Tips Backpacker di Malaysia
Sumber: Shutterstock.com

,

Liburan Murah ke Negeri Jiran? Bisa, Ini Lho Tips Backpacker ke Malaysia!

Pernah terpikir untuk plesiran ke Malaysia dengan cara backpacker, sobat tiket? Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia menjadikan Malaysia destinasi yang cocok buat kalian yang baru pertama kali traveling ala backpacker.

6 Tips Traveling Ala Backpacker di Malaysia

Selain jaraknya yang cukup dekat, banyak juga tiket pesawat promo ke Malaysia yang nggak akan bikin kantong kamu menjerit. Mungkin itu sebabnya Negeri Jiran adalah salah satu destinasi favorit orang Indonesia.

Nah, penganut wisata backpacker sangat peduli terhadap harga. Mulai dari akomodasi sampai transportasi harus diperhitungkan dengan cermat. Tapi tidak hanya itu, ada hal-hal lain yang ternyata bisa memangkas pengeluaranmu selama liburan di Malaysia!

Untuk kamu para first-timers backpacker, baca ulasan lengkap tentang tips liburan ala backpacker di Malaysia berikut ini. Liburan seru nggak harus mahal, sobat tiket!

1. Tentukan Bujet Liburan

Backpacker ke Malaysia
Sumber: Shutterstock.com

Apabila bujet kamu terbatas, maka hal pertama yang dapat mengurangi pengeluaran kamu adalah biaya akomodasi dan transportasi. Pilihlah akomodasi dengan terjangkau, terlebih jika kamu mau liburan dalam waktu cukup lama di Malaysia.

Ada baiknya kunjungi Malaysia di saat musim sepi wisatawan. Pertimbangkan untuk mengunjungi Malaysia pada bulan November hingga Maret, karena bukan musim liburan panjang dan biasanya jumlah kunjungan wisatawan pun turun.

Hindari juga pergi ke Malaysia pada Hari Raya Idul Fitri, Tahun Baru Imlek, Deepavali dan Natal karena harga hotel dan transportasi akan melambung tinggi. Ada baiknya nih sobat tiket cari tahu kalender Malaysia untuk mengetahui apa saja hari-hari liburnya.

Tips lain terkait bujet adalah, siapkan dana tidak terduga. Ada kalanya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama liburan. Oleh karena itu, lebihkan dana liburan kamu minimal 10% untuk biaya tak terduga ini.

2. Susun Itinerary dengan Detail

Sumber: Shutterstock.com

Buatlah Itinerary yang rinci terkait destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Sebab ini erat hubungannya dengan tiket masuk yang harus kamu bayar saat mengunjungi tempat wisata. Selain itu, kamu juga harus memperhitungkan biaya transportasi dalam itinerary-mu.

Penambahan jumlah destinasi wisata di luar rencana otomatis juga bakal meningkatkan pengeluaran. Pasalnya sobat tiket harus merogoh kocek lebih dalam untuk membayar destinasi wisata serta ongkos transportasi.

Namun, jangan khawatir karena banyak tempat wisata yang gratis juga, lho! Contohnya museum, pantai, jalan-jalan unik, dan juga monumen bersejarah. Apalagi jika destinasi tersebut bisa ditempuh dengan jalan kaki, bujet kamu pastinya tetap aman.

Masih bingung caranya membuat Itinerary? Baca contekan itinerary Kuala Lumpur 3 hari 2 malam dari tiket.com. Jaminan liburan ala backpacker kamu semakin seru. 

3. Packing Sesuai Kebutuhan

Backpacker ke Malaysia
Sumber: Shutterstock.com

Supaya kamu tidak membayar biaya kelebihan bagasi, belajarlah mengemas segala kebutuhan sehingga muat dalam satu tas besar. Namanya juga wisata backpacker, kalian dituntut ahli dalam hal packing barang.

Bawalah barang-barang sesuai keperluan saja. Misalnya perlengkapan ibadah, perlengkapan mandi, produk perawatan kulit dan sunblock, alas kaki yang nyaman, dan baju-baju secukupnya. Tetap siapkan baju untuk OOTD, ya 😉

Pilihlah baju-baju tipis dari katun yang mudah menyerap keringat dan cepat kering. Selain nyaman dipakai, hal ini akan memudahkan kamu apabila terpaksa mencuci baju sendiri di kamar mandi ketika kehabisan stok baju bersih.

Untuk menghemat tempat di dalam tas, kamu bisa menggulung baju-baju dan memasukkannya ke plastik vacuum. Plastik ini bisa mengurangi volume barang bawaan kamu. Penggemar backpacker pasti sudah tidak asing dengan plastik vacuum ini.

Pastikan juga untuk membawa perlengkapan mandi dan aneka perawatan kulit yang berbentuk cair dalam wadah-wadah kecil. Hal ini sesuai dengan peraturan penerbangan internasional, yaitu dilarang membawa cairan lebih dari 100 ml di dalam satu wadah. 

4. Cari Penginapan dengan Harga Terjangkau

Backpacker ke Malaysia
Sumber: Shutterstock.com

Penggemar wisata backpacker biasanya memilih menginap di hostel, guesthouse, ataupun hotel budget. Alasannya tak lain dan tak bukan karena harganya yang ramah di kantong tapi tetap nyaman!

Beragam hostel atau hotel budget bisa kamu pilih sesuai dengan bujet. Ada baiknya kamu memilih tempat menginap yang dekat dengan sarana transportasi umum seperti stasiun kereta atau halte bus untuk memudahkan mobilisasi.

Sobat tiket yang bertandang ke Kuala Lumpur bisa memilih tempat menginap di dekat Central Market, Jalan Bukit Bintang, dan serta di Jalan Hang Kasturi. Area tersebut dekat dengan banyak transportasi umum seperti bus, monorail, LRT, hingga Free Bus Go KL.

Biar nggak bingung lagi, tiket.com sudah siapkan 9 rekomendasi hotel bujet untuk backpacker di Kuala Lumpur. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa banget tetap dapat hotel nyaman di jantung kota!

5. Pergunakan Transportasi Publik

Backpacker biasanya selalu menggunakan transportasi publik karena harganya yang ramah di kantong. Bayangkan kalau kamu ingin jalan-jalan, tapi selalu menggunakan taksi dengan argo yang tinggi? Bisa-bisa bikin bujet liburan meledak, deh!

Transportasi publik di Malaysia sudah terintegrasi, sobat tiket, sehingga membuatmu sangat nyaman bepergian kemanapun. Harganya pun terjangkau banget! Namun kamu perlu mencari tahu rute destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu.

Misalkan perjalanan antar kota dari Kuala Lumpur ke Penang, kamu akan dikenakan biaya RM60 atau Rp203.000 menggunakan bus. Jika kamu memilih menggunakan pesawat, maka akan memakan biaya kurang lebih RM79 atau Rp267.000.

Untuk transportasi di dalam kota, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti LRT atau bus. Rata-rata kamu akan dikenakan biaya mulai dari RM90 sen tergantung tujuan. Untuk memudahkan jalan-jalan, sobat tiket bisa membeli kartu Touch n Go (TNG) yang bisa digunakan untuk seluruh moda transportasi

Tersedia juga bus wisata gratis keliling Kuala Lumpur yakni Go-KL. Bus ini beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 11 malam dari Senin – Jum’at, dan pukul 7 pagi hingga 11 malam pada Sabtu – Minggu. Lengkap dan mudah banget, kan?

6. Bawa Botol Minum Sendiri

Backpacker ke Malaysia
Sumber: Shutterstock.com

Biaya makan di Malaysia bisa dibilang cukup terjangkau. Biaya sekali makan dan minuman kurang lebih RM15 atau sekitar Rp51.000. Supaya lebih hemat kamu bisa membawa botol minuman sendiri saat makan, jadi kamu tidak perlu memesan minuman saat di restoran. 

Saat haus kamu tidak perlu membeli minuman di toko, tapi minum dari botol yang kamu bawa. Kamu bisa mengisi ulang botol minuman kamu saat di hotel ataupun tap water langsung minum di beberapa tempat. 

Dengan membawa botol minuman sendiri, kamu bisa hemat kurang lebih RM3 atau Rp11.000 sekali makan. Sekedar informasi, harga botol air mineral di Malaysia sedikit lebih mahal dari pada di Indonesia. Jadi, membawa botol minuman sendiri bisa menghemat bujet!

Segera Wujudkan Impianmu Wisata Backpacking ke Malaysia

Jadi, kapan nih kamu mau liburan ke Malaysia? Pastikan sobat tiket membeli tiket pesawat dan memesan akomodasi segera agar rencana liburan kamu nggak cuma jadi wacana.

Untuk yang suka berfoto, pastikan juga mendatangi berbagai tempat wisata Instagrammable di Malaysia, ya. Bikin feed Instagram kamu makin kece dan kekinian banget!