,

10 Wisata Alam di Bangka Belitung yang Cantik Menawan

Apa yang pertama kali terbesit dalam pikiran kamu saat mendengar Bangka Belitung? Pantai dengan pasir putih yang menawan? Kepulauan dengan segala keindahannya? Atau tidak sabar ingin segera liburan? Simak rekomendasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Kepulauan Bangka Belitung dari tiket.com berikut ini ya!

Manjakan Diri dengan Ratusan Pulau di Bangka Belitung

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung ini letaknya di bagian timur Pulau Sumatra. Ratusan pulau di Kepulauan Bangka Belitung memang belum semua memiliki nama. Hanya ada 50 pulau yang berpenghuni dari 470 pulau yang sudah diberi nama.

Seperti wilayah Indonesia pada umumnya, Bangka Belitung memiliki iklim tropis dengan suhu terendah rata-rata 24,9 derajat C dan suhu tertinggi rata-rata 29,9 derajat C. Pastikan kamu membawa pakaian yang cocok untuk suhu disana ya. Tak perlu berlama-lama lagi, ini dia 10 wisata alam yang menawan di Kepulauan Bangka Belitung.

1. Pantai Tongaci, dari Konservasi hingga Suasana Jadul

Ratusan tukik jenis Penyu Hijau dan Penyu Sisik berbagai ukuran berenang dalam sebuah kolam. Di sisi lain tampak penyu sedang menetas. Pemandangan seperti itu sudah biasa terjadi di tepi Pantai Tongaci. Tempat konservasi ini didirikan sebagai upaya untuk melindungi penyu dari kepunahan serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga alam.

Selain bisa melihat penyu-penyu lucu bercengkrama, sobat tiket tentunya disuguhi pemandangan pantai yang menawan. Payung-payung khas China menyambut sobat tiket saat pertama kali menuju kawasan Pantai Tongaci. Suasana jadul terpancar dengan adanya ornamen unik dan klasik.

Sumber: Shutterstock.com

De Locomotief merupakan salah satu lokasi yang menjadi rujukan wisatawan karena terdapat lokomotif yang sering dijadikan latar belakang untuk mengabadikan gambar. Museum Gallery, bermain olahraga air, dan perpustakaan melengkapi destinasi liburan kamu di Pantai Tongaci.

Lokasi: Kampung Pasir, Jalan Laut, Kampung Laut, Sungai Liat Kabupaten Bangka

Tiket Masuk: Mulai dari Rp.8.000

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

2. Fasilitas Lengkap di Pantai Pasir Padi

Pantai dengan garis pantai sepanjang 100 hingga 300 meter ini patut dikunjungi. Dengan menempuh perjalanan sekitar 7 km dari Kota Pangkalpinang kamu bisa merasakan langsung pasir pantai yang sangat halus dan putih bersih. Sarana prasarana di Pantai Pasir Padi sudah cukup lengkap seperti toilet, mushola, pos keamanan dan kamar ganti.

Hamparan pasir pantai sepanjang lebih kurang 2 km memanjakan sobat tiket untuk bebas bermain olahraga pantai. Ombak yang tenang juga menenangkan hati saat bermain air dan berenang. Pantas saja kalau kunjungan wisatawan ke pantai ini mencapai sekitar 6.000 orang per hari saat hari libur.

Struktur pantai yang landai dan kontur pasir yang padat karena terdapat pasir timah yang terdapat di bawah pasir pantai membuat pantai ini nyaman untuk dilalui. Sekitar 200 meter dari bibir pantai tampak Pulau Punai yang kecil nan indah yang bisa dikunjungi saat pantai surut. Restoran, ruang konferensi, ruang pameran dan lainnya melengkapi daftar fasilitas di Pantai Pasir Padi.

Lokasi: Jalan Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Kepulauan Banga Belitung

Tiket Masuk: Mulai dari Rp10.000

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

3. Pantai Tikus, Indahnya Tak Terlupakan

Sebuah Vihara megah bersanding dengan pancaran warna biru dari laut menampilkan pemandangan yang tidak biasa. Nama Pantai Tikus kabarnya karena di sekitar pantai banyak jalan tikus alias jalan setapak yang konon kabarnya digunakan oleh penambang timah gelap untuk membawa hasil tambangnya ke tepian pantai. Selain itu, ada juga yang menyebutkan kalau dahulu di area pantai ini terdapat banyak tikus berkeliaran.

Sumber: Shutterstock.com

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola cukup lengkap untuk pantai yang tergolong baru. Olahraga air, voli pantai, flying fox, sampai berkemah bisa sobat tiket.com lakukan di Pantai Tikus. Dengan jarak tempuh sekitar 45 menit dari Kota Pangkalpinang, kamu sudah bisa menikmati keindahan pasir putih dengan sedikit batu granit.

Lokasi: Parit Padang, Sungai Liat Kabupaten Bangka

Tiket Masuk: Gratis!

4. Batu Garuda, Pantai Tanjung Kelayang

Puluhan batu granit raksasa tertata cantik membentuk seperti kepala burung garuda. Tak heran jika dijadikan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi karena keindahannya yang luar biasa. Sobat tiket bisa menempuh perjalanan sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan untuk mencapai lokasi Batu Garuda.

Pantai Tanjung Kelayang yang merupakan lokasi Batu Garuda ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus pada tanggal 15 Maret 2016 dengan kegiatan utama di bidang pariwisata. Nama Pantai Tanjung Kelayang disematkan pada pantai ini karena terdapat banyak burung kelayang di sekitar pantai. Sobat tiket juga bisa menikmati sensasi mengelilingi pulau sekitar dengan menyewa perahu nelayan.

Kalau kamu ingin bermalam di kawasan Pantai Tanjung Kelayang tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa penginapan. Tak hanya itu, sobat tiket bisa menghadiri Festival Tanjung Kelayang yang meliputi festival kuliner khas hasil laut, festival layang-layang, Bangka Belitung Fashion Carnival, dan banyak acara menarik lainnya. Kosongkan jadwalmu untuk acara seru ini ya.

Lokasi: Sijuk, Kabupaten Belitung

Tiket Masuk: Gratis!

5. Pulau Lengkuas, Tempatnya Penuntun Lalu Lintas Laut

Terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Perjalanan menuju Pulau Lengkuas bisa ditempuh dengan cara menyewa perahu nelayan. Lama perjalanan sekitar 20 menit dari Tanjung Kelayang dan selama sekitar 30-45 menit dari Tanjung Bunga atau Tanjung Tinggi.

Mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882 berdiri kokoh di Pulau Lengkuas. Hal ini menjadi daya tarik yang kuat bagi wisatawan. Meski usianya lebih dari 150 tahun, Mercusuar Pulau Lengkuas masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang berada di sekitar Pulau Belitung.

Pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Lengkuas tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Sobat tiket juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling dan menyelam. Tentunya tetap jaga laut Indonesia dengan tidak membuang sampah dalam bentuk apapun ke laut ya.

Lokasi: Sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang (tempat menyewa perahu menuju Pulau Lengkuas)

Tiket Masuk: Gratis!

Biaya Sewa Perahu: Mulai dari Rp450.000 (1 perahu muat 10 orang)

*Harga berlaku saat tulisan dibuat

6. Jangan Dimakan! karena ini Batu Belimbing

Suka makan buah belimbing? segar dan renyah langsung terasa saat gigitan pertama. Berbeda dengan buah belimbing, jangan sekali-kali mencoba untuk makan Batu Belimbing ya sobat tiket. Selain keras, lebih cocok digunakan untuk latar belakang fotomu saat liburan di Bangka Belitung.

Tumpukan batu granit besar menjulang tinggi berbentuk mirip buah belimbing ini tampak kokoh. Kabarnya, batu tersebut terbentuk akibat membekunya magma dalam perut bumi yang terjadi ratusan tahun lalu. Sobat tiket.com bisa menikmati suasana matahari terbenam dengan latar belakang pantai yang berada di belakang Batu Belimbing.

Lokasi: Dusun Jebu Laut, Desa Kelabat, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Selatan

Tiket Masuk: Gratis! Parkir Rp2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil

*Harga berlaku saat tulisan dibuat

7. Pantai Parai Tenggiri, Surga yang Tersembunyi

Gugusan batu karang berukuran besar ditambah putihnya pasir membuat sobat tiket tak ingin segera beranjak dari pesona pantai Bangka Belitung yang satu ini. Sebuah surga tersembunyi yang terletak di Desa Sinar Biru, Kecamatan Sungai Liat Kabupaten Bangka Belitung. Kontur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil menjadikan Pantai Parai Tenggiri destinasi andalan di Bangka Belitung.

Sumber: Shutterstock.com

Pengelola juga telah menyiapkan penyewaan perahu pancing, banana boat, alat selam, serta sudah tersedia beberapa penginapan dan hotel berbintang empat. Selain itu, kawasan pantai ini ditetapkan sebagai wisata hijau karena sangat pedulinya pengelola terhadap pencemaran yang sering terjadi di pantai. Tidak perlu heran jika banyak pohon tertata asri di kawasan pantai ini.

Primadona pantai di Bangka Belitung ini termasuk dalam daftar pantai termahal dan tercantik di deretan timur Pulau Bangka. Tentunya terbayar lunas dengan keindahan alam yang menawan. Sudah siap menikmati keindahan terumbu karang di dalam laut yang berbatasan langsung dengan laut cina selatan? Pastikan Pantai Parai Tenggiri ada di daftar destinasi liburanmu.

Lokasi: Desa Sinar Baru, Sungai Liat Kabupaten Bangka

Tiket Masuk: Rp. 50.000

*Harga berlaku saat tulisan dibuat

8. Pantai Matras, Surganya Rakyat Bangka

Pantai Rakyat sering disematkan sebagai julukan Pantai Matras karena jangkauannya mudah dengan biaya yang relatif murah. Tentunya tidak hanya wisatawan domestik maupun mancanegara yang terpesona dengan keindahannya, masyarakat Bangka sendiri juga acap kali mengunjungi pantai ini. Pantai Matras terletak di sebelah timur laut Pulau Bangka.

Hamparan pasir putih dengan tekstur yang halus seakan tak memiliki ujung saat memandang bagian utara Pantai Matras. Di bagian selatan, sobat tiket.com disuguhi dengan pemandangan batu-batu granit khas Pulau Bangka yang tak terlupakan. Selain Pantai Rakyat, julukan Pantai Surga acapkali disematkan untuk Pantai Matras karena terdapat sungai air tawar yang bisa ditemukan di sekitar pantai.

Lokasi: Desa Sinar Baru, Sungai Liat Kabupaten Bangka

Tiket Masuk: Gratis!

*Harga berlaku saat tulisan dibuat

9. Melihat Kekayaan Alam Bangka Belitung di Danau Kaolin

Tidak hanya pantai yang menawan di Bangka Belitung. Danau Kaolin terkenal dengan air danau berwarna biru terang ini kontras dengan pemandangan sekitar yang putih bersih. Eksploitasi besar-besaran yang terjadi di Desa Air Raya Tanjungpandan membentuk Danau Kaolin yang kini menjadi salah satu destinasi wisata wajib bagi wisatawan.

Kaolin, sejenis mineral tanah liat yang menjadi salah satu bahan untuk pembuatan kain, kertas, pasta gigi, hingga kosmetik. Nama danau ini memang berasal dari kaolin karena Danau Kaolin adalah saksi bisu bukti kekayaan Bangka Belitung akan kekayaan mineral kaolin. Pastikan kamu mengabadikan setiap momen saat berkunjung ke Danau Kaolin.

Lokasi: Air Raya Tanjung Pandan, Pulau Belitung

Tiket Masuk: Gratis!

10. Danau Open Pit, Si Biru Menenangkan

Danau dengan kedalaman 30-50 meter ini salah satu bukti kekayaan alam Belitung. Danau Open Pit juga merupakan salah satu bekas penggalian tambang di Belitung yang kemudian menjadi pemandangan cantik nan menawan. Birunya air berpadu dengan hijaunya tumbuhan di sekitar danau membuat tak ingin segera beranjak.

Warna air di Danau Open Pit yang menyegarkan sangat menarik untuk digunakan berenang. Sayangnya, air di danau ini mengandung senyawa kimia yang belum diteliti apakah cocok dengan tubuh manusia. Selain itu, tanah yang berada di sekeliling danau sangat lembut sehingga baiknya sobat tiket cukup melihat Danau Open Pit dari jarak jauh untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Belum ada fasilitas yang memadai jika kamu mengunjungi danau ini. Danau dengan air berwarna biru kehijauan dikelilingi batuan cadas yang dihiasi hijaunya pepohonan dan rerumputan menampilkan pemandangan begitu alami dan menenangkan. Segala penat dan lelah terbayar lunas saat mengunjungi Danau Open Bit.

Lokasi: Senyubuk, Kabupaten Belitung timur

Tiket Masuk: Gratis!

Wah, sobat tiket pastinya sudah tak sabar untuk mengunjungi indahnya Bangka Belitung. Selain wisatanya yang menawan, Kuliner di Bangka Belitung juga patut dicoba. Tapi, belum punya tiket pesawat? Bingung bermalam dimana? Tenang aja, dengan tiket.com tiket pesawat dan akomodasi liburanmu jadi praktis dan cepat.