Sumber: Shutterstock.com

,

10 Kuliner Super Lezat dari Semarang yang Paling Dicari, Pastikan Kamu Mencobanya

Sobat tiket doyan kulineran? Sudah pernah jelajahi kuliner di Kota Semarang? Harus, lho. Pasalnya, Semarang merupakan salah satu pusat kuliner lezat di Indonesia. Buktinya, beberapa waktu lalu ibukota Jawa Tengah ini telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner unggulan oleh Kementerian Pariwisata.

Beraneka macam panganan tradisional yang khas tersajikan di Kota Semarang ini. Citarasanya yang menggigit akan menggugah selera para wisatawan yang berdatangan. Saat liburan ke Semarang, pastikan kamu menjelajah rasa dengan mencicipi kuliner sedapnya.

Saatnya Berburu Panganan Sedap Semarang

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Demikian juga dengan berbagai kuliner Nusantara yang setiap daerahnya memiliki resep turun-temurun dari nenek moyang serta kelezatannya masing-masing. Penasaran dengan menu menarik di Semarang? Ada apa aja? Yuk kita ulik 10 kuliner asyik yang wajib kamu coba untuk manjakan perut dan lidah.

1. Mencicipi Soto Ayam Bangkong yang Legendaris

Yang menarik dari kuliner Indonesia adalah fakta bahwa hampir semua wilayahnya punya soto khas tersendiri. Tak terkecuali juga dengan Semarang. Namanya soto bangkong dengan kuah yang bening dan agak kecoklatan. Sobat tiket sudah pernah coba?

Rahasia kelezatan soto bangkong ini terletak pada resep penggunaan ayam kampung dalam kuahnya yang gurih. Selain itu, daging ayam kampungnya dipotong kecil-kecil guna menyiasati kealotannya. Lantas bagaimana dengan rasanya? Sudah pasti maknyus!

Alamat: Jl. Brigjen Katamso No.1, Karangtempel, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Waktu operasional: Setiap hari, buka pukul 07.00 – 22.00.

Harga: Rp13.000/porsi*.

2. Menyantap Lumpia di Loenpia Gang Lombok

Sumber: Shutterstock.com

Makanan tradisional khas Semarang yang satu ini wajib kamu cicipi. Tak hanya berisi rebung, lumpia juga bisa dinikmati dengan digoreng atau direbus. Rasanya akan lebih mantap lagi jika disantap dengan saus tauco/petis. Yuk cobain Loenpia Gang Lombok yang legendaris. Lokasinya cukup strategis dan tak jauh dari Klenteng Tay Kak Sie.

Alamat: Jl. Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Indonesia.

Waktu operasional: Setiap hari, buka pukul 08.00 – 17.00.

Harga: Mulai dari Rp15.000/porsi*.

3. Menjajal Babat Gongso Pak Karmin

Kelezatan Babat Gongso Pak Karmin tak perlu diragukan lagi. Sudah dibuka sejak tahun 1971, kamu bisa menikmati babat gongso, nasi goreng babat, jeroan dan menu lainnya yang legendaris di sini. Babat kasar diolah dengan cara direbus 8 jam sampai empuk. Sedangkan babat yang halus direbus selama 3 jam. Berminat untuk menjajal menu ini?

Alamat: Jalan Pemuda, Semarang, dekat Jembatan Berok. Cabang terletak di Telaga Mas dan Jalan Gadjah Mada.

Waktu operasional: Buka setiap hari, mulai pukul 08:00 – 22:00. 

Harga: Mulai dari Rp18.000*.

4. Wisata Kuliner Seru di Toko Oen

Toko legendaris ini sudah berdiri sejak 1935 di Semarang, setelah sebelumnya dibangun pada 1910 di Yogyakarta. Yang istimewa dari Toko Oen adalah es krimnya yang diolah dengan menggunakan mesin tahun 1920-an dari Italia. Es krim di sini terasa spesial lantaran masih mempertahankan resep awal.

Meski begitu, kamu juga bisa mencicipi menu makanan beratnya yang lezat. Interiornya pun sangat Instagenic buat kamu yang suka foto-foto. Bernuansa zaman kolonial yang kental, coba menu utamanya seperti bistik lidah sapi dan nasi goreng khas Nusantara.

Alamat: Jl. Pemuda No.52, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Waktu operasional: Buka setiap hari, pukul 09.30 – 21.30.

Harga: Kisaran Rp22 ribu- Rp125 ribu*.

5. Sikat Habis Nasi Gandul Pak Memet

Sumber: Shutterstock.com

Warung tenda Nasi Gandul Pak Memet ini selalu ramai pengunjung. Berlokasi persis di tepi jalan raya, satu per satu pemburu nasi gandul akan menyerbu. Apa keistimewaannya?

Dalam menu nasi gandul, tersaji nasi putih hangat beralaskan daun pisang yang disiram dengan kuah panas mirip gulai yang gurih. Namun tentu sensasi kesegaran dan citarasanya punya perbedaan dan unik. Tertarik untuk mencoba?

Alamat: Jl. Dokter Cipto No.12, Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50123.

Waktu operasional: Buka setiap hari, pukul 16.30 – 21.30.

Harga: Mulai dari Rp15.000/porsi*.

6. Lekker Paimo

Jajanan legendaris Lekker Paimo sudah eksis dari tahun 1978. Digemari dan tambah ngehits, camilan serupa martabak/ crepes ini tersedia dalam 25 varian rasa. Mulai dari yang asin seperti tuna dan telur sosis hingga keju pisang cokelat, caramel, susu, dan keju jagung manis, sobat tiket bisa memilih. 

Alamat: Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Waktu operasional: Setiap hari, buka pukul 10.00 – 17.00.

Harga:  Rp30.000*.

7.  Menyusuri Night Culinary Kampung Semawis

Sumber: Shutterstock.com

Pasar Semawis bertempat di Pecinan Semarang. Di dalamnya terdapat Gang Warung yang dipenuhi oleh puluhan penjaja makanan. Sobat tiket bisa menapaki jalanan lorong di pasar malam ini dan memilih kuliner mana untuk dicicipi.

Panganan street food seperti gula kapas warna-warni, telur gulung, cumi bakar, gula kapas warna-warni hingga makanan tradisional khas Semarang semua tersedia di sini. Beberapa kios lainnnya juga tampak menawarkan hidangan non-halal dengan berbagai olahan bervariasi. Seperti nasi campur, sate babi, nasi hainam, bakcang, hingga nasi campur juga bisa ditemukan di sini.

Alamat: Perum Kampoeng Semawis, Blk. H No.20, Kedungmundu, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50273, Indonesia.

Waktu operasional: Buka pukul 18.00 – 23.00.

Harga: Terjangkau dan bervariasi.

8. Makan Besar di Warung Mangut Welut Hj. Nasimah

Mangut merupakan menu serupa gulai encer yang pedas menggoda, dengan campuran berbagai bahan seperti kepala ikan manyung, belut, hingga ikan pari di dalamnya. Hidangan di Warung Mangut Welut Hj. Nasimah, atau yang lebih dikenal dengan nama Warung Nasimah ini dijamin memanjakan perut dan membuat lidah bergoyang. Berminat mencicipi menu yang sudah eksis sejak 1980 ini?

Alamat: Jl. Menoreh Raya No.10B, Sampangan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Waktu operasional: Senin-Sabtu, buka pukul 08.00 – 17.00.

Harga: Mulai dari Rp15.000 – Rp80.000*.

9. Menikmati Kelezatan Tahu Gimbal Pak Edy

Sumber: Shutterstock.com

Tahukah kamu, sobat tiket? Menu ini kerap diburu oleh turis asing lho. Bagi orang Semarang, gimbal berarti udang. Tahu gimbal ialah menu tahu goreng serta bakwan udang yang menjadi bahan utamanya. Level pedasnya beragam dan bisa kamu pilih per porsi.

Nikmati kelezatan bakwan bercampur udang yang dipadukan dengan tahu goreng yang lembut. Siraman saus kacang serta irisan kol, lontong, telur,dan kubis akan menambah sedap sajian nikmat yang satu ini.

Alamat: Jl. Menteri Supeno, Mugassari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Waktu operasional: Setiap hari, buka pukul 10.00- 23.00.

Harga: Mulai dari Rp14.000*.

10.  Es Puter Cong Lik, Segarnya Bikin Nagih!

Jajanan murah meriah nan menggiurkan ini tersedia dalam beraneka pilihan rasa. Ada durian, coklat, alpukat sampai kelapa. Kalau kebetulan kamu main ke sini selama Bulan Ramadhan, opsi rasanya bakalan lebih banyak lagi, seperti blewah, leci, nangka, kacang hijau dan juga sirsak.

Es dung dung yang disebut es puter ini terbuat dari santan yang menggantikan susu. Jadi nggak heran kalau kuliner legendaris ini bertekstur kasar dengan rasa yang manis campur asin.

Alamat: Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Waktu operasional: Setiap hari, buka pukul 18.00 – 23.30.

Harga: Rp15.000 – Rp20.000*.

Serunya Kulineran Sambil Jalan-Jalan di Semarang

Sudah siap menyambangi deretan list wisata kuliner di Semarang? Ayo pesan tiket pesawat ke Semarang dari tiket.com sekarang. Kamu juga bisa unduh gratis aplikasi tiket.com dari ponselmu untuk pengalaman liburan yang praktis, mudah dan menyenangkan. Untuk menambah lengkap persiapan liburanmu, simak juga 10 Rekomendasi Hotel di Semarang untuk Liburan Keluarga. Bon appetite, bon voyage!

*Harga saat artikel ditulis