi di Malaysia, lho, sobat tiket. Sebab di masjid ini ada area salat di ruang terbuka  yang menyerupai area luar Masjid Nabawi. Nama Masjid Jamek sendiri berasal dari bahasa Arab ‘jamak’ yang merujuk kepada Sultan Selangor keempat, Sultan Abdul Samad. 

Daya tarik wisata dari Masjid Jamek ini adalah arsitekturnya yang bergaya Moorish, indah dan berkelas. Juga unsur usianya yang sangat tua, yakni, telah dibuka sejak tahun 1909. Masjid berada di pertemuan sungai Klang dan Gombak yang membuatnya cukup asri.

Jika berminat datang, lebih baik jangan hari Jumat, karena The Friday Mosque ini biasanya tutup pada hari Jumat. Untuk akses kendaraan, kamu bisa naik LRT dari KL Sentral Stasiun menuju Stasiun Masjid Jamek menggunakan jalur Kelana Jaya Line. 

5. Nuansa India di Kuil Sri Mahamariamman 

Kuil Hindu Sri Mahamariamman ini termasuk kuil tertua yang dibangun pada tahun 1873. Mulanya, kuil ini adalah milik pribadi sebelum akhirnya dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 1920. 

Yang paling menarik dari kuil ini adalah gapura setinggi 7 meter di pintu masuk yang menyerupai patung dewa-dewi yang berwarna-warni. Di sini, banyak juga wanita-wanita India yang mengenakan sari India. Terasa banget deh nuansa Indianya!

6 Tempat Wisata Budaya Malaysia yang Wajib Masuk Itinerary Kamu!
Source: Shutterstock.com

Sobat tiket dapat datang ke sini untuk wisata budaya dan berfoto secara gratis, asal berpakaian sopan. Akses kendaraan umum yang menuju ke kuil ini adalah naik LRT dan turun di Stasiun Pasar Seni. Lokasinya dekat dengan Chinatown di Jalan Petaling.

6. Kuil Kek Lo Si, Terbesar di Asia Tenggara

Kuil ini memikat wisatawan sebab adanya pagoda 7 tingkat yang membuat kuil Budha Kek Lo Si disebut-sebut yang terbesar di Asia Tenggara. Desain indah dan menawan, bergaya campuran Cina, Burma dan Thailand.

Kuil ini tampak bercahaya di malam hari, dengan bangunan yang bertingkat-tingkat seperti bukit emas yang luar biasa eksotis. Patung Dewi Kwan Im setinggi 30 meter pun dapat terlihat dari kejauhan sehingga orang-orang akan penasaran dan berkunjung.

Untuk memasuki kuil ini sobat tiket dikenakan biaya sebesar RM2 atau setara Rp7.000. Kamu bisa memanfaatkan bus atau taksi untuk menuju ke kuil Kek Lo Si ini. Gampang banget!

Berlibur Sambil Belajar Tentang Adat Budaya Setempat

Rasanya, kita semua sepakat bahwa kebudayaan itu harus dilestarikan ya, sobat tiket. Sambil berlibur, cobalah melakukan hal-hal kecil untuk menghormati budaya setempat seperti tidak membuang sampah sembarangan dan mentaati peraturan yang ada.

Lalu, jika lelah sehabis berjalan-jalan, istirahatkan diri kamu dengan nginep nyaman di hotel Malaysia. Ikuti 7 tips memilih hotel di Malaysia biar kamu nggak salah pilih hotel! Liburanmu ke Malaysia tentunya harus seru, bukan?