Tempat Wisata Bersejarah

, ,

7 Tempat Wisata Bersejarah di Jakarta Untuk Memperingati Hari Kemerdekaan

Tempat Wisata Bersejarah –  Sebagai Ibu Kota, Jakarta seakan memiliki banyak obyek wisata yang menarik perhatian para wisatawan untuk dikunjungi. Kalau Lombok dan Bali menjadi tujuan utama para wisatawan karena memiliki pemandangan alamnya yang indah dan luar biasa, berbeda dengan Jakarta yang memiliki segudang tempat wisata bersejarah yang menarik.

Tempat wisata bersejarah memang memiliki daya tarik yang berbeda. Selain bisa mendapatkan kesenangan dan hasil foto yang aesthetic, berwisata ke tempat wisata bersejarah juga bisa memberikan ilmu baru untuk kamu nih, Sobat Tiket.

Nah, pas banget kan dengan momen 17 Agustus, Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 73 ini. Berkunjung ke tempat wisata bersejarah bisa membuat kamu jadi paham mengenai apa saja peninggalan yang ada sejak zaman pra sejarah itu. Kamu juga jadi bisa menimbulkan rasa empati, cinta, dan menghargai atas jasa-jasa para pejuang dalam memperebutkan kemerdekaan. Kira-kira, tempat wisata bersejarah apa aja ya yang ada di Jakarta? Berikut ini 7 tempat wisata bersejarah di Jakarta yang wajib kamu unjungi.

7 Tempat Wisata Bersejarah di Jakarta Untuk Hari Kemerdekaan

  1. Anjungan Daerah Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat wisata bersejarah ini emang wajib banget untuk kamu kunjungi deh, Sobat Tiket. Karena, dengan masuk ke Anjungan Daerah TMII ini kamu seakan dibawa keliling Indonesia dalam waktu sehari. Tempat wisata bersejarah ini menampilkan dengan lengkap rumah adat dan juga segala macam bentuk peninggalan sejarahnya. Seperti pakaian adat, benda sejarah, peralatan kesenian, hasil kerajinan tangan, dan lain sebagainya dari 33 Propinsi yang ada di Indonesia.

Tempat Wisata Bersejarah - taman mini

Mengingat di zaman ini rumah adat asal masing-masing Propinsi sudah semakin langka, jadi kalau kamu yang penasaran mau liat seperti apa sih rumah adat dan peninggalan sejarah dari masing-masing Propinsi, kamu harus kesini. Nggak cuma rumah adat, kamu juga bisa mengunjungi beberapa Museum yang ada di TMII ini. Pokoknya, tempat wisata sejarah di Jakarta ini lengkap banget dan nggak akan bikin kamu bosan untuk mengeksplornya.

  1. Museum Fatahillah

Museum yang juga dikenal dengan sebutan Kota Tua ini memang memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui. Karena, tidak hanya soal peninggalan sejarahnya saja, tetapi juga soal misteri yang ada di museum ini. Sebelumnya, Museum Fatahillah ini difungsikan sebagai Balai Kota Batavia di abad 17-19an, di zaman penjajahan Belanda.

Tempat Wisata Bersejarah - fatahillah

Berkunjung ke bangunan bersejarah di Jakarta ini kamu bisa menemukan berbagai macam peninggalan bersejarah. Di setiap lantai yang ada di Museum Fatahillah ini memiliki peninggalan yang berbeda-beda. Di lantai satu, Sobat Tiket bisa melihat beberapa peninggalan dari zaman VOC, mulai dari patung, keramik, dan beberapa peninggalan lainnya. Kamu juga bisa melihat penjara bawah tanah yang pernah mengurung Pangeran Diponegoro dan juga Cut Nyak Dien lho. Penjara yang terendam dengan air setiap kali air laut sedang pasang.

  1. Monumen Nasional

Siapa yang tidak tau dengan tempat wisata sejarah di Jakarta satu ini? Monumen Nasional atau Monas menjadi ikon dari Kota Jakarta. Selain memiliki taman yang berfungsi sebagai paru-paru kota, monumen dengan tugu emas ini menjadi bangunan bersejarah di Jakarta yang menyimpan rekaman suara asli Presiden Soekarno saat berpidato dan membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI.

Tempat Wisata Bersejarah -monas

Monumen setinggi 132 meter ini bisa membuat kamu menikmati keindahan Kota Jakarta dari ketinggian. Tidak hanya di bagian Monumen nya saja, taman di sekitar Monas ini juga bisa menjadi tempat wisata dan berkegiatannya masyarakat sekitat.

  1. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia dikenal juga dengan sebutan Museum Gajah. Mueum yang terletak di Jalan Merdeka Barat No. 12 Jakarta Pusat ini salah satu Museum terlengkap dan Tertua di Indonesia lho, Sobat Tiket. Tempat bersejarah di Jakarta yang satu ini merupakan Museum yang memiliki ribuan patung dan arca peninggalan sejarah.

Tempat Wisata Bersejarah -museum nasional indonesia

Ikon patung gajah menjadi ciri khas dari Museum ini, kamu yang tertarik untuk melihat-lihat prasasti, arca, dan patung-patung dari zaman pra sejarah bisa banget berkunjung ke Museum ini. Selain itu, ada banyak spot yang instagramable banget juga lho untuk kamu yang menyukai fotografi.

  1. Gedung Arsip Nasional

 

Tempat Wisata Bersejarah - Gedung Arsip Nasional

Unik, Gedung Arsip Nasional ini seringkali dijadikan tempat untuk resepsi pernikahan lho, Sobat Tiket. Bangunan bersejarah di Jakarta ini memang memiliki bangunan yang masih kental sekali dengan zaman Kolonial Belanda. Sebelumnya, Gedung ini adalah rumah Gubernur Jendral VOC, Reinier de Klerk pada abad 18. Namun, sepanjang sejarahnya, tempat ini seringkali beralih fungsi mulai dari panti asuhan, Departemen Pertambangan, hingga saat ini dijadikan sebagai tempar menyimpan arsip nasional.

  1. Galangan VOC

Tempat bersejarah di Jakarta lainnya adalah Galangan VOC. Kamu tau nggak sih, Sobat Tiket, kalau Galangan VOC ini merupakan bangunan penting yang merekam jejak perdagangan Belanda di Batavia? Di tempat ini juga, aktivitas perdagangan internasional terjadi dengan kapal-kapal besar pembawa rempah-rempah dari Indonesia ke beberapa negara.

  1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Tempat Wisata Bersejarah - sunda kelapa

Satu lagi nih, Sobat Tiket tempat wisata bersejarah di Jakarta, yaitu Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan Sunda Kelapa ini sempat menjadi pelabuhan tersibuk dan terjaya pada zaman Belanda. Pelabuhan tertua ini juga dikelilingi oleh beberapa situs bersejarah lho, seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bahari, dan beberapa Museum lainnya. Jadi, kamu bisa melakukan one day trip ke beberapa tempat bersejarah ini deh, Sobat Tiket.

 

Baca juga artikel 5 Monumen paling bersejarah di Indonesia

Keliling Jakarta lebih asik dan hemat kalau sewa mobil Jakarta nya di tiket.com. Pesan sekarang juga yuk!