Cara Membuat Visa Korea

,

Cara Membuat Visa Korea Selatan 2019, Mudah dan Cepat!

Cara Membuat Visa Korea Selatan 2019 – Menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru, tentunya menjadi momen yang pas untuk melakukan perjalanan liburan. Kalau sobat tiket gimana nih? Apa kamu ada rencana melakukan perjalanan liburan ke luar negeri atau ke luar kota? Untuk yang memilih liburan di luar negeri, apakah semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap?

Yep, untuk kamu yang ingin pergi berlibur ke luar negeri, tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ya sobat tiket. Disamping mengurus paspor, ada juga visa yang perlu kamu urus sebagai data pelengkapnya. Nah, yang pengin liburan ke negerinya para oppa alias Korea Selatan, kamu udah tahu belum cara membuat visa Korea Selatan 2019 yang mudah dan cepat?

Yes, kali ini tiket.com mau kasih tahu kamu nih gimana cara membuat visa Korea Selatan 2019 untuk sobat tiket yang mau terbang ke Korea tahun ini. Kamu juga bisa mendapatkan harga tiket pesawat murah ke Korea di tiket.com lho! Sudah cek harga tiket, sekarang perhatikan cara membuat visa Korea Selatan termudah berikut ini ya, sobat tiket.

Cara Membuat Visa Korea Selatan yang Simple dan Cepat

Cara Membuat Visa Korea - Keindahan Korea suasana di Korea

Visa atau yang memiliki arti tanda bukti izin berkunjung ke suatu negara merupakan persyaratan yang wajib kamu miliki sebelum pergi ke suatu negara. Memang ada beberapa negara yang membebaskan visa untuk wisatawan yang ingin datang berkunjung, namun ada juga negara-negara yang mewajibkan wisatawan untuk memilki visa.

Dalam hal ini, Korea Selatan menjadi salah satu negara yang mewajibkan wisatwan memiliki visa sebelum berkunjung ke negaranya. Baik untuk urusan pekerjaan ataupun untuk sekedar berlibur. Nah, untuk kamu yang mau berlibur ke Korea Selatan, kamu harus memerhatikan langkah-langkah dan syarat visa Korea 2019 di bawah ini untuk mendapatkan visa yang kamu inginkan. Mari kita mulai cara membuat visa Korea Selatan yang harus kamu ketahui di bawah ini.

  1. Memilih Jenis Visa

Cara Membuat Visa Korea - Memilih Jenis Visa

Cara membuat visa Korea Selatan 2019 yang pertama adalah dengan memilih jenis visa yang kamu butuhkan. Untuk pilihan jenis visa Korea ada 4, kamu bisa memilh sesuai yang kamu butuhkan. Diantaranya adalah:

  • Single Visa (Kunjungan dibawah 90 hari) Rp560.000
  • Single Visa Khusus (Kunjungan diatas 90 hari) Rp840.000
  • Double Visa (Kunjungan sebanyak 2x dan berlaku hingga 6 bulan) Rp980.000
  • Multiple Visa (Kunjungan berkali-kali dengan masa berlaku selama 5 tahun) Rp1.260.000

Untuk tiap jenis visa memiliki harga yang berbeda ya, sobat tiket, seperti yang sudah tertera di atas. Selain itu, pengajuan Multiple Visa hanya bisa dilakukan untuk kamu yang sudah pernah pergi ke Korea Selatan sebanyak 2x atau pernah ke Amerika Serikat. Setelah menentukan jenis visa yang akan kamu ajukan, kamu bisa lanjut ke cara membuat visa Korea selanjutnya deh, sobat tiket.

  1. Melengkapi Dokumen Persayaratan

Cara Membuat Visa Korea - Melengkapi Dokumen Persyaratan

Penting banget, sebelum mengajukan pendaftaran dan mengisi formulir, kamu harus banget melakukan pengecekan ulang mengenai kelengkapan data yang dibutuhkan. Tidak lengkapnya dokumen pembuatan visa bisa penyebab visa ditolak. Dengan adanya kelengkapan dokumen visa, proses penyetujuan akan berjalan lancar dan kemungkinan disetujui oleh pihak kedutaan semakin besar. Berikut ini adalah syarat visa Korea 2019 yang diperlukan.

  1. Mengunduh formulir pendaftaran dengan foto yang sudah ditempel. (Foto ukuran 35mm x 45mm dengan background putih). Bawa lah cadangan foto untuk antisipasi.
  2. Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (berupa halaman identitas/cap negara yang telah dikunjungi)
  3. Dokumen Bukti Kekeluargaan atau KK
  4. Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja
  5. Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar (bagi yang masih sekolah)
  6. Fotokopi Bukti Keuangan (SPT PPh 21 / Rekening Koran 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank)

Lainnya :

  1. Pelajar/Mahasiswa wajib melampirkan Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar dan Bukti Keuangan Orang Tua.
  2. Ibu Rumah Tangga dan tidak memiliki penghasilan, maka wajib melampirkan Bukti Keuangan Suami/Keluarga.
  3. Sedangkan untuk kamu yang ingin membawa Asisten Rumah Tangga, wajib melampirkan Surat Sponsor dari Employer berupa Surat Keterangan Kerja dan Kartu Keluarga.

Ketidak lengkapan dokumen akan memperlambat proses kamu untuk mendapatkan persetujuan visa dari Kedutaan Besar Korea Selatan. Sehingga, kamu akan diminta untuk melengkapinya terlebih dahulu.

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran

Cara Membuat Visa Korea - Mengisi Formulir Pendaftaran

Setelah cara membuat visa Korea Selatan di poin 1 dan 2 sudah kamu penuhi, maka selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran yang sudah kamu unduh sebelumnya. Isi sesuai dengan istruksi yang tertullis di lembar formulir pendaftaran dengan data sebenar-benarnya.

  1. Melakukan Proses Pendaftaran dan Pembayaran

Cara Membuat Visa Korea - Membayar Visa

Cara membuat visa Korea berikutnya adalah dengan menyerahkan berkas pengajuan visa Korea. Kamu harus ingat ya, sobat tiket, kalau pelayanan pengajuan hanya dibuka pada pukul 09.00-11.30. Proses yang akan kamu lakukan selama di Kedutaan Besar Korea adalah sbb:

  1. Membayar biaya visa yang sudah kamu pilih di Bank yang terdapat di dalam Kedutaan Besar Korea. Setelah kamu membayar biaya visa yang dipilih, kamu akan mendaptkan materai untuk di tempel di formulir aplikasi
  2. Setelah membayar dan mendapatkan materai, kamu akan diarahkan untuk menuju tempat pendaftaran visa. Jangan lupa untuk siapkan identitas seperti KTP untuk pengecekan awal.
  3. Mengambil nomor antrian sesuai dengan jenis visa yang kamu pilih dan menunggu hingga nomor antrian kamu dipanggil.
  4. Setelah itu, kamu tinggal menyerahkan dokumen dan tanda terima yang wajib kamu bawa saat pengambilan paspor dan visa nantinya.

Visa yang diajukan akan di proses dalam waktu 6 hari kerja. Jadi, kamu baru bisa mengambil visa yang sudah di approved setelah 6 hari kerja, terhitung sejak 1 hari setelah tanggal pengajuan.

  1. Cek Status Visa Secara Online

Hampir selesai nih, sobat tiket, cara membuat visa Korea yang kamu butuhkan saat ingin mengajukannya. Setelah pengajuan visa, kamu tinggal nunggu aja deh apakah visa yang kamu ajukan ini di terima atau di tolak. Tidak bisa di pastikan ya, sobat tiket, penyebab dari ditolak nya pengajuan visa kamu.

Cara Membuat Visa Korea - Cek Status Visa Secara Online

Untuk itu, kamu bisa melakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui status pengajuan visa kamu. Kamu bisa mengecek secara online melalui website https://www.visa.go.kr/ dan isi menu yang dibutuhkan. Ada 3 keterangan status, yaitu under review, approved, dan rejected. Kalau status pengajuan visa kamu tertulis approved, berarti kamu bisa mengambil paspor beserta visa setelah masa 6 hari tadi selesai.

  1. Pengambilan Paspor dan Visa

Finally, kita ada di proses terkahir dari cara membuat visa Korea nih, sobat tiket. Yep, setelah pengajuan visa kamu diterima, maka kamu bisa mengambil paspor dan juga visa di Kedutaan Besar Korea. Berbeda dengan saat penyerahan formulir, pengambilan paspor dan visa hanya berlangsung pada pukul 13.30-16.00.

Cara Membuat Visa Korea - Pengambilan Passport dan Visa yang disetujui

Jangan lupa untuk membawa tanda terima yang diberikan saat proses pengajuan aplikasi pendaftaran. Kamu hanya perlu menaruh tanda terima tersebut di sebuah keranjang dan menunggu giliran kamu dipanggil. Selesai deh serangkaian cara membuat visa Korea Selatan ini. Sekarang, tinggal waktunya mempersiapkan diri untuk liburan dan mengeksplor Korea!

Bagaimana nih, sobat tiket? Cara membuat visa Korea di atas tidak ribet kan? Kamu hanya perlu telilti dalam mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan agar proses penyetujuan visa kamu menjadi lebih mudah, cepat, dan lancar. Kalau kamu baru berencana liburan ke Korea dan masih menabung untuk bisa terbang ke sana. Baca artikel Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Promo ini ya, supaya liburan hemat impian kamu bisa segera terwujud!