kuliner khas makassar

,

10 Kuliner Khas Makassar yang Nggak Boleh Kelewatan Buat Dicoba!

Sulawesi hadir dengan sejuta pesona yang terasa begitu otentik dan eksotis. Selain wisatanya, kuliner Makassar juga menjadi salah satu objek yang diburu wisatawan. Ada banyak hidangan-hidangan yang akan menghadirkan sebuah cita rasa berbeda. Nggak heran, kuliner Makassar terkenal hingga ke banyak daerah di Indonesia.

10 Kuliner Makassar yang Wajib Dicoba!

Ciri khas dari kuliner Makassar adalah kekayaan rasanya yang merupakan perpaduan rempah-rempah aromatik. Hal ini menjadikan kuliner Makassar memiliki rasa yang kuat dan khas. Nah, buat kamu yang tertarik buat mencoba dan menjelajah berbagai kuliner Makassar, cek pembahasannya dari tiket.com ini!

1. Makanan Wajib Coba Nomor Satu: Coto Makassar

kuliner khas makassar
Sumber: shutterstock.com

Berburu kuliner di Sulawesi Selatan nggak sempurna tanpa kehadiran makanan satu ini. Yap, Coto Makassar menjadi sajian khas yang wajib kamu coba kalau kemari. Hidangan ini dasar adalah soto khas dengan cara penyajian yang berbeda dan unik.

Semangkuk Coto Makassar begitu penuh dengan cita rasa rempah, berpadu kuah kental aromatik, potongan daging, dan taburan bawang goreng. Pengalaman kuliner kamu jadi berkesan, deh!

2. Kenikmatan Sajian Iga Sapi Berbumbu Ala Sop Konro

Pernah dengan kuliner satu ini nggak? Rasanya yang juara bikin hidangan satu ini dikenal di banyak tempat, bukan hanya di kota asalnya Makassar. Bahan dasarnya bakal bikin ngiler, terdiri dari iga dan daging sapi yang direbus bersama kayu manis, air asam jawa, kluwak, dan rempah lainnya. Sup kaya rempah ini cocok dimakan saat hangat.

Ciri khas sajian ini adalah kuahnya yang berwarna cokelat kehitaman, dengan cita rasa yang menggoyang lidah. Para penggemar pedas pasti bakal suka deh sama menu satu ini. Gelombang pedas yang kuat juga berasal dari rempah seperti kencur, cengkeh, dan daun lemon yang jadi campurannya. Sop Konro cocok dimakan bersama burasa atau ketupat, nikmat!

3. Burasa, Lontong dari Makassar

kuliner khas makassar
Sumber: shutterstock.com

Kali ini, ada makanan ringan yang bisa kamu coba kalau ke Makassar. Sajian ini bernama burasa, bentuk dan rasanya mirip lontong. Burasa dibuat dari beras dengan tekstur lembut dan dibungkus daun pisang muda.

Burasa alias lontong khas Makassar ini biasanya disajikan bersama taburan bumbu kelapa kering, garam, gula, dan cabai. Selain dimakan dengan bumbu pelengkap, burasa juga biasanya jadi pendamping hidangan Makassar lain seperti sup konro.

4. Sop Saudara, Perpaduan Sempurna Daging dan Kuah Rempah

Hidangan berkuah dengan cita rasa yang pekat oleh rempah-rempah sepertinya jadi ciri khas kuliner khas Makassar. Salah satunya adalah Sop Saudara yang juga harus masuk list ‘icip’ kamu kalau ke sini. Kuliner satu ini merupakan perpaduan antara daging sapi, kuah rempah, bihun, adonan kentang yang sudah digoreng kering, dan paru sapi goreng.

Disajikan bersama nasi putih hangat, kenikmatannya berkesan banget, nih. Awal mula nama unik kuliner ini dipilih karena terinspirasi dari nama coto paraikatte. Paraikatte dalam bahasa Makassar berarti saudara atau sesama.

Lalu, konon Sop Saudara ini pertama kali dibuat oleh H. Dollahi yang membuka sebuah warung usaha sop daging tahun 1957. Warungnya pun ia beri nama “Sop Saudara”, racikan khas dari warung ini pun menarik banyak minat pecinta kuliner. Hingga akhirnya jadi populer hingga sekarang.

5. Bubur Sehat dari Manado, Bubur Tinutuan

kuliner khas makassar
Sumber: shutterstock.com

Selain Coto Makassar, kuliner khas lainnya yang nggak kalah populer adalah Bubur Tinutuan alias bubur Manado. Hayo, ada yang tahu nggak makanan satu ini? Bubur ini merupakan salah satu kuliner khas Sulawesi Utara, namanya dikenal ke berbagai penjuru Indonesia.

Bubur ini terlihat unik dibandingkan bubur biasa karena bahan-bahan bakunya. Dibuat dari bahan dasar beras dan umbi-umbian, bubur ini juga dilengkapi aneka sayuran seperti bayam dan jagung manis. Sehingga, makanan ini tergolong sebagai makanan sehat, lho.

Dalam sejarahnya, bubur ini tercipta konon karena keadaan ekonomi masyarakat Manado sangat buruk. Mereka pun memanfaatkan sayur-sayuran yang ditanam di sekitar rumah mereka kemudian dicampur dengan sedikit beras. Biasanya bubur ini disajikan bersama ikan asin dan sambal roa.

6. Kenikmatan Mie Renyah Berpadu Kuah Gurih dalam Mie Titi

Jika Medan punya mie balap, maka Makassar juga punya mie titi yang nggak kalah sedap. Namun, kuliner ini memiliki perbedaan dari kuliner mie lainnya. Mie titi terbuat dari mie basah yang digoreng hingga teksturnya berubah seperti mie lidi, lho.

Ciri khas lainnya adalah kuah kental mie titi yang dibuat dari perpaduan air, telur, dan tepung kanji. Hidangan ini disempurnakan oleh kehadiran potongan ayam, bakso ikan, udang, dan sawi. Mie kering yang renyah tersebut kemudian disiram kuah yang sudah ditumis bersama aneka isian barusan. Sensasi mengunyah tekstur “kriuk” diadu kuah kental yang gurih ini unik banget.

7. Panada, Cemilan Khas Manado yang Populer di Makassar

kuliner khas makassar
Sumber: shutterstock.com

Nggak hanya makanan berat, Makassar juga punya kue tradisional yang wajib kamu coba juga, nih. Panada merupakan salah satu kue yang digemari di kota ini. Kue yang bentuknya mirip pastel ini jadi camilan favorit buat pembuka puasa.

Dalam sejarahnya, ada yang mengatakan kalau kue ini merupakan pengaruh kuliner Portugis. Dalam bahasa Spanyol atau Portugis panada ini berasal dari nama empanada. Nama ini memiliki arti roti isi yang dipanggang atau digoreng.

Isian panada ini bisa terdiri dari daging, keju, huitlacoche, sayuran, atau buah-buahan. Resep membuat panada awalnya dimiliki oleh Keluarga Besar Mandey yang merupakan keturunan asli Minahasa saat itu. Salah satu isian favorit dari panada adalah isian ikan tuna, lho.

8. Pisang Epe, Wajib Coba Buat Penggemar Pisang!

Kuliner khas Makassar lain yang begitu ikonik dan populer adalah pisang epe. Di kota ini, pisang diolah jadi sajian pisang epe yang legit dan menggoda. Pisang epe dibuat dari pisang kepok setengah matang. Pisang setengah matang ini dipilih karena akan menghasilkan tekstur yang lembut dan nggak terlalu lembek.

Oh iya, pengolahannya pun sangat sederhana, pisang yang sudah dikupas ini akan dipanggang di atas bara api hingga matang. Kemudian, pisang akan diletakkan di atas alat yang dibuat dari balok kayu. Pisang pun ditekan hingga pipih, lalu dipanggang kembali. Setelah selesai, pisang akan disiram lelehan gula merah yang sudah dicampur daun pandan, durian, atau nangka. Aromanya bikin ngiler!

9. Lalampa Toboli, Lemper Khas Makassar Wajib Coba

Jika sebelumnya kita membahas ‘lontong khas Makassar’ bernama burasa, kali ini ada juga camilan yang bentuknya nggak beda jauh. Nama makanan ini adalah lalampa toboli, berasal dari Sulawesi Tengah. Bedanya dengan lemper atau lontong, lalampa ini lebih panjang dan langsing.

Bahan utamanya adalah beras ketan putih dan ikan bakar yang digiling halus kemudian ditumis dengan bumbu rahasia. Cara membuatnya juga mirip dengan lemper, beras ketan tersebut dikukus dengan santan hingga matang. Bagian dalamnya sudah diisi ikan yang sudah digiling halus dan ditumis. Kemudian, bahan tadi pun dibungkus daun pisang.

10. Pallubasa, Seporsi Jeroan Sapi Beraroma Rempah

Hidangan ini mirip dengan coto Makassar, Pallubasa dibuat dari jeroan sapi atau kerbau, dimasak dengan rempah dalam waktu lama. Perbedaannya dengan coto Makassar terletak pada menu pendampingnya. Pallubasa biasanya disantap dengan nasi putih, sementara coto Makassar dimakan bersama ketupat.

Namun selain itu, perbedaannya juga terlihat dari bumbu berbeda. Pallubasa santannya lebih kental dengan campuran serbuk kelapa sangrai yang membuatnya memiliki aroma berbeda. Semangkuk hidangan ini biasanya terdiri dari beragam campuran daging dan jeroan sapi. Daging dan jeroan tersebut akan direbus dalam waktu yang lama, tujuannya agar menjadi empuk. Kebayang nggak tuh nikmatnya gimana?

Eksotisme Kuliner Makassar yang Wajib Dicoba!

Pulau Sulawesi dan cuaca yang teriknya ternyata menyimpan kuliner-kuliner wajib coba bercita rasa juara. Salah satunya kuliner khas Makassar, lho. Selain itu, kamu juga bisa eksplor aneka kuliner malam di Makassar ini, nih. Tertarik liburan di sini? Cari tiket pesawat ke Makassar di tiket.com aja!