,

5 Museum Keren di Semarang, Jauh Dari Kata Membosankan

Main-main ke Semarang pasti selalu menyenangkan. Semua jenis rekreasi bisa dengan mudah ditemui di Semarang, tak terkecuali wisata museum.

Sobat tiket tahu enggak kalau Semarang punya beberapa museum yang keren? Koleksinya juga beragam dan akan membuatmu berdecak kagum. Dijamin deh, berkunjung ke museum di Semarang bakal bikin pengalaman liburanmu lebih seru dan berwarna.

Museum di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Sobat tiket masih belum banyak tahu tentang museum di Semarang? Jangan khawatir, karena tiket.com sudah siapkan rekomendasi museum yang wajib dikunjungi di Semarang. Siap-siap ya jadi ingin langsung berangkat ke Semarang setelah baca ulasan berikut.

1. Karya Seni di Semarang Contemporary Art Gallery yang Memukau

Shutterstock.com

Sobat tiket yang berwisata di kawasan Kota Lama Semarang, sempatkan waktu datang ke galeri seni ini ya.

Semarang Contemporary Art Gallery berdiri sejak tahun 2001. Sama dengan beberapa gedung di kawasan kota lama, gedung galeri berlantai 2 ini dipengaruhi arsitektur khas kolonial.

Galeri yang cukup lapang ini pasti bikin kamu nyaman mengamati koleksi seni. Mulai dari lukisan, patung dan karya seni lain memenuhi ruang galeri.

Salah satu daya tarik galeri ini adalah koleksi seni yang rutin diperbarui. Jadi selalu ada alasan ya buat mampir ke Semarang Contemporary Art Gallery. Apalagi pas ada pameran yang cukup rutin dilaksanakan.

Sobat tiket juga bisa mengabadikan karya seni yang unik dan instragrammable. Tapi pastikan usahamu mendapatkan gambar yang kece, tidak merusak karya ya.

Jam buka: Selasa – Minggu pukul 10.00 – 16.30.

Tiket masuk: Rp10 ribu*

Alamat: Jl. Taman Srigunting No. 5 – 6, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

Cara ke sini: berjalan kaki sekitar 120 meter dari Gereja Blenduk.

2. Mengenang Sejarah Kemerdekaan di Museum Perjuangan Mandala Bhakti

Shutterstock.com

Kamu yang berlibur ke Semarang kemungkinan besar sudah pernah berwisata ke Lawang Sewu dan berfoto di Tugu Muda kan? Kalau berkunjung ke museum Perjuangan Mandala Bhakti sudah pernah belum?

Itu lho museum yang bercerita tentang perjuangan TNI di masa kemerdekaan dulu. Koleksinya mulai dari senjata perang, pakaian para tentara dulu dan banyak koleksi lainnya.

Warga Jakarta dan sekitarnya, mungkin akan teringat dengan Museum Satriamandala, Jakarta. Museum yang juga menggambarkan perjuangan TNI dengan koleksi transportasi yang langganan jadi spot foto.

Di museum Perjuangan Mandala Bhakti, pengunjung juga bisa mengingat kembali berbagai peristiwa meraih kemerdekaan dulu. Salah satunya, peristiwa pertempuran lima hari di Semarang tahun 1945 lalu.

Sobat tiket jangan membayangkan kalau museum ini bakal membosankan ya. Karena museum ini cukup modern lho dengan adanya lukisan 3D.

Banyak yang memuji lukisan museum yang estetis dan desain museum yang cukup modern. Kamu bisa belajar sejarah sekalian update foto di media sosial di sini. Jadi, kapan mau ke museum Mandala Bhakti?

Jam buka: Senin – Sabtu pukul 08.00 – 18.00.

Tiket masuk: gratis*

Alamat: Jl. Mgr Sugiyopranoto, Kelurahan Barusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Cara ke sini: berjalan kaki sekitar 100 meter dari Lawang Sewu dan sekitar 150 meter berjalan kaki dari halte BRT Pasar Bulu.

3. Berwisata dengan Kereta Jadul di Museum Kereta Api Ambarawa

Shutterstock.com

Dari pusat kota Semarang ke museum Kereta Api Ambarawa memang cukup jauh ya sobat tiket. Tapi sayang banget kalau sampai museum ini dilewatkan.

Soalnya, koleksi di museum ini langka lho dengan barang-barang peninggalan stasiun tempo dulu. Yang paling menarik hati tentu berbagai jenis lokomotif jadul yang terparkir di museum.

Kamu leluasa berpose dengan lokomotif ini sambil membayangkan menjadi penumpang kereta. Tapi kamu enggak perlu berkhayal karena bisa kok naik kereta jadul ini.

Beneran? Iya, ada jadwal wisata kereta diesel yang beroperasi tiap akhir pekan. Rutenya, Stasiun Ambarawa – stasiun Tuntang.

Dalam perjalanan, kamu bakal dimanjakan dengan pemandangan sawah dan akan melewati Danau Rawa Pening. Tunggu apa lagi? Langsung aja melipir ke museum Kereta Api Ambarawa.

Masih belum tahu mau naik apa ke Ambarawa? Sewa mobil aja di tiket.com. Praktis dan kamu bisa sekalian mampir ke monumen Palagan Ambarawa yang cuma berjarak 550 meter dari museum.

Jam buka: setiap hari pukul 08.00 – 17.00.

Tiket masuk: dewasa Rp10 ribu* dan anak-anak Rp5 ribu*. Tiket kereta wisata Rp50 ribu* per orang.

Alamat: Jl. Panjang Kidul No. 1, Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Cara ke sini: berkendara sekitar 37 kilometer dari kawasan Simpang Lima, Semarang.

4. Mengintip Koleksi Benda Kuno di Museum Ranggawarsita

Shutterstock.com

Pencinta sejarah pasti jatuh hati dengan museum ini. Gimana enggak? Museum ini punya lebih dari 50 ribu koleksi. Wah!

Koleksinya museum dengan 4 lantai ini juga beraneka ragam seperti koleksi prasejarah, koleksi mata uang dan masih banyak benda kuno lainnya. Maka enggak heran, kalau museum ini sering jadi lokasi karya wisata para murid sekolah di Semarang.

Serunya lagi, kamu bisa mengelilingi kota Semarang dengan bus wisata bertingkat. Lokasi pemberangkatannya dari museum Ranggawarsita.

Datang di pagi hari ya sobat tiket untuk mengantre tiket bus karena bus ini banyak peminatnya.

Untuk harga tiketnya, penumpang cukup menukar KTP dengan tiket. Setelah berkeliling dengan bus, baru kamu masuk ke dalam museum deh.

Jam buka: setiap hari pukul 08.00 – 15.00.

Tiket masuk: dewasa Rp4 ribu* dan anak-anak Rp 2 ribu*

Alamat: Jl. Abdul Rahman Saleh, No. 1, Kelurahan Kalibanteng Kidul, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Cara ke sini: berjalan kaki sekitar 800 meter dari halte BRT Siliwangi.

5. Uniknya Museum Rekor – Dunia Indonesia

Sobat tiket tahu enggak apa aja rekor yang pernah diciptakan di Indonesia? Kalau belum, datang kuy ke museum Rekor – Dunia Indonesia.

Tapi kamu harus siap dibuat takjub ya dengan berbagai rekor yang pernah dibuat masyarakat Indonesia. Enggak cuma tahu tentang rekor Indonesia, pengunjung juga bisa belajar tentang jamu di sini. Kok bisa?

Soalnya, letak museum ini berada di kawasan industri PT. Jamu Jago, salah satu perusahaan jamu yang sudah berdiri sejak tahun 1918. Jadi, kamu bisa mengenal berbagai jenis jamu sekaligus. Menarik banget, ya?

Jam buka: Senin – Jumat pukul 09.00 – 15.00.

Tiket masuk: gratis*

Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan No. 275, Kelurahan Srondol Kulon, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

Cara ke sini: berjalan kaki sekitar 450 meter dari halte BRT Sukun Transmart.

Jangan Ragu Berwisata ke Museum di Semarang

Keren-keren kan museum di Semarang, sobat tiket? Mana nih museum yang buat kamu penasaran? Kalau punya waktu sih, jelajahi aja semua museum di atas. Lokasinya yang strategis enggak akan menghabiskan banyak waktu liburan kamu kok.

Biar keburu mengunjungi museum dan destinasi wisata lain di Semarang, pesan hotel yang dekat aja di pusat kota. Makin praktis, kalau pesan hotel di tiket.com. Bersama tiket.com, liburan kemana aja pasti efisien dan seru.

*Keterangan harga saat artikel dibuat