Misteri Lawang Sewu

,

Misteri Lawang Sewu, Simak Fakta dari Ikon Kota Semarang Ini

Misteri Lawang Sewu memang seru untuk diulik. Ketenaran bangunan tua yang ada di ibukota Provinsi Jawa Tengah ini sudah meluas hingga ke banyak daerah lain di Indonesia. Apakah sobat tiket juga penasaran dengan bangunan ini?

Kalau kamu penasaran, kamu bisa langsung berangkat ke Semarang dan mengunjungi Lawang Sewu. Tempat ini berada di Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang dan terbuka untuk umum di mana kamu bisa mengunjunginya setiap hari dari jam 6 pagi hingga jam 9 malam.

Menguak Fakta Menarik di Balik Misteri Lawang Sewu

Sebelum kamu datang ke gedung tua yang ada di pusat Kota Semarang ini, ada baiknya kamu mengetahui beberapa fakta menarik mengenai Lawang Sewu yang penuh dengan misteri. Kuy langsung simak beberapa faktanya berikut ini.

1. Jumlah Pintu yang Kurang dari Seribu

Nama Lawang Sewu jika diartikan secara harfiah ke dalam bahasa Indonesia maka akan menjadi “Pintu Seribu”. Memang ada banyak sekali pintu yang terpasang di bangunan tua ini dan semua berfungsi sebagaimana mestinya.

Tapi tahukah sobat tiket bahwa jumlah pintu yang ada di Lawang Sewu ini tidak mencapai seribu buah? Nyatanya, pintu yang ada di Lawang Sewu ini berjumlah sebanyak 928 daun pintu. Itu dia fakta Lawang Sewu pertama yang harus kamu ketahui.

Lawang Sewu didirikan mulai dari tahun 1916 hingga 1918 dan terdiri dari lima gedung yang memiliki fungsi berbeda. Pada tahun 2010, bangunan ini pernah mengalami restorasi besar-besaran dan di saat itu dilakukan penghitungan pintu untuk bisa memberikan data wisata yang valid.

2. Pernah Berfungsi Menjadi Penjara

Misteri Lawang Sewu

Salah satu fakta yang menciptakan kesan misteri Lawang Sewu adalah bahwa bangunan ini dulu pernah menjadi penjara yang cukup kejam. Sayangnya, penjara itu digunakan untuk menahan para pejuang tanah air pada saat zaman penjajahan Jepang.

Penjara di Lawang Sewu terletak di ruang bawah tanahnya. Selain penjara, di ruang bawah tanah tersebut juga terdapat lorong panjang yang cukup menarik untuk diketahui. Pasalnya, lorong ini konon menghubungkan Lawang Sewu dengan banyak tempat di Semarang.

3. Menjadi Kantor Kereta Api saat Penjajahan Belanda

Menarik sejarah jauh lebih ke belakang lagi, sebelum Jepang menjajah tepatnya ketika masa kolonialisme Belanda, Lawang Sewu menjadi kantor administrasi NIS (Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij).

NIS merupakan perusahaan kereta api swasta milik Belanda. Lawang Sewu digunakan sebagai kantor karena pada saat itu stasiun kereta di Semarang terlalu kecil dan sudah tidak cukup lagi menampung pekerjanya.

Lawang Sewu dibangun oleh Belanda untuk menjadi kantor NIS pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Perusahaan inilah yang membangun jalur kereta api pertama di Indonesia yang menghubungkan Semarang, Surakarta, dan Jogja.

4. Sering Dijadikan Sebagai Tempat Foto Prewedding

Tak bisa disangkal memang bahwa sejarah panjang dari Lawang Sewu ini menyimpan kenangan pahit karena pernah menjadi penjara. Tapi nyatanya saat ini Lawang Sewu populer menjadi tempat membuat kenangan manis untuk foto prewedding.

Karena kemegahan arsitektur dari Lawang Sewu, banyak orang yang ingin menjadikan bangunan ini sebagai latar belakang untuk membuat foto prewedding. Ditambah lagi dengan nuansa vintage yang masih terasa, kamu bisa mendapatkan foto yang sulit didapatkan di tempat lain.

5. Pernah Menjadi Salah Satu Tempat Terangker

Misteri Lawang Sewu berikutnya adalah fakta bahwa tempat ini pernah menjadi tempat yang sangat angker, bahkan salah satu yang paling angker di Asia. bangunan tua memang tak pernah lepas dari cerita-cerita seram.

Termasuk juga bangunan peninggalan Belanda di Semarang ini. Lawang Sewu pernah diberitakan oleh salah satu media internasional yang menyebutkan bahwa tempat ini menjadi salah satu tempat terangker di Asia.

Ayo Main ke Lawang Sewu

Meskipun menyimpan banyak misteri, akan tetapi Lawang Sewu selalu ramai dikunjungi oleh turis. Bahkan turis yang datang tak jarang berasal dari mancanegara. Nah, kalau kamu juga penasaran dan ingin main ke sini, kamu bisa langsung pesan tiket kereta api ke Semarang melalui tiket.com. Liburan ke Semarang bisa makin seru kalau kamu cicipin juga kuliner lezatnya. Kuy ke Semarang!