,

Top 10 Kuliner Khas Jepang! Saatnya Manjakan Lidah!

Setiap negara itu unik, ya! Seperti misalnya Jepang. Negara yang mendapat julukan sebagai Negeri Sakura ini punya tradisi dan budaya khas dan beragam destinasi wisata yang mengagumkan. Tidak lupa, kuliner khas Jepang yang rasanya begitu otentik.

Mencoba Kuliner Khas Jepang? Ini Rekomendasinya

Keramahan masyarakat Jepang dan keindahan bunga sakura pasti akan membuat siapa saja selalu ingin kembali ke negara kecil di Asia Timur ini. Namun, ternyata, itu saja nggak cukup, karena ada kuliner khas Jepang yang selalu membuat lidah rindu akan kelezatannya. Mau tahu apa saja? Kuy, eksplor Jepang! Mau cari tiket pesawat murah? ke tiket.com aja!

1. Sushi, Makanan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Katanya, kalau sobat tiket main ke Jepang tapi nggak nyobain sushi, berarti mainnya nggak sempurna. Mungkin benar, karena sushi merupakan kuliner khas Jepang paling unik dengan rasa paling enak.

Sushi dibuat dari nasi yang ditumpuk dengan lauk, bisa sayuran, daging, dan makanan laut matang maupun mentah. Nasinya pun unik, karena teksturnya lembut banget dan rasanya agak asam karena campuran cuka, garam, dan gula.

Selain rasanya yang begitu nikmat, sushi juga katanya adalah makanan dengan nilai gizi yang sangat tinggi, lho! Tidak heran, ya, kalau makanan ini beneran diburu sama masyarakat dan wisatawan.

2. Kobe Beef, Daging Sapi Lembut Khas Jepang

Apa sih yang unik dari daging sapi khas Jepang ini? Pastinya jauh lebih nikmat dibandingkan dengan daging sapi lokal di Indonesia. Bahkan, harga dari daging sapi jenis kobe beef mencapai jutaan rupiah, lho!

Ternyata, kobe beef berasal dari salah satu sapi ras Wagyu asli Jepang, yaitu sapi Tajima. Tekstur daging sapi ini benar-benar lembut dan kenyal ketika disantap. Kandungan lemak tidak jenuhnya juga melimpah, lho!

Biasanya, daging kobe beef banyak digunakan sebagai campuran dalam hidangan sukiyaki, sashimi, shabu, teppanyaki, hingga steak. Kabarnya, setiap tahunnya, hanya ada sekitar 300 ekor sapi di Jepang yang lolos sebagai predikat kobe beef berkualitas.

Mengapa bisa begitu? Nggak heran, karena supaya bisa disebut kobe beef ciamik, daging sapi kobe harus punya nilai kualitas setidaknya A4 untuk kisaran A1 sampai A5. Kadar lemaknya pun harus ada di angka lebih dari 6 dari skala 1 sampai 12. Sudah pasti, sapi-sapi di Jepang dirawat dan dipelihara dengan begitu baik, ya!

3. Sukiyaki, Kuliner Khas Jepang yang Menyehatkan

Kuliner Jepang

Kuliner khas Jepang bukan hanya beragam, tetapi juga unik dalam penyajiannya. Sebut saja sukiyaki, hidangan yang disajikan mentah lengkap dengan panci berisi kuah panas. Artinya, kamu harus memasak sendiri hidangan satu ini.

Isi dari sukiyaki sendiri adalah tahu, jamur, sayuran, dan irisan tipis daging sapi. Namun, cara menikmati irisan dagingnya tidak direbus bersama dengan bahan lain, tetapi mencelupkannya ke dalam kocokan telur ayam yang sudah disajikan.

4. Udon, Mi Ala Jepang yang Rasanya Beneran Enak

Kuliner Jepang

Tidak hanya ramen, Jepang juga punya hidangan mi lain dengan rasa yang pastinya enak banget. Namanya udon, mi yang terbuat dari tepung terigu dengan ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan mi lain yang biasa kamu jumpai.

Namun, meski besar, udon tetap lebih tipis dan kecil. Nah, keunikan dari hidangan panas satu ini adalah isi dan cara memasaknya. Jadi, udon itu terbagi menjadi beberapa jenis tergantung bagaimana mi ini dimasak dan apa yang menjadi topping-nya.

5. Unagi

Kuliner Jepang

Mungkin, kamu mengenali kuliner khas Jepang ini dengan belut. Makanan ini sangat mahal, tentu saja bukan karena rasanya yang enak, melainkan karena manfaatnya sebagai pemberi stamina pada tubuh.

Unagi yang dimasak dengan baik akan memberikan paduan rasa yang sempurna dengan teksturnya yang sangat menggugah selera. Selain rasa dan fungsinya, ternyata proses memasak unagi pun terbilang unik, lho!

Pertama-tama, belut dipanggang di atas arang panas, kemudian dikukus untuk menghilangkan lemak pada tubuhnya. Selanjutnya, belut dibumbui dengan saus manis dan dibakar lagi sebelum disantap. Hmm, sepertinya enak banget, ya!

6. Onigiri, Nasi Kepal yang Bikin Kenyang

Penyuka komik dan anime Jepang pasti sudah akrab banget sama hidangan Onigiri. Di Indonesia, kuliner ini disebut Nasi Kepal, karena memang ukurannya yang hanya sekepalan tangan.

Onigiri sangat mudah dibuat. Hanya berbekal nasi yang dicampur dengan bumbu dan bahan lainnya, kemudian dikepal dan dibungkus dengan rumput laut khas Jepang. Rasanya bervariasi, ada telur ikan hingga daging ikan. Dijamin bikin kamu ketagihan deh!

7. Gurita Panggang Gurih, Takoyaki

Takoyaki lebih akrab disebut kudapan, bukan makanan berat. Biasanya, makanan ringan ini mudah banget kamu jumpai di acara-acara yang bernuansa Jepang. Takoyaki memiliki bentuk bulat, terbuat dari tepung terigu dan tambahan bumbu dengan potongan gurita di bagian dalamnya.

Sementara untuk penyajiannya, ditambahkan saus sambal, mayonaise, dan saus khas Jepang. Tidak lupa, taburan gurita kering yang sangat unik. Setiap gigitannya, kamu akan merasakan paduan krispi dan lembut di bagian dalamnya. Manis, pedas, dan gurih!

8. Ramen, Mi Jepang yang Sangat Populer

Selain Onigiri, makanan khas Jepang lain yang begitu populer hingga ke berbagai negara lain di seluruh dunia adalah ramen. Mi Jepang ini punya banyak topping, lengkap dengan kuah kaldu yang rasanya begitu khas.

Biasanya, pilihan kuah yang ditawarkan adalah miso, shoyu, dan shio. Tentu saja, masing-masing punya cita rasa yang unik di lidah. Topping-nya pun bisa menyesuaikan, mulai dari irisan daging, jamur, telur, sampai bakso khas Jepang.

9. Sashimi, Makanan Laut Segar Khas Jepang

Kuliner khas Jepang satu ini cocok buat sobat tiket yang doyan banget sama makanan mentah. Ya, Sashimi memang dibuat dari hasil laut yang masih mentah alias segar, dinikmati langsung dengan cocolan kecap asin.

Lalu, apa bedanya dengan Sushi? Sashimi bisa langsung dinikmati tanpa diolah, sementara Sushi, hanya ikannya saja yang mentah. Semakin segar bahan dan semakin sempurna cara koki mengiris makanan laut ini, maka semakin nikmat rasanya.

10. Sate Khas Jepang, Yakitori

Sobat tiket pasti tahu satai dong, makanan yang disajikan dengan cara ditusuk dan dibakar. Di Indonesia, satai bisa dibumbui dengan kecap atau bumbu kacang. Nah, beda lagi dengan di Jepang, namanya Yakitori.

Satai khas Jepang ini menggunakan daging, jantung, hati, ampela, dan kulit ayam yang dipotong kecil dan ditusuk dengan tusukan bambu. Dibakarnya bisa di atas api atau dengan kompor gas. Bedanya dengan satai di Indonesia, Yakitori hanya berisi satu bagian ayam untuk setiap tusuk.

Jepang dan Segala Tradisi Uniknya

Jadi, kuliner khas Jepang mana saja yang sudah kamu coba, sobat tiket? Semua enak, bukan? Kalau sudah kenyang, sekarang waktunya kembali jalan-jalan. Kali ini, sempatkan waktu nonton pertunjukan Kabukikuy!

Seru dong, pastinya. Apalagi kalau sobat tiket sudah dapat tiket pesawat dan penginapan murah di Jepang. Di mana lagi pesannya kalau bukan di tiket.com? Promonya menarik banget, apalagi buat perjalanan internasional. Kuy, pesan sekarang sebelum kehabisan!