,

8 Pantai di Yogyakarta yang Akan Bikin Kamu Merindu

Daerah pantai selatan Yogyakarta terkenal akan pantai-pantai indahnya. Rasanya enggak afdol kalau liburan ke Jogja tapi enggak menginjakkan kaki di pantainya.

Apalagi pantai-pantai di Jogja punya pasir putih dan batu karang yang indah. Pemandangan lautan dan tanaman hijau yang asri akan membuat pikiran kamu kembali fresh lagi.

Pantai di Yogyakarta yang Membuatmu Terkagum-kagum

Pantai di selatan Jogja identik dengan ombak yang cenderung tinggi. Tapi bukan berarti pantai ini sepi lho. Malahan jadi wisata favorit warga lokal dan turis. Soalnya banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di setiap pantainya. Penasaran? Simak ya ulasannya di bawah ini.

1. Mengamati Pantai Baron dari Puncak Mercusuar

Sumber: Shutterstock.com

Ingin mengabadikan indahnya pantai ini dari atas ketinggian? Bergegaslah naik ke mercusuar yang ada di Pantai Baron.

Mercusuar setinggi 40 meter ini terbagi menjadi 8 lantai. Dari puncak, akan tampak beberapa pantai lain di daerah Gunung Kidul.

Kamu juga bisa melihat barisan perahu nelayan yang terparkir di bibir pantai. Ditambah dengan pemandangan hijau di sekeliling pantai yang bikin kamu enggak mau turun. Pastikan kamu membawa tongsis untuk menjepret panorama Pantai Baron.

Tiket masuk: Rp10 ribu, naik ke mercusuar Rp5 ribu*

Lokasi: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul.

Cara ke sini: sekitar 22 kilometer jika berkendara dari Wonosari, ibu kota Kabupaten Gunung Kidul.

2. Asyiknya Naik Kano di Pantai Drini

Bergeser sedikit dari Pantai Baron, ada Pantai Drini. Kamu bisa menjelajahi lautan dengan kano di pantai ini. Cukup membayar sewa kano sebesar Rp50 ribu*, kamu sudah bisa mendayung sepuasnya.

Setelah puas bermain, istirahat sejenak dulu di gazebo pinggir pantai. Sekalian mengisi perut dengan berbagai olahan makanan laut.

Selain bermain kano, kamu juga bisa menyeberang ke Pulau Drini. Letaknya di seberang pantai dan bisa ditempuh dengan jalan kaki aja. Tentunya saat air sedang surut, ya.

Tiket masuk: Rp10 ribu*

Lokasi: Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. 

Cara ke sini: sekitar 25 km jika berkendara dari Wonosari.

3. Uji Nyali Naik Gondola di Pantai Timang

Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket tak hanya bisa bersantai di pantai cantik ini. Tapi juga bisa menguji nyali di Pantai Timang dengan menaiki gondola dan jembatan gantung. Gondola ini pernah masuk dalam variety show Running Man tahun 2017 lalu lho.

Gondola dan jembatan gantung ini menghubungkan pantai dengan karang besar di tengah lautan. Untuk sampai di pantai ini, pengunjung disarankan naik ojek atau menyewa jip. Alasannya, akses jalanan yang berbatu.

Tiba di pantai, kamu tinggal pilih mau mencoba gondola atau menjajal jembatan gantung, atau malah keduanya. Jika ombak sedang tinggi, kamu yang naik sedang gondola bisa basah terguyur ombak.

Tiket masuk: Rp5 ribu, sewa jip Rp350 ribu, naik gondola Rp150 ribu per orang dan naik jembatan gantung Rp100 ribu*

Lokasi: Jl. Pantai Selatan Jawa, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul.

Cara ke sini: sekitar 35 kilometer jika berkendara dari Wonosari.

4. Mengoleksi Selfie Unik di Pantai Nguluran

Teras berlantai kaca yang menghadap lautan lepas ini jadi incaran banyak pengunjung Pantai Nguluran. Pastinya, untuk berburu foto yang unik.

Kamu bisa berfoto di siang hari dengan langit biru yang dipenuhi gerombolan awan. Bisa juga foto siluet saat matahari terbenam. Spot ini juga sering jadi lokasi foto pre-wedding, lho.

Untuk berganti latar foto, ada juga spot glass boat yaitu perahu dengan lantai kaca. Selain itu, ada lagi beberapa spot foto yang enggak kalah bagusnya seperti becak terbang, jogja swing, dan giant chair.

Tiket masuk: Rp5 ribu, berfoto di teras kaca Rp20 ribu*

Lokasi: Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul.

Cara ke sini: sekitar 34 kilometer jika berkendara dari Wonosari.

5. Memanjat Tebing di Pantai Siung

Sumber: Shutterstock.com

Pantai Siung pas banget buat sobat tiket yang betah berlama-lama di pantai. Soalnya, kamu bisa berkemah di pantai dengan bukit karang ini.

Tak jauh dari pantai, juga terdapat Bukit Pengilon, bukit hijau yang cukup populer. Kalau mau, kamu bisa trekking ke Bukit Pengilon yang juga diminati sebagai lokasi berkemah.

Daya tarik lain dari Pantai Siung adalah tebing-tebingnya yang sering digunakan sebagai medan panjat tebing. Jika belum berani memanjat tebing, kamu bisa menyeberangi jembatan gantung yang tersedia di sini.

Tiket masuk: Rp10 ribu*

Lokasi: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul.

Cara ke sini: sekitar 33 kilometer jika berkendara dari Wonosari. 

6. Snorkeling di Pantai Nglambor

Kecantikan Pantai Nglambor enggak cuma bisa dinikmati dari darat. Pengunjung bisa melakukan snorkeling di pantai berpasir putih dan berbukit karang ini. Lautan ini dihuni berbagai jenis ikan dengan air jernih. Pas untuk kamu yang mau melepas penat.

Dengan membayar Rp50 ribu*, kamu akan mendapat perlengkapan snorkeling lengkap dengan pengaman dan ditemani pemandu. Pengunjung juga akan membawa pulang kenangan berupa foto underwater. Mantap, ya?

Usai snorkeling, giliran menatap pantai dari ketinggian. Kamu bisa menyeberang ke pulau karang di seberang pantai dengan jembatan gantung.

Tiket masuk: Rp5 ribu*

Lokasi: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul.

Cara ke sini: sekitar 33 kilometer jika berkendara dari Wonosari.

7. Hijaunya Bukit Karang di Pantai Krakal

Sumber: Shutterstock.com

Pantai berpasir putih ini identik dengan bukit karang raksasanya. Bukit ini memesona dengan warna hijau berkat tumbuhan yang menyelimutinya.

Para pengunjung biasanya akan memanjat karang dan menengok pemandangan alam dari atas sana. Kamu bisa menunggu hingga matahari terbenam dan berpose keren dari atas karang. Pantai ini juga cocok jadi destinasi wisata bagi para penjinak ombak.

Ombak pantai yang cukup besar membuatmu penasaran ingin menaklukkannya. Jangan lupa bawa serta papan selancarmu, ya.

Tiket masuk: Rp10 ribu*

Lokasi: Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul.

Cara ke sini: sekitar 24 kilometer jika berkendara dari Wonosari.

8. Ada Pura dan Masjid di Pantai Ngobaran

Bila berkunjung ke Pantai Ngobaran, sobat tiket enggak cuma bisa berfoto di pasir putih ataupun batu karang pantai. Tapi bisa pula berpose di depan pura dan candi yang berdiri di pinggir pantai.

Di sebelahnya, juga terdapat masjid. Baik pura dan masjid ini bisa dipakai lho untuk kegiatan beribadah. Kamu yang mau menambah foto untuk feed di Instagram, mampir aja ke sini.

Pantai ini juga tak terlalu ramai jadi kamu bisa lebih leluasa memotret. Ingin hasil foto yang lebih maksimal? Kamu bisa menggunakan jasa foto keliling yang ditawarkan di pantai ini.

Tiket masuk: Rp5 ribu*

Lokasi: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul.

Cara ke sini: sekitar 28 kilometer jika berkendara dari Wonosari.

Serunya Menyusuri Pantai di Yogyakarta

Pantai-pantai cantik di atas semuanya berada di kawasan Gunung Kidul lho. Artinya, jarak antar pantai enggak terlalu jauh. Nah, sobat tiket bisa nih berkunjung ke beberapa pantai sekaligus pas liburan di Yogyakarta. Soal transportasi ke sana, kamu bisa pesan tiket kereta di tiket.com. Kuy berangkat, pantai di Jogja sudah menantimu.

*Keterangan harga saat artikel dibuat