Kuliner Malam di Makassar

,

7 Menu Andalan untuk Temani Kuliner Malam Kamu di Makassar

Selamat datang di Makassar! Kota Daeng atau Kota Ujung Pandang ini, dikenal dengan beragam tempat wisatanya yang komplit, lho. 

Mau ke mana? Pantai, pegunungan, pulau atau bangunan bersejarah seperti Benteng Rotterdam? Semuanya ada! Tempat kekinian seperti wahana bermain Trans Studio Makassar juga ada. 

Jika sobat tiket merasa enggan memejamkan mata sebab terlalu eloknya kota ini, maka ini saat yang tepat untuk menikmati kuliner malam. Di sini, kelezatan bukan cuma soal rasa aja, tapi juga karena terdapat nilai sejarah yang kental. 

7 Kuliner Malam di Makassar dengan Resep Legendaris

Banyak restoran legendaris yang menjaga resep terbaik leluhur turun temurun di kota ini. Jadi, jangan ragu terjun langsung untuk berwisata kuliner malam saat sedang berada di Kota Makassar. Bersiaplah untuk merasa semakin lapar, dan melupakan sejenak tentang diet. Karena, seperti rindu, lapar juga harus dibayar tuntas!

1. Coto Aroma Gagak

Ada yang hangat dan murah untuk teman kamu kuliner malam hari. Coto Makassar mungkin dapat kamu temui di tempat lain bahkan di Jakarta. Namun, coto satu ini cuma bisa kamu temui  di kota ini.

Coba deh sobat tiket bayangkan, saat irisan daging dan jeroan sapi plus potongan ketupat atau buras yang pulen, disiram kuah kental nan gurih. Dengan aroma tersendiri sebab diracik dalam kuali berbahan tanah liat. Hemmm, dijamin langsung bikin kamu laper! 

Yap, mesti namanya gagak, tapi, daging yang digunakan tetap daging sapi, kok! Dinamai demikian, sebab rumah makan kaki lima satu ini terletak di jalan Gagak. Berdiri sejak 1965, aroma dan rasa coto ini tak pernah berubah. Hebatnya lagi, Coto Gagak buka 24 jam setiap harinya, lho. 

Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp20.000 untuk coto, dan Rp1.000 untuk harga per ketupatnya. Murah banget nggak sih, sobat tiket?

Lokasi : Jl. Gagak No.27, Mariso, Kota Makassar

Jam Buka : Senin – Minggu 24 Jam

2. Songkolo Timbang Alhamdulillah

Jika sobat tiket tidak ingin makan berat di malam hari, ada kuliner ketan di Makassar yang porsinya pas untuk ganjal perut. Songkolo adalah penganan khas kota ini, yaitu berupa olahan ketan hitam. Makanan ini biasa disajikan bersama serundeng kelapa parut,  serta lauk-pauk seperti ikan teri, telur bebek rebus (asin atau tidak) dan sambal kuning. 

Salah satu rumah makan terkenal yang menyajikan songkolo di Makassar adalah Songkolo Timbang Alhamdulillah. Keunikan rumah makan ini dibanding yang lain adalah saat hendak disajikan. Songkolo akan ditimbang lebih dulu hingga beratnya pas 1 ons, barulah diberikan kepada pelanggan. 

Hal ini ditujukan untuk memberikan kombinasi rasa serta porsi yang sama untuk setiap pelanggan. Kelezatan ini bisa kamu dapatkan seharga Rp15.000 saja, lho!

Lokasi : Jl. Antang Raya Pannara No. 19, Antang, Manggala, Kota Makassar

Jam Buka : Senin – Minggu 24 Jam

3. Mie Kering Hengki

Sobat tiket wajib berkunjung ke rumah makan ini saat berwisata kuliner malam di Makassar. Mie Hengki menyajikan beragam menu berbahan dasar mi seperti mi kuah, mi goreng, mi panggang, hingga mi hokiang. 

Namun, satu yang spesial adalah menu mi keringnya. Mi kering ini dipadukan dengan sawi, irisan ayam, dan juga potongan hati ayam. Kuliner bersejarah khas Makassar ini dicetuskan pertama kali oleh Angko Cao, seorang Tionghoa yang tinggal di Makassar pada tahun 1980. 

Rumah makan Mie Hengki sendiri merupakan usaha keluarga yang merupakan keturunan langsung pencetusnya. Berlokasi di tempat dan gedung yang sama sejak 1980, membuat kuliner satu ini amat direkomendasikan. Harga berkisaran Rp30.000 per porsi.

Lokasi : Jl. Nusantara No. 352, Butung, Wajo, Kota Makassar

Jam Buka : Senin – Minggu 24 Jam

4. Nasi Kuning Golkar

Jika biasanya nasi kuning hanya dijajakan pada waktu sarapan, di Makassar pada malam hari pun banyak rumah makan nasi kuning yang tetap buka bahkan hingga 24 jam. Di antara banyaknya pilihan, Makassar punya Nasi Kuning Golkar yang setia menemanimu.

Kuliner Malam di Makassar
Sumber: Shutterstock.com

Bertempat di depan Gedung Golkar, nasi kuning satu ini digadang-gadang sebagai yang terenak di Makassar. Perpaduan aroma kunyit, rasa gurih santan dan rempah, serta lauk-pauk yang menggoda memang membuat kuliner satu ini disukai oleh berbagai kalangan.

Menu di sini murah meriah dengan harga kisaran Rp8.000 hingga Rp15.000. Dengan pilihan nasi kuning biasa, nasi kuning spesial, nasi kuning pakai sate, dan sate ayam serta lontong.

Lokasi : Depan Kantor GOLKAR, Jl. Kajaolalido, Ujung Pandang, Makassar

Jam Buka : 21.00 – 01.00 WITA

5. Sop Saudara Irian

Satu lagi makanan berkuah yang siap menemani kuliner malam kamu di Makassar, yaitu Sop Saudara Irian. Sop Saudara Irian merupakan rumah makan yang berdiri sejak tahun 1970 terletak di Jl. Irian. 

Meski kini telah memiliki banyak cabang, namun, cita rasa makanan di tempat makan ini tetap terjaga. Dalam satu mangkuk terdapat sop daging, perkedel, bihun, dan berbagai macam irisan daging yang bisa kamu pilih. Seperti hati, kikil, babat, lidah atau paru.

Jangan lupa tambahkan perasan air jeruk nipis dan sambal yang bisa kamu takar sesuai selera. Terdapat juga menu lainnya seperti sop konro. Semangkuk sop beserta nasi hanya dibanderol seharga Rp30.000 saja.

Lokasi : Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No.40 (Jl. Irian), Pattunuang, Wajo, Kota Makassar

Jam Buka : Senin – Minggu 24 Jam

6. Sari Laut Fort Rotterdam

Seafood memang paling mantap disantap pada malam hari. Ikan, cumi, udang hingga lobster selalu enak untuk dipanggang maupun digoreng. 

Jika begadang di Makassar, kamu bisa mampir di Sari Laut Fort Rotterdam. Saat makan di sini, kamu juga bisa sekaligus merasakan betapa Makassar tetap hidup pada malam hari.

Sebab Sari Laut Fort Rotterdam sendiri merupakan tempat berkumpulnya warung-warung tenda yang selalu ramai. Bertempat di depan Benteng Rotterdam a.k.a Fort Rotterdam membuat kuliner khas kaki lima ini semakin menarik untuk kamu kunjungi. Serasa makan di tengah kota tua yang sarat akan nilai sejarah.

Lokasi : Jl. Penghibur, depan Fort Rotterdam

Jam Buka : Setiap Hari 24 Jam

7. Rumah Makan Palekko Racing

Sobat tiket pecinta olahan daging bebek? Kuy, mampir ke rumah makan satu ini. Palekko sendiri berarti Nasu Palekko, yaitu penganan khas berupa daging bebek bercita rasa pedas.

Yang istimewa dari rumah makan ini adalah racikan bumbu palekko yang merupakan resep asli dari Bugis. Rumah makan ini diminati sebab banyak penduduk yang datang ke sini untuk sekadar melepas rindu terhadap cita rasa palekko khas La Bugis, salah satu rumah makan lesehan di Sindrap.

Bebek di sini dijamin empuk dan bikin ketagihan deh, sobat tiket! Banyak pilihan menu selain bebek palekko kok, seperti berbagai menu ayam, bebek goreng, sop, tahu tempe, dan bermacam menu minuman. Untuk kisaran harga yang dijual di sini mulai dari Rp3.000 hingga Rp110.000.

Lokasi : Jalan Prof. Abdurrahman Badalamah (eks. Racing Centre) No.19E, Karampuang, Panakkukang, Kota Makassar

Buka : Setiap Hari 24 Jam

Nah, itu dia beberapa rekomendasi rumah makan di Makassar yang tetap buka pada malam hari sehingga cocok untuk dijelajahi saat kuliner malam. 

Dengan mengandalkan sewa mobil di Makassar di tiket.com, tentunya akan memudahkan kamu untuk menuju tempat makan yang kamu mau. Kamu hobi foto-foto? 6 Tempat Wisata di Makassar yang Paling Instagramable ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk kamu.