Candi di Indonesia

,

8 Candi di Indonesia Terindah yang Bersejarah, Ayo ke Sini!

Kamu suka wisata sejarah? Ada banyak lho candi di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai destinasi wisata untuk dikunjungi saat libur akhir pekan atau masa libur panjang.

Beragam candi di Indonesia memiliki sejarah masing-masing yang tentunya akan membuat kamu terkesima. Tempat wisata di Indonesia yang klasik seperti candi memang tidak pernah lekang oleh zaman. Kamu setuju kan, sobat tiket?

Pengertian candi adalah bangunan peninggalan dari masa lampau yang berkaitan erat dengan nuansa keagamaan. Jika kamu ingin mencari tempat wisata yang bisa membuatmu kagum sekaligus dapat menambah wawasan, kamu bisa banget nih mendatangi candi di Indonesia yang megah dan bersejarah.

Berikut ini adalah 8 candi di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi saat liburan versi tiket.com. Ayo simak, sobat tiket!

8 Candi di Indonesia Terindah yang Megah dan Bersejarah

  1. Candi Prambanan

Candi di Indonesia Terindah dan Bersejarah - Candi Prambanan

Kita mulai petualangan untuk menjelajahi candi di Indonesia yang megah dan bersejarah dari Candi Prambanan. Candi Prambanan yang juga sering disebut Candi Roro Jonggrang adalah sebuah candi Hindu yang sudah sangat terkenal di Indonesia, bahkan dunia.

Salah satu candi terindah di Indonesia ini berlokasi di Kecamatan Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten. Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan arca Roro Jonggrang yang sangat terkenal di Candi Prambanan. Betul kan, sobat tiket?

  1. Candi Boko

Candi di Indonesia - Candi Ratu Boko

Candi Boko yang merupakan bagian dari Situs Ratu Boko berlokasi tidak jauh dari Candi Prambanan. Kedua candi bersejarah ini hanya berjarak sekitar 3 (tiga) kilometer. Asal muasal candi di Indonesia yang bersejarah ini sering dikaitkan dengan nama Ratu Boko yang merupakan ayahanda dari Roro Jonggrang.

Candi Boko bukanlah sebuah situs yang dibangun khusus sebagai candi, melainkan reruntuhan keraton Ratu Boko di masa lampau. Kamu mau ke candi ini, sobat tiket?

  1. Candi Ijo

Candi di Indonesia Terindah dan Bersejarah - Candi Ijo

Bergerak sejauh 4 (empat) kilometer dari Candi Boko, ada Candi Ijo yang juga menjadi salah satu daftar candi di Indonesia terindah versi tiket.com.

Yang membuat Candi Ijo menjadi sangat unik adalah lokasinya yang berada di lereng Bukit Ijo sehingga dikepung oleh pemandangan hijau yang indah. Candi Ijo adalah pengertian candi yang tepat untuk menyebut bangunan purbakala dengan teras-teras berundak. Unik ya?

  1. Candi Borobudur

Candi di Indonesia Terindah dan Bersejarah - Candi Borobudur

Siapa yang tidak tahu candi Borobudur. Candi yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia ini adalah tempat pemujaan Buddha yang dibangun sebagai cerminan alam semesta.

Tidak hanya digunakan sebagai tempat wisata edukatif, candi di Indonesia termegah ini juga selalu menjadi tempat umat Buddha berkumpul untuk merayakan Trisuci Waisak. Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah.

  1. Candi Muaro Jambi

Candi Terindah di Indonesia - Candi Muaro Jambi

Selain di Pulau Jawa, kamu juga bisa mengunjungi candi di Indonesia yang berlokasi di Pulau Sumatera. Candi Muaro Jambi adalah bagian dari kompleks Percandian Muara Jambi. Bangunan peninggalan sejarah yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-11 Masehi.

Menurut keterangan sejarah yang beredar, Kompleks Percandian Muaro Jambi ini dahulunya adalah tempat untuk menimba ilmu pada masa Kerajaan Sriwijaya.

  1. Candi Dieng

Candi di indonesia - Candi Dieng

Candi di Indonesia terindah selanjutnya yang juga harus kamu kunjungi saat liburan adalah Candi Dieng. Kompleks Candi Dieng terdiri dari beberapa candi yang berlokasi di kaki Pegunungan Dieng di Provinsi Jawa Tengah. Candi Dieng adalah candi Hindu aliran Syiwa yang dibangun saat masa kekuasaan Dinasti Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno.

  1. Candi Gedong Songo

Candi di Indonesia - Candi Gedong Songo

Mencari tempat wisata bersejarah dengan spot yang Instagrammable untuk update media sosial? Datang aja ke Candi Gedong Songo! Candi Gedong Songo berlokasi di Bandungan, Kabupaten Semarang.

Yang bikin Candi Gedong Songo disukai oleh para wisatawan, tempat wisata ini juga punya banyak banget spot untuk berfoto yang super Instagrammable! Namun, jangan karena sibuk berfoto, kamu jadi lupa untuk menambah pengetahuanmu tentang sejarah Candi Gedong Songo, ya.

Menurut beberapa pakar sejarah, Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno.

  1. Candi Plaosan

Candi di Indonesia - Candi Plaosan

Masih dari Jogja, ada lagi candi di Indonesia terindah yang nggak boleh kamu lewatkan, yaitu Candi Plaosan. Kompleks Candi Plaosan memiliki dua candi utama yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

Sebenarnya, Candi Plaosan adalah candi Buddha. Namun, karena Rakai Pikatan (seorang raja dari Kerajaan Mataram Kuno) menganut agama yang berbeda dari istrinya, Pramodhawardani, arsitektur Candi Plaosan menjadi unik.

Arsitektur Candi Plaosan merupakan campuran dari arsitektur candi bercorak Buddha sekaligus candi bercorak Hindu. Candi Plaosan berlokasi di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, D.I. Yogyakarta.

Yey, sekarang sobat tiket udah tahu nih ke mana kamu harus berpetualang kalau ingin melihat sendiri kemegahan berbagai candi di Indonesia. Jangan lupa, sewa mobil di tiket.com buat jalan-jalan kalau kamu ingin liburan ke beragam tempat yang ingin kamu datangi.

Selain candi, kamu juga bisa loh berkunjung ke tempat wisata antimainstream di Indonesia untuk menambah pengalaman liburanmu.

mau ke mana? semua ada tiketnya!