Tempat Bersejarah di Indonesia

,

10 Tempat Bersejarah di Indonesia yang Terkenal, Ayo ke Sana!

Tempat Bersejarah di Indonesia – Mengunjungi tempat wisata yang punya nilai sejarah tinggi selalu bisa memberikan sensasi berbeda dan juga hal baru yang bisa dipelajari dari masa lampau. Pasti seru banget bisa melihat langsung tempat-tempat yang masuk ke dalam buku pelajaran sejarah di bangku sekolah.

Menariknya, di Indonesia ada banyak sekali tempat bersejarah yang tak kalah menarik dengan destinasi-destinasi wisata modern yang kini jumlahnya semakin banyak. Sejarah tentu saja punya daya tariknya sendiri yang juga bisa membuat pengunjung takjub.

Tempat Bersejarah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Nah, di mana aja sih tempat bersejarah di Indonesia? Jawabannya, ada banyak sekali dan tersebar di seluruh Indonesia. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang terkenal dan cerita sejarahnya juga sangat seru untuk kamu simak.

1. Lawang Sewu, Semarang

Tempat Bersejarah di Indonesia

Lawang Sewu adalah sebuah bangunan yang ada di Semarang sekaligus menjadi salah satu ikon dari kota ini. Bangunan ini sudah berusia lebih dari seratus tahun karena dibangun pada tahun 1904 dan selesai di tahun 1907.

Lokasinya berada di Jalan Pemuda, Semarang, tepat menghadap ke Tugu Muda. Dulu bangunan ini berfungsi sebagai Kantor Pusat Administrasi Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Sekarang, Lawang Sewu jadi tempat wisata yang cukup ramai di Kota Semarang.

2. Jam Gadang, Bukittinggi

Sebagai ikon kota Bukittinggi yang ada di Sumatera Barat, Jam Gadang merupakan sebuah menara jam yang sudah dibangun pada tahun 1926. Bagian dasarnya memiliki luas 13 x 4 meter sedangkan tingginya 26 meter yang terdiri dari beberapa tingkat.

Tau nggak, sobat tiket, kalau menara ini dibangun tanpa menggunakan besi penyangga dan semen. Jam Gadang dibangun dengan menggunakan bahan tradisional seperti kapur, putih telur, dan pasir putih.

3. Istana Maimun, Medan

Istana Maimun yang berada di Medan adalah bekas peninggalan Kesultanan Deli dan masih berdiri dengan kokoh sampai sekarang. Dibangun oleh arsitek asal Italia bernama Theo Van Erp yang memadukan konsep arsitektur bergaya tradisional, melayu, timur tengah, dan Eropa.

Saat kamu memasuki Istana Maimun, kamu akan terpesona dengan arsitektur megah di dalamnya yang didominasi oleh warna kuning keemasan. Bukan hanya desain interiornya saja, semua furnitur yang ada di dalam istana ini juga punya desain yang tak kalah mewah.

4. Gedung Sate, Bandung

Bagi kamu yang belum pernah ke Bandung, kamu pasti kaget dengan sebuah gedung yang sebutannya Gedung Sate. Bukan karena di gedung ini dijual sate yang sangat banyak, bukan. Melainkan karena ciri khasnya yakni ornamen berbentuk sate yang ada di bagian atapnya.

Tapi tahukah sobat tiket, bahwa sebenarnya yang ada di atap Gedung Sate ini adalah ornamen berbentuk jambu air yang berjumlah enam buah. Sebagian besar orang mengartikan ornamen tersebut sebagai tanda kesuburan dari Kota Bandung.

5. Taman Sari, Yogyakarta

Dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I di abad ke-17, total pengerjaan Taman Sari memakan waktu 9 tahun, mulai dari 1758 hingga 1765. Luasnya mencapai 10 hektar dengan banyak bangunan seperti kolam pemandian, jembatan gantung, dan kanal air yang semuanya keren banget untuk kamu jadikan sebagai latar belakang berfoto.

Menurut sejarah, Taman Sari ini dibangun oleh arsitek asal Portugis yang memiliki julukan Demang Tegis. Meskipun pernah terkena gempuran serangan dari Inggris di tahun 1812 dan juga bencana gempa bumi di 1876, Taman Sari masih tetap berdiri dengan eloknya hingga kini.

6. Istana Bogor

Sebelum Istana Bogor digunakan sebagaimana fungsinya saat ini, dulunya tempat ini digunakan sebagai tempat untuk beristirahat para pejabat kolonial. Istana Bogor dibangun pada tahun 1745 oleh Gustav Wilem Van Imhoff, seoorang Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Fakta menarik tentang Istana Bogor ini, ternyata titik nol dari Kota Bogor ada di dalam istana ini. Ada sebuah lorong yang menghubungkan antara Ruang Garuda dengan Ruang Teratai di dalam istana. Nah lorong itulah titik nol Kota Bogor.

7. Masjid Istiqlal, Jakarta

Masjid Istiqlal adalah masjid yang terbesar di Asia Tenggara. Bangunan utama dari masjid ini terdiri dari lima lantai ditambah satu lantai dasar. Kubah yang disematkan di atas bangunan itu berukuran diameter 45 meter. Luas masjid ini mencapai 4 hektar dan kapasitas jamaah hingga 200 ribu orang.

Mulai dibangun dari tanggal 24 Agustus 1961, yang uniknya di tanggal itu bertepatan dengan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Kemudian di tanggal 22 Februari 1978, Masjid Istiqlal resmi dibuka untuk umum.

8. Fort Rotterdam, Makassar

Fort Rotterdam adalah sebuah benteng pertahanan yang ada di Makassar dan merupakan peninggalan dari masa penjajahan Belanda. Meskipun begitu, faktanya bukan orang Belanda-lah yang membangun benteng ini, melainkan oleh Kerajaan Gowa yang kemudian jatuh ke tangan penjajah di tahun 1667.

Sebelumnya, benteng ini memiliki nama Benteng Ujung Pandang. Namun nama itu diubah oleh Belanda menjadi Fort Rotterdam. Tentu saja bangsa Indonesia tidak tinggal diam dan berusaha merebut kembali benteng ini yang dipimpin oleh Sultan Hasanuddin.

9. Candi Borobudur

Tempat Bersejarah di Indonesia

Candi Borobudur merupakan candi dari umat Buddha yang berada di lokasi istimewa. Mengapa demikian? Karena letaknya diapit oleh dua pasang gunung yakni Gunung Merapi dan Merbabu, serta Gunung Sumbing dan Sindoro.

Uniknya, pengerjaan Candi Borobudur ini di kala itu tidak menggunakan bahan perekat sama sekali. Material yang digunakan adalah balok vulkanik, dan hebatnya Candi Borobudur masih berdiri kokoh hingga sekarang.

10. Candi Prambanan

Kalau dengar nama Candi Prambanan, mungkin kamu langsung teringat sama sebuah dongeng tentang Roro Jonggrang. Meskipun hanya mitos, tapi tetap saja berdirinya candi ini bisa membuat kamu terkagum-kagum.

Candi Prambanan yang dikenal juga dengan kompleks Seribu Candi ini dibangun sebagai sebuah pemujaan untuk Dewa Siwa. Di dinding setiap candinya, kamu bisa nemuin relief yang mengisahkan epos Hindu dan menarik untuk diikuti.

Wisata Sejarah di Indonesia Keren-Keren!

Berkunjung ke tempat bersejarah di Indonesia bisa bikin kamu seolah kembali ke masa lalu menggunakan mesin waktu. Ada banyak hal yang bisa bikin kamu kagum dengan keajaiban yang terjadi di waktu lampau. Selain itu, Indonesia juga punya banyak koleksi Candi yang indah lho. Ayo berangkat liburan ke situs bersejarah naik kereta.