,

Pengen Nostalgia? Kunjungi Replika SD Laskar Pelangi di Belitung

Menarilah dan terus tertawa walau dunia tak seindah surga. Bersyukurlah pada Yang Kuasa cinta kita di dunia selamanya – Nidji

Siapa yang nggak tau film Laskar Pelangi? Pasti kamu ikutan nyanyi kan saat baca lirik di atas. Film Laskar Pelangi yang tayang tahun 2008 lalu diangkat dari novel pertama dengan judul yang sama dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Novel Laskar Pelangi menceritakan tentang 10 anak Belitung yang bersekolah di SD Muhammadiyah Gantong, Belitung Timur.  Mereka adalah anak yang kurang mampu tetapi seiring berjalannya waktu menemukan bakat dan persahabatan saat bersekolah di sekolah reyot yang memiliki seorang guru bernama Bu Muslimah dan kepala sekolah bernama Pak Harfan.

Begitu ikonik SD tempat Ikal dan kawan-kawan bersekolah membuat SD Laskar Pelangi menjadi salah satu objek wisata Belitung yang harus dikunjungi. Bernostalgia bersama ingatan akan film Laskar Pelangi selagi mengunjungi lokasi pengambilan gambar filmnya pasti seru dan menyenangkan.

Napak Tilas Jejak Film Laskar Pelangi

Nggak bisa dipungkiri pariwisata Belitung sangat dipengaruhi oleh film Laskar Pelangi. Melalui film itu, keindahan Belitung ditunjukkan kepada dunia! Ini yang membuat Belitung jadi salah satu destinasi wisata favorit yang harus dikunjungi.

Replika SD Laskar Pelangi sendiri sudah menjadi aset Belitung yang menarik turis untuk mengunjungi pulau tersebut sejenak melakukan napak tilas jejak Ikal, Lintang, dan kawan-kawan sembari bernostalgia.

Berikut rangkuman dari tiket.com tentang SD Laskar Pelangi yang bisa bikin kamu makin tertarik untuk kesana. Segera booking tiket pesawat dan hotel kamu di tiket.com ya.

SD Laskar Pelangi

Bangunan SD Muhammadiyah Gantong yang asli sudah tidak ada tapi kamu tetap bisa menemukan replikanya yang menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. SD yang asli terletak di pinggir pantai Belitung Timur.

Untuk memberikan gambaran yang nyata kepada para penonton, SD Laskar Pelangi dibangun ditengah hamparan pasir putih, membuatnya terlihat seperti terletak di pantai. Bangunannya usang dan terlihat siap untuk roboh kapan saja.

Dindingnya terbuat dari papan yang sudah sangat kusam dihiasi dengan beberapa foto pahlawan Indonesia dan lantainya ga berubin masih beralaskan tanah. Meja dan kursi kayu tempat mereka belajar terlihat persis sama seperti di film lho.

Nggak terlihat sama sekali bahwa bangunan tersebut adalah sekolah. Atapnya pun berbahan seng yang sudah berkarat dan tak lupa ada ada bendera Merah Putih berkibar di halaman sekolah.

Saat kamu kesini, pasti ingatanmu akan adegan-adegan film Laskar Pelangi akan nampak jelas. Kamu juga bisa melihat bagian-bagian lain dari sekolah ini seperti surau, kamar mandi dan sebuah sumur. Di surau itu, anak-anak laskar pelangi belajar mengaji. Benar-benar seperti napak tilas!

Bisa Ngapain Aja Di SD Laskar Pelangi?

Sumber: Shutterstock.com

Mengunjungi SD Laskar Pelangi dengan kisah inspiratif para muridnya dan perjuangan mereka meraih pendidikan akan membuat liburanmu tidak hanya menyenangkan tapi juga lebih bermakna! Tempat wisata ini sangat cocok untuk berbagai tipe turis, apalagi turis yang jalan-jalan bareng keluarga dan anak-anak.

Kamu bisa berfoto sepuasnya dan hasilnya dijamin bagus karena pemandangan sekitar beserta replikanya terlihat asli dan alami. Fotonya akan mengingatkanmu akan perjuangan Laskar Pelangi untuk meraih mimpi mereka dengan segala keterbatasannya dan juga kerja keras Bu Mus untuk mendidik mereka dengan segala yang dia punya. Bikin terharu!

Kalau ingin berfoto dalam bangunan sekolah dan duduk di bangkunya juga boleh kok atau berfoto dengan latar papan bertuliskan SD Muhammadiyah Gantong. Serasa di filmnya nih.

Kadang-kadang kamu akan menemukan anak-anak Belitung bermain-main di seputar SD, bertelanjang dada dan seperti habis bermandikan lumpur. Mereka suka diajak foto lho sama turis-turis disana.

Yang Perlu Disiapkan Saat Berkunjung Ke SD Laskar Pelangi

Sunblock! Disana panas banget, sobat tiket. Supaya kulit kamu nggak terbakar, disarankan untuk pakai sunblock ya. Kamu juga bisa pakai topi dan kaca mata hitam.

Di sekitar SD, ada beberapa warung untuk beli air minum, kopi khas Belitung atau cemilan yang bisa kamu nikmati sambil bersantai. Siapkan uang buat beli cinderamata dan juga wisata kuliner disana karena makanan khas Belitung enak-enak contohnya seperti makanan khas Belitung yang endeuss banget. Toilet untuk pengunjung juga sudah ada jadi tidak perlu khawatir.

Tiket masuk? Hanya Rp5,000 saja*. Murah kan?

Bagaimana Cara Ke SD Laskar Pelangi?

Sumber: shutterstock.com

Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam naik mobil untuk menuju SD Laskar Pelangi dari Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin di Belitung dan 1,5 jam kalau dari Tanjung Pandan. Sepanjang jalan menuju SD, kamu bisa melihat pepohonan hijau, rumah-rumah lokal dan juga kebun milik warga yang membuat perjalananmu gak terasa. Kamu bisa sewa mobil atau motor atau ikut tur.

Tempat Wisata Dekat SD Laskar Pelangi

1. Rumah Keong

Terletak di sebrang jalan SD Laskar Pelangi, rumah keong bentuknya seperti cangkak keong yang terbuat dari rotan. Bentuknya sederhana tapi cocok sekali untuk spot foto dan untuk berlindung dari teriknya sinar matahari. Kamu juga bisa bersantai menikmati suasana sambil melihat danau karena letak rumah keong ini menyatu dengan dermaga Kirana. Danaunya adalah danau buatan yang merupakan bekas kolam penambangan timah lho. Kamu juga bisa naik perahu wisata untuk mengililingi danau, Sobat Tiket. Untuk tiket masuknya, kamu cukup membayar Rp5,000 aja*.

2. Bendungan Pice

Bendungan ini dibangun awal tahun 1930an dan merupakan peninggalan Belanda yang terletak di Kota Gantong. Berjarak sekitar 2 km dari SD Laskar Pelangi, bendungan ini bisa dicapai dalam waktu 5 menit dengan kendaraan bermotor. Suasana disana cukup sejuk dengan latar pohon dan bukit-bukit. Cocok deh buat kamu yang pengen nyantai sambil piknik! Kalau kamu hobi mancing, bisa banget mancing di Sungai Lenggang dekat bendungan ini. Rekomen banget buat ke Bendungan Pice pada sore hari. Segala lelah dan penatmu pasti bisa hilang deh karena tempatnya tenang. Untuk mengunjungi bendungan ini, kamu tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

3. Kampoeng Fifi

Pengen lihat tempat dimana keluarga mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dibesarkan? Kamu bisa mengunjungi Kampoeng Fifi. Lokasinya sekitar 2 km dari SD Laskar Pelangi dan bisa dicapai dalam waktu 5 menit dengan kendaraan bermotor. Fifi sendiri merupakan nama salah satu adik Pak Ahok.

Awal mula Kampung Fifi ini berdiri karena banyak wisatawan yang mengunjungi Belitung Timur penasaran dimana rumah keluarga Ahok. Akhirnya, Pak Basuri yang juga adik Pak Ahok memutuskan membuat replika rumah keluarga besar mereka. Rumahnya adalah rumah panggung adat Belitung.

Ada juga ruangan yang menyediakan camilan khas Belitung. Kamu juga bisa belanja souvenir dan batik khas Belitung yang namanya Batik Simpor. Batiknya memakai pewarna alami lho dan kalau tertarik, kamu bisa belajar cara bikin batik khas Belitung ini. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk untuk mengunjungi Kampoeng Fifi. Penasaran dimana rumah asli Keluarga Ahok? Ada di sebrang Kampoeng Fifi.

Gimana? Menyenangkan dan inspiratif kan? Jangan ragu lagi, buruan rencanakan liburan kamu selanjutnya ke Belitung dan kunjungi SD Laskar Pelangi dan tempat wisata di sekitarnya. Kalau kamu tertarik mengunjungi tempat bersejarah di Indonesia, kamu bisa baca ulasan tiket.com 10 Tempat Bersejarah di Indonesia yang Terkenal, Ayo Kesana! 

*harga saat artikel ditulis