,

Liburan Menyenangkan meski Sendirian ke Bangka Belitung? Begini Tipsnya!

Banyak orang suka liburan ramai-ramai, adapula yang suka liburan sendirian. Pengalaman tidak biasa dan mudahnya pengaturan jadwal menjadi salah satu alasan buat pecinta solo traveling. Ternyata, solo traveling punya banyak manfaat lho!

Sebelum menentukan tempat tujuan solo traveling, yang pertama kali dilakukan adalah budgeting. Siapkan dana yang cukup untuk perjalanan wisatamu, akan lebih baik jika sobat tiket menyiapkan dana lebih untuk persiapan hal-hal tak terduga. Jangan lupa untuk mencatat kebutuhan secara detail.

Budgeting tentu berkaitan dengan tujuan liburan. Kalau sobat menginginkan pengalaman menjelajah pantai, merasakan masakan yang khas, dan jauh dari kebisingan kota, Bangka Belitung pilihan yang tepat. Daerah yang terkenal dengan Negeri Laskar Pelangi ini, menyuguhkan keindahan alam serta pengalaman berbeda.

Destinasi Wisata yang Pas untuk Solo Traveler

Bermodalkan informasi dari internet dan akan lebih bagus jika sobat tiket bertanya pada kerabat yang paham tentang Bangka Belitung menjadi modal awal. Selanjutnya, pisahkan daftar wisata berdasarkan lokasi. Mudahnya, pisahkan dahulu wisata yang ada di Pulau Bangka dan Pulau Belitung.

Contoh pemilihan tempat wisata berdasarkan lokasi adalah Danau Kaolin, Rumah Adat Belitung, Museum Tanjungpandan dan Eko Wisata Gusong Bugis. Keempat destinasi wisata ini letaknya berdekatan. Hal ini sangat efisien agar sobat tiket menghemat waktu perjalanan.

Pantai Tikus di Pulau Bangka, Batu Garuda di Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas dengan mercusuar kokohnya, dan banyak lagi wisata alam di Bangka Belitung yang tak sabar menanti kedatanganmu. Tidak hanya wisata alam, Bangka Belitung juga punya segudang wisata lain yang menawan.

Sumber: Shutterstock.com

Liburan tanpa kuliner? Bagaikan smartphone tanpa sinyal. Makanan khas Bangka Belitung mayoritas olahan hasil laut. Lempah Kuning yang terbuat dari ikan kakap merah atau tenggiri ditambah kuah kuning, Mie Belitung dengan kuah kaldu dari olahan udang, dan banyak kuliner khas lain yang siap memanjakan lidahmu.

Do’s: Kumpulkan informasi tempat wisata dari sumber terpercaya sebanyak mungkin. Susun itinerary berdasarkan informasi yang kamu dapatkan.

Don’ts: Memilih tempat wisata dengan lokasi berjauhan dan dijadwalkan selesai dalam waktu sehari. Membuang sampah sembarangan.

Siapkan Hal-hal Ini Sebelum Berangkat

Setelah mengetahui tujuan wisatamu, tentunya berhubungan dengan barang bawaan yang akan kamu bawa saat liburan. Bawa pakaian yang mudah kering dan ringan karena Bangka Belitung termasuk daerah dengan cuaca panas. Siapkan juga pakaian tertutup untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga.

Sumber: Shutterstock.com

Gunakan tas yang tidak mudah dicopet dan simpan uang serta dokumen di tempat berbeda. Hal ini bisa mengantisipasi jika kamu kehilangan tas masih bisa menggunakan uang yang disimpan. Pastikan kamu sudah memesan tiket pesawat ke Bangka Belitung jauh-jauh hari sebelum keberangkatan untuk mendapatkan harga spesial.

Smartphone atau kamera bisa kamu bawa untuk kebutuhan dokumentasi dan tentunya menjadi konten media sosialmu. Penting untuk diperhatikan, paket data smartphone kamu terisi penuh untuk memudahkan mencari alamat juga informasi lain. Meski liburan sendirian, jangan lupa untuk tetap memberi kabar kepada kerabat di rumah. 

Setelah membawa dan menyiapkan hal-hal di atas, kamu juga wajib membawa keperluan pribadi seperti obat dan vitamin. Lauk  kering seperti abon bisa kamu bawa agar praktis saat makan pada kondisi tertentu. Persiapkan juga kondisi tubuh yang sehat agar liburanmu menyenangkan.

Do’s: Bersikap terbuka dan waspada terhadap orang baru. Perhatikan sikap, tata krama dan budaya tempat tujuan wisata. Bawa makanan basah secukupnya.

Don’ts: Membawa barang bawaan terlalu banyak.

Riset Sebelum Menginap

Bermalam di Bangka Belitung ada banyak pilihan penginapan mulai dari sharing room hingga hotel berbintang. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi. Ya, lagi-lagi lokasi menentukan efisiensi liburanmu. Pilih penginapan terdekat dengan destinasi wisata pilihanmu.

Cek semua ulasan, termasuk hubungi penyedia layanan jika diperlukan untuk memastikan fasilitas akomodasi. Tidak perlu kamar yang luas, kamar yang bersih dan nyaman cocok jadi pilihanmu saat solo traveling. Staf penginapan yang ramah juga jadi bahan pertimbangan agar liburan makin menyenangkan.

Bermalam lebih dari satu malam kamu juga bisa berpindah tempat menginap. Asalkan, barang bawaan sobat tiket tidak mengganggu liburan selama berpindah tempat. Pesan saja di tiket.com untuk akomodasi sesuai budget dan fasilitas impian.

Do’s: Cek review akomodasi dari sumber terpercaya. Pesan dan bayar sebelum keberangkatan.

Don’ts: Berpindah-pindah akomodasi dengan barang bawaan yang mengganggu.

Transportasi yang Tepat untuk Menjelajah

Saat solo traveling, kamu bebas mengubah destinasi wisata dari rencana sebelumnya. Rencana awal ingin berlama-lama istirahat di hotel bisa berubah jadi jalan-jalan ke sekitar hotel setelah menemukan informasi dari staf hotel. Beberapa alat transportasi berikut ini bisa kamu manfaatkan saat berada di Bangka Belitung.

Kendaraan Umum

Jika tujuan wisata sobat tiket di area Pangkalpinang, sudah ada bus yang disediakan oleh Damri. Angkutan umum atau biasa disebut bemo ada pula di Pulau Bangka. Kamu bisa berinteraksi lebih banyak dengan masyarakat saat menggunakan kendaraan umum. Berbeda dengan Pulau Bangka, di Pulau Belitung angkutan umum lebih jarang ditemui.

Sobat tiket lebih suka menggunakan sepeda motor tapi tidak bisa menyetir? Tenang, kamu bisa menggunakan jasa ojek. Ojek online sudah tersedia di Pangkalpinang. Ojek konvensional juga tersedia dan bisa juga kamu gunakan dengan tarif harian mulai Rp100.000*.

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Sewa Kendaraan

Sepeda motor adalah kendaraan yang pas ketika kamu menjelajah Bangka Belitung sendirian. Selain hemat, sobat tiket juga lebih mudah untuk memenuhi persyaratan sewa sepeda motor. Tarif sewa sepeda motor di Bangka Belitung mulai dari Rp70.000* per hari dan Rp420.000* per minggu.

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Sewa Perahu untuk Jelajah Pulau

Menikmati eksotisme pulau satu dan berpindah ke pulau lain salah satu tujuan utama wisata ke Kepulauan Bangka Belitung. Perahu motor dengan kapasitas 10 orang yang siap mengantarmu dan rombongan menjelajah pulau. Rombongan? Kamu bisa menghubungi hotel atau biro perjalanan agar digabung dengan wisatawan lain.

Sumber: Shutterstock.com

Tarif sewa perahu motor atau boat mulai dari Rp350.000* per perahu. Tarif tersebut sudah termasuk dalam sekali perjalanan pergi pulang dari Tanjung Kelayang. Lima dari delapan pelabuhan di Bangka Belitung digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang. Sisanya khusus untuk barang.

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat dan dapat berubah sewaktu-waktu

Do’s: Kumpulkan informasi sebanyak mungkin dari sumber terpercaya termasuk review persewaan kendaraan. Tanyakan tarif sebelum menggunakan jasa transportasi. Siapkan uang pecahan untuk membayar angkutan umum. Pesan dan bayar jasa transportasi sebelum berangkat jika memungkinkan. 

Don’ts: Ugal-ugalan dan tidak taat peraturan.

Sudah siap kosongkan jadwalmu untuk menjelajah keindahan Kepulauan Bangka Belitung? Mari tentukan destinasi pilihanmu dan pesan tiket pesawat serta akomodasi pilihan hanya di tiket.com.