,

7 Wisata Sejarah di Jogja, Napak Tilas Kejadian di Masa Lalu

Wisata Sejarah di Jogja – Kota Yogyakarta memang terkenal akan kekayaan budaya dan sejarahnya. Bahkan kota yang terkenal dengan julukan ‘Jogja’ ini pernah menjadi Ibukota Republik Indonesia di tahun 1946 sampai 1949 lalu.

Bukan hanya itu, masih banyak lagi tempat bersejarah di Jogja yang sayang banget kalau kamu lewatkan. Setiap tempat memiliki kisahnya yang seru banget buat disimak. Sobat tiket tertarik buat liburan ke tempat-tempat yang punya nilai sejarah tinggi di Jogja?

Spot Bersejarah di Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan

Mulai dari peninggalan zaman kerajaan hingga era penjajahan, kalau sobat tiket penasaran di mana saja destinasi bersejarah di Jogja yang bisa bikin kalian seolah kembali ke masa lalu, maka simak dulu daftarnya di bawah ini. 

1. Candi Borobudur

Wisata Sejarah di Jogja

Candi Borobudur merupakan salah satu misteri terbesar di dunia. Kenapa bisa begitu? Karena candi yang tingginya mencapai 35 meter ini dibangun dengan cara menumpuk batu tanpa menggunakan bahan perekat, namun masih berdiri dengan kokoh hingga sekarang.

Relief yang ada di dinding candi ini mencapai 2.672 yang panjangnya bisa mencapai 6 kilometer. Relief tersebut menceritakan kisah perjalanan Buddha dan juga nilai-nilai yang dijunjung. Ada juga beberapa relief yang menceritakan tentang masyarakat tanah Jawa di saat itu.

2. Candi Prambanan

Tidak kalah menarik, Candi Prambanan juga merupakan salah satu wisata sejarah di Jogja. Konon candi ini dibangun oleh Bandung Bondowoso dengan bantuan jin hanya dalam semalam saja. Namun tentu saja itu hanyalah cerita rakyat.

Pada dinding Candi Prambanan terdapat relief yang menceritakan kisah Ramayana. Ceritanya bisa disimak mulai dari sisi timur di kompleks Candi Siwa. Kemudian kamu bisa melanjutkan kisahnya dengan mendatangi sisi selatan Candi Brahma.

3. Kampung Wisata Taman Sari

Kampung Wisata Taman Sari merupakan sebuah bangunan yang sudah ada sejak abad 17. Lebih tepatnya, tempat ini dibangun pada masa kesultanan Hamengkubuwono I pada tahun 1758 hingga tahun 1765, sekitar 9 tahun lamanya. Di dalamnya terdapat kolam pemandian, kanal air, jembatan gantung, hingga lorong bawah tanah.

Keberadaan kolam di tengah bangunan tersebut membuat Taman Sari menjadi wisata sejarah di Jogja yang cukup populer. Banyak sekali orang yang datang ke sini dan hunting foto, dan hasilnya adalah foto dengan background yang instagramable banget.

4. Keraton Yogyakarta

Spot bersejarah di Jogja yang sangat terkenal dan bahkan menjadi salah satu ikon kota ini adalah Keraton Yogyakarta. Bahkan hingga saat ini, istana yang bernama asli Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini masih dihuni oleh keturunan raja-raja Yogyakarta.

Karena di Keraton Yogyakarta ini ada banyak sekali barang-barang pusaka peninggalan zaman dulu seperti keris hingga tombak, tempat ini mendapatkan penobatan sebagai salah satu warisan dunia yang dilakukan dan diakui oleh UNESCO.

5. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman menjadi wisata religi sekaligus wisata sejarah di Jogja. Dikenal juga dengan nama Masjid Agung Jogja, masjid ini dibangun di kawasan yang masih merupakan milik Keraton Yogyakarta.

Meskipun merupakan tempat untuk beribadah, namun masjid ini juga menjadi tempat wisata yang cukup terkenal. Meskipun demikian, fungsi utama masjid sebagai tempat ibadah masih terjaga dengan sangat baik lengkap dengan semua fasilitas yang diperlukan.

6. Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan benteng yang dibangun pada tahun 1765 oleh pemerintahan Belanda yang fungsinya sebagai bentuk pertahanan dari serangan Kraton Yogyakarta. Saat ini, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Jogja.

Di dalam museum Benteng Vredeburg terdapat sejumlah koleksi seperti bangunan-bangunan peninggalan Belanda, diorama yang menceritakan perjuangan sebelum proklamasi, serta benda-benda bersejarah lainnya yang bisa membawa kamu kembali ke masa lalu.

7. Museum Monumen Yogya Kembali

Wisata Sejarah di Jogja

Museum Monumen Yogya Kembali memiliki bentuk yang cukup unik menyerupai bentuk gunung. Bentuk itu dipilih sebagai sebuah lambang yang menandakan kesuburan dan pelestarian sejarah dari nenek moyang.

Pemilihan nama museum ini juga punya cerita menarik. Nama tersebut dipilih karena museum ini dibuat sebagai tempat untuk mengenang sejarah perjuangan seluruh rakyat Indonesia atas mundurnya pasukan Belanda dari Yogyakarta yang saat itu merupakan ibukota Indonesia.

Jadi Saksi Sejarah yang Terjadi di Jogja

Banyak sekali cerita bersejarah yang berasal dari Yogyakarta. Kalau kamu mau mencari wisata sejarah di Jogja, maka pilihannya ada banyak seperti yang sudah disebutkan di atas. Kamu bisa mengunjungi kota ini sambil menikmati pemandangan alam yang indah dengan pesan tiket kereta ke Jogja. Kalau butuh referensi lain, kamu bisa juga wisata kulineran di sini. Ayo langsung cus ke Jogja!