kuliner halal di Singapura
Sumber: Shutterstock.com

,

Makan Enak dan Halal di Singapura? Coba 10 Kuliner Khas Ini!

Liburan tidak akan lengkap sebelum mencoba kuliner khas negara yang dikunjungi. Begitu pula saat berwisata ke Singapura. Namun, karena mayoritas penduduk negeri Singa adalah non muslim, kamu pun harus sedikit ekstra mencari makanan halal.

Meskipun begitu, bukan berarti di Singapura kita tidak bisa menemukan menu yang sesuai dengan kepercayaan kamu. Di beberapa kawasan, menu halal dan enak masih bisa sobat tiket temui dengan harga yang cukup terjangkau.

Nah, jika liburan nanti kamu berkesempatan mengunjungi Singapura, jangan lupa mencoba beberapa hidangan halal yang tentu saja rasanya akan memanjakan perutmu!

Makanan Halal dan Lezat ala Singapura

Berikut merupakan rekomendasi menu halal di Singapura bagi kamu yang ingin mencicipi makanan khas negara tersebut. Sssttt, ada informasi tentang lokasi tempat makanan-makanan tersebut dijual juga, lho. Simak ulasannya, ya!

1. Laksa

Kuliner Halal di Singapura
Sumber: Shutterstock.com

Selama ini laksa dikenal sebagai hidangan khas Malaysia. Padahal di Singapura, laksa juga bukan hal yang asing. Makanan ini telah menjadi salah satu kuliner khas Negeri Singa dengan rasa khas dan tidak kalah lezat dengan laksa khas negara tetangganya.

Laksa khas Singapura disajikan dengan irisan ketupat atau lontong, bihun, taoge, potongan daging ayam atau ikan, telur rebus, dan daun kemangi. Semuanya disiram dengan kuah santan yang kaya akan rasa gurih dan pedas.

Harga laksa sendiri dibanderol dari SGD4 sampai SGD16 tergantung restoran atau tempat makan yang menjualnya. Selain daging ayam dan ikan, beberapa restoran menambahkan kerang, udang, bahkan otak-otak pada menu laksa mereka.

Sebagai informasi, laksa terlezat dan halal bisa kamu dapatkan di restoran 328 Katong Laksa atau Janggut Laksa yang sama-sama mengklaim sebagai tempat makan laksa terbaik dan memiliki rasa paling orisinal.

2. Dimsum

kuliner halal di Singapura
Sumber: Shutterstock.com

Dimsum dikenal sebagai salah satu hidangan yang dimasak dengan minyak babi dan menggunakan isian daging babi. Hal ini bukanlah hal yang aneh karena sebenarnya, dimsum merupakan hidangan khas Tionghoa.

Tapi jangan khawatir, bagi kamu yang beragama Islam, dimsum halal ala Singapura masih bisa kamu nikmati di beberapa tempat. Karena babi dilarang dalam Islam, dimsum halal biasanya digoreng dengan minyak biasa atau minyak sayur.

Isinya pun tidak ada yang mengandung babi. Biasanya si pembuat dimsum akan mengganti isian dengan potongan daging ayam, sapi, sayuran, atau kacang-kacangan. Proses memasaknya pun tidak menggunakan bahan-bahan yang dilarang.

Seperti arak, alkohol, atau bahan dan bumbu non halal lainnya. Salah satu tempat makan di Singapura yang menjual dimsum halal adalah Tang Tea House. Harga dimsum halal di Tang Tea House sendiri dibanderol sekitar SGD2,40 sampai SGD4,80.

3. Roti Prata

kuliner halal di Singapura
Sumber: Shutterstock.com

Meskipun makanan khas ini asalnya dari India, tetapi selama berpuluh-puluh tahun roti Prata telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Singapura. Hidangan berupa roti berbahan dasar tepung ini biasanya disajikan dengan kari pedas.

Saat ini, roti Prata hadir dengan inovasi yang lebih modern dan unik. Makanan ini tidak hanya disajikan dengan kari atau kuliner khas India lainnya tetapi juga menu seperti chicken floss, keju, atau hollandaise sauce.

Di Singapura, mencari tempat makan roti Prata yang lezat dan halal sangatlah mudah. Mulai dari yang tertua dengan rasa paling orisinal, hingga yang belakangan baru dibuka, ada di Negeri Singa tersebut.

Sebagai referensi, sobat tiket bisa menikmati seporsi Prata lezat di Springleaf Prata Place, Prata Saga Sambal Berlada, Mr. and Mrs. Mohgan’s Super Crispy Roti Prata, atau, The Roti Prata Sin Ming Roti Prata.Biasanya, harga roti prata di Singapura sekitar SGD 0,90.

4. Makanan Malaysia atau Indonesia

Sumber: Shutterstock.com

Selain beberapa makanan di atas, hidangan halal lainnya juga bisa kamu nikmati di restoran yang menjual makanan khas Malaysia atau Indonesia. Karena berada di kawasan yang sama, citarasa dan ragam makanan dua negara ini memang cenderung mirip.

Jadi soal kehalalan pun, baik makanan khas Malaysia atau Indonesia sama-sama recommended. Untuk menu ala Melayu, kamu bisa mencoba nasi lemak atau teh tarik. Sedangkan untuk menu ala Indonesia, cobalah restoran Padang.

Ya, meskipun letak Singapura dan Padang cukup jauh, bukan berarti hidangan asli Sumatera Barat seperti rendang, ayam pop, dan balado tidak bisa kita nikmati. Sama seperti halnya restoran Malaysia, di Singapura kita juga terdapat restoran Padang.

Sebagai referensi, sobat tiket bisa mampir ke salah satu restoran Padang tertua di Singapura dan telah berdiri sejak tahun 1960, yaitu restoran Sabar Menanti. Makanan khas Padang di sini memiliki citarasa asli Indonesia lengkap dengan serehnya.

Kamu juga bisa mencoba hidangan di Restoran Istimewa Nasi Padang yang terletak di daerah Bukit Merah dan Alexandra. Untuk menikmati menu khas Sumatera Barat di tempat ini, sobat tiket hanya perlu membayar sekitar SGD8.

5. Chili Crab

Sumber: Shutterstock.com

Chili Crab merupakan hidangan nasional seafood khas Singapura. Seperti namanya, hidangan ini berupa kepiting raksasa yang dimasak dengan bumbu kaya rempah dan pedas. Bagi yang tidak suka masakan pedas, jangan khawatir.

Ada dua pilihan saus yang bisa disesuaikan dengan selera, yaitu pedas dan manis. Uniknya, hidangan lezat ini disajikan dengan mantou goreng. Biasanya, setiap restoran yang menjual Chili Crab akan menyediakan sarung tangan plastik.

Sarung tangan tersebut dapat digunakan saat menikmati menu lezat ini agar kamu lebih leluasa saat menyantap. Selain itu pengunjung juga akan mendapatkan celemek untuk melindungi baju mereka.

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati hidangan khas ini terletak di 1206 east Coast Parkway #01-07/8, East Coast Seafood, Singapura. Restoran ini terletak di tepi sungai, jadi selain menikmati Chili Crab, kita juga akan ditemani pemandangan yang cantik.

Harga seporsi Chili Crab di tempat ini memang cukup mahal, yaitu sekitar SGD80 – SGD100 atu sekitar Rp800.000 sampai Rp1.000.000. Tapi soal rasa, kamu tidak perlu ragu. Hidangan halal khas Singapura ini dijamin tidak akan mengecewakan!

6. Makanan Timur Tengah

Soal makanan halal, hidangan ala Timur Tengah merupakan pilihan terbaik. Di Singapura, hidangan ini bisa temukan di Arab Street, Kampong Glam. Arab Street merupakan sebuah kawasan yang penduduknya rata-rata berasal dari Timur Tengah serta mayoritas Muslim.

Tempat terbaik untuk menikmati makanan halal khas Singapura adalah Kampong Glam Café, di sini kamu bisa mencicipi teh tarik dan martabak yang terkenal. Soal harga dan rasa, kamu tidak perlu ragu.

Semua hidangan tersebut bisa kamu coba dengan harga yang cukup terjangkau. Selain menikmati aneka hidangan khas Timur Tengah, kamu juga bisa mengunjungi berbagai tempat belanja oleh-oleh yang menarik dan masjid tertua serta terbesar di Singapura.

Makan Enak dan Liburan Seru ke Negeri Singa

Bagaimana, menarik bukan rekomendasi makanan halal Singapura di atas? Tapi sebelum memutuskan untuk berlibur ke sana, pastikan kamu sudah memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari, ya.

Selain menikmati aneka hidangan lezat dan halal Singapura di atas, jangan lupa untuk  mengunjungi tempat wisata seru dan anti-mainstream lainnya di Singapura. Dijamin liburan pun akan semakin seru!