,

Pertama Kali Liburan ke Jepang? Ini Lho Tips biar Nggak Bingung!

Saat ingin liburan ke suatu daerah, biasanya apa yang kamu lakukan? Bertanya ke kerabat? Mencari informasi di Internet? Atau membaca buku? Tidak ada yang salah dengan semua itu. Malah harus kamu lakukan agar liburan jadi menyenangkan dan tidak salah tingkah. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu jadi lebih efisien.

Beberapa negara memiliki budaya berbeda Indonesia, termasuk Jepang. Sebagai salah satu negara tujuan wisata internasional yang terkenal dengan bunga sakura juga hangatnya berendam di onsen, Jepang sangat menarik untuk dikunjungi. Apa saja yang harus dilakukan newbie traveler untuk menjelajahi Jepang? Simak ya!

Hati Tenang saat Liburan ke Jepang

Pertama kali mendengar Jepang rasanya langsung teringat dengan masyarakatnya yang tepat waktu dan disiplin. Selalu menjaga kebersihan juga salah satu budaya Jepang yang patut ditiru. Beberapa etika saat di Jepang harus kamu ketahui agar tidak salah tingkah atau malah berurusan dengan yang berwajib.

Negara dengan empat musim ini, selalu punya cara sendiri untuk menarik wisatawan internasional. Kuliner yang lezat, pemandangan alam yang indah sampai keramaian pertokoan yang penuh pengunjung. Beberapa tips dari tiket.com ini bisa membantu kamu agar tidak tersesat saat pertama kali ke Jepang. Ayo baca sampai habis!

Persiapan Administrasi

Meski ada beberapa negara yang bisa dikunjungi tanpa visa, liburan ke Jepang membutuhkan paspor dan visa. Paspor yang kamu miliki harus masih berlaku, minimal 6 bulan dari waktu kadaluarsa. Visa  dengan jenis single entry atau multiple entry harus kamu kantongi ketika menginjakkan kaki di Jepang.

Jika kamu sudah menggunakan e-paspor, tidak perlu repot mengurus visa karena dengan memiliki e-paspor artinya kamu sudah mendapatkan bebas visa (visa waiver) Jepang. Daftarkan dirimu ke Kedutaan Besar Jepang untuk mengajukan bebas visa. Setelah mengantongi bebas visa Jepang, kamu bisa liburan di Jepang sampai 15 hari, lho.

Aturlah itinerary sebelum berangkat secara detail. Catat semua wisata tujuan, transportasi yang akan kamu gunakan, hingga penginapan yang akan menemani tidurmu. Itinerary sudah harus siap saat pengajuan visa ke Jepang. Bawalah uang tunai minimal 10 ribu yen di dalam tas, karena ini adalah aturan untuk turis di Jepang.

Selalu lakukan checklist surat menyurat dan barang bawaan sebelum berangkat. Bawalah identitas diri seperti paspor dan visa kemanapun kaki melangkah di Jepang. Memang tidak selalu diperiksa oleh petugas setempat, namun jika kamu tidak memiliki identitas yang jelas bisa-bisa malah dipenjara. Wah, ngeri banget ya!

Liburan Kemana Aja?

Wisata alam, belanja, kuliner, hingga wisata religi bisa kamu dapatkan di Jepang. Pilihlah tujuan wisata sesuai minat dan budget yang kamu miliki. Jepang memiliki empat musim yaitu musim panas, dingin, semi, dan gugur. Shirakawa-go banyak dikunjungi saat musim dingin, tempat wisata lain cantik saat musim gugur.

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang tempat wisata di Jepang yang akan kamu kunjungi. Informasi lokasi, tiket masuk, jam operasional, hingga cara termudah dan tercepat untuk mencapai lokasi harus kamu ketahui. Jika budget yang kamu miliki pas-pasan, kamu bisa memilih wisata gratis yang tidak kalah Instagrammable.

Beberapa tempat terkenal seperti Shibuya Street dengan deretan toko dan Crossing Scramble Shibuya yang dilalui ratusan bahkan ribuan orang setiap harinya bisa jadi pilihan yang tepat. Selain gratis, tentu memberikan pengalaman yang berbeda selama liburan di Jepang. Udah tau kan, mau kemana aja di Jepang?

Pesan Tiket Pesawat dan Akomodasi dari Tanah Air

Salah satu aliran budget yang penting saat liburan ke Jepang adalah tiket pesawat dan akomodasi selama di sana. Setelah menentukan berapa lama kamu liburan dan wisata mana saja yang kamu kunjungi, pesan tiket pesawat melalui tiket.com untuk mendapatkan harga promo.

Pemesanan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, kamu akan mendapatkan harga spesial. Pastikan kamu sudah memesan tiket untuk berangkat dan pulang ya. Tidak harus dari rute yang sama, misalnya berangkat dengan rute Jakarta-Osaka sedangkan pulang dengan rute Tokyo-Jakarta. Hal ini bisa menghemat pengeluaranmu.

Menginap di rumah tradisional Jepang dan tidur menggunakan futon (alas tidur khas Jepang) bisa kamu wujudkan saat liburan di sana. Memesan akomodasi dari tanah air bisa menghemat waktu untuk mencari hotel yang pas. Harga yang ditawarkan di aplikasi tiket.com bisa jadi lebih murah dari situs resmi hotel, lho!

Baca terlebih dahulu ulasan secara keseluruhan dari hotel tempat menginap agar sesuai dengan harapanmu. Jika diperlukan, cetak semua kode pemesanan pesawat dan hotel serta informasi tentang akomodasi yang kamu gunakan di kertas. Sehingga apabila sesuatu terjadi dengan ponselmu, kamu tetap bisa kembali ke Indonesia

Persiapan Gadget biar Nggak Mati Kutu

Kamu pasti nggak mau kan, kalau pas lagi seru liburan di Jepang tapi paket data nggak bisa dipakai. Ngggak bisa update status apalagi pasang story. Tenang saja, di Jepang kamu bisa dengan mudah menyewa wifi portable yang bisa digunakan selama kamu liburan di sana. Wifi portable bisa kamu gunakan sendiri atau ramai-ramai dengan rombongan.

Sumber: Shutterstock.com

Di Indonesia, rata-rata stop kontak berbentuk dua lubang bulat. Sedangkan di Jepang lebih banyak menggunakan dua lubang pipih. Bawalah charger yang sesuai agar tetap eksis selama liburan di Jepang. Persiapkan pula kabel roll untuk mempermudah pengisian gadget secara bersamaan.

Transportasi Liburan di Jepang

Ingat transportasi di Jepang mungkin langsung mengingatkanmu akan kereta super cepat shinkansen. Kamu harus merogoh kocek cukup dalam untuk menggunakan shinkansen. Tenang saja, tidak hanya shinkansen yang terkenal itu transportasi di Jepang. Kamu bisa menggunakan kereta dan bus dalam maupun luar kota.

Kalau keliling di Jakarta menggunakan transportasi umum adalah hal yang mudah, lebih mudah lagi saat berada di Jepang. Salah satu moda transportasi favorit adalah kereta. Belilah Japan Rail Pass untuk keliling Jepang agar biaya yang kamu keluarkan lebih murah daripada membeli satu persatu rute selama seminggu liburan di Jepang.

Sumber: Shutterstock.com

Perjalanan udara bisa kamu manfaatkan untuk rute yang jauh seperti Tokyo ke Okinawa. Karena jaraknya yang cukup jauh, menggunakan pesawat sebagai moda transportasi bisa menghemat waktu. Apapun transportasi di Jepang yang kamu pilih, pahami dan baca dengan teliti semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Lezatnya Makanan khas Jepang

Jenis makanan di Jepang sedikit berbeda dengan di Indonesia. Jika biasanya kamu menikmati nasi dengan cumi matang, di Jepang kamu bisa menikmati sushi dengan cumi mentah. Tidak hanya itu, lidahmu juga harus dibiasakan untuk memakan berbagai olahan rumput laut juga teh hijau.

Budaya minum teh di Jepang merupakan budaya yang sangat melekat. Bahkan, terdapat upacara minum teh dengan ritual tertentu yang sakral. Seiring berjalannya waktu, teh hijau atau matcha bisa kamu nikmati dengan cara beragam. Coklat matcha, macaron matcha, es krim matcha hingga puding matcha.

Makanan halal di Jepang tidak mudah untuk ditemui. Kebanyakan mengandung babi dan sake. Membawa makanan kering seperti abon bisa menolong perut selagi berada di tempat yang kamu tidak bisa menemukan makanan halal. Perhatikan juga oleh-oleh yang kamu bawa sudah ada label halal pada kemasan.

Siap Berangkat ke Jepang!

Setelah mengetahui tips dari tiket.com di atas, kamu pasti sudah tidak perlu bingung meski baru pertama kali menginjakkan kaki di Jepang. Cari informasi sebanyak mungkin dan hitung budget dengan teliti. Agar praktis, pesan tiket pesawat dan akomodasi liburanmu hanya di aplikasi tiket.com, ya!