Museum di Jakarta - Featured Image

,

7 Museum di Jakarta Populer, Asyik Buat Nambah Pengetahuan!

Liburan ke museum? Kenapa enggak! Apalagi kalau kamu adalah seorang pencinta sejarah dan selalu penuh dengan rasa ingin tahu. Namun, sobat tiket, siapa bilang yang boleh jalan-jalan ke museum hanya para pecinta sejarah? Siapa pun boleh untuk datang ke museum, termasuk datang ke berbagai museum di Jakarta.

Ibukota Jakarta memang jadi salah satu surganya museum di Indonesia. Ada banyak banget museum di ibukota yang keren banget untuk kamu kunjungi. Dengan berbagai tema dan koleksi yang menarik, 7 museum di Jakarta di bawah ini bisa kamu jadikan pilihan yang tepat buat liburan bareng teman-teman atau keluarga.

Oke, sobat tiket. Kalau kamu memang punya keinginan untuk jalan-jalan ke berbagai museum di Jakarta, 7 list museum di Jakarta ini bisa kamu jadikan pertimbangan terbaik sebagai destinasi liburan sekaligus belajarmu.

Simak kuy apa aja daftarnya!

7 Museum di Jakarta untuk Destinasi Liburanmu, Seru dan Bermanfaat!

Sobat tiket, berikut ini sederet daftar museum di Jakarta yang bisa kamu jadikan pilihan destinasi untuk liburan.

1. Museum Nasional Indonesia

Museum di Jakarta - Museum Gajah

Kita mulai penjelajahan museum di Jakarta ini dari Museum Nasional Indonesia atau yang juga sering disebut sebagai Museum Gajah. Museum ini sudah berumur sangat tua, yakni sudah mulai dicetuskan cikal bakal pembangunannya di tahun 1778.

Ada ratusan ribu koleksi benda bersejarah di Museum Nasional Indonesia. Kalau kamu penasaran dan ingin berkunjung ke museum di Jakarta ini, kamu bisa datang ke Jalan Medan Merdeka Barat, dekat dengan Monumen Nasional atau Monas.

2. Museum Wayang

Dari Jalan Medan Merdeka Barat, belokkan langkahmu ke kawasan Kota Tua Jakarta di Jakarta Barat. Museum Wayang adalah salah satu museum terkenal yang berlokasi di Kota Tua, tepatnya menghadap ke Taman Fatahillah. Museum Wayang Jakarta memiliki banyak koleksi, di antaranya adalah berbagai jenis wayang Jawa dan wayang Sunda. Keren dan nambah pengetahuan pokoknya!

3. Museum Taman Prasasti

Museum di Jakarta - Museum Taman Prasasti

Ingin berkunjung ke museum dengan konsep unik dan lain daripada yang lain? Kamu bisa berkunjung ke Museum Taman Prasasti Jakarta. Museum Taman Prasasti adalah sebuah museum yang lebih mirip seperti makam khas Eropa, karena memang museum ini dahulunya adalah pemakaman.

Museum Taman Prasasti memiliki banyak koleksi batu nisan, di antaranya adalah nisan Soe Hok Gie, nisan dan makam Olivia Mariamne Raffles, dan lainnya. Alamat dari museum di Jakarta ini adalah di Jl. Tanah Abang I, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

4. Museum Sumpah Pemuda

Apakah sobat tiket adalah seorang pecinta sejarah yang selalu penasaran dengan cerita tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia di masa lalu? Jika ya, kamu bisa menjadikan Museum Sumpah Pemuda sebagai salah satu destinasi untuk menambah pengetahuan serta wawasan kamu. Museum Sumpah Pemuda menyimpan berbagai macam koleksi yang lekat dengan sejarah Sumpah Pemuda tahun 1928. Alamatnya ada di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

5. Museum Fatahillah

Museum di Jakarta - Museum Fatahillah

Membicarakan tentang Museum di Jakarta, rasanya nggak akan lengkap tanpa menyebut nama Museum Fatahillah Jakarta. Museum yang memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta ini berlokasi di Jalan Taman Fatahillah dan menghadap langsung ke Taman Fatahillah atau Fatahillah Square. Karena itulah, nggak heran jika museum ini lebih dikenal sebagai Museum Fatahillah.

Ada banyak koleksi menarik yang bisa kamu lihat di Museum Fatahillah, di antaranya adalah koleksi keramik, koleksi pedang, koleksi lukisan, dan masih banyak lagi. Jangan lupakan juga koleksi meriam “si Jagur” yang sangat terkenal.

6. Museum Pulau Onrust

Jangan lupakan Kepulauan Seribu yang indah ketika menjelajah DKI Jakarta. Museum Pulau Onrust adalah salah satu museum di Jakarta, tepatnya di Kabupaten Kepulauan Seribu. Museum Pulau Onrust ini adalah sebuah museum arkeologi. Karena banyaknya peninggalan masa lampau yang bersejarah di Pulau Onrust, kawasan ini juga dikenal sebagai Suaka Taman Purbakala Kepulauan Seribu. Kamu penasaran untuk datang ke sini, nggak?

7. Museum MACAN

Museum di Jakarta - Museum Macan

Setelah mengunjungi museum bersejarah, lengkapi liburanmu ke museum di Jakarta dengan berkunjung ke Museum MACAN. Museum seni modern dan kontemporer ini adalah museum kekinian yang pastinya kece dan Instagrammable!

Nama MACAN sendiri merupakan singkatan dari Museum of Modern and Contemporery Art Nusantara. Di Museum MACAN ini, koleksi yang dipamerkan mengikuti siapa seniman yang sedang pameran di sana. Jadi koleksinya bisa berganti-ganti, sobat tiket. Keren ya?

Mau Keliling ke Berbagai Museum di Jakarta? Sewa Mobil, Aja!

Untuk kamu yang ingin jalan-jalan ke berbagai museum di Jakarta, kamu bisa mempermudah acara jalan-jalan seru kamu dengan sewa mobil. Selain lebih nyaman, sewa mobil di Jakarta juga akan membuatmu terhindar dari capek karena kamu tidak harus menyetir sendiri.

Yang paling penting nih, untuk kamu yang ingin sewa mobil di Jakarta, jangan lupa untuk pesan sewa mobilnya hanya di tiket.com.

Eh, tapi seseru apa pun jalan-jalanmu nanti di Jakarta, jangan lupa untuk tetap mematuhi peraturan, salah satunya adalah mematuhi peraturan ganjil genap Jakarta.

Kalau sudah, kuy berangkat ke Jakarta sekarang, sobat tiket!