, ,

Ikutin 6 Tips Belanja Murah di Singapore Ini Supaya Bujet Tetap Aman!

Buat wisatawan Indonesia, Singapore sudah terkenal sebagai tujuan utama wisata belanja. Banyak barang yang hanya tersedia di Singapore dan bahkan lebih murah dibandingkan di Indonesia. Nggak mengherankan kalau Singapore termasuk salah satu destinasi wisata belanja yang diimpikan oleh banyak orang. 

Nah, tapi terkadang banyak juga yang nggak tau nih tips belanja murah di Singapore supaya nggak menguras kantong. Beberapa ada main asal beli saja, padahal sebenarnya mereka bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dengan cara-cara ini. 

Tips Belanja Murah di Singapore, Simak di Sini!

Supaya sobat tiket bisa mendapatkan harga murah saat berbelanja di Singapore, kuy cek tips di bawah ini!

1. Bikin Daftar Belanja

Pada dasarnya, membuat daftar belanja memang sangat penting. Tanpa daftar belanja, sobat tiket bisa kalap membeli barang ini itu. Ujung-ujungnya adalah membeli lebih banyak barang dari apa yang dibutuhkan. 

Ketika kamu sudah membuat daftar belanja yang diinginkan, maka kamu bisa memastikan bujet uang untuk membeli barang-barang yang memang diincar. Nggak ada tuh yang namanya belanja kebanyakan. Apalagi, dengan kamu membeli barang-barang yang tepat, tentunya kamu tidak akan repot membawanya dan nambah bagasi, kan. 

Tips: Catatlah daftar belanja di dalam itinerary, supaya kamu akan selalu ingat dan membawanya terus menerus selama bepergian di Singapore. Kamu juga bisa mengurutkan daftar belanja mulai dari harga yang paling murah ke paling mahal, atau dari barang yang prioritas sampai yang tidak. 

2. Sesuaikan Kapasitas Bujet

Setelah sobat tiket berhasil membuat daftar belanja, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyesuaikan bujet yang dimiliki. Sebenarnya antara membuat daftar belanja dan menyesuaikan bujet merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain.

Apalagi kondisinya adalah kamu sedang traveling, menyesuaikan budget wajib dilakukan. Hal ini dikarenakan kamu juga harus menyiapkan bujet lainnya, seperti transportasi, makan, tiket masuk wisata, dan berbagai macam hal lainnya yang membutuhkan budget khusus.

Jika kamu tidak menyesuaikan bujet untuk berbelanja di Singapore, maka kemungkinan terbesar yang akan terjadi adalah kamu akan kehabisan uang saat traveling di sana. 

Tips: Hitunglah semua bujet saat kamu akan pergi liburan di Singapore, jangan sampai kamu sudah menghitung budget untuk belanja, tetapi kamu lupa menghitung dan menyesuaikan budget untuk hal lainnya.

3. Tentukan Tempat Belanja Singapore dari yang Murah hingga Mahal

Menentukan lokasi belanja sebenarnya sangat penting, lho! Makanya sobat tiket wajib menentukan tempat di mana kamu ingin berbelanja di Singapore. Dari pilihan tempat pun kamu bisa tahu bujet yang harus kamu siapkan untuk berbelanja.

Ada sejumlah tempat belanja murah yang bisa sobat tiket kunjungi selama traveling di Singapore, di antaranya:

  • Lucky Plaza yang berlokasi di Orchard Road
  • Bugis Street dan Bugis Junction yang seperti layaknya Pasar Baru di Jakarta
  • China Square Central Weekend Flea Market yang buka setiap hari Minggu. 
  • Jika ingin mencari pakaian bekas layak pakai, sobat tiket bisa datang ke Fleawhere Bazaar. 
  • Sobat tiket juga bisa mendatangi daerah-daerah komunitas di Singapore seperti Chinatown, Little India, atau Kampung Glam. 

Tips: Tentukan tempat belanja dan masukan ke dalam agenda yang sudah kamu buat. Carilah tempat wisata yang paling dekat dengan lokasi belanja, selain efisien, tentu akan sangat menyenangkan berbelanja sambil berwisata.

4. Lakukan Tawar Menawar

Jika sobat tiket memang niat membeli, maka cobalah untuk menawar dengan harga yang wajar dan masuk akal. Sobat tiket bisa menurunkan harga pertama kali sekitar 60%, kemudian secara bertahap turunkan kembali menjadi 50%, dan seterusnya. Jika pada akhirnya tidak ada kesepakatan, segera tinggalkan dan mencari toko yang lain. 

Lalu, mengecek toko sebelah adalah sebuah kewajiban bagi yang ingin berbelanja dan mendapatkan harga murah. Dengan mengecek toko sebelah, kamu bisa tahu perbandingan harga pada jenis serta kualitas barang yang akan dibeli. Jadi, sebaiknya sobat tiket jangan malu-malu.  

Kuncinya adalah jangan buru-buru, ya. Alangkah lebih baik lagi, ketika kamu bisa bersikap seperti seolah tidak terlalu menginginkan barang tersebut. Lalu, ketika kamu tidak ingin membeli, jangan sekali-kali iseng menawar ya, sobat tiket.

Tips: Jika sudah mengetahui satu harga barang, tanyalah harga barang lain yang kamu inginkan. Setelah tahu semuanya, cobalah kamu gabungkan harganya, barulah kamu bisa mulai menawar kepada si penjual. 

5. Manfaatkan Tax Refund

tips belanja murah di singapura

Sejumlah oknum seringkali bermain masalah pajak barang elektronik seperti handphone. Supaya sobat tiket nggak tertipu ketika membeli apalagi saat bayar cash, kamu harus memastikan kalau barang tersebut harganya sudah termasuk biaya pajak yang dibayarkan.

Sobat tiket juga bisa mendapatkan tax refund atau refund Good and Services Tax (GST) ketika melakukan pembelian barang dengan total lebih dari SGD 100, di mana nilai refund-nya sebesar 7%. Sobat tiket harus menyimpan invoice atau nota pembelian berstempel tokok untuk bisa melakukan klaim. 

Setelah itu, sobat tiket bisa mendapatkan refund pajak ketika akan pulang ke Indonesia. Sobat tiket bisa mengurusnya di Bandara Changi pada area check-in keberangkatan. Jadi sebaiknya, pastikan sobat tiket menyisihkan lebih banyak waktu untuk mengurus refund ini. 

Tips: Sobat tiket juga harus memastikan kalau barang tersebut sudah memiliki label tax free ya, mintalah GST Refund saat membeli barang di setiap toko yang memang menawarkan untuk klaim tax refund.

6. Bikin Jastip Supaya Untung

Jasa titip atau jastip sedang ramai, lho. Sobat tiket bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan barang lebih murah sekaligus menambah uang jajan. Beberapa barang mungkin ada yang memiliki promo “Buy 1 Get 1”, padahal kamu cuma butuh satu saja. Nah, manfaatkan momen tersebut untuk menjual produk satu lagi. 

Kamu tentu tahu dong kalau banyak barang di Singapore tidak ada di Indonesia. Manfaatkan pula momen tersebut jasa titipmu. Hasil dari keuntungannya bisa kamu simpan sebagai tabungan, atau bahkan bisa kamu pakai lagi untuk belanja. 

Tips: Buka promo jasa titip seminggu sebelum ke Singapore. Cari-cari harganya melalui internet dan tambahkan biaya jasa titip kamu. Setelah banyak yang pesan, buatlah daftarnya supaya kamu bisa lebih mudah mencari barangnya dan menghitung keuntungan. 

Rajin-rajinlah juga mencari promosi barang di Singapore supaya kamu mendapatkan keuntungan lebih. Makin banyak promo yang kamu temukan, semakin hemat kamu belanja, semakin banyak juga keuntungan sobat tiket. 

Belanja Murah Nggak Cuma di Singapore, Lho!

Jika sudah tahu tips belanja murah di Singapore, tunggu apa lagi, nih? Ayo, agendakan untuk pergi ke Singapore dengan pesan tiket pesawat dari tiket.com.

Selain Singapore, kamu bisa juga belanja murah di Malaysia, lho!

Banyak sekali tempat wisata belanja murah Malaysia yang wajib dikunjungi. Surga banget!

Selamat berbelanja, sobat tiket.