Berwisata ke Berastagi, 5 Tempat Wisata Ini Bikin Kamu Kedinginan!

,

Berwisata ke Berastagi, 5 Tempat Wisata Ini Bisa Bikin Kamu Kedinginan!

Cuaca panas kota Medan sering bikin sobat tiket merasa gerah. Banyak orang lebih memilih pergi ke mall untuk ngadem. Namun, ada lho kota di sekitar Medan yang sering jadi tujuan wisata akhir pekan masyarakat setempat.

Berastagi namanya, bagian dari Kabupaten Karo dan berjarak sekitar 66 kilometer dari kota Medan. Kota ini menjadi “Puncak” versi orang Medan. Bagi sobat tiket yang tinggal di Medan dan sekitarnya, pasti sudah familiar dengan kota ini, kan? 

Apa saja sih daya tarik Berastagi? Simak ulasan ini ya, sobat tiket!

Salah Satu Kota Terdingin di Indonesia

Sobat tiket pernah mendengar nama Gunung Sinabung? Gunung api aktif ini sering menjadi berita nasional karena aktivitasnya. Nah, kota Berastagi berada di antara dua gunung berapi aktif, yaitu Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak.

Kondisi geografis membuat kota Berastagi berada pada ketinggian lebih dari 1.300 meter di atas permukaan laut. Lantas, kota ini disebut-sebut sebagai salah satu kota paling dingin di Indonesia. 

Berastagi juga menyandang status sebagai kota kedua terbesar di Dataran Tinggi Karo. Kota terbesar pertama tentu saja kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo. Maka, wajar jika aktivitas perekonomian di kota berudara dingin ini terbilang ramai.

Dengan anugerah tanah subur dan udara sejuk, roda perekonomian Berastagi berfokus pada produksi buah-buahan dan sayuran, serta pariwisata. Sama seperti Puncak, Jawa Barat, Berastagi juga dikenal karena hasil buminya melimpah, sehingga menempatkan kota ini sebagai penghasil buah-buahan dan sayuran terbesar di Sumatera Utara.

Sektor pariwisata Berastagi juga berkembang cukup pesat. Kamu bisa berkunjung ke tempat wisata Medan Berastagi yang kerap ramai pada saat akhir pekan tiba. Tersedia berbagai pilihan tempat wisata menarik bagi sobat tiket yang ingin menghirup udara segar Berastagi. Penasaran kan apa saja tempat wisata itu?

Tempat Wisata Medan Berastagi Paling Favorit

Walau berstatus sebagai kota kecamatan, ada banyak tempat wisata yang bisa sobat tiket kunjungi ketika datang ke Berastagi. Ayo, kita simak 5 tempat wisata Medan Berastagi favorit untuk referensi sobat tiket!

1. Wisata Religi di Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini bisa sobat tiket jumpai di Desa Tongkoh, Dolat Rayat, Berastagi. Begitu kamu menginjakkan kaki di sini, sebuah pagoda emas menjulang tinggi langsung mencuri perhatian.

Ternyata, pagoda ini replika Pagoda Shwedagon atau Pagoda Emas Yangon di Myanmar. Tinggi bangunan unik ini mencapai 46,8 meter, membuatnya tercatat sebagai stupa tertinggi di Indonesia. Nggak hanya itu, pagoda ini juga menjadi nomor dua paling tinggi di Asia Tenggara.

Tempat Wisata Medan Berastagi - Taman Alama Lumbini
Sumber: Shutterstock.com

Seperti kamu tahu, pagoda merupakan tempat ibadah umat Budha. Ketika sedang tidak dipakai beribadah, kamu boleh masuk ke dalam bangunan untuk mengamati lebih dekat detail arsitekturnya lho, sobat tiket.

Saat di Taman Alam Lumbini, sobat tiket bisa menyusuri bagian belakang pagoda. Sebuah taman indah tampil selaras dengan suasana alam di sekitarnya. Kamu bisa berfoto di atas jembatan gantung sepanjang 20 meter sambil menikmati keindahan taman yang tertata apik.

2. Berendam di Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-debuk

Pemandian air panas alami ini bisa sobat tiket datangi di Desa Doulu, Berastagi. Masyarakat setempat yakin, air panas yang bersumber di mata air Gunung Sibayak ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. 

Fasilitas di Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-debuk juga cukup lengkap lho. Sobat tiket tinggal datang, membayar tiket masuk, dan menikmati sensasi berendam air panas bercampur belerang di kolam-kolam yang tersedia sambil menghirup udara segar.

Berwisata ke Berastagi, 5 Tempat Wisata Ini Bikin Kamu Kedinginan!
Sumber: Shutterstock.com

3. Mengagumi Keindahan Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar adalah sebuah danau eksotis yang berada persis di kaki Gunung Sinabung, tepatnya di Desa Kuta Gugung, Naman Teran. Sobat tiket butuh waktu sekitar 50 menit perjalanan dari pusat kota Berastagi untuk tiba di sini.

Danau Lau Kawar memang nggak seluas Danau Toba. Namanya juga pasti kurang akrab di telinga sobat tiket dari luar Sumatera Utara. Namun, kamu bisa menemukan keasrian di danau ini. Apalagi, hutan pepohonan rimbun mengelilingi danau yang relatif tenang ini, membuat Danau Lau Kawar punya pesona tersendiri.

Oya, selain mengagumi kemolekan alam Danau Lau Kawar, sobat tiket juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Misalnya, berenang, berkemah, memancing, fotografi, atau sekadar bermain air di tepi danau. 

4. Belanja Sepuasnya di Pasar Buah Berastagi

Sobat tiket sebetulnya bisa menjumpai pedagang buah lokal hampir di seluruh tempat wisata. Namun, kamu akan merasakan sensasi berbeda ketika mampir ke Pasar Buah Berastagi. Lokasi pasar buah ini masih searah dengan Bukit Gundaling. 

Sesuai namanya, sobat tiket bakal disambut oleh deretan pedagang yang menjajakan buah-buahan segar. Nggak cuma itu, harga buah dan sayur di Pasar Buah Berastagi juga ramah di kantong sobat tiket. 

Para pedagang mengambil langsung dari kebun buah dan sayur petani lokal. Wajar kalau harganya jauh lebih murah daripada kamu beli di kota Medan. Oya, selain buah-buahan dan sayuran, kamu juga bisa bawa pulang bibit bunga, aksesoris, dan camilan khas Berastagi dari pasar ini.

Berwisata ke Berastagi, 5 Tempat Wisata Ini Bikin Kamu Kedinginan!
Sumber: Shutterstock.com

5. Minum Susu Sapi Segar di Gundaling Farm Berastagi

Kalau Puncak punya Cimory, Berastagi punya Gundaling Farm Berastagi. Ya, sobat tiket penyuka susu bisa mampir ke tempat wisata satu ini. Gundaling Farm Berastagi menawarkan wisata peternakan sapi perah. Kamu bisa melihat bagaimana proses pemerahan susu sapi, pengemasan, hingga menikmati langsung segarnya susu sapi.

Gundaling Farm dikenal sebagai satu-satunya usaha peternakan sapi modern di Sumatera Utara. Dikelola oleh PT Putra Indo Mandiri Sejahtera, sapi-sapi di sini diimpor langsung dari Australia lho. Nggak hanya susu segar, tersedia juga yogurt aneka rasa dengan tambahan buah segar dan tanpa bahan pengawet. Cocok nih untuk bekal di perjalanan dan oleh-oleh keluarga!

Dari Medan, Begini Cara Menuju Berastagi

Ada banyak cara yang bisa sobat tiket pilih menuju Berastagi dari Medan. Kalau kamu suka berpetualang, boleh banget menjajal bus antar kota Medan-Berastagi yang berangkat dari Terminal Bus Padang Bulan Medan.

Sobat tiket ingin perjalanan lebih privat? Gampang, sewa mobil di tiket.com aja. Kamu tinggal komunikasikan pada pengelola jasa sewa mobil soal titik penjemputan, jumlah penumpang, dan tempat wisata Medan Berastagi yang ingin didatangi.

Perjalanan Medan ke Berastagi juga nggak terlalu jauh kok, hanya sekitar 1,5 jam hingga 2 jam saja. Sepanjang perjalanan, mata sobat tiket bakal dimanjakan dengan bentangan alam yang menakjubkan. 

Kabar baiknya, berbagai tempat wisata di Berastagi jaraknya cukup berdekatan. Maka, menyewa mobil jelas lebih menguntungkan karena kamu bisa mengeksplorasi beberapa tempat wisata sekaligus dalam satu hari.

Seru juga kan jalan-jalan ke Berastagi? Jangan lupa bawa pakaian hangat ya, sobat tiket, supaya kamu nggak kedinginan selama berpetualang di sana. Nah, sepulang dari Berastagi, sobat tiket bisa lanjut wisata kuliner ke kafe-kafe kekinian dan instagramable di kota Medan

Ayo, ajak teman dan keluarga liburan ke Berastagi sekarang juga!