Oleh-Oleh Khas Jakarta Featured

,

8 Oleh-Oleh Khas Jakarta, Beli yang Banyak Nyok!

Kamu punya rencana untuk jalan-jalan atau liburan ke ibukota, sobat tiket? Jalan-jalan ke Jakarta emang seru. Soalnya, kota metropolitan yang satu ini punya banyak hal menarik yang ditawarkan untuk kamu. Namun jangan lupa, kalau kamu jalan-jalan, ada keluarga yang harus kamu bawain oleh-oleh khas Jakarta sebagai buah tangan.

Nah, sebenarnya mencari oleh-oleh khas Jakarta nih susah-susah gampang sih. Soalnya, banyak banget oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kamu pilih sampai akhirnya kamu bingung sendiri. Betul nggak, tuh?

Yaudah deh, daripada kamu bingung mau bawa oleh-oleh apa setelah pulang dari ibukota, mending kamu simak daftar 8 oleh-oleh Jakarta yang populer berikut ini. Mungkin salah satunya ada favorit keluargamu! Simak, nyok!

8 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Murah dan Banyak Dibeli

Ini dia 8 oleh-oleh khas Jakarta untuk kamu yang mau bawa buah tangan setelah liburan dari ibukota.

1. Biji Ketapang

Oleh-Oleh Khas Jakarta - Biji Ketapang

Kalau kamu berlebaran di Jakarta, kamu mungkin akan menemui biji ketapang yang disajikan untuk para tamu. Memang sih, jajanan legendaris yang satu ini memang oleh-oleh khas Jakarta yang juga telah menjadi salah satu kudapan ringan favorit.

Kue kering biji ketapang dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, santan, dan kelapa parut. Bisa banget lho kalau kamu memilih kue biji ketapang ini sebagai oleh-oleh Jakarta.

2. Dodol Betawi

Kamu penggemar makanan manis? Jika benar, jangan lewatkan untuk membeli dodol Betawi sebagai oleh-oleh khas Jakarta. Dodol Betawi yang hanya memiliki 3 rasa yaitu ketan putih, ketan hitam, dan durian ini memakan waktu 8 jam untuk pembuatannya.

Untuk perasa manisnya, dodol Betawi menggunakan gula aren. Jika kamu ingin membawa dodol Betawi sebagai oleh-oleh khas Jakarta, kamu bisa memilih dodol yang dikemas dalam kemasan kecil-kecil, maupun kemasan kiloan.

3. Roti Gambang

Oleh-Oleh Khas Jakarta_blog_Roti Gambang

Kudapan tradisional memang selalu punya tempat tersendiri di hati pecinta kuliner. Roti gambang adalah roti dengan warna kecoklatan yang berasal dari gula merah.

Roti ini juga ditaburi dengan wijen yang membuat rasanya menjadi semakin gurih. Untuk menikmati oleh-oleh khas Jakarta ini, pastinya bakal makin lengkap kalau ada secangkir kopi atau teh hangat. Mantap!

4. Tape Uli

Oleh-Oleh Khas Jakarta_blog_Tape Uli

Ada lagi nih jajanan tradisional khas Betawi yang pantang kamu lewatkan saat membeli oleh-oleh khas Jakarta. Sesuai namanya, tape uli ini berbahan dasar tape ketan. Untuk menambah aroma kelezatannya, tape uli ini dibungkus dengan daun pisang. Duh jadi pengin nyobain kan?

5. Bir Pletok

Oleh-Oleh Khas Jakarta_blog_Bir Pletok

Eits, jangan salah sangka dulu. Bir yang satu ini sama sekali tidak mengandung alkohol, kok. Bir pletok justru minuman yang memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, beberapa di antaranya adalah dipercaya dapat memperlancar aliran darah dan memulihkan nyeri lambung.

Bahan dasar pembuatan bir pletok adalah jahe, daun pandan, dan daun serai. Tentu saja, minuman yang juga bisa menjadi oleh-oleh Jakarta ini paling nikmat disajikan saat hangat.

6. Kembang Goyang

Namanya yang cantik memang bisa bikin penasaran. Ini dia si kembang goyang, makanan tradisional ala Betawi yang bisa juga dibawa sebagai oleh-oleh khas Jakarta. Kembang goyang adalah snack tradisional yang renyah, gurih, dan sedikit manis. Karena bentuknya adalah jajanan kering, kamu bisa nih membawa beberapa kemasan kembang goyang dalam wadah plastik untuk dibawa sebagai buah tangan.

7. Kue Semprong

Kamu tahu apa itu kue semprong, sobat tiket? Kue yang berbentuk silinder panjang ini dibuat dari tepung beras dan tepung tapioka, kemudian dibakar dengan menggunakan alat khusus berupa penjepit besi. Biasanya, kue semprong yang dijual sebagai oleh-oleh khas Jakarta dikemas dalam kemasan plastik atau stoples. Lezat banget pasti!

8. Kue Pancong

Oleh-Oleh Khas Jakarta_blog_Kue Semprong

Pertanyaan penting. Apa bedanya kue pancong versus kue rangi? Kamu tahu jawabannya, sobat tiket?

Jangan sampai ketuker, lho. Kue pancong dan kue rangi ternyata memiliki bahan dasar yang sedikit berbeda. Kalau kue rangi terbuat dari tepung sagu dan kelapa parut, kue pancong terbuat dari tepung beras dan kelapa parut.

Nah, persamaannya, dua-duanya baik kue rangi atau pun kue pancong cocok untuk kamu bawa sebagai salah satu oleh-oleh khas Jakarta. Karena harganya cukup terjangkau, kamu bisa beli yang banyak nih untuk oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Pesan Tiket Kereta untuk Liburan dan Beli Oleh-Oleh Khas Jakarta

Saat kamu ingin liburan, hal pertama yang harus kamu pikirkan tentu saja bagaimana cara untuk menuju ke destinasi tujuan kamu. Makanya, buat sobat tiket yang ingin berkunjung ke ibukota buat liburan plus beli oleh-oleh di Jakarta, kamu bisa pesan tiket kereta api di tiket.com.

Tidak hanya mencari informasi tentang oleh-oleh Jakarta saja, kamu juga harus tahu apa aja tempat wisata yang asyik di Jakarta. Nih ada informasi tentang tempat mancing di Jakarta kalau kamu mau mancing saat akhir pekan.

Nyok, berangkat liburan ke Jakarta, sobat tiket!