,

7 Air Terjun Indah di Bangka Belitung yang Eksotis Abis!

Bangka Belitung benar-benar menyimpan sejuta pesona. Terkenal dengan wisata baharinya, pulau Laskar Pelangi ini ternyata juga memiliki air terjun cantik dan eksotis tersembunyi di antara hutan-hutannya yang hijau dan asri.

Buat kamu yang ingin mencari suasana lain atau suka berpetualang, menjelajahi berbagai air terjun di Pulau Bangka dan Belitung bisa menjadi pilihan. Menyatu dengan alam, berjalan di jalan setapak hutan-hutan, mendaki bukit, semua bisa kamu rasakan untuk mencapai air terjun di kedua pulau tersebut.

Jika kamu lelah dengan air asin karena sudah menjelajah berbagai pantai tapi masih pengen main air, air terjun adalah opsi yang bagus.

Air Terjun dengan Pemandangan Alami Nan Eksotis

Karena kebanyakan air terjunnya terletak di dalam hutan, pemandangan yang kamu temui akan sangat alami. Nyanyian burung, suara binatang hutan, tanaman endemik bisa kamu dengar dan temui saat kamu berjalan menuju destinasi.

tiket.com sudah merangkum beberapa air terjun yang oke banget untuk kamu kunjungi saat berlibur ke Bangka Belitung. Semoga bisa jadi referensi buat kamu ya. Kalau sudah oke, kamu bisa cari tiket pesawat dan booking hotel kamu selama di Bangka Belitung lewat tiket.com.

Air Terjun di Pulau Belitung

Pulau kedua terbesar di Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki banyak air terjun yang luar biasa indah. Bisa dicek beberapa air terjun rekomendasi tiket.com berikut.

1. Air Terjun Gurok Beraye

Sumber: Shutterstock.com

Air Terjun Gurok Beraye memiliki air yang jernih banget sampe kamu bisa melihat dasar kolam. Banyak ikan-ikan kecil berenang di dalam kolam itu dan kamu bisa melihatnya dengan mata telanjang saking bersih dan jernih airnya. Ada juga bebatuan-bebatuan kecil yang menambah sensasi seakan kamu sedang snorkeling di pantai. Bisa selfie underwater lho.

Berjarak sekitar 32 km dari kota Tanjung Pandan, Air Terjun Gurok Beraye bisa dicapai dalam waktu sekitar 40 menit dengan kendaraan bermotor. Habis memarkir kendaraan, kamu harus jalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke air terjunnya.

Air Terjun ini airnya bersih dan seger banget bikin kamu pengen segera nyebur ke kolam. Ada monyet-monyet juga lho disana. Kamu nggak perlu khawatir, mereka nggak ganggu kok.

Akan tetapi disini nggak ada toiletnya. Kamu juga disarankan untuk bawa makan dan minuman sendiri tapi sampahnya dibawa pulang yak.

Lokasi                    : Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau, Belitung.

Jam Buka              : 24 Jam

Tiket Masuk          : Gratis

2. Air Terjun Batu Mentas

Berada di kawasan konservasi dan hutan lindung, air terjun batu mentas menawarkan suasana yang sangat asri. Lokasinya sekitar 30 km dari kota Tanjung Pandan dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Air terjun ini airnya juga sangat jernih dan segar plus kami bisa melihat beberapa tumbuhan dan hewan endemik seperti kantung semar, rusa, dan lainnya. Kamu juga bisa berenang di sungai berarus tenang yang juga berada di kawasan yang sama cuma airnya dingin. Jadi, jangan berenang kelamaan ya. Kalau mau, kamu juga bisa susur sungai dengan perahu kano.

Kawasan Batu Mentas ini juga menawarkan outbond. Lengkap banget deh pilihan kegiatannya. Selain itu, kawasan wisata ini sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas seperti tempat parkir yang luas, gazebo bahkan warung makan.

Lokasi                    : Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung

Jam Buka              : 08.00-17.30 (setiap hari)

Tiket Masuk          : Rp5.000/orang

3. Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai

Kepengen mendaki bukit lalu menikmati segarnya air pegunungan? Coba deh ke Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai. Terletak di sebuah bukit dengan ketinggian 200 meter dari permukaan laut, air terjun ini memiliki tujuh tingkatan. Luar biasa bagus.

Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Tanjung Pandan untuk mencapai air terjun ini. Cukup jauh dan letaknya tersembunyi di dalam kawasan hutan lindung tapi sangat worth it untuk dikunjungi. Selain bersantai dan berenang, kamu juga bisa melakukan rock climbing. Disini juga banyak spot-spot untuk foto dengan latar tumpukan bebatuan yang indah banget.

Kalau kamu naik mobil, perlu jalan cukup jauh untuk menuju air terjun lebih dari 2 km tapi kalau kamu naik motor, kamu bisa langsung ke bagian bawah bukit. Jalan-jalan di kawasan hutan lindung ini cukup menyenangkan kok karena asri dan sejuk.

Lokasi                    : Dusun Air Nangka, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung

Jam Buka              : 24 Jam

Tiket Masuk          : Rp8.000/orang

4. Air Terjun Gunung Kubing

Belitung juga punya air terjun yang terletak di kawasan pegunungan tepatnya Gunung Kubing. Air terjun ini masih belum banyak terjamah oleh wisatawan. Kamu bisa trekking menuju puncak gunung lalu mandi atau berendam di kolam sambil menikmati air terjun. Oh ya, Gunung Kubing ini bukan gunung yang tinggi kok hanya sekitar 325 meter dari permukaan laut.

Air Terjun Gunung Kubing berajarak sekitar 44 km dari Tanjung Pandan dan bisa ditempuh kurang lebih dalam waktu 1 jam dengan kendaraan bermotor. Akses kesana cukup sulit karena jalannya belum bagus tetapi semua akan terbayar saat kamu sampai disana.

Karena berada di pegunungan, saat kamu berendam, kamu bisa melihat dan menikmati keindahan bentang alam Belitung yang hijau dan asri. Dengan cuaca yang sejuk dan terasa damai, dijamin deh segala penatmu akan hilang.

Lokasi                    : Desa Perpat, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Jam Buka              : n/a

Tiket Masuk          : Gratis

Air Terjun di Pulau Bangka

Buat kamu yang suka berpetualang, air terjun di Pulau Bangka sangat rekomen untuk dikunjungi karena untuk menuju ke beberapa air terjunnya, medannya cukup menantang. Kuy dibaca!

5. Air Terjun Manjang Merah

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Manjang Merah ini berwarna agak kemerahan. Kenapa bisa begitu? Sebenarnya airnya sih jernih, sobat tiket, cuma bebatuan dibawahnya itu berwarna jingga dan merah sehingga kalau dilihat dari kejauhan air terjun ini airnya berwarna jingga kemerahan.

Berlokasi sekitar 70 km dari Pangkal Pinang, Air Terjun Manjang Merah dapat dicapai dalam waktu 2 jam dengan naik kendaraan bermotor. Untuk bisa melihat air terjunnya, kamu harus berjalan kaki selama 1 jam dari desa terdekat Desa Berbura. Perjalanannya akan membuatmu sedikit lelah, tapi kamu akan terhibur dengan pemandangan dan suara binatang hutan yang sejenak akan membuatmu melupakan hingar bingar kota.

Begitu sampai, kamu bisa membasuh muka dan badanmu biar lebih fresh. Beristirahat menikmati jatuhnya air dari ketinggian dengan warna kolam yang tidak biasa pastinya damai banget. Terbayar deh lelahmu. Yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak kesana saat hujan turun. Kalau kamu sudah di lokasi dan hujan turun, segera kembali ke desa supaya tidak terdorong air terjun.

Lokasi                    : Dusun Buhir, Desa Berbura, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka

Jam Buka              : 24 jam

Tiket Masuk          : Gratis

6. Air Terjun Tujuh Tingkat Bukit Buik

Suka bertualang? Kuy ke Air Terjun Tujuh Tingkat Bukit Buik. Air terjun ini berada di kawasan Hutan Taman Nasional Gunung Maras. Pemandangan di sekitar air terjun masih sangat alami karena tersembunyi diantara hutan-hutan. Akses kesini lumayan sulit, mendaki dan melewati rute jalan setapak.

Perlu waktu 1 jam untuk mencapai desa terdekat dengan air terjun ini yaitu Desa Dalil yang berjarak sekitar 45 km dari Pangkal Pinang. Kamu disarankan untuk menaiki kendaraan roda dua karena rute menuju destinasi wisata ini melewati jalur setapak yang kadang berlumpur. Kamu juga bisa gowes lho pake sepeda gunung.

Setelahnya, kamu harus jalan kaki sekitar 1,5 jam menyusuri hutan mendaki bebatuan. Bener-bener bertualang deh. Seru banget. Kamu bisa bawa hammock buat tidur-tiduran saat sudah sampai dan mandi di air terjun yang airnya seger banget.

Lokasi                    : Bukit Buik, Desa Dalil, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka

Jam Buka              : 24 jam

Tiket Masuk          : Gratis

7. Air Terjun Sadap

Akses menuju Air Terjun Sadap sangatlah mudah dan nyaman karena jalannya sudah beraspal dan bisa dilalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Air terjun ini unik karena bentuknya miring sehingga air tidak jatuh seperti pada umumnya. Aliran airnya melewati jalur melengkung gitu.

Berjarak sekitar 75 km dari Pangkal Pinang, air terjun ini dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dengan kendaraan bermotor. Kamu akan menemui pemandangan hutan dan danau-danau kecil bekas tambang timah dalam perjalananmu menuju Air Terjun Sadap. Kendaraan kamu bisa di parkir di Desa Perlang lalu berjalan sejauh 1,5 km untuk mencapai air terjunnya.

Disini kamu bisa mandi dan piknik. Kalau mau, kamu juga bisa bakar-bakar ikan lho. Ditemani dengan suara burung-burung hutan dan gemercik air terjun, serasa back to nature banget deh.

Lokasi                    : Dusun Sadap, Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah

Jam Buka              : 24 Jam

Tiket Masuk          : Gratis

Kalau suka sama air terjun, bisa cek artikel tiket.com 7 Air Terjun di Bali Paling Indah, Instagrammable Banget!. Semoga referensi tentang air terjun di Bangka Belitung ini bisa bantu kamu untuk merencanakan liburanmu selanjutnya. Udah gak sabar kan? Cepetan berangkat!