,

Jangan Sampai Salah! Ikuti 7 Tips Ini untuk Memilih Hotel Nyaman di Malaysia

Selain pakaian, tiket pesawat, dan perlengkapan lainnya, memilih penginapan yang tepat merupakan bagian penting saat kamu merencanakan sebuah liburan. Apalagi jika kamu berencana mengunjungi destinasi wisata favorit seperti Malaysia.

Meskipun terlihat mudah, memilih hotel di Malaysia yang tepat dan sesuai bujet ternyata tidak segampang itu. Sobat tiket harus memperhatikan berbagai faktor dan merencanakan semuanya dengan matang.

Agar liburan tetap nyaman dan bujet yang disiapkan tidak membengkak, simak beberapa tips memilih hotel di Malaysia berikut ini. Dijamin liburan kamu tetap menyenangkan tanpa bikin kantong bolong!

Tips Memilih Hotel di Malaysia

1. Pemilihan Lokasi

hotel di malaysia_lokasi

Saat memilih hotel, hal pertama yang harus dipertimbangkan tentu saja lokasi dan letak hotel. Apakah hotel berada di tengah kota, di tempat strategis, atau dekat dengan berbagai tempat wisata.

Di Malaysia ada beberapa wilayah yang dianggap strategis dan memiliki banyak pilihan tempat menginap yang nyaman, seperti Kuala Lumpur Convention Centre (KLCC), Sepang, dan Bukit Bintang.

Bisa dibilang ketiga kawasan tersebut merupakan ikon Negeri Jiran. Jadi jangan heran jika di sana terdapat banyak sekali fasilitas umum yang mempermudah akses ke berbagai tempat wisata menarik.

Apabila liburan kali ini kamu ingin menjelajahi Malaysia, pastikan untuk memilih hotel yang berada di kawasan tersebut. Karena selain efektif, hotel yang lokasinya strategis juga akan membantu kita menghemat bujet transportasi keliling kota.

2. Manfaatkan Promo Liburan

Saat akhir tahun banyak sekali hotel yang menawarkan promo liburan, lho! Nggak ada salahnya untuk memanfaatkan momen ini agar kamu bisa mendapatkan hotel yang diinginkan dengan harga sesuai.

Mulai sekarang, cobalah untuk mencari informasi tentang promo hotel. Ada juga promo hotel yang di-bundling dengan paket wisata ke beberapa tempat. Ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penginapan yang sesuai dengan bujet.

Selain itu, diskon atau promo juga akan kita dapatkan apabila melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Jadi jangan ragu untuk mencari informasi tentang promo. Siapa yang tidak ingin berhemat sekaligus menginap di tempat yang nyaman, bukan?

3. Pertimbangan Bujet

hotel di malaysia_bujet

Setelah menemukan lokasi yang dirasa tepat, langkah selanjutnya adalah memilih hotel di Malaysia yang harga kamarnya tentu sesuai dengan bujet liburan. Untuk itulah, sebelum memilih, tentukan dulu berapa bujet yang kamu siapkan, ya.

Idealnya, bujet untuk menginap sekitar 30% dari keseluruhan bujet liburan. Agar mendapatkan hotel yang sesuai, pastikan untuk mencari tahu dulu berapa rata-rata harga sewa kamar hotel di Malaysia.

Apabila memiliki teman, saudara, atau kerabat yang tinggal di Malaysia, jangan ragu untuk bertanya. Karena biasanya warga lokal lebih tahu mana saja lokasi penginapan murah dan nyaman dengan fasilitas memadai.

Jika bujet yang disiapkan dirasa kurang, jangan khawatir sobat tiket! Kamu bisa memesan hotel dari jauh-jauh hari atau hindari booking saat high season untuk mendapatkan harga yang paling pas di kantong.

4. Menjadi Member

Menjadi bagian dari klub hotel atau membership di tiket.com juga akan memberikan keuntungan berupa promo dan diskon, lho! Beberapa hotel bahkan akan memberikan potongan harga yang cukup besar untuk member-nya.

Jadi jika liburan kali ini kamu memilih berlibur ke Malaysia, jangan ragu untuk menjadi member, baik di tiket.com atau hotel group favoritmu. Apalagi jika kamu memang hobi travelling, menjadi anggota dapat mendatangkan keuntungan lainnya.

Seperti upgrade kamar secara gratis, mendapatkan poin bonus, hadiah menarik, fasilitas diskon untuk spa, dan diskon lainnya di tempat wisata tertentu. Nggak perlu mikir dua kali untuk liburan!

5. Tipe Hotel yang Diinginkan

Setelah memilih lokasi dan menyiapkan bujet, tips memilih hotel di Malaysia selanjutnya adalah menentukan tipe hotel yang diinginkan. Meskipun kecil, Negeri Jiran memiliki banyak sekali pilihan tempat menginap.

Mulai dari penginapan mewah bintang lima, hingga hotel bujet yang biasanya digunakan para turis backpacker. Semuanya tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Hotel mewah di Malaysia biasanya berada di lokasi elit seperti Bukit Bintang atau KLCC. Jika kamu ingin harga sewa yang lebih murah, pilihlah penginapan di pinggir kota atau di luar Kuala Lumpur.

Nah, sobat tiket jangan lupa untuk pastikan hotel tersebut memiliki fasilitas memadai dan dibutuhkan. Jadi percuma saja jika hotel yang kamu sewa mahal tetapi fasilitasnya kurang memuaskan.

Sebagai referensi, bandingkan bujet liburan dengan tipe hotel di Malaysia. Jika bujet yang disiapkan dirasa sesuai dengan tipe hotel yang diinginkan, jangan ragu untuk booking! Karena bagaimanapun kenyamanan selama berlibur harus diutamakan.

6. Bisa Dipesan Secara Online

Selanjutnya, pilihlah hotel atau penginapan yang bisa dipesan secara online. Alasannya simple, karena posisi kita yang berada di luar Malaysia tidak memungkinkan untuk memesan kamar secara langsung.

Jadi apabila hotel yang diinginkan tidak bisa dipesan secara online, carilah penginapan lain yang menyediakan fasilitas ini. Jangan pernah memesan hotel ketika sudah mendarat di Malaysia.

Sebab hal tersebut akan membuat rentang pilihan hotel semakin mengerucut sehingga tidak bisa disesuaikan dengan bujet. Selain itu kita cenderung tidak berpikir rasional jika melakukan segala sesuatu dengan mendadak.

Maka dari itu, sebelum berangkat liburan kamu harus menyiapkan akomodasi selama berada di Malaysia sehingga begitu mendarat, nggak perlu repot-repot mencari penginapan lagi, deh! Pesan aja hotel di Malaysia via online di tiket.com untuk mempermudah kamu mencari akomodasi yang kamu inginkan.

7. Fasilitas Memadai

Apa gunanya hotel murah dan berlokasi strategis apabila fasilitasnya memadai. Idealnya, sebuah hotel harus memiliki kamar nyaman dengan tempat tidur, kamar mandi dalam, dan ruang penyimpanan.

Inilah mengapa selain mempertimbangkan lokasi dan bujet, salah satu tips memilih hotel di Malaysia adalah mencari penginapan atau hotel dengan fasilitas memadai dan sesuai dengan preferensi kamu.

Jangan sampai hanya gara-gara kita mengejar harga atau mencari lokasi, liburan menjadi berantakan karena tempat tidur kurang nyaman atau kamar mandi yang tidak bersih. Nggak seru banget pasti!

Untuk mengetahui apakah sebuah hotel memiliki fasilitas yang tepat, tidak ada salahnya untuk mencari informasi melalui internet. Salah satunya dengan membaca review di majalah atau situs pemesanan hotel online.

Jika merasa sudah menemukan hotel yang diinginkan, kamu bisa membandingkan satu hotel dan hotel lainnya lalu menentukan apakah harga yang harus dibayar sesuai dengan fasilitas yang didapatkan.

Hotel Nyaman, Liburan pun Menyenangkan

Meskipun kelihatannya ribet, tips di atas sebenarnya akan membuat liburan semakin nyaman. Karena jika tidak dipikirkan secara matang, memilih hotel yang salah tidak hanya akan merusak liburan, tapi juga membuat kita boros.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan hal lainnya seperti tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Kamu bisa membeli tiket pesawat ke Malaysia dan kunjungi 10 tempat Instagrammable di Malaysia yang bakal bikin feed kamu makin keren!