Manfaat Solo Traveling

,

Manfaat Solo Traveling yang Mungkin Ga Bakal Kamu Sangka

Manfaat Solo Traveling – Pergi liburan saat ini sudah menjadi salah satu hal yang diprioritaskan oleh banyak orang. Bahkan mungkin ada di antara sobat tiket yang saat ini sedang menabung atau sudah membuat rencana buat pergi liburan yang selanjutnya.

Nah, tapi biasanya, salah satu kendala yang mungkin sering ditemui ketika sedang merencanakan liburan adalah teman yang batal ikut, apapun itu alasannya. Akhirnya rencana liburan pun berakhir menjadi wacana.

Tak perlu bersedih sobat tiket. Kamu masih bisa tetap menjalankan rencana liburanmu dan berangkat. Sama siapa? Sendiri aja. Karena saat ini tren solo traveling semakin meningkat dan semakin banyak peminatnya.

Manfaat Solo Traveling yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi kamu yang masih ragu,  kamu harus cobain buat berangkat solo traveling. Faktanya, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu berangkat liburan sendiri. Mau tahu apa aja? Ayo simak daftarnya!

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat Solo Traveling

Bagi kamu yang ingin mencoba pergi liburan sendiri untuk pertama kalinya, kemungkinan besar kamu akan merasa takut. Kamu akan berpikir bahwa perjalanannya akan terasa sepi dan menyeramkan karena tidak ada orang yang kamu kenal.

Tapi ketika kamu berhasil melewati banyak hal sendirian, rasa percaya dan keyakinan pada diri kamu akan meningkat. Manfaat solo traveling ini bukan hanya akan kamu rasakan saat liburan itu saja, melainkan juga ketika di rumah, di kantor, atau di mana saja.

2. Pengalamanmu Menjadi Semakin Tak Terlupakan

Ketika kamu liburan sendiri, ketidakhadiran orang yang kamu kenal untuk berinteraksi akan memaksamu untuk lebih dekat dengan hal-hal yang ada di sekelilingmu. Kamu akan menaruh lebih banyak perhatian pada tempat di mana kamu berada, bukan pada orang-orang yang pergi bersamamu.

Kamu bisa tanya langsung pada orang yang pernah pergi liburan sendiri. Mereka cenderung memiliki pengalaman yang sangat berkesan dan ingatan yang jelas tentang perjalanan tersebut karena mereka lebih fokus pada tempat yang dikunjungi.

3. Kamu Bisa Bebas Merubah Rencana

Mungkin kamu berangkat dengan berbekal itinerary yang sudah kamu buat di rumah sebelumnya. Saat liburan bersama rombongan, mengubah rencana bisa jadi sesuatu yang sulit mungkin karena alasan pribadi, finansial, dan lain sebagainya.

Nah, manfaat solo traveling yang berikutnya adalah kamu bisa dengan mudah mengubah apapun yang sudah kamu putuskan sebelumnya. Kamu bisa bebas memilih tempat makan, pilihan transportasi, tempat yang ingin dituju, dan masih banyak lagi.

4. Tentukan Sendiri Jadwalmu

Mungkin salah satu manfaat solo traveling yang paling menarik di sini adalah kamu bisa bebas menentukan sendiri jadwalmu. Selain kamu bisa bebas merubah rencana, kamu juga bisa tentukan sendiri kapan kamu ingin beranjak dari hotel, kapan kamu ingin makan siang, dan lain sebagainya. Kamu tidak harus menyamakan jadwal dengan teman-teman yang kamu ajak bersama.

Kamu bisa meninggalkan tempat wisata yang sedang kamu kunjungi kalau kamu sudah merasa bosan, kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam di hotel untuk membaca buku, atau melakukan apapun yang kamu sukai. Pastinya akan lebih menyenangkan jika kamu bisa sesuaikan jadwal sesuai keinginanmu.

5. Berkenalan dengan Teman Baru

Ketika kamu butuh berinteraksi dengan orang lain, entah itu untuk menanyakan arah atau sekadar teman mengobrol di kereta, hal tersebut akan membuatmu berinteraksi dengan warga setempat atau orang yang kamu temui di jalan.

Selain itu, kesempatan untuk berkenalan mendapatkan teman-teman baru juga lebih besar. Solo traveler lebih memungkinkan untuk didekati dan diajak ngobrol dibandingkan dengan orang yang datang bersama rombongan. Kamu juga bisa lebih santai memulai obrolan ketika bertemu dengan sesama solo traveler.

6. Rencana Keuangan Sepenuhnya dalam Kendalimu

Kamu ingin menginap di hotel yang punya view laut super keren? Bebas. Kamu mau menghabiskan banyak uang untuk wisata kuliner? Boleh. Kamu ingin naik transportasi yang paling murah? Silahkan. Kamu ingin ke destinasi wisata yang gratis? Kenapa tidak? Kamu bebas menentukan sendiri ke mana saja kamu ingin menghabiskan uangmu.

7. Kamu Bisa Liburan Kapanpun

Mungkin sebelumnya ketika kamu ingin pergi liburan, kamu sangat bergantung pada teman atau keluarga yang ikut. Kamu merasa kalau tidak ada orang yang bisa ikut liburan bareng, maka kamu harus membatalkan rencana liburanmu.

Nah, pemikiran tersebut akan hilang begitu kamu sudah mencoba solo traveling. Ketika kamu mengetahui bahwa solo traveling itu menyenangkan, saat kamu ingin pergi liburan ke suatu tempat dan tidak ada yang bisa kamu ajak, maka kamu bisa tetap berangkat dengan penuh semangat. Jadi tidak akan ada lagi yang namanya wacana liburan.

Ayo Berangkat Solo Traveling dan Dapatkan Manfaatnya

Ternyata banyak ya, manfaat solo traveling. Gimana, setelah baca poin di atas, sobat tiket tertarik buat berangkat liburan sendiri? Tidak perlu takut, tidak perlu risau, tiket.com juga punya tips bagi kamu yang ingin solo traveling ke luar negeri. Butuh penginapan murah? Langsung aja pesen hotel di tiket.com. Kalau sudah siap, tunggu apa lagi? Ayo berangkat sekarang!