,

7 Kuliner Halal Pulau Bangka Yang Bisa Memanjakan Perutmu

Dengan percampuran budaya Melayu Tionghoa, kuliner di Pulau Bangka banyak dipengaruhi oleh China. Kepulauan Bangka sendiri merupakan rumah dari banyak peranakan Tionghoa. Sejenak mungkin itu membuat kamu kepingin tau apa ada kuliner khas Bangka yang halal?

Jawabannya ada dong! Rumah makan di Pulau Bangka sudah mulai gencar mencari sertifikasi halal lho. Diharapkan wisatawan Muslim yang tertarik mengunjungi Bangka, bisa semakin tertarik atau tak segan-segan kembali lagi ke pulau ini. 

Kalau kamu tidak yakin, kamu bisa bertanya langsung dengan pelayan restoran yang menarik minatmu. Mereka sangat terbuka kok ūüėČ

Kuliner Halal Khas Bangka yang Harus di Coba

Walau banyak masakan Chinese food di Bangka dan biasanya non-halal, tetap ada beberapa restoran yang sudah mendapatkan sertifikat Halal. Sehingga, kamu yang beragama Islam tetep bisa menikmati kuliner Bangka tanpa perlu khawatir. 

Untuk referensi kamu, tiket.com sudah merangkum beberapa restoran halal di Pulau Bangka. Karena wisata alamnya juga sudah tak diragukan keindahannya dan makanan pun sudah oke, kuy segera siapkan ransel atau kopermu. Kamu bisa cek harga tiket pesawat dan booking hotel kamu lewat tiket.com. 

1. Mie Koba Iskandar

Kuliner halal yang wajib dicoba saat ke Bangka Belitung adalah Mie Koba. Nama Koba sendiri diambil dari nama kabupaten di Bangka Tengah dan sudah ada lebih dari 20 tahun yang lalu. 

Mie dari Mie Koba ini homemade lho. Bentuknya tipis, teksturnya lembut dan tidak terlalu kenyal, disiram dengan kuah ikan tenggiri. Untuk menghilangkan rasa amis, ikan tenggiri yang dipakai harus yang segar lalu dicampur rempah-rempah seperti cengkeh, pala, ketumbar, dan kayu manis. Slurp! Rasa kuahnya gurih, asin, manis jadi satu!  

Seporsi Mie Koba terdiri dari mie, tauge, dan telur yang ditaburi bawang goreng dan seledri. Ugh, enak banget. Banyak orang lokal yang menyantap mie ini untuk sarapan. Kamu juga bis coba nih untuk mengisi perut di pagi hari sebelum menjelajahi Bangka. 

Lokasi         : Gedung Nasional, Taman, Sari, Pangkal Pinang

Jam Buka   : 08.00-22.00

Harga          : mulai dari Rp13.000/porsi

2. Martabak Acau 89

Sumber: Shutterstock.com

Pengen yang manis-manis? Kamu harus coba Martabak Acau 89 yang menyediakan berbagai jenis topping seperti coklat, kacang, kismis, keju, pisang bahkan jagung. Rasanya manis, lembut, dan lumer di mulut. Martabaknya juga ditaburi wijen. Yummy banget dan halal. 

Martabak ini sudah buka sejak tahun 1989 dan memang salah satu tempat legendaris dan terkenal banget di kalangan wisatawan dan orang lokal yang pengen menikmati martabak di Pulau Bangka. 

Selain martabak manis, tempat ini juga menyediakan martabak telur yang rasa gurihnya sudah tidak diragukan lagi. Salah satu menu andalannya adalah martabak telur spesial dengan double keju. Bikin ngiler. Udah nggak heran deh kalau Martabak Acau 89 ini bisa menjual sampai 200 loyang martabak per hari.

Kamu disarankan untuk kesana sebelum jam 8 malam yak kalau mau beli martabak manis karena kalau kemalaman nanti kehabisan. 

Lokasi        : Jl. Soekarno-Hatta No. 9, Semabung Baru, Kec. Grimaya, Pangkal Pinang

Jam Buka  : 13.00-22.00 (Minggu tutup)

Harga         : mulai dari Rp17.000

3. Tahu Kok Yen Yen

Tahu kok identik dengan menu non-halal tapi nggak perlu khawatir. Buat kamu yang pengen coba tahu kok yang halal bisa datang ke Tahu Kok Yen Yen ini yang merupakan tahu kok halal pertama di pulau Bangka!

Tahu kok berarti tahu yang dipotong diagonal menjadi empat bagian yang diisi dengan adonan ikan dan sagu. Kemudian, tahu tersebut digoreng dan dikukus.

Seporsi tahu kok biasanya berisi bakso ikan goreng dan rebus, bakso tahu ikan rebus dan goreng, dan kulit tahu yang dinikmati dengan semangkuk kuah kaldu. Seger banget. Mirip kayak bakso abang-abang gitu tampilannya.

Kalau suka pedes, bisa ditambahin sama sambal biasa atau sambal tauco sesuai selera. Jangan lupa pesen es jeruk kunci yang asem-asem segar. Pasti menambah nikmat wisata kulinermu di sini deh. Selain tahu kok, resto ini juga menjual mie ayam, kwetiau ayam, dan bihun ayam.

Lokasi         : Jl. Yang Zubaidah No.148, Bintang, Kec. Rangkui, Pangkal Pinang

Jam Buka   : 08.00-21.00 (Minggu tutup)

Harga          : Rp20.000/porsi

4. Otak-otak Ase

Sumber: Shutterstock.com

Cemilan enak, gurih, dan pastinya halal yang nggak boleh kamu lewatkan selama liburanmu di Pulau Bangka adalah otak-otak. Salah satu tempat yang menyajikan otak-otak paling enak se Bangka adalah Otak-otak Ase. 

Ada tiga macam otak-otak yang disediakan di tempat ini yaitu otak-otak bakar, otak-otak rebus, dan otak-otak kulit. Otak-otak bakar terbuat dari ikan tenggiri, kenyal-kenyal dan gurih abis. Kalau otak-otak rebus sekilas mirip dengan pempek Palembang dan nggak sekenyal otak-otak bakar.

Suka yang crunchy? Pesen deh otak-otak kulit karena ini terbuat dari kulit ikan tenggiri yang digoreng. Walaupun crunchy, tetep lembut lho di dalam. 

Selain itu, ada setidaknya 3 pilihan saus buat nemenin makan otak-otak. Ada saus terasi, saus cabai, dan saus tauco. Di coba semua yak. Kamu juga bisa bawa pulang lho buat oleh-oleh.

Lokasi         : Jl. Kp. Bintang No.149, Kec. Rangkul, Pangkal Pinang

Jam Buka   : 08.00-22.00

Harga          : mulai dari Rp2.500

5. Restoran Seafood Mr.Adox

Jangan lupa makan seafood kalau ke Pulau Bangka! Restoran yang menyediakan olahan aneka masakan laut ini sudah mendapatkan sertifikat Halal dari MUI. Jadi, penggemar seafood yang kuliner halal bisa mencoba cita rasa masakan laut dengan sentuhan lokal.

Disini kamu bisa memesan berbagai olahan ikan dari ikan tenggiri, kerisi, kerapu, hingga gurame. Menu kepiting, lokan, udang dan non-seafood seperti olahan sapi dan ayam juga bisa kamu temukan dengan harga terjangkau.

Bahan-bahan yang digunakan juga fresh, membuatnya menjadi salah satu tempat pilihan untuk menikmati seafood di Bangka.

Salah satu menu yang bisa kamu coba adalah kepiting asap atau ikan lempah kuning. Mantul, guys. Tempatnya juga luas dan kalau mau kesini pas hari Sabtu, siap-siap karena bakal rame banget.

Lokasi         : Jl. Alexander Raya, Simpang empat, Bacang, Bukit Intan, Pangkal Pinang.

Jam Buka   : 10.00-22.00

Harga          : mulai dari Rp15.000/ons

6. Warung Kopi Tung Tau

Sumber: Shutterstock.com

Banyak orang-orang Bangka Belitung suka ngopi makanya kamu akan banyak menemukan kedai kopi disini. Sejenak pengen nongkrong, leyeh-leyeh sambil minum kopi enak? Coba datang ke Warung Kopi Tung Tau. 

Warung kopi ini sudah ada sejak tahun 1983 dan banyak sekali cabangnya di kota Pangkal Pinang. Saat ngopi disini, cobain pahitnya Kopi’O nya yang bisa dinikmati bersama roti panggang beraneka rasa. Rasanya dijamin enak karena selai yang digunakan homemade lho. Selain itu, ada juga roti panggang telur. Wajib dicoba!

Jika kopi pahit terlalu strong buatmu, cobain aja kopi Tarik atau kalau mau ngeteh ada juga teh Tarik. Mau makan berat? Warung Kopi Tung Tau juga menjual nasi goreng, mie goreng, hingga gado-gado. Setiap hari Sabtu, ada live music loh disini. 

Lokasi        : Jl. Muhidin No.87, Sungailiat, Kabupaten Bangka

Jam Buka   : 24 Jam

Harga          : mulai dari Rp8.000

7. Pasar Mambo

Mau yang segar, nikmat, dan sehat? Kuy di coba Tew Fu Sui alias air tahu. Minuman unik khas Bangka Belitung ini salah satunya bisa kamu temukan di pasar Mambo. 

Tew Fu Sui ini sebenarnya adalah susu kedelai dan merupakan minuman khas Bangka Belitung yang berasal dari budaya Tionghoa. Walau rasanya mirip sama susu kedelai pada umumnya, tapi tetep beda lho karena rasa kacang kedelainya tidak terlalu terasa sehingga lebih soft. 

So, perlu banget kamu cobain Tew Fu Sui ini saat ke Bangka untuk merasakan sensasi kesegaran susu kedelai yang berbeda. Soal harga sih dijamin murah banget. 

Lokasi        : Jl.Kapten Sulaiman Arief, Masjid Jamik, Kec. Rangkui, Pangkal Pinang

Jam Buka   : 24 Jam

Harga          : sekitar Rp5.000/gelas

Cukup banyak kan guys kuliner halalnya. Kalau penasaran sama rekomendasi kuliner halal di kota lain seperti Kota Manado, bisa cek 8 Rekomendasi Makanan Khas Manado yang Wajib Banget Kamu Coba! Kuy berangkat ke Bangka dan manjakan perutmu dengan kelezatan makanannya.