,

Pertama Kali Liburan ke Jogja? Simak Tips Berikut Biar Makin Seru

Pasti ada aja yang dikangenin dari Jogja. Entah budayanya, makanannya atau destinasi wisatanya. Maka enggak aneh kalau Jogja jadi salah satu provinsi favorit para wisatawan Indonesia.

Sobat tiket yang belum pernah liburan ke Jogja, kuy berangkat ke Jogja dan buktikan sendiri. Jadikan Jogja sebagai destinasi liburan kamu berikutnya. Nah, kamu yang baru pertama kali ke Jogja bisa menyimak dulu tips berlibur ke Jogja dari tiket.com berikut.

Pilihan Transportasi Menuju Jogja

Sebagian dari kamu pasti sudah tahu ya kalau Jogja punya bandara dan beberapa stasiun. Artinya kamu bebas memilih naik pesawat atau kereta ke Jogja. Sebagai pertimbangan memilih kereta atau pesawat, kamu bisa membandingkan jarak bandara dan stasiun dengan kawasan Malioboro.

Kenapa kawasan ini yang jadi patokan? Karena jalan Malioboro merupakan pusat keramaian Jogja di malam hari dan lokasinya juga dekat dengan berbagai destinasi wisata.

Misalnya, alun-alun Kidul Yogyakarta, Keraton Yogyakarta, Jogja Gallery dan masih banyak lagi. Sobat tiket yang baru pertama kali berlibur ke Jogja juga pasti penasaran dan ingin menginjakkan kaki di Malioboro kan?

Soal jarak, Malioboro lebih dekat dengan stasiun Lempuyangan dan stasiun Yogyakarta dibanding bandara Adisucipto. Kedua stasiun ini hanya berjarak kurang dari 1,5 kilometer dibanding bandara yang berjarak 9 kilometer dari Malioboro. Tapi sesuaikan dengan preferensi dan jadwal berlibur kamu ya.

Mau Liburan ke Mana di Jogja?

Wisata Kota

Shutterstock.com

Jika ingin berwisata di kota, sobat tiket bisa menjelajahi kawasan Malioboro, keraton dan museum keraton Yogyakarta, alun-alun Yogyakarta, kawasan nol kilometer Jogja, Tugu Yogyakarta dan Istana Air Tamansari.

Sempatkan juga mendatangi museum Sonobudoyo yang cukup populer di kalangan wisatawan. Isinya berbagai koleksi arkeologi, geologi, seni rupa dan lainnya.

Kamu yang suka sejarah dan sekaligus ingin berburu foto, bisa melipir ke bangunan peninggalan Belanda atau yang disebut loji. Salah satunya adalah benteng Vredeburg. Semua lokasi ini berdekatan lho sobat tiket jadi kamu bisa mendatangi berbagai destinasi dalam sehari.

Wisata Alam

Sobat tiket enggak salah pilih tempat kalau berwisata alam di Jogja. Soalnya, Jogja punya segudang pesona alam. Di daerah utara, kamu bisa menikmati pemandangan dan berwisata ke Gunung Merapi.

Contohnya lava tour Merapi yang super terkenal itu. Bergeser ke bagian selatan, ada kabupaten Bantul dengan deretan pantai indahnya. Kamu pernah kan mendengar Pantai Parangtritis? Nah pantai ini terletak di Bantul.

Yang juga enggak kalah cantik dengan barisan pantainya, tentunya kabupaten Gunungkidul. Kamu yang penasaran, bisa baca artikel pantai-pantai indah di GunungKidul ini. Oh ya, jangan lupakan kabupaten Kulon Progo ya. Kabupaten ini punya wisata alam Kalibiru, air terjun Kedung Pedut, waduk Sermo dan lainnya.

Wisata Kuliner

Icip-icip kuliner khas Jogja sudah pasti jadi agenda wajib sobat tiket kan? Selain gudeg, kamu bisa mencoba berbagai makanan lain. Kamu yang mampir ke Kaliurang, harus banget cobain jadah tempe yaitu kuliner ketan dan tempe. Lezat dan mengenyangkan lho.

Kuliner lain yang harus dicoba termasuk sate klatak dan kopi joss. Kedua kuliner ini unik banget lho. Sate klatak ditusuk dengan tusuk sate jeruji sepeda supaya daging yang dimasak matang secara merata. Kalau kopi joss adalah kopi yang disajikan dengan mencelupkan arang yang membara ke dalam gelas kopi. Gimana sobat tiket, tertarik mencoba?

Kamu yang baru pertama kali ke Jogja, enggak perlu ragu apalagi takut. Jogja itu destinasi wisata yang ramah wisatawan kok. Kalau kamu masih ragu karena belum tahu apa aja destinasi wisata di Jogja, silakan pantau situs atau Instagram Visiting Jogja.

Situs ini dikelola oleh dinas pariwisata Jogja. Informasinya super lengkap seputar destinasi wisata dan kuliner di Jogja sampai agenda lengkap berbagai acara di Jogja.

Kapan Waktu Terbaik Berlibur ke Jogja?

Jawabannya tentu bisa kapan saja bagi sobat tiket yang ingin menjelajahi Jogja. Tapi biar liburanmu makin berkesan, sobat tiket harus tahu berbagai agenda seru yang akan diadakan di Jogja. Menjelang akhir tahun, ada beberapa kegiatan yang sayang banget kalau kamu lewatkan.

Salah satunya di bulan Oktober mendatang. Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) kota Jogja ke 263, akan ada rangkaian acara selama hampir sebulan penuh lho. Acaranya variatif banget seperti Jogja Tugu Festival, Festival Kearifan Lokal, Festival Satwa dan lainnya. Tapi satu agenda yang enggak boleh ketinggalan yaitu puncak acara HUT.

Bertepatan dengan HUT Jogja pada tanggal 7 Oktober, akan ada Wayang Jogja Night Carnival. Karnaval ini bertemakan wayang yang diikuti perwakilan dari 14 kecamatan dari kota Jogja. Karnaval yang bertempat di kawasan Tugu Yogyakarta ini akan mulai pukul 18.00. Dicatat ya sobat tiket, acara ini cuma setahun sekali lho.

Enggak sempat berkunjung ke Jogja di bulan Oktober? Tenang, di bulan berikutnya masih ada beberapa agenda menarik nih. Sobat tiket yang suka melihat pawai atau jatuh cinta dengan dunia mode bisa menyaksikan Jogja Fashion Carnival pada tanggal 2 November. Lokasinya di jalan Malioboro. Masih di bulan yang sama, akan ada upacara Gerebeg Mulud di Masjid Gedhe Keraton mulai pukul 07.00.

Tapi sobat tiket baru bisa mampir ke Jogja pas liburan akhir tahun? Tenang, tinggal pilih nih mau merayakan momen pergantian tahun di festival yang diadakan di jalan Malioboro mulai pukul 19.00 atau menanti tahun yang baru di candi Prambanan. Soalnya setiap tahun, candi ini mengadakan perayaan tahun baru. Seru banget kan?

Trans Jogja, Transportasi Andalan di Jogja

Untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata, sobat tiket pastinya harus mempertimbangkan transportasi ke tempat tujuan. Apalagi kamu yang sudah menyusun rencana liburan yang ketat. Pastinya enggak mau dong rencana kamu tertunda bahkan batal gara-gara bingung cari transportasi yang tepat. Nah, kamu yang mau berkeliling Jogja, bisa mengandalkan Trans Jogja.

Angkutan umum berupa bus ini punya 11 jalur dengan total 17 rute. Halte bus tersebar di kota Jogja dan sekitarnya dengan jumlah 267 halte. Oh ya, bentuk halte ini ada dua macam yaitu shelter dan portable yang hanya berupa tangga.

Untuk rute dan denah halte Trans Jogja, bisa kamu lihat di situs dinas perhubungan Jogja. Untuk ongkos Trans Jogja pastinya terjangkau. Kamu cukup menyiapkan Rp3,5 ribu*

Ayo Liburan Seru ke Jogja Bareng tiket.com

Setelah membaca macam-macam tips di atas, sobat tiket makin mantap kan mengunjungi Jogja? Mantap berkunjung ke Jogja, saatnya menyiapkan transportasi dan akomodasi di Jogja. Soal itu, kamu enggak perlu repot-repot cari tips lagi. Kamu bisa langsung aja pesan tiket kereta ke Jogja di tiket.com. Tinggal pilih mau turun di stasiun mana. Prosesnya cepat dan mudah banget.

Untuk akomodasi, sekalian aja pesan hotel di tiket.com juga. Butuh rekomendasi? Baca artikel rekomendasi hotel dekat malioboro ini ya. Kalau sepraktis ini, apa lagi dong alasan kamu buat enggak mampir ke Jogja?

*Keterangan harga saat artikel dibuat