Kuliner Belitung

,

10 Kuliner Lezat Wajib untuk Dicoba Saat ke Belitung

Pantai berpasir putih, berwarna biru sudah menjadi ciri khas Belitung yang menarik para wisatawan. Tapi nggak cuma itu lho! Buat kamu yang mau eksplor Belitung, jangan lupa untuk berwisata kuliner juga karena kelezatan kulinernya bisa membuat kamu pengen balik lagi dan lagi ke pulau itu.

Karena dikelilingi pantai, Belitung banyak menawarkan kuliner seafood yang bener-bener beda. Selain itu, harganya juga terjangkau dan kalau mau makan seafood disana dijamin fresh deh, sobat tiket. Kuy pesen tiket pesawatmu beserta hotelnya di tiket.com.

Penasaran? Ada banyak variasi kuliner di Belitung yang bisa memanjakkan lidahmu yang bisa dinikmati untuk menyemangati hari-hari kamu selama liburan disana.

Wisata Kuliner Maknyus di Belitung

Pulau Belitung merupakan pulau terbesar kedua di kepulauan Bangka Belitung dengan ibukota di Tanjung Pandan. Kuliner di Belitung sangat bervariasi mulai dari berbagai olahan seafood, mie, cemilan tradisional hingga kopi. Untuk bisa keliling mencicipi kuliner Belitung dengan bebas, kamu bisa sewa motor atau sewa mobil di tiket.com dengan harga yang terjangkau sebab angkutan kota tidak menjangkau seluruh area. 

Berikut rekomendasi tiket.com mengenai kuliner wajib yang harus dicoba saat kamu menjejakkan kakimu di Pulau Belitung. Selamat membaca!

1. Mie Belitung

Kalau kamu ke Pulau Belitung, pastikan untuk mencoba kuliner khas dan wajib yaitu Mie Belitung. Terdiri dari mie kuning dan telur yang disiram dengan kuah kaldu udang yang kental dan gurih, mie Belitung dijamin akan menggugah selera makanmu!

Selain itu, mie Belitung juga ditaburi udang, kentang rebus, timun, bakwan udang, dan taoge yang paling enak dinikmati selagi panas! Uniknya, mie ini disajikan di piring yang dialasi oleh daun simpor. Oh ya, jangan lupa pesan es jeruk kunci yang rasanya asem-asem segar saat mencoba mie ini. Harga mie Belitung juga sangat terjangkau dan mudah ditemukan di kawasan kota Belitung.

Salah satu rumah makan yang bisa kamu singgahi adalah Mie Belitung Atep yang berlokasi di Jl. Sriwijaya No.27 di Tanjung Pandan. Tempat ini buka dari jam 08.00-20.00. 

Harga : sekitar Rp18.000/porsi.

2. Aneka Seafood

Kuliner Belitung
Sumber: Shutterstock.com

Saat berkunjung ke pulau yang dikelilingi pantai yang indah, sudah pasti bikin pengen dan kepikiran untuk makan seafood. Di Belitung, kamu hampir bisa menemukan makan aneka olahan makanan laut yang super segar seperti kepiting, udang, cumi-cumi, dan ikan dimana saja.

Tinggal pilih kamu suka masakan laut yang seperti apa. Ada ikan panggang/bakar, udang saus padang, kepiting asap, dan masih banyak lagi. Untuk olahan ikan, kamu bisa pilih sendiri ukurannya dan harganya dihitung per ons. Restoran seafood di Belitung juga menyediakan berbagai olahan sayuran seperti genjer dan kenikir. Karena daerah pantai, harga seafood di Belitung juga termasuk terjangkau, apalagi sudah dijamin fresh.

Rumah makan yang bisa jadi pertimbangan untuk kamu kunjungi adalah RM Batu Garuda. Tempatnya dijamin bikin nyaman karena berlokasi di bibir pantai di Jl. Tanjung Kelayang. Selagi menunggu pesanan, kamu bisa berjalan-jalan santai melihat laut! RM ini buka jam 10.00-19.00.

Harga : mulai dari Rp29.000.

3. Bedulang

Kuliner Belitung
Sumber: Shutterstock.com

Tertarik mencoba makanan tradisional Belitung yang disantap sesuai tradisi? Kamu coba deh menu tradisional Belitung yang bernama Bedulang. Bedulang itu sebenarnya adalah prosesi makan bersama di satu nampan besar yang berbentuk bundar dan orangnya duduk mengelilingi nampan tersebut. Biasanya satu nampan untuk empat orang.

Satu paket Bedulang terdiri dari ikan, ayam ketumbar, sate ikan goreng, ikan bilis goreng, oseng kacang panjang dengan cumi, lalapan, serai khas Belitung, nasi putih dan teh hangat atau es teh tawar.

Wisatawan pun bisa merasakan makan ala Bedulang ini di beberapa restoran salah satunya di restoran Wan Bie di Jl.Sriwijaya No.123A di Tanjung Pandan. Tempatnya buka 24 jam lho. Untuk memesan paket bedulang, harus ada minimal dua orang yak!

Harga : sekitar Rp65.000/paket.

4. Gangan (Sup Ikan Khas Belitung)

Gangan adalah kuliner wajib yang nggak boleh dilewatkan karena banyak yang bilang belum ke Belitung kalau belum makan sup Gangan! Gangan sendiri adalah masakan ikan laut segar dengan kunyit dan lengkuas. Sup Gangan sudah dipastikan disajikan fresh, guys karena hanya dimasak saat dipesan dan tidak boleh dihangatkan agar rasanya tidak berubah.

Kamu bisa milih bagian ikannya mau kepala, badan atau ekor dan juga tingkat kepedasannya. Kuahnya yang berwarana kuning kunyit dan ikan yang lembut disantap dengan nasi yang masih hangat bikin perut keroncongan. Rasanya supnya asam, pedas dan gurih. Mantap! Ngiler kan?

Kamu bisa coba kuliner ini dengan rasa yang masih asli di RM Gangan Sari di Jl. Irian di Tanjung Pandan yang buka dari jam 9.30-21.00. 

Harga : mulai dari Rp27,000/porsi.

5. Suto Belitung

Kuliner lain yang perlu dicoba saat ke Belitung adalah Suto Belitung. Bentuknya mirip dengan ketupat sayur tapi saat dicicipin rasanya beda banget! Suto Belitung terdiri dari irisan lontong atau ketupat, kentang rebus, bihun, dan kerupuk melinjo yang disiram kuah kental yang terbuat dari rebusan kari iga sapi yang dicampur dengan santan kelapa. Gurih banget!

Suto ini biasanya untuk sarapan karena walaupun terbuat dari santan, rasa kuahnya tidak kuat dan tidak berminyak. Harga? Murah banget kok. Dan nggak sulit untuk menemukan warung suto di kawasan Belitung karena hampir ada dimana-mana.

Salah satu warung suto terkenal dan menjadi favorit wisatawan dan orang lokal adalah Suto Belitung Mak Jannah yang berada di Jl. Merdeka, Tanjung Pandan. RM ini buka dari jam 07.00-13.00 lalu kembali buka jam 16.00-23.00.  

Harga : mulai dari Rp10.000/porsi.

6. Berego

Pengen ngemil? Cobain berego deh. Jika dilihat sekilas, berego ini bentuknya seperti lontong yang disajikan dengan kuah sayur. Terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan sagu, berego dinikmati dengan kuah kari ikan yang enak banget. Rasanya gurih dan kenyal sedangkan kuahnya manis dan gurih.

Berego juga bisa disantap bersama gangan atau mie Belitung. Makanan ini cukup popular di Belitung dan mudah ditemukan di kedai-kedai pinggir jalan. Berego juga biasanya disajikan saat ada acara besar atau perayaan.

Berego juga bisa kamu temukan di RM Belitong Timpo Duluk yang berada di Jl. Lettu Mat Daud, Tanjung Pandan. Resto ini buka jam 11.00-22.00 cuma disarankan agar menghindari jam makan siang dan makan malam karena bakal rame banget.  

Harga : sekitar Rp20.000/porsi.

7. Nasi Gemok

Bisa dibilang kalau nasi gemok ini bentuknya mirip dengan nasi kucingnya Yogyakarta. Dibungkus dengan menggunakan daun Simpor, lauk nasi gemok adalah ikan Bebulus, ikan khas Belitung berbentuk seperti ikan Belibis.

Nasinya disiram dengan kuah ikan yang rasanya agak asam dan gurih-gurih gitu plus sayur belimbing. Dengan porsi yang tidak terlalu banyak, biasanya nasi gemok disantap untuk sarapan bagi orang lokal. Kamu juga bisa coba makanan ini untuk membuka harimu di Belitung dengan kuliner sederhana tapi enak! Pasti bikin hari liburanmu lebih menyenangkan!

Kamu bisa menemukan nasi gemok dijual di warung kopi seperti Warung Kopi Ake yang berlokasi di Jl.Veteran 47, Tanjung Pandan yang buka dari jam 07.00-23.00.

Harga : sekitar Rp20.000/porsi.

8. Kopi

Penikmat kopi? Kalau iya, kamu wajib ngopi selama di Belitung. Ada banyak warung kopi disini dan kebanyakan masih diseduh dengan cara tradisional dan dimasak menggunakan arang. Kamu bisa memesan kopi hitam atau kopi susu dengan harga yang sangat terjangkau.

Kopinya berjenis arabika dan robusta. Kamu bisa milih mau kopi panas atau mau pake es. Warkop di Belitung juga menawarkan cemilan teman minum kopi seperti telur setengah matang, gorengan, donat, bahkan nasi gemok. Rata-rata masyarakat menikmati kopi di pagi hari untuk membuka hari mereka.

Warung Kopi yang cukup terkenal dan harus kamu kunjungi di Belitung adalah Warkop Kong Djie di Jl. Serma Abdulla, Tanjung Pandan. Warkop ini buka dari jam 08.00-12.00.

Harga: mulai dari Rp8.000/cangkir.

9. Siput Gonggong

Siput gonggong ini merupakan salah satu jenis siput laut yang ukurannya kurang lebih sebesar ibu jari. Biasanya masyarakat lokal mengolahnya dengan cara direbus dan saat sudah matang disantap dengan sambal atau kuah asam manis.

Siput gonggong memiliki kandungan protein yang tinggi dan dimasak dengan cara direbus masih dengan cangkangnya yang berwarna putih dan kalau mau ngambil dagingnya, kamu bisa menggunakan tusuk gigi. Agak ribet tapi worth it kok.

Kamu bisa menemukan tempat makan yang menawarkan menu ini di daerah Pantai Tanjung Kelayang. Selain itu, siput gongong juga bisa di goreng kering menjadi keripik untuk cemilan dan bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman kamu. 

Restoran yang menyediakan menu siput gonggong adalah RM Selera Kite di Jl. Raya Sijuk dekat dengan Pantai Tanjung Tinggi.

Harga : mulai dari Rp71.000/porsi.

10. Rusip

Mau coba kuliner yang agak tidak biasa? Terlihat tidak meyakinkan tapi tetep enak. Namanya rusip, sambal khas Belitung. Warnanya keruh dan baunya agak menyengat. Kalau tertarik, kamu bisa mencoba rusip yang terbuat dari ikan teri mentah yang difermentasi selama kurang lebih tujuh hari dengan garam dan gula aren.

Rasanya asam dan pedas dimakan dengan nasi panas dan juga lalapan seperti daun singkong, kangkung, timun, dan terong. Bikin ketagihan dan nggak bisa berhenti makan! Kamu bisa beli rusip di Toko Klapa di Jl.Air Saga, Tanjung Pandan.

Harga : mulai dari Rp 15.000/botol.

Sudah lihat kan kuliner Belitung yang tiket.com rekomendasikan? Jangan lupa mampir dan cicipi makanan lezatnya dan jangan lupa lihat tempat referensi soal tempat wisata oke di Bangka Belitung! supaya pengalaman mu di negeri Laskar Pelangi tersebut memorable.