,

Rekomendasi Itinerary Belitung 3 Hari 2 Malam, Dijamin Seru!

Lagi mikir-mikir mau liburan kemana dengan waktu yang terbatas tapi bisa tetep seru dan memorable abis? Sobat tiket bisa mempertimbangkan untuk memilih Pulau Belitung sebagai tujuan liburan. Dengan waktu yang singkat, sobat tiket bisa kok menjelajahi tempat-tempat keren asalkan punya itinerary yang jelas. 

Nah, karena waktu yang cukup terbatas, kamu perlu siapin jadwal supaya nanti nggak bingung atau terburu-buru pas udah di Belitung. tiket.com akan bantu kamu untuk membuat itinerary liburan disana selama 3 hari 2 malam yang bisa dijadikan referensi. 

Contoh itinerary yang tiket.com siapkan bisa banget kamu ikutin kalau nggak mau pusing mikirin mau kemana aja saat di Belitung. Tetapi, itinerary ini bisa juga disesuain sama kebutuhan kamu kok. Yang jelas rencana perjalanan ini diharapkan bisa memberikan bayangan soal rencana liburanmu yang udah di depan mata! 

Itinerary di Pulau Belitung Untuk 3 Hari 2 Malam Buat Referensi

Liburan enaknya tuh santai alias nggak buru-buru supaya kamu bisa menikmatinya dengan maksimal dan penat juga bisa ilang walau waktunya cukup singkat.

Makanya, rencana perjalanan yang jelas bisa ngebantu kamu untuk memastikan tempat mana aja yang mau kamu kunjungi dan butuh berapa lama untuk kesana. Sebelum cus ke Belitung, kamu tentunya perlu beli tiket pesawat dulu. Mau cari tiket yang murah? Buka tiket.com, dong!

Simpan itinerary ini di telepon seluler kamu jadi biar gampang kalau mau ngecek destinasi pas udah nyampe di Belitung. Lanjut dibaca sampai habis ya contoh itinerary yang tiket.com buat khusus hanya untukmu! 

Hari I (Bandara – Hotel – SD Laskar Pelangi)

  • Tiba di Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin Airport
  • Menuju Hotel untuk Check-In atau menitipkan barang bawaan
  • Menyewa motor atau mobil
  • Makan Siang di Mie Belitung Atep
  • Berangkat ke replika SD Muhammadiyah Gantong di Belitung Timur
  • Mampir ke Museum Kata Andrea Hirata
  • Kembali ke Hotel

Contoh itinerary untuk hari pertama ini merekomendasikan kamu untuk napak tilas jejak film Laskar Pelangi. Tetapi, isi perut dulu dong pas baru sampai di Kota Belitung sebelum mulai berpetualang. Langsung aja nih kamu menuju warung makan yang menjual mie Belitung yang tersohor yaitu Mie Belitung Atep. 

Setelah perut dipastikan sudah terisi penuh, langsung deh eksplor destinasi wisata yang berhubungan dengan novel dan film Laskar Pelangi yang sempet booming sekitar 10 tahun lalu. Memulai liburanmu dengan bernostalgia yang indah-indah pasti menyenangkan. 

Untuk mencapai lokasi replika SD Muhammadiyah Gantong tempat Ikal dan kawan-kawan bersekolah, dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam jam dengan kendaraan bermotor. Usahakan kamu nyewa motor atau mobil ya biar lebih gampang mobilitasnya. 

Udah puas nih foto-foto disana? Kuy mampir ke Museum Kata Andrea Hirata yang bisa dicapai hanya dalam waktu 5 menit dari lokasi replika SD Laskar Pelangi.

Sebagai penulis novel tetralogi Laskar Pelangi, Andrea Hirata memajang foto cuplikan-cuplikan adegan film, novel-novelnya yang bisa kamu baca di tempat, dan berbagai quote inspiratif yang bermakna tertulis di dinding museum. Bikin merenung dan termotivasi!

Tempat ini juga oke banget lho buat foto-foto karena museum ini di cat berwarna-warni. Museum ini tutup jam 5 sore yak. 

Hari Ke II (Pulau Lengkuas)

Sumber: Shutterstock.com
  • Sarapan di Hotel
  • Ke Pulau Lengkuas
  • Keliling Pantai di Belitung
  • Makan seafood di area pantai yang ada di Belitung
  • Kembali ke hotel

Untuk hari kedua, contoh itinerary ini merekomendasikan kamu untuk ke Pulau Lengkuas dan keliling pantai-pantai cantik di Belitung seperti Pantai Tanjung Kelayang atau Pantai Tanjung Tinggi. 

Habis sarapan, kamu bisa menuju Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi, atau Pantai Tanjung Binga untuk menyewa perahu motor untuk ke Pulau Lengkuas. Pulau ini bisa dicapai kurang lebih dalam waktu 30 menit. Perahu motornya bisa kamu sewa dari penduduk setempat, sobat tiket.

Biaya sewa perahu motornya untuk perjalanan pulau pergi biasanya dipatok mulai dari Rp450.000 hingga Rp550.000. Jadi, makin rame, makin murah! Oh ya, biaya diatas ada kemungkinan bisa ditawar. Kamu juga bisa sewa alat snorkeling atau menyelam lengkap sama tabungnya ke beberapa penyewa perahu motor. 

Jangan lupa untuk naik ke atas mercusuar ya. Lumayan tinggi sih, sekitar 18 lantai. Kalau kuat, harus banget naik. Bisa sesekali berhenti kok sambil ngeliat pemandangan dari jendela-jendela di setiap sisi mercusuar. Dari ketinggian, kamu bakal terkagum-kagum melihat keindahan pulau dan laut biru yang membentang di depanmu. 

Di Pulau ini ada warung yang jual makanan dan minuman tapi kamu oke juga kalau mau bawa bekal. Biar serasa piknik gitu. Jangan lupa bawa air mineral yang banyak ya biar nggak dehidrasi. 

Kalau udah puas mengelilingi pulau, kamu bisa langsung balik dan lanjut mengelilingi pantai-pantai ciamik di Belitung. Pokoknya kebutuhan vitamin sea kamu akan sangat terpenuhi deh.

Laut pantai-pantai di Belitung juga indah berwarna biru kehijauan dan banyak bebatuan cantik yang bisa jadi background bahkan dipanjat yang bakal bikin foto-foto kamu terlihat oke. Pokoknya dijamin instagrammable deh!

Habis keliling seharian, kamu pasti laper berat. Buat makan malam, paling cocok makan seafood. Kamu bisa menemukan restoran-restoran yang menyediakan aneka olahan makanan laut yang segar di daerah sekitar pantai. Harganya juga terjangkau!

Salah satu restoran yang bisa kamu kunjungi adalah Lemadang Seafood & Grill di Jl. Tanjung Tinggi. Dari restoran ini, kamu bisa melihat pemandangan laut. Oh ya, tempat makan ini buka dari jam 09.00-21.00. 

Hari Ke III (Danau Kaolin)

Sumber: Shutterstock.com
  • Sarapan di Hotel
  • Ke Danau Kaolin
  • Berburu oleh-oleh
  • Check-out dari Hotel
  • Menuju bandara

Sayang banget liburanmu sudah akan berakhir nih. Contoh itinerary untuk hari ketiga ini merekomendasikan kamu buat ke Danau Kaolin yang nggak jauh dari pusat kota Tanjung Pandan. Biar santai dan nggak capek gitu di hari terakhir, sobat tiket. 

Sehabis sarapan di hotel, kamu bisa langsung meluncur ke danau yang terletak di Perawas, Tanjung Pandan ini. Kalau dari pusat kota, Danau Kaolin bisa dicapai dalam waktu kurang lebih 10 menit aja! Deket kan?

Danau Kaolin merupakan danau bekas pertambangan kaolin, mineral yang dimanfaatkan untuk bahan industri kosmetik. Warna danaunya yang biru kehijauan sangat cantik dan memanjakan mata. Daratan yang mengelilingi danau berwarna putih. Bayangin! Keren banget kan. Kamu bisa bersantai sambil berfoto atau selfie yang hasilnya dijamin bagus banget. 

Terus, sempatkan ya untuk beli oleh-oleh khas Belitung entah makanan ataupun suvenir untuk keluarga, teman atau pacar. Salah satu tempat yang bisa kamu datengin adalah Toko Oleh-Oleh Khas Belitung A2 di Jl. Jendral Sudirman Gg. Granat No.1.

Tokonya cukup lengkap karena menjual berbagai cemilan, kaos hingga aksesoris. Lokasinya juga nggak jauh dari Danau Kaolin, sekitar 5 menitan naik kendaraan. Tokonya buka dari jam 09.00-21.00.

Sudah ada bayangan kan? Pasti nggak sabar pengen ke Belitung yang menawarkan berbagai keindahan alam! Supaya nggak buang-buang waktu ketika di sana, kamu bisa latihan dulu membuat itinerary perjalanan. Kalau punya itinerary yang jelas, liburanmu yang singkat bisa jadi lebih terarah lho. So, mulai susun rencana perjalananmu dari sekarang, ya!