Sumber: Shutterstock.com

,

Ciptakan Liburan Penuh Kenangan di 10 Tempat Wisata Alam Semarang

Siapa yang tak mengenal Kota Semarang. Sebagai kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung ini, Semarang punya sejuta pesona yang menjadi daya tariknya.

Nama kota ini diambil dari kata “sem” dan “arang”. “Sem” mengandung arti “pohon asam/asam”. Sedangkan kata “arang” berarti “jarang”. Konon dulunya Ki Ageng Pandanaran I datang menyambangi sebuah pulau yang bernama bernama Pulau Tirang di dekat pelabuhan Bergota. Ia lalu melihat pohon asam yang jarang-jarang tumbuh secara berdekatan.

Mendulang Kenangan dari Pesona Kota Semarang

Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini juga punya banyak rekomendasi tempat wisata yang seru. Tak hanya wisata sejarah, religi, budaya dan kulinernya, Semarang diperkaya dengan alamnya yang cantik nian. Sobat tiket mau ke mana aja? Berikut tiket.com berikan rekomendasi 10 wisata alamnya yang mengagumkan untuk liburan penuh kenangan!

1. Kebun Teh Medini

Jalan-jalan ke sini akan membuat momen liburanmu jadi penuh kenangan manis. Bertempat di ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut, Kebun Teh Medini tepatnya berada di perbukitan Pegunungan Ungaran. 

Dengan segarnya udara yang sejuk, kamu juga akan dimanjakan oleh view cantik dari hamparan hijau kebun teh ini. Tak hanya asyik untuk berfoto dan piknik, banyak juga lho para wisatawan yang datang ke sini untuk berkemah. Kalau kamu gimana? Mau coba juga?

Alamat: Limbangan, Jatirejo, Ngampel, Hutan, Ngesrepbalong, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51357, Indonesia.

Waktu Operasional: 24 jam.

Harga* tiket masuk: Rp3.000 per orang*.

2. Curug Lawe

Sumber: Shutterstock.com

Bertempat di lereng Gunung Ungaran, Curug Lawe menyuguhkan pemandangan alam berupa air terjun di tengah alam liar. Semak belukar, pepohonan rimbun serta jalan bebatuan yang naik turun menjadi tantangan tersendiri buat kamu yang berjiwa petualang.

Dari gerbang pintu masuk ke air terjun akan memakan waktu sekitar 30 menitan. Meski pun perjalanan terbilang cukup jauh, tapi percaya deh. Keindahan pemandangan yang sobat tiket dapatkan di sini bakal setimpal dengan perjalanannya. Hutan yang lebat dan margasatwa yang ada akan menambahkan kenangan indah dalam liburanmu kali ini.

Alamat: Gunungsari, Limbangan, Hutan, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah 51383, Indonesia.

Waktu Operasional: Buka setiap hari, pukul 06.00 – 15.00.

Harga* tiket masuk: Rp5.000/ orang*.

Parkir motor: Rp2.000/ unit*.

Parkir mobil: Rp5.000/ unit*.

3. Pagoda Avalokitesvara

Berwisata ke sini, kamu akan disuguhi keindahan bangunan pagoda yang artistik dan aesthetic. Banyak wisatawan yang senang berkunjung ke sini Pagoda Avalokitesvara punya banyak spot foto menarik di dalamnya. Berdiri sejak tahun 1955, tinggi bangunan bertingkat tujuh ini mencapai sekitar 45 meter. Di setiap tingkatnya, ada empat buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru mata angin.

Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50265, Indonesia.

Waktu Operasional: Setiap hari buka, pukul 07.00 – 21.00.

Harga* tiket masuk: Donasi seikhlasnya.

4. Klenteng Sam Poo Kong

Sobat tiket bisa banget berburu spot foto yang unik dan menarik di Klenteng Sam Po Kong ini. Sarat nilai sejarah, dulunya klenteng ini merupakan bekas tempat singgah dan Cheng Ho, seorang Tionghoa muslim yang membawa agama Islam ke Palembang. Di vihara berarsitektur campuran China dan Jepang ini, kamu bisa menyewa busana khas China yang disediakan di dekat loket utamanya.

Alamat: Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50148, Indonesia.

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 20.00.

Harga* tiket masuk: Anak Rp5.000-Rp15.000, dewasa Rp7.000 – Rp28.000*.

5. Pantai Baruna

Sumber: Shutterstock.com

Selain Pantai Marina, Semarang juga punya pantai lainnya yang tak kalah cantik, yakni Pantai Baruna. Di sini terdapat monumen bersejarah yang menjadi saksi bisu dari pertempuran 5 hari di Semarang.

Untuk menghormati ratusan tentara Jepang yang tewas dan dibuang di kanal, pemerintah Jepang membangun monumen ketenangan jiwa. Harapannya agar tentara Jepang yang tewas mendapatkan ketenangan jiwa dalam keabadian.

Alamat: Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 05.00 – 22.00.

Harga* tiket masuk: Rp5.000/ orang*.

6.  Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Nikmati momen bersantai sambil minum kopi dengan view alam Semarang yang ciamik. Terdapat empat restoran di Pondok Kopi Umbul Sidomukti ini. Yang pertama ialah cafeteria, lalu ada juga lesehan ikan bakar dengan menu hidangan lautnya. Yang ketiga yakni Pondok Panorama yang berdekatan dengan Pondok Kopi. Pondok Kopi sendiri merupakan yang paling atas dan satu area dengan wisata Villa Pondok Kopi dan Goa Tirta Mulya

Alamat: Desa Sidomukti, Jl. Goa Jepang, Jimbaran, Bandungan, Manggung, Jimbaran, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50661, Indonesia.

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 12.00.

Harga* tiket masuk: Rp3.000 weekday, Rp5.000 weekend*.

7. New Sabana Rawa Pening

Destinasi wisata yang satu ini juga sedang ngehits dan unik. Kenapa unik? Karena tempatnya terlahir dari danau yang mongering. Spot ini lantas ditumbuhi tanaman liar yang kemudian jadi menyerupai sabana nan eksotis. Tentunya sobat tiket bisa asyik berfoto di sini dengan background Gunung Telomoyo, Ungaran dan Merbabu.

Dengan catatan, kamu hanya bisa main ke sini saat kemarau. Pasalnya saat puncak penghujan, besar kemungkinan danau ini akan kembali tertutup air. Makanya mending buruan aja main ke sini ya!

Alamat: Klurahan, RW 06, Tuntang, Semarang, Central Java 50773, Indonesia.

Waktu Operasional: 24 jam.

Harga* tiket masuk: Gratis.

Parkir motor: Rp3.000/ unit*.

Parkir mobil: Rp8.000/ unit*.

8. Air Terjun Kali Pancur

Sumber: Shutterstock.com

Mau melihat air terjun dengan ketinggian 150 meter? Di sini tempatnya. Air terjun Kali Pancur terletak di kaki Gunung Telomoyo, Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan ini merupakan yang tertinggi di Semarang.

Kawasan wisata yang masih sepi pengunjung ini rupanya belum banyak diketahui, sobat tiket. Untuk tiba di lokasi Kali Pancur, kamu terlebih dahulu harus menelusuri sekiranya 900 anak tangga. Jadi pastikan perbekalan lengkap dengan stamina yang prima ya, sobat tiket.

Alamat: Gejayan, Nogosaren, Getasan, Semarang, Central Java 50774, Indonesia.

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 16.00.

Harga* tiket masuk: Rp5.000/orang*.

9. Watu Gunung

Kolam pemandian air panas dengan pelataran panorama khas Pegunungan Ungaran. Indahnya bikin terbayang-terbayang lho, sobat tiket. Gemericik air di kolam yang jernih kebiruan berpadu dengan asrinya danau buatan dan menambah permai lingkungan alam sekitar. Suasana Watu Gunung yang tenang dan jauh dari hingar-bingar kota akan menjadi sarana relaksasi untukmu bersantai sejenak.

Alamat: Lerep Satu, Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah 50519, Indonesia.

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00.

Harga* tiket masuk: Rp25.000/orang*.

10. Candi Gedong Songo

Sumber: Shutterstock.com

Kamu juga bisa berwisata sejarah ke sini. Berlokasi di atas bukit dengan ketinggian 1.200 mdpl, kawasan ini dinamakan “Gedong Songo” yang artinya “sembilan bangunan”. Dulunya, kompleks candi ini ada Sembilan. Namun kini hanya lima yang tersisa. Jarak antara lima candi yang ada cukup berjauhan, sehingga dibutuhkan waktu seharian untuk menelusurinya.

Alamat: Jl. Candi Gedong Songo, Candi, Bandungan, Krajan, Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614, Indonesia.

Waktu Operasional: Setiap hari, pukul 06.00 – 18.00.

Harga* tiket masuk: Rp6.000 /orang*.

Piknik Sambil Mengulik Alam Semarang yang Cantik

Biar liburanmu kali ini tambah asyik, yuk pesan tiket pesawat ke Semarang dari tiket.com aja. Kamu juga bisa pesan langsung dari ponsel dengan mengunduh aplikasi tiket.com gratis. Lengkapi juga momen seru liburanmu dengan berkunjung ke 4 Tempat untuk Berwisata Budaya yang Seru di Kota Semarang. Selamat liburan!

*Harga saat artikel ditulis