,

10 Destinasi Wisata Keluarga di Semarang, Pasti Bikin Senang

Sobat tiket sudahkah punya rencana berlibur bareng keluarga untuk musim liburan mendatang? Mungkin kamu ingin pergi saat liburan sekolah, akhir tahun, atau yang lainnya. Kapanpun itu, ada baiknya jika kamu sudah merencanakan liburan keluarga jauh sebelum berangkat.

Apalagi makin banyak destinasi wisata baru bermunculan. Bisa-bisa makin susah menentukan pilihan. Kali ini, tiket.com punya rekomendasi wisata keluarga di Semarang yang sayang banget untuk dilewatkan.

Destinasi Wisata Keluarga di Semarang

Semarang punya pilihan destinasi wisata keluarga yang variatif. Mulai dari wisata alam yang indah sampai destinasi wisata buatan yang enggak kalah kerennya. Mau tahu apa aja destinasi wisata di Semarang untuk keluarga? Berikut ulasannya.

1. Banyak Spot Instagrammable di Watu Gajah Park

Rekomendasi tempat wisata keluarga di Semarang yang pertama adalah Watu Gajah Park. Di sini, sobat tiket enggak akan kehabisan pilihan spot foto instagrammable.

Buat pasangan, terdapat lorong cinta dan beberapa spot foto berbentuk hati. Kamu juga bisa berpose di atas patung-patung lucu berbentuk animasi hewan. Sampai-sampai ada patung naga juga lho.

Yang mau berfoto dengan suasana alam juga bisa kok. Banyak tanaman hijau dan bunga-bunga cantik di sekeliling taman. Fasilitas lain termasuk kandang kupu-kupu dan kolam renang.

Jam buka: 07.00 – 21.00 WIB.

Tiket masuk: Rp15 ribu*

Alamat: Dusun Watugajah, Desa Wringin Putih, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Lokasi: sekitar 28 kilometer dari kawasan Simpang Lima.

2. Berkemah Sampai Karaoke Bareng Keluarga di Taman Wisata Kopeng

Sobat tiket dan keluarga punya gaya liburan yang berbeda? Coba deh berwisata ke taman wisata Kopeng.

Fasilitasnya mulai dari outbound, paintball sampai bermain di waterpark. Bukan waterpark biasa karena berada 1500 meter di atas permukaan laut. Air kolam juga berasal dari mata air Umbul Songo dan mata air murni Kopeng.

Pengunjung yang ingin bermalam bisa menginap di family resort. Kamu lebih suka bertualang? Berkemah aja di camping ground yang tersedia. Enggak usah repot, semua peralatan seperti tenda, sleeping bag dan lainnya sudah tersedia.

Sebelum tidur, kamu bisa lho bangun kekompakan keluarga dengan bernyanyi bareng di fasilitas karaoke keluarga. Seru, kan?

Jam buka: 08.00 – 16.30 WIB.

Tiket masuk: Rp15 ribu*. Berenang Rp20 ribu*

Alamat: Jl. Raya Kopeng – Magelang Km. 15, Getasan, Kopeng, Kabupaten Semarang.

Lokasi: sekitar 70 kilometer dari kawasan Simpang Lima.

3. Disambut Kera Ekor Panjang di Goa Kreo

Shutterstock.com

Sobat tiket akan disapa kerumunan kera ekor panjang ketika menuju goa Kreo. Untuk tiba di goa yang kabarnya pernah menjadi lokasi bertapa Sunan Kalijaga ini, kamu harus melewati anak tangga dan jembatan.

Jika merasa lelah, arahkan pandanganmu ke Waduk Jatibarang yang dekat lokasi goa. Tingkah laku kera yang lucu juga bisa lho mengurangi rasa lelahmu.

Tapi pastikan tetap berhati-hati menenteng barang bawaan terutama makanan saat dekat kera-kera ini ya.

Setelah menyusuri goa, sobat tiket dan keluarga bisa sekalian menyusuri waduk Jatibarang. Tentunya dengan menyewa perahu. Dari atas waduk, kamu juga bisa melihat Goa Kreo.

Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB.

Tiket masuk: Rp5 ribu*

Alamat: Jl. Raya Goa Kreo, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang. 

Lokasi: sekitar 14 kilometer dari kawasan Simpang Lima.

4. Terpukau Lukisan 3 Dimensi di Dream Museum Zone

Sobat tiket yang sedang berada di kawasan kota lama Semarang bisa sekalian mampir ke sini. Dijamin, museum satu ini pasti sukses membuat sobat tiket dan keluarga betah deh.

Soalnya ada 120 lukisan yang siap membuatmu berdecak kagum. Tema lukisan mulai dari budaya Mesir, kingkong, jurassic, upside down, heaven dan masih banyak lagi.

Semua karya seni ini berasal dari Korea lho. Selain di Semarang, museum ini juga ada di Bali dan Bandung.

Jam buka: setiap hari pukul 09.00 – 21.30 WIB.

Tiket masuk: Rp100 ribu*

Alamat: Jl. Branjangan No. 3 – 9, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

Lokasi: sekitar 3 kilometer dari kawasan Simpang Lima.

5. Melihat Tingkah Laku Hewan di Semarang Zoo

Yang muda maupun tua pasti suka berkunjung ke kebun binatang. Nah, sobat tiket yang lagi di Semarang bisa mengajak keluarga ke Semarang Zoo.

Koleksi hewan di kebun binatang ini cukup lengkap lho. Ada unta, orang utan, berbagai jenis burung dan banyak lagi hewan lainnya.

Si kecil rewel karena berjalan jauh atau sobat tiket berwisata dengan lansia? Naik e-bike aja untuk keliling Semarang Zoo.

Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB.

Tiket masuk: Rp10ribu (weekdays) dan Rp15 ribu (weekend dan libur nasional)*

Alamat: Jl. Raya Semarang – Kendal Km 17, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Lokasi: di seberang terminal Mangkang dan sekitar 17 kilometer dari kawasan Simpang Lima.

6. Puas Berfoto di Kelenteng Sam Poo Kong

Shutterstock.com

Kawasan kelenteng yang luas ini jadi salah satu destinasi favorit wisatawan. Berjalan masuk ke area kelenteng, kamu akan melihat beberapa bangunan merah dengan atap yang khas.

Silakan berfoto sesuka hati selama tidak mengganggu proses sembahyang ya. Karena sebagian pengunjung datang untuk bersembahyang di sini.

Sobat tiket juga bisa berfoto bak keluarga kerajaan Tiongkok dengan menyewa kostum. Tinggal pilih kostum raja, permaisuri ataupun jenderal. Ada juga kok kostum untuk si kecil.

Kurang lengkap ya kalau tanpa aksesoris? Tenang, kamu bisa berpose sambil memegang tombak, pedang dan aksesoris lainnya.

Kalau sedang tak terburu-buru, kamu bisa menunggu hingga langit mulai gelap. Soalnya, nyala lampion dan lampu di kelenteng super cantik di malam hari. Sobat tiket bisa lanjut foto-foto lagi deh.

Jam buka: 08.00 – 21.00 WIB. 

Tiket masuk: area wisata untuk dewasa Rp7 ribu (weekdays) dan Rp10 ribu (weekend). Sedangkan untuk anak-anak Rp5 ribu (weekdays) dan Rp8 ribu (weekend)*

Area sembahyang untuk pengunjung dewasa Rp27 ribu (weekdays) dan Rp28 ribu (weekend). Untuk anak-anak Rp15 ribu (weekdays dan weekend)*

Alamat: Jl. Simongan Raya No. 129, Kelurahan Bongsari, Kecamatan Semarang Barat.

Lokasi: sekitar 4 kilometer dari kawasan Simpang Lima.

7. Menjajal Wahana Bermain di Saloka Theme Park

Sobat tiket tahu enggak kalau Semarang punya taman rekreasi keluarga yang besar? Namanya Saloka Theme Park.

Pengunjungnya bukan cuma warga Semarang tapi banyak juga yang datang dari berbagai kota di Jawa Tengah. Enggak heran sih karena taman rekreasi ini cukup luas dengan total 5 zona bermain.

Wahana di taman rekreasi ini juga cukup lengkap. Ada wahana seperti arung jeram, bianglala, kereta luncur dan wahana lain khas taman rekreasi.

Selain itu, terdapat pula wahana ilmu pengetahuan dan rumah hantu. Bahkan ada kebun binatang seluas 1.240 meter persegi di dalam saloka theme park.

Jam buka: 10.00 – 18.00 WIB (weekdays) dan 10.00 – 20.00 WIB (weekend).

Tiket masuk: Rp120 ribu (weekdays) dan Rp150 ribu (weekend)* 

Alamat: Jl. Fatmawati No. 154, Gumuksari, Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Lokasi: sekitar 40 kilometer dari kawasan Simpang Lima.

8. Banyaknya Aktivitas Seru di Umbul Sidomukti

Shutterstock.com

Destinasi wisata ini terkenal dengan kolam renang bertingkat tiga yang langsung menghadap pemandangan alam. Makin keren dengan lantai dan dinding kolam yang terbuat dari batu. Istimewanya lagi, air di kolam ini berasal dari mata air Pegunungan Ungaran.

Kamu lagi malas basah-basahan? Banyak kok wahana lain yang bisa kamu jajal. Ada kegiatan outbound dan wahana yang memacu adrenalin seperti ATV, flying fox dan lainnya.

Uniknya lagi, kamu bisa berkuda mengelilingi kebun sayur sampai menyusuri goa buatan sepanjang 135 meter. Wah!

Oh ya, sobat tiket juga bisa menyaksikan matahari terbit dari Umbul Sidomukti lho. Dengan membayar Rp50 ribu*, pengunjung akan ditemani camilan dan minuman hangat saat melihat matahari terbit.

Kalau waktu sehari dirasa kurang untuk berwisata di sini, kamu bisa menginap di cottage atau vila yang ada.

Tapi sebelum berangkat, cek jadwal kegiatan wisata di situs resmi kawasan wisata Umbul Sidomukti ya. Karena enggak semua wisata tersedia di hari biasa. Rincian harga juga bisa dilihat di situs ya.

Tiket masuk: untuk berenang Rp10 ribu (weekdays) dan Rp15 ribu (weekend)* 

Alamat: Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Lokasi: sekitar 32 kilometer dari kawasan Simpang Lima.

9. Warna-warni Ceria di Kampung Pelangi

Tak jauh dari pusat kota Semarang, ada kampung pelangi. Sesuai namanya, kampung ini indah seperti warna pelangi. Warna-warna cat cerah menghiasi seluruh bagian kampung.

Enggak cuma mengecat dinding, beberapa bagian jalan hingga tangga dipenuhi lukisan. Kampung ini juga bersih jadi kamu pasti nyaman berkeliling untuk cari spot foto sesuai selera.

Tempat ini pas untuk sobat tiket yang enggak punya banyak waktu luang dan mencari tempat wisata di tengah kota. Sebaiknya datang di pagi atau sore hari ya biar enggak kegerahan. Anggap aja berolahraga ringan sambil jalan-jalan mengitari kampung.

Tiket masuk: gratis*

Alamat: Jl. DR. Sutomo No. 89, Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Lokasi: sekitar 2 kilometer dari kawasan Simpang Lima.

10. Memacu Adrenalin di Wisata Alam Gumuk Reco

Destinasi wisata ini cocok banget untuk sobat tiket dan keluarga yang hobi memacu adrenalin. Karena banyak wahana ekstrem yang bisa dilakukan. Makin sempurna dengan pemandangan indah lereng Gunung Telomoyo.

Kamu tinggal pilih mau menjajal ayunan langit dengan ketinggian ratusan meter atau menyusuri jembatan di pinggir tebing curam.

Meski terdengar menyeramkan, kedua wahana ini banyak peminatnya. Wahana lain seperti rumah pohon, flying fox sampai panjat tebing.

Sobat tiket harus membayar lebih ya untuk beberapa spot foto dan wahana. Tapi sebanding kok dengan pemandangan alam yang indah dan pengalaman yang tak terlupakan.

Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB.

Tiket masuk: Rp5 ribu*

Alamat: Dusun Kenongo, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Lokasi: sekitar 50 kilometer dari kawasan Simpang Lima.

Ciptakan Liburan Keluarga yang Berkesan

Wisata keluarga di Semarang cukup menarik hati kan sobat tiket? Kamu bisa mempertimbangkannya sebagai destinasi wisata bareng keluarga. Soal transportasi, kamu bisa pesan tiket kereta ke Semarang di tiket.com. Sekalian aja, pesan hotel dekat destinasi wisata yang kamu incar. Pastinya di tiket.com juga yang prosesnya sangat praktis dan cepat.

*Keterangan harga saat artikel dibuat