,

5 Wisata Budaya di Jakarta yang Bikin Makin Cinta Indonesia

Indonesia kaya akan budaya. Sebagai generasi muda, kita punya peran untuk mengenalkan dan melestarikannya. Salah satu caranya bisa dengan melakukan wisata budaya.

Kini, semakin banyak fasilitas yang menyediakan wisata budaya. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan keinginan.

Belajar Sambil Berekreasi di Jakarta

Selain menambah pengetahuan, kamu juga bisa belajar keahlian baru dengan berwisata budaya. Masih bingung lokasinya di mana saja? Berikut tiket.com rangkumkan 5 wisata budaya di Jakarta.

1. Museum Nasional Indonesia

Sumber: Shutterstock.com

Kamu yang tertarik dengan benda-benda kuno, wajib banget datang ke Museum Nasional. Museum yang juga dikenal sebagai Museum Gajah ini punya 140 ribu benda koleksi. Wah!

Museum Nasional terbagi menjadi Gedung Gajah di sebelah kiri dan Gedung Arca di sebelah kanan gerbang masuk utama. Di Gedung Gajah terdapat selasar dengan berbagai macam arca. Di antaranya, peninggalan zaman kerajaan di Indonesia.

Beda lagi dengan Gedung Arca. Gedung ini terdiri dari 4 lantai. Di lantai dasar, tersedia penjelasan dan display cara hidup manusia purba.

Menuju ke lantai atas, terdapat koleksi peninggalan budaya dari berbagai macam bidang kehidupan. Ada juga ruang koleksi benda dari emas dan keramik di lantai 4.

Sobat tiket yang datang ke museum ini tak akan merasa mumet. Karena koleksi museum tertata rapi dan ruang gerak untuk pengunjung yang cukup lebar.

Menariknya lagi, Museum Nasional sering membuka ragam kelas gratis setiap akhir pekan seperti kelas tari dan kelas gamelan. Siapapun boleh mendaftar. Kamu cukup update informasi kelas ini lewat Instagram Museum Nasional dan datang pas hari H.

Mau tahu lebih banyak tentang museum ini? Coba cek koleksi atau mengakses virtual tour di situs Museum Nasional.

Harga tiket masuk: dewasa Rp5.000 dan anak-anak Rp2.000*

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Jakarta Pusat.

Halte atau stasiun terdekat: Halte TransJakarta Monas hanya 50 meter di seberang Museum Nasional.

2. Kampung Betawi Setu Babakan

Wisata budaya di Jakarta kurang lengkap kalau enggak mengenal budaya Betawi. Kalau gitu, langsung aja ke Kampung Betawi Setu Babakan.

Di kampung ini, sobat tiket bisa melihat dari dekat rumah khas Betawi dan mengunjungi museum Betawi. Museum 2 lantai ini akan membawa kamu melihat Betawi tempo dulu.

Lanjut berkeliling kampung Setu Babakan, paling seru sambil mencicipi makanan. Ada taoge goreng, nasi ulam, pecak dan lainnya.

Kamu bisa mencoba membuat sendiri berbagai penganan Betawi seperti dodol, akar kelapa dan bir pletok.

Puas mengisi perut, jangan ketinggalan menyaksikan pagelaran. Setiap hari Minggu, rutin digelar acara kesenian Betawi di Setu Babakan.

Ada kesenian tari, musik, bela diri dan pentas komedi. Semuanya khas Betawi dan tidak dipungut biaya. Pagelaran ini dipentaskan di amfiteater dalam kawasan Setu Babakan.

Usai menonton pagelaran, pengunjung bisa menjajal alat musik dan silat Betawi. Sebelum pulang, pastikan membawa oleh-oleh kuliner dan kerajinan khas Betawi, ya.

Harga tiket masuk: gratis. Rp2 ribu untuk parkir motor dan Rp5 ribu untuk parkir mobil*

Alamat: Jl. RM. Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Halte atau stasiun terdekat: naik TransJakarta koridor 9H (Cipedak – Blok M), berhenti di depan Setu Babakan.

3. Kota Tua

Sumber: Shutterstock.com

Banyak yang belum tahu kalau kawasan Kota Tua mencakup beberapa wilayah di Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Di antaranya, lapangan Fatahillah dan sekitarnya, wilayah Pecinan di Glodok dan sekitarnya, Kali Besar sampai Pelabuhan Sunda Kelapa.

Selama ini, Kota Tua identik dengan Taman Fatahillah. Tempat ini selalu jadi pusat keramaian tiap akhir pekan. Karena lebih dari 5 museum ada di sekitar Taman Fatahillah.

Di sekeliling taman juga terdapat banyak pedagang makanan maupun kafe. Kamu yang pengen coba jajanan tempo dulu bisa berburu jajanan jadul khas Jakarta seperti kerak telor dan es selendang mayang.

Taman Fatahillah juga sangat nyaman untuk bersantai. Kamu bisa menyewa sepeda atau jalan-jalan mengitari taman.

Bergeser sedikit dari taman Fatahillah, tampak Jembatan Kota Intan yang menghadap langsung ke Kali Besar. Jembatan ini jadi salah satu tempat favorit untuk hunting foto.

Di seberang dekat jembatan, ada bangunan peninggalan Belanda bernama Toko Merah. Kamu bisa berpose di depan bangunan ini.

Kalau tertarik untuk menyambangi kawasan Kota Tua yang lain, kamu bisa menuju  Pecinan di Glodok atau ke Pelabuhan Sunda Kelapa.

Di dekat pelabuhan, terdapat Museum Bahari dan Menara Syahbandar. Dari atas menara miring ini, terhampar pemandangan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Harga tiket masuk: Rp5 ribu untuk Museum Fatahillah*

Alamat: beberapa kawasan di Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Halte atau stasiun terdekat: Stasiun Jakarta Kota, sekitar 500 meter dari Taman Fatahillah.

4. Museum Tekstil

Dari namanya sudah bisa ditebak kalau museum ini punya koleksi pertekstilan. Lokasinya, dekat dengan Pasar Tanah Abang. Jadi yang mau belanja di pasar, bisa mampir dulu ke museum ini.

Pengunjung yang baru masuk ke museum akan langsung disapa dengan Galeri Batik. Di dalamnya, banyak koleksi kain batik dari seluruh Indonesia. Motif dan warna kain yang variatif pasti bikin terpesona.

Warna-warna cantik tersebut salah satunya berkat pewarnaan alami. Kamu bisa cari tahu tentang pewarnaan alami di Taman Pewarna Alam. Letaknya di halaman tengah museum.

Di sana, kamu bisa melihat langsung tanaman aslinya lengkap dengan keterangan namanya. Ada juga Kebun Serat yang isinya tanaman penghasil serat untuk bahan baku kain.

Setelah mengenal sumber daya alam, kurang afdol kalau enggak belajar proses membatik. Sobat tiket bisa mengikuti workshop membatik.

Setiap peserta bakal mendapat peralatan dan didampingi instruktur selama membatik. Jadi peserta yang pemula, enggak perlu minder.

Habis membatik, jalan-jalan bentar lagi kuy. Kali ini ke Ruang Pengenalan Wastra. Di dalamnya, ada macam-macam alat tenun. Jarang-jarang kan bisa lihat alat tenun dari dekat?

Harga tiket masuk: Rp5 ribu*

Alamat: Jl. Ks. Tubun No. 2-4, RT.4/RW.2, Kota Bambu Sel., Palmerah, Jakarta Barat.

Halte atau stasiun terdekat: Stasiun Tanah Abang, sekitar 550 meter dari Museum Tekstil.

5. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Sumber: Shutterstock.com

Kawasan wisata seluas 150 hektar ini tepat banget disebut paket komplit. Di sini, kamu bisa melihat 33 bangunan rumah adat di Indonesia.

Bangunan ini juga menjadi tempat pameran pakaian adat dan budaya khas provinsi tersebut. Selain rumah adat, ada juga rumah ibadah berbagai agama dan museum unik.

Untuk wisata museum, rekomendasi tiket.com adalah Museum Transportasi dan Museum Hakka Indonesia. Masuk ke Museum Transportasi, kamu akan diajak berkenalan dengan transportasi tradisional sampai modern. Oh ya, beberapa replika kendaraan bahkan bisa dicoba lho.

Di Museum Hakka, sobat tiket bisa mempelajari sejarah Tionghoa di Indonesia. Jangan lupa berfoto di Taman 12 Shio dan mengabadikan patung Kera Sakti.

Selesai menjelajah museum, sempatkan waktu untuk menonton film tentang sejarah Indonesia di teater IMAX Keong Mas. Teater ini merupakan icon dari TMII.

Memori yang sudah diisi dengan pengetahuan, enaknya dibawa rileks sejenak. Ada taman flora dan fauna yang bisa dikunjungi.

Kamu yang bernyali besar, bisa menaiki wahana kereta gantung. Di atas ketinggian, kamu bisa melihat danau yang menggambarkan kepulauan Indonesia.

Saking banyaknya pilihan wisata, tak sedikit pengunjung yang kewalahan. Sebaiknya kamu menentukan tempat mana saja yang akan dikunjungi sebelum berangkat ke TMII.

Urutkan lokasi yang searah supaya kamu enggak menghabiskan banyak waktu hanya untuk pindah lokasi. Peta dan daftar harga tiket tercantum di situs resmi TMII.

Harga tiket masuk: Rp20 ribu per orang. Rp15 ribu untuk tiket mobil dan Rp10 ribu untuk tiket motor*

Alamat: JL. Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

Halte atau stasiun terdekat: Halte TransJakarta Taman Mini Garuda, sekitar 800 meter dari pintu masuk 1 TMII.

Wisata Budaya Itu Keren!

Dari 5 wisata di atas, mana yang paling seru menurut kamu? Kalau udah ada yang menarik hati, segera laksanakan wisata kamu sendiri. Bareng tiket.com, ayo ciptakan liburan yang banyak manfaatnya.

*keterangan harga saat artikel dibuat