,

7 Pantai di Belitung Ini Indahnya Paripurna! Kuy, Tengok!

Indonesia adalah negara maritim. Sobat tiket pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah itu. Ya, benar banget, yaitu memiliki perairan yang lebih luas daripada daratannya. Pastinya, ini juga berarti Indonesia punya pantai yang indah, dong! Salah satunya pantai di Belitung.

Sudah tentu. Sayangnya, orang-orang hanya mengenal indahnya pantai di tempat tertentu saja. Paling banyak dikunjungi tentu saja Yogyakarta, Bali, atau pun Lombok. Katanya, karena pantai yang ada di sisi selatan Indonesia punya daya magis tersendiri. Masa sih?

Pantai di Belitung, Surga Dunia Lain di Pulau Sumatra

Semua pantai yang dimiliki Indonesia itu indah, kok. Mungkin, kamu saja yang hanya terpaku pada satu lokasi, jadinya yang lain nggak kelihatan indahnya. Bukan berarti juga pantai selatan Indonesia itu lebih cantik, karena masing-masing pantai juga punya ceritanya.

Sobat tiket nggak bosan ke pantai di daerah itu-itu saja? Kenapa nggak coba jelajah pantai di Belitung? Jangan judging dulu, deretan pantai di Belitung membuat daerah ini layak banget disebut surga dunia lain di Pulau Sumatra. Mana saja?

1. Pantai Tanjung Tinggi, Lokasi Syuting Laskar Pelangi

Kalau sobat tiket suka banget sama semua yang berkaitan dengan buku maupun film Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Tinggi ini adalah tempat yang harus dikunjungi. Sudah pasti, kepopuleran pantai ini tidak hanya di lingkup domestik, tetapi juga sampai ke telinga wisatawan mancanegara.

Angin pantainya semilir, ombaknya tenang, pasir putihnya lembut banget kalau tersentuh kaki. Kehidupan bawah lautnya juga ramah kok, jadi sobat tiket bisa banget snorkeling untuk menyapa hewan-hewan dan terumbu karang di bawah sini.

Namun, hati-hati ya, kalau berenang, karena ada ubur-ubur yang bisa saja menyengat kamu kalau mereka merasa terganggu. Kalau sobat tiket nggak bisa berenang, Pantai Tanjung Tinggi juga punya spot yang cocok untuk memancing, lho!

Lokasi: Keciput, Sijuk, Kabupaten Belitung

Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam

Harga Masuk: Gratis

2. Melihat Indahnya Batu Granit Berlayar di Pantai Batu Berlayar

Kalau pantai Tanjung Tinggi terkenal banget karena jadi salah satu tempat syuting film Laskar Pelangi, Pantai Batu Berlayar punya keindahannya sendiri, yaitu batuan granit besar yang terlihat seperti perahu sedang berlayar.

Mistis? Bukan, kok, sobat tiket pasti lebih mengagumi tempat ini bukan karena unsur mistisnya. Pantai Batu Berlayar memang didominasi oleh batuan besar yang menjulang di atas pasir pantai yang lembut, kontras banget sama air laut yang warnanya kebiruan.

Kalau mau cari tempat wisata Instagrammable di Bangka Belitung, Pantai Batu Berlayar bisa jadi salah satu tempat yang paling direkomendasikan. Kamu bisa menunggu matahari terbenam sambil bersantai di salah satu batunya. Pasti seru banget deh!

Lokasi: Pulau Batu Berlayar, Pantai Tanjung Kelayang, Sijuk, Kabupaten Belitung

Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam

Harga masuk: Gratis.

3. Melihat Mercusuar Tua di Pantai Lengkuas

Sumber: Shutterstock.com

Pantai di Belitung satu ini sangat terkenal dengan mercusuar setinggi 50 meter yang berada tepat di bibir pantai. Jangan salah, mercusuar ini termasuk bangunan bersejarah, lho, karena sudah ada sejak tahun 1882 silam. Tua banget, ya!

Kalau sudah puas main-main di mercusuar, sobat tiket bisa mulai jalan-jalan di sekitar pantai. Pantai Lengkuas ini juga punya kehidupan bawah laut yang ramah wisatawan, jadi kamu bisa berinteraksi lebih dekat dengan snorkeling.

Jangan salah, pantai ini nggak panas, kok. Justru, sobat tiket akan merasa sejuk kalau main ke sini. Ada banyak pepohonan rindang yang membuat suasana menjadi teduh dan lebih sejuk. Tentu saja wisatawan betah berlama-lama.

Lokasi: Pantai Tanjung Kelayang sebelah utara, Sijuk, Kabupaten Belitung

Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam

Harga Masuk: Gratis

4. Melihat Indahnya Gugusan Pulau dari Pantai Penyabong

Siapkan tenaga dan fisik yang kuat kalau mau main ke Pantai Penyabong ya, karena jalanan yang akan sobat tiket lalui cukup panjang dan berliku. Namun, kamu nggak perlu khawatir, karena selama perjalanan, pepohonan dan perbukitan menjadi teman terbaik sobat tiket.

Salah satunya yang nggak boleh dilewatkan adalah Batu Baginde, batu yang ukurannya besar banget yang menandakan kalau perjalanan sobat tiket sudah dekat. Hampir sama dengan Pantai batu Berlayar, pantai ini juga didominasi oleh batuan granit, tetapi jauh lebih besar dan mengagumkan.

Nah, kalau biasanya pantai di Belitung berombak tenang, Pantai Penyabong punya ombak yang cukup menantang, lho. Jadi, sebaiknya jangan berenang demi keselamatan, ya! Duduk saja di salah satu batu granit dan lihat sekitar. Gugusan pulau menjadi pemandangan paling cantik yang sobat tiket dapatkan.

Lokasi: Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung

Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam

Harga Masuk: Gratis

5. Pantai Tanjung Kelayang, Pantai di Belitung yang Jadi Primadona

Sumber: Shutterstock.com

Ya, Pantai Tanjung Kelayang ini adalah pantai di Belitung yang jadi primadona dan paling ramai dikunjungi wisatawan. Saking kerennya, pantai ini jadi lokasi acara Sail Wakatobi Belitong. Nggak ragu-ragu, acara ini bertaraf internasional, lho!

Pantai Tanjung Kelayang punya dua area yang sama-sama cantik, yaitu area pantai dengan batuan granit dan pasir putih. Pastikan datangi keduanya, ya, kalau hanya satu kan jadinya nggak sempurna jalan-jalannya.

Selain berenang, snorkeling, bermain pasir, dan berfoto, sobat tiket juga bisa mencoba beragam wahana yang tersedia di sini. Tentunya sambil menunggu matahari terbenam. Pasti kamu nggak mau ketinggalan momen satu ini, kan?

6. Melihat Sunrise di Pantai Serdang

Lain lagi dengan Pantai Serdang, pantai di Belitung yang juga sangat diminati wisatawan. Kalau pantai di Indonesia identik dengan pepohonan kelapa di tepinya, pantai satu ini justru dipagari dengan deretan pohon pinus dan rerumputan.

Lalu, kamu juga akan menemukan perahu-perahu nelayan berwarna-warni berderet rapi di garis pantai, semakin menambah keindahan Pantai Serdang. Namun, ombak di pantai ini terbilang tinggi, jadi sebaiknya kamu tidak berenang atau menyelam di sini.

Sebagai gantinya, kamu bisa kok berjalan-jalan sembari merasakan lembutnya pasir pantai. Kalau mau lebih berkesan lagi, kamu datang saja selepas subuh. Matahari terbit di Pantai Serdang katanya yang paling indah, lho!

Lokasi: Manggar, Belitung Timur

Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam

Harga masuk: Gratis

7. Momen Sunset Terbaik di Pantai Tanjung Pendam

Kalau matahari terbit terbaik dimiliki Pantai Serdang, momen matahari terbenam paling cantik dimiliki Pantai Tanjung Pendam. Tidak hanya itu, ada banyak sekali atraksi menarik yang bisa kamu lakukan di pantai ini.

Kabarnya, ada beberapa pertunjukan yang diadakan di Pantai Tanjung Pendam. Pun, melihat Pulau Kalimua yang kabarnya mampu menangkal nasib buruk. Cerita ini, tentu saja, berasal dari orang-orang Tionghoa.

Lalu, mengunjungi berbagai galeri seni yang tidak jauh lokasinya dari pantai. Tidak kalah menyenangkannya, memuaskan perut dengan menyantap berbagai olahan hasil laut yang sangat lezat.

Lokasi: Tanjung Pandan, Bangka Belitung

Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam

Harga masuk: Gratis

Kuy, Jalan-Jalan ke Bangka Belitung!

Bagaimana, Bangka Belitung nggak kalah cantiknya sama daerah lain yang sudah sering disambangi wisatawan, kan? Coba aja buktiin sendiri, pesan tiket pesawat dan booking hotelnya sebelum kehabisan di tiket.com. Ada banyak penawaran menarik yang menunggu sobat tiket, lho!