itinerary 3 hari di Jakarta

,

Liburan di Jakarta dalam Waktu 3 Hari? Ini Dia Itinerary-nya!

Akhir pekan atau long weekend adalah waktu yang paling pas buat plesiran ke luar kota, contohnya liburan ke Jakarta. Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di ibukota meskipun waktu liburan yang kamu miliki cukup terbatas. lho.

Nah, tempat wisata wajib kunjung selama liburan di ibukota kamu antara lain Monas, Kota Tua Jakarta, dan Taman Mini Indonesia Indah. Bagaimana caranya supaya tiga tempat incaran kamu ini bisa dikunjungi dalam waktu 3 hari? Jawabannya adalah sobat tiket harus membuat itinerary yang matang sebelum berangkat liburan. 

Itinerary 3 Hari Jakarta, Liburan Singkat Namun Padat

Sobat tiket yang penasaran bagaimana mengatur jadwal kunjungan ke Jakarta dalam 3 hari wajib baca informasi berikut. Selain mengunjungi ikon-ikon kota beken, Itinerary 3 hari Jakarta berikut juga nggak bikin kantong kamu jebol. Kuy, simak sama-sama!

Hari 1 (Tiba di Jakarta)

Awali Liburanmu di Hari Pertama dengan Mengunjungi Monumen Nasional (Monas)

Belum sah ke Jakarta kalau belum menginjakkan kaki ke area Monas. Monumen yang ujungnya dilapisi emas murni 38 kg ini terletak di area taman yang sangat luas di jantung ibukota. Warga Jakarta sering menggunakan taman Monas untuk kegiatan olahraga seperti lari pagi atau lari di sore hari.

Ingin belajar sejarah saat mengunjungi Monas? Bisa banget! Sobat tiket tinggal masuk ke ruangan diorama Monas yang berisi sejarah perjuangan bangsa Indonesia. 

Kamu juga bisa naik sampai ke puncak Monas dan melihat pemandangan Jakarta dari ketinggian, sangat cantik sekali. Area cawan monumen juga dihiasi relief menawan tentang sejarah perjuangan Indonesia. Kamu bisa ambil foto-foto keren di area ini.

Turun dari Monas, sobat tiket bisa langsung naik bus City Tour dari halte Monas untuk melihat landmark Jakarta yang lain seperti, masjid Istiqlal dan Bundaran HI. Bus ini gratis lho, alias gak bikin kantong kamu jebol. Bus ini juga bisa membawa kamu ke halte bus TransJakarta yang akan mengantarmu ke area Kota Tua Jakarta.

Makan Siang di Kota Tua yang Menawan

itinerary 3 hari di Jakarta
Sumber: Shutterstock.com

Sobat tiket bisa naik bus TransJakarta di bundaran HI atau Sarinah untuk menuju Kota Tua Jakarta. Kawasan ini ada di wilayah Jakarta Barat dan sangat dinamis, khas kehidupan pesisir. Kota Tua jakarta adalah destinasi wisata yang pas buat kamu penggemar wisata sejarah dan budaya. 

Kota Tua sendiri adalah kawasan ramah museum. Sobat tiket bisa mengunjungi Museum Fatahillah, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, dan Museum Seni Rupa dan Keramik di sini. Harga tiket masuk museum-museum ini juga sangat terjangkau.

Ingin merasakan sensasi naik sepeda onthel di masa lalu? Sobat tiket bisa menyewa sepeda klasik ini di pelataran Museum Fatahillah lengkap dengan topi ala noni Belanda. Jangan lupa jepret aksi seru kamu naik sepeda dan unggah ke laman medsos, dijamin banjir likes!

Tak hanya jelajah museum, kawasan Kota Tua Jakarta juga menawarkan aneka wisata kuliner khas Jakarta. Sobat tiket bisa menemukan makanan seperti kerak telor, ketoprak, dan es potong tempo dulu dengan mudah. Makan siang sampai kenyang hanya bikin kamu merogoh kocek Rp15 ribu* per porsi.

Ingin merasakan makanan dari era kolonial? Sobat tiket bisa mampir ke Cafe Batavia yang berada di seberang Taman Fatahillah. Kamu akan merasakan kentalnya suasana tempo doeloe saat pertama kali menjejakkan kaki ke dalam kafe. Ya, betul sekali, cafe Batavia ini arsitektur dan interiornya sangat bergaya Eropa. 

Setelah makan siang di area Kota Tua, sobat tiket bisa check in ke hotel dan istirahat untuk memulihkan diri dari perjalanan jauh.

Hari ke 2 di Jakarta

Sebelum memulai perjalanan wisata hari ini, pastikan sobat tiket makan sampai kenyang di hotel, ya! Jangan lupa membawa air dalam botol minuman sebagai antisipasi saat haus. Sudah, siap? Ayo lanjut jalan-jalan!

Supaya tidak repot turun naik kendaraan, ada baiknya saat liburan di hari ke dua sobat tiket menyewa mobil di tiket.com. Selain jarak tempat wisatanya terbilang cukup jauh, mobilisasi akan semakin mudah saat kamu menggunakan kendaraan pribadi kemana-mana.

Taman Mini Indonesia Indah, Miniatur Indonesia

itinerary 3 hari di Jakarta
Sumber: Shutterstock.com

Hari ini kamu bisa mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. Taman wisata bertema budaya Indonesia ini terletak di wilayah Jakarta Timur, sobat tiket. Area ini memiliki luas kurang lebih 150 hektar.

Taman Mini Indonesia Indah buka setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai jam 10 malam. Harga tiket masuknya Rp20 ribu* per orang dan biaya masuk mobil Rp15 ribu*. 

Sobat tiket bisa mengunjungi berbagai rumah tradisional Indonesia di sini. Setiap Provinsi memiliki anjungan budaya sendiri. Kalau beruntung, sobat tiket bisa menyaksikan aneka tarian daerah di masing-masing anjungan.

Ada beraneka museum yang bisa kamu temukan di TMII, sobat tiket. Museum itu antara lain Museum Prangko Indonesia, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Telekomunikasi, dan Museum Olahraga Nasional. Masing-masing museum mengenakan biaya masuk Rp2 ribu – Rp10 ribu*. 

Jangan lupa juga mengunjungi area Istana Anak-anak Indonesia. Sobat tiket yang liburan bersama si kecil bisa bermain kereta api kelinci, mandi bola, komedi putar, hingga main bumper car di area anak-anak. Si kecil pasti senang sekali bermain di sini.

Ingin belajar mengenai keanekaragaman flora dan fauna Indonesia? Sobat tiket bisa mengunjungi wahana Dunia Air Tawar dan Serangga, Taman Burung dan Taman Bekisar, serta Museum Fauna Indonesia Komodo. Setiap wahana akan mengenakan biaya masuk antara Rp20 ribu – Rp30 ribu*.

Atraksi lain yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di TMII adalah Teater Imax Keong Emas, Teater 4 Dimensi, serta Kereta Gantung. Sobat tiket harus merogoh kocek hingga Rp50 ribu* apabila ingin menikmati keindahan Jakarta dari ketinggian kereta gantung di akhir pekan. Seru banget, kan!

Menikmati Sajian Kuliner di Soto Betawi H. Ma’ruf, Terkenal Sejak Tahun 1940

Nah, bermain di TMII pastinya bikin lapar. Sepulang dari sana sobat tiket bisa melipir ke Soto Betawi H. Maruf yang ada di Jalan Pramuka No.64, Cikini. Soto Betawi ini sudah terkenal kelezatannya sejak tahun 1940, lho!

Kuah soto betawi yang kental berpadu dengan daging, tulang muda, dan tulang rawan yang empuk. Taburan bawang goreng dan emping melinjo di atas soto semakin menambah kelezatan salah satu makanan khas Jakarta ini.

Sobat tiket bisa mampir ke warung soto betawi di hari apapun karena warungnya buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. Harga satu porsi soto betawi kurang lebih Rp38 ribu*. Nggak mahal bukan?

Setelah kenyang bersantap soto, sobat tiket sudah waktunya kembali ke hotel dan beristirahat. Pulihkan tenaga untuk perjalanan pulang ke kota asal esok hari.

Hari ke 3 (Waktunya untuk Check Out dan Pulang)

Seperti biasa, awali hari ini dengan bersantap pagi karena ada jadwal kereta atau jadwal penerbangan yang harus dikejar. Bagi sobat tiket yang akan pulang menggunakan kereta bisa langsung menuju stasiun Gambir di Jakarta Pusat.

Sobat tiket yang menggunakan pesawat bisa menuju Bandara Halim Perdanakusuma atau Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang terletak di Cengkareng, Tangerang.

Perhatikan waktu tempuh menuju stasiun atau bandara, sebab Jakarta rawan dengan kemacetan. Berangkat awal tiga jam sebelum keberangkatan adalah lebih baik daripada ketinggalan kereta atau pesawat.

Wujudkan Liburan Idamanmu di Jakarta

Sudah nggak bingung lagi kan bagaimana caranya bikin itinerary yang tepat buat acara liburanmu ke Jakarta? Buruan rencanakan jadwal cuti dan pesan tiket kereta buat liburan ke Jakarta di tiket.com, ya!

Kalau waktu liburanmu cukup panjang, boleh juga lho sobat tiket mampir ke Museum Macan Jakarta atau berburu aneka barang antik di Jakarta. Jadi, kapan mau ke Jakarta, sobat tiket?

*Harga saat artikel dibuat