mengurus visa china

,

Cara Mengurus Visa China, Lengkap dengan Syarat dan Harga

Mengurus Visa China – Di kalangan para turis, Negara China masuk ke dalam salah satu destinasi terbaik yang wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Di negara ini kamu bisa menemukan banyak sekali tempat menarik mulai dari yang populer, antimainstream, hingga yang ekstrem.

Tapi sebelum berangkat ke China, ada beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu. Selain paspor tentunya, kamu juga harus memiliki visa ke China sebelum datang berkunjung ke negeri tirai bambu ini.

Mengurus Visa China 2019 dengan Mudah, Begini Caranya!

Visa China adalah izin yang diterbitkan oleh otoritas berwajib dari negara China kepada warga dari negara asing untuk masuk, keluar, ataupun transit melalui wilayah China. Jenis visa yang diterbitkan bisa berbeda-beda tergantung pada status kewarganegaraan, tujuan kunjungan, dan tipe paspor.

Kabar baiknya, kamu bisa dengan mudah mengurus visa China dan prosesnya pun bisa dibilang sangat sederhana. Sobat tiket mau tau bagaimana cara membuat visa China? Simak langkah-langkah mudahnya berikut ini.

1. Mengakses Situs Apply Visa China

Tahap awal yang harus kamu tempuh dalam proses mengurus visa China ini bisa kamu lakukan secara online. Pertama-tama, buka situs visaforchina.org. Dari halaman yang terbuka, kamu bisa memilih negara Indonesia, kemudian pilih kota terdekat antara Jakarta, Medan, Denpasar atau Surabaya.

mengurus visa china

Kemudian, di halaman selanjutnya, pada kolom “How to apply” klik “Visa” yang ada di bagian “Step By Step Guidance” yang akan memberitahu apa saja yang harus kamu persiapkan beserta dengan langkah-langkah yang harus kamu lalui berikutnya.

Sebelum itu, ada pertanyaan yang harus kamu jawab terlebih dahulu terkait dengan tujuan kunjungan kamu ke negara China. Jika kamu datang ke China untuk urusan liburan, kamu bisa pilih opsi “As a tourist”.

2. Syarat Visa China

mengurus visa china

Seperti proses pengajuan visa pada umumnya, ada juga beberapa persyaratan visa China yang juga harus kamu penuhi. Persiapkan semua dokumennya sebelum kamu melanjutkan ke proses yang selanjutnya. Dokumen tersebut antara lain adalah:

  • Paspor asli dengan masa berlaku setidaknya enam bulan dan masih ada beberapa halaman visa yang kosong.
  • Fotokopi paspor pada halaman data diri pemegang paspor.
  • Formulir pengajuan visa yang bisa kamu unduh di sini dan pastikan kamu sudah mengisi formulir tersebut secara lengkap dan juga sudah ditandatangani.
  • Pas foto berukuran 48 x 33 mm sebanyak dua buah yang dilampirkan bersamaan dengan formulir, ketentuan pas foto bisa kamu lihat di sini.
  • Bukti tiket pesawat dan hotel.
  • Fotokopi akte kelahiran, KTP, dan KK.
  • Fotokopi visa China sebelumnya (jika ada).
  • Itinerary selama berada di China.

3. Harga Visa China

Biaya mengurus visa China antara lain adalah:

Proses1x Kunjungan

(Single Entry)

2x Kunjungan

(Double Entry)

Beberapa Kali Kunjungan dalam 6 Bulan

(Multiple 6 Months)

Beberapa Kali Kunjungan dalam 12 Bulan

(Multiple 12 Months)

Biasa

(4 Hari Kerja)

540.000690.000840.0001.140.000
Kilat

(3 Hari Kerja)

900.0001.050.0001.200.0001.500.000
Super Kilat

(2 Hari Kerja)

1.100.0001.250.0001.400.0001.700.000

4. Menyerahkan Semua Dokumen ke Kantor Visa

Setelah kamu persiapkan semua dokumen yang sudah disebutkan di atas, langkah selanjutnya dalam mengurus visa China adalah dengan menyerahkannya ke kantor visa. Kantor visa China di Indonesia ada di 4 tempat yang antara lain adalah:

  • Jakarta: Unit 07-12, 8th Floor East Building Jl, DR Ide Anak Agung Gde Agung Blok E.3.2  Kav 1 South Jakarta 12950.
  • Medan: Royal Condominium Tower B, 2nd, Palang Merah-Sukamulia No.1 Kelurahan Medan Aur, Medan, Sumatera Utara, 20151.
  • Surabaya: SPAZIO – 502 Kompleks Graha Festival Kav No.3, Jalan Mayjend Yono Soewoyo Graha Famili, Surabaya.
  • Denpasar: Jl By Pass Ngurah Rai NO.165 Sanur Denpasar Selatan Kota Denpasar Bali, (Grand Palace Hotel).

Semua kantor visa di atas menerima layanan penyerahan dokumen mulai dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore. Untuk layanan pembayaran dan pengambilan dibuka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Perlu diketahui juga bahwa kantor layanan visa ini tutup pada hari sabtu, minggu, dan hari libur nasional.

Setelah kamu menyerahkan semua berkas yang diperlukan dengan lengkap, selanjutnya kamu tinggal menunggu hingga proses pembuatan visa selesai. Kamu akan mendapatkan tanda terima yang juga digunakan sebagai bukti untuk mengambil visa yang sudah selesai.

5. Cek Proses Pengajuan Visa China Online

Lama proses pembuatan visa sesuai dengan yang sudah kamu pilih. Kalau melalui hari sabtu, minggu, atau hari libur, maka prosesnya pun juga akan ikut mundur sesuai dengan hari kerja. Kamu bisa juga cek proses pengajuan visa kamu secara online di sini.

Dari situ kamu bisa mengetahui apakah pengajuan visa yang kamu lakukan bermasalah karena ada yang kurang atau ketika sudah selesai. Jika sudah selesai, kamu harus kembali ke kantor visa China tempat kamu menaruh berkas untuk mengambil.

5. Pengambilan Visa

Saat pengambilan visa, kamu juga harus menyelesaikan pembayaran di kantor tersebut secara langsung. Kamu bisa menggunakan metode pembayaran tunai, kartu debit, atau kartu kredit. Jumlah yang harus dibayarkan sesuai dengan yang sudah kamu pilih. Nah, selesai sudah prosesnya.

Mudahnya Mengurus Visa untuk Pergi ke China

Banyak yang bilang kalau mengurus visa China itu salah satu yang paling mudah dibandingkan dengan negara lain. Tingkat disetujuinya pun juga tinggi jadi kemungkinan pengajuanmu ditolak adalah kecil, selama kamu bisa memenuhi semua syaratnya. Kalau visa sudah di tangan, sekarang saatnya bersiap-siap untuk liburan. Jangan sampai ada barang yang ketinggalan ya, sobat tiket! Mau mampir ke negeri ginseng? Simak juga cara membuat visa Korea Selatan.