,

Berbagai Cara Untuk ke Belitung, Mulai Dari Naik Pesawat Sampai Ferry

Lagi bingung cari destinasi wisata yang lengkap, dan menawarkan berbagai keindahan seperti pantai, air terjun, wisata kuliner hingga wisata budaya? Coba deh jalan-jalan ke Belitung. Pulau kecil di Sumatera ini menyimpan banyak potensi wisata alam yang bisa kamu eksplor bersama teman, pacar atau keluarga. 

Pulau Belitung juga terkenal berkat film Laskar Pelangi yang sangat populer 10 tahun yang lalu. Kalau kamu suka film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata ini, harus banget ke Pulau Belitung! 

Destinasi wisata yang ramai maupun yang tenang jauh dari hiruk pikuk kota juga ada. Rehat sejenak dari rutinitas yang luar biasa bikin kamu banyak pikiran. Nikmatin makanannya yang yummy banget. Kurang apa lagi?

Cara ke Pulau Belitung Mudah dan Cepat Sampai

Belitung adalah pulau kedua terbesar setelah Bangka. Kalau kamu berangkat dari luar kepulauan Bangka Belitung dan pengen cepet sampai, naik pesawat sudah pasti merupakan rekomendasi utama. Tetapi jika kamu mau coba moda transportasi lain, ada beberapa pilihan yang bisa mengantarkanmu ke Pulau Laskar Pelangi ini. 

Kuy disimak referensi tiket.com yang khusus dibuat buat kamu yang masih galau mau ke Belitung. Dibaca sampai habis ya, terus langsung deh pesan tiket dan booking hotel kamu di tiket.com.

1. Pesan Tiket Pesawat

Kamu bisa mengunduh aplikasi tiket.com di Google Play atau App Store untuk melihat-lihat harga tiket pesawat ke Belitung. Sebagai contoh, saat bukan musim liburan, harga tiket ke Belitung dari Jakarta hanya sekitar Rp500.000 dengan 1 jam penerbangan. Cukup terjangkau bukan?

Bandara di kota Belitung bernama Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin. Lokasinya tidak jauh dari ibukota Belitung yaitu Tanjung Pandan karena dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 20 menit saja. Perjalananmu juga akan cukup lancar karena nggak terlalu macet. 

Ada 4 bandara yang memiliki penerbangan langsung ke Belitung yaitu Bandara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Bandara Internasional Hang Nadim di Batam, dan Bandara Internasional Depati Amir di Pangkal Pinang. Ada cukup banyak pilihan maskapai untuk ke Pangkal Pinang. 

Tunggu apa lagi? Cek harga tiket dari kotamu ke Belitung. tiket.com sering ada promo lho jadi sering-sering di pantau juga yak. Selain itu, maskapai penerbangan juga biasanya suka kasih promo tuh untuk ke destinasi wisata yang populer. Belitung termasuk populer, thanks to Laskar Pelangi!

Kalau sudah mantengin harga tiket dan nemu yang cocok atau waktu yang pas, segera booking tiketnya! Kamu bisa siap-siap deh untuk liburan yang pasti akan sulit untuk dilupakan. Asyiik!

2. Naik Jetfoil Dari Bangka

Sumber: Shutterstock.com

Mau ke Bangka dulu sebelum eksplor Belitung? Nggak masalah. Setelah puas menjelajahi pulau utama ini, kamu bisa melanjutkan perjalananmu ke Bangka dengan jetfoil. Kapalnya bernama Express Bahari dengan rute Pulau Bangka (Pangkal Pinang) – Pulau Belitung (Tanjung Pandan) pulang pergi setiap hari!

Hanya butuh waktu sekitar 4 sampai 6 jam untuk mencapai Belitung kalau naik Express Bahari. Caranya kamu harus ke Pelabuhan Pangkal Balam di Pangkal Pinang yang bisa dicapai dalam waktu sekitar 10 menit dengan kendaraan bermotor.

Untuk mencapai pelabuhan, kamu bisa naik angkutan umum atau ojek. Kapal ini berangkat antara jam 13.00 dan 14.00 dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Tanjung Pandan sekitar jam 17.00.  

Kapal ini nyaman kok, sudah ber AC. Harga tiketnya juga ga mahal-mahal banget. Harga tiket Express Bahari untuk kelas Eksekutif adalah Rp182.000 untuk dewasa dan Rp132.000 untuk anak sedangkan kelas VIP harga tiketnya Rp202.000 untuk dewasa dan Rp152.000 untuk anak. Bayi usia 0-2 tahun dikenakan harga Rp50.000.

3. Naik Ferry Dari Bangka Selatan

Kalau kamu sedang eksplor Bangka Selatan dan mau lanjut ke Belitung, bisa nih naik Ferry dari Pelabuhan Sadai. Kalau kamu bawa kendaraan seperti sepeda dan mau lanjut gowes di Belitung, kamu juga berangkatnya dari pelabuhan ini karena kapal disini menyediakan fasilitas pengangkutan barang. 

Waktu tempuh dari Pelabuhan Sadai menuju ke Pelabuhan Tanjung Rhu di Belitung sekitar 12 jam. Kamu bisa nikmatin indahnya laut dan matahari terbenam. Harga tiketnya juga terjangkau yaitu Rp95.000 untuk dewasa dan Rp65.000 untuk anak sedangkan tarif untuk sepeda adalah Rp130.000. 

Kapal Ferry dari Pelabuhan Sadai ke Pelabuhan Tanjung Rhu berangkat setiap Senin dan Jumat pukul 17.00.

4. Naik Pesawat Dari Bangka

Sumber: Shutterstock.com

Waktu untuk menjelajahi Bangka dan Belitung nggak terlalu banyak? Naik pesawat aja kalau gitu. Ada kok rutenya dan penerbangannya cuma 30 menit aja. 

Karena sangat singkat, harganya juga pasti nggak murah. Untuk menuju Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin, harga tiketnya hampir mencapai Rp500.000 pas lagi murah. Tapi memang opsi ini cocok banget buat kamu yang pengen cepet. Siapin bajet ekstra ya! 

Tempat Makan Lezat yang Wajib Dicoba di Belitung

Perutmu pasti keroncongan begitu sampai belitung setelah perjalanan yang panjang. Berikut beberapa tempat makan yang bisa langsung kamu kunjungi pas udah sampe di Belitung

1. RM Belitong Timpo Duluk

Restoran ini suasananya enak banget bisa buat kamu yang udah menempuh perjalanan panjang untuk rileks. Banyak menu khas Belitung dijual disini, rasanya lezat, dan harganya juga cukup terjangkau. 

Makanan seperti Sup Gangan, Nasi Gemok, dan Kangkung Belacan ada disini. Olahan seafood juga ada dan menu seperti ayam bakar juga tersedia. Banyak pilihan deh.  Kalau lagi butuh kafein biar agak seger, RM Belitong Timpo Duluk juga menyediakan kopi lokal. Komplit banget. 

Lokasi rumah makan ini ada di Jl. Lettu Mad Daud No.22, Tanjung Pandan dan buka dari jam 11.30-21.30. 

2. Warung Kopi Ake

Makan di warung kopi? Bisaaa. Kalau kamu pecinta kopi dan pengen langsung nongkrong pas sampe Belitung biar bisa melek, langsung cus ke salah satu warkop legendaris disini yaitu Warung Kopi Ake. 

Mau kopi yang original? bisa pesen Kopi O dan untuk kamu yang nggak begitu suka kopi yang strong, pesen aja kopi susu. Panas atau dingin, sama-sama nikmat.

Ngeteh juga bisa lho disini. Jika perutmu berbunyi dan pengen diisi, Warung Kopi Ake menyediakan Mie Belitung yang mantul itu. Nasi Gemok, Nasi Tim Ayam bahkan Mie Instan juga ada. 

Menikmati Belitung sambil ngopi emang nikmat banget. Warkop ini berlokasi di Jl. Veteran No.47, Tanjung Pandan dan buka 24 jam! Jadi kalau nyampe belitungnya malem banget, nggak masalah! Harga? Murah.

3. Raja Seafood Penta Peturun

Belitung memang rajanya makanan laut karena emang deket banget sama pantai. Jadi, kamu akan banyak menemukan restoran yang menjual aneka seafood disini. 

Ikan, udang, cumi, kepiting, lobster ada semua dan fresh. Olahan laut yang berbahan masih segar pasti rasanya jauh lebih enak dan bikin nagih. Salah satu restoran yang bisa kamu datangin saat baru sampai di Belitung adalah Raja Seafood Penta Peturun. 

Berlokasi di Jl. Sudirman No.12, Tanjung Pandan, restoran ini udah buka dari jam 08.00-22.00. Kalau soal harga masih cukup terjangkau kok. 

Untuk rekomendasi kuliner mantap di Belitung, kamu bisa cek 10 Kuliner Lezat Wajib Untuk di Coba Saat ke Belitung. Habis baca, pasti makin pengen deh kesana. Siap-siap aja dan jangan lupa, cek terus harga tiketnya!