Tips Liburan Sendiri untuk Cewek

, ,

Tips Liburan Sendiri untuk Cewek. Solo-Traveling? Siapa Takut!

Tips Liburan Sendiri untuk Cewek – Mungkin masih banyak keraguan yang menyelimuti hati sobat tiket, khususnya bagi cewek untuk melakukan solo traveling atau liburan sendiri ke destinasi yang ingin dituju. Tapi pada kenyataannya, justru cewek itu lebih suka liburan ketimbang cowok, lho!

Menurut grup peneliti Yesawich, Pepperdien, Brown & Russel, sebanyak 87% cewek ternyata pergi liburan untuk melihat pemandangan indah nan menakjubkan, sedangkan cowok hanya 72% saja. Nah! Yang lebih mencengangkan lagi adalah lebih banyak cewek yang melakukan solo traveling atau liburan sendiri dibandingkan cowok! Buktinya, sebanyak 73% cewek melakukan liburan sendiri karena mereka ingin menjunjung tinggi kemandirian dan merasa bahwa mereka cukup kompeten untuk menjelajah dan berpetualang sendiri. Woow!

5 Tips Liburan Sendiri untuk Cewek

Lalu, apa sih sebenarnya yang menyulitkan untuk memulai solo traveling? Salah satu di antaranya adalah belum berani atau masih ragu. Yaa, namanya juga belum pernah nyoba, ya kan? Tapi hal itu bukan berarti kamu nggak bisa memecahkan masalahnya, lho! Ingat pepatah mengatakan “sedia payung sebelum hujan” atau “Hati-hati di jalan. Yang di hati, kapan nih jalannya?” Hahaha. Kuy, sekarang saatnya jalan-jalan dan liburan sendiri!

1. Riset Tempat Liburan

Sebelum melakukan liburan sendiri, terutama bagi kamu yang baru pertama kali melakukannya, ada baiknya kamu mencari tahu tempat liburanmu secara mendalam. Bagaimana tradisi di sana dan berapa jumlah angka kejahatan yang terjadi. Bagaimana orang-orang lokal bersikap; ramah atau justru individualis dan bagaimana cara menyikapinya. Apa yang boleh dan yang nggak boleh dilakukan selama di tempat liburanmu. Riset yang kamu lakukan ini semata-mata agar kamu nggak kaget di tempat yang baru kamu kunjungi dan bisa mencegah kemungkinan buruk yang terjadi.

Tips Liburan Sendiri untuk Cewek - Riset

2. Menyiapkan Perlindungan Diri

Ketika kamu memutuskan untuk liburan sendiri, seharusnya kamu menyiapkan alat ‘perangmu’ untuk berjaga-jaga. Kamu bisa membawa merica semprot yang bisa digunakan kapan saja kalau kamu merasa terancam dan was-was merasa diikuti ketika berjalan di tempat gelap atau membawa pisau kecil yang kamu selipkan di kantung celana. Jangan lupa juga untuk selalu terhubung dengan keluarga dan teman terdekat. Kabari mereka kamu sedang berada di mana dan apa yang kamu lakukan. Beri mereka nomor pesawat dan nama hotel tempat kamu menginap. Setidaknya, keamaan nggak cuma ada di kamu, tapi juga menghilangkan perasaan khawatir untuk orang-orang terdekatmu.

Tips Liburan Sendiri untuk Cewek - Perlindungan

3. Jangan Membawa Barang Mahal/Berharga

Untuk menghindari rasa kehilangan dan penyesalan, kamu nggak perlu membawa barang-barang yang berharga selama solo traveling. Bisa saja kamu lupa atau kamu lengah sehingga barang berhargamu dicuri oleh orang lain. Daripada kamu nangis Bombay dan menyesal di kemudian hari, lebih baik kamu letakkan saja barang berharga yang penuh kenangan di rumah dan nggak membawanya.

4. Berpakaian Seperti Penduduk Setempat

Inilah pentingnya kamu melakukan riset sebelum kamu pergi liburan sendiri. Kamu bisa mengetahui apa yang bisa dan nggak bisa kamu kenakan saat di sana. Terlebih lagi, kamu bisa mengenakan apa yang cocok dan bisa diterima mengikuti kebudayaan mereka atau pun tidak. Ingatlah, bahwa saat liburan di tempat lain, kita hanyalah tamu yang berkunjung. Lebih baik, kamu juga membeli pakaian yang sering digunakan oleh penduduk setempat. Selain bisa merasakan menjadi orang lokal, pakaian di tempat asalnya tersebut juga bisa kamu jadikan oleh-oleh. Bener nggak?

Tips Liburan Sendiri untuk Cewek - Pakaian

5. Gunakan Aplikasi tiket.com

Siapkan akomodasi dan hotel dari jauh-jauh hari sebelum kamu mulai liburan sendiri. Pilihlah hotel yang nyaman dan terpercaya sehingga solo-traveling kamu semakin menyenangkan tanpa rasa khawatir. Sebaiknya, kamu pesan hotel di aplikasi tiket.com! Selain nyaman, aman, dan mudah, kamu juga bisa dapat banyak promo hotel sehingga bujet liburan kamu nggak mengocok kantung terlalu dalam.

Tips Liburan Sendiri untuk Cewek - Aplikasi

Lindungi Diri dengan Tips Liburan Sendiri untuk Cewek

Melakukan solo-traveling diyakini dapat menambah rasa percaya diri, dapat memahami tentang diri sendiri, dan menjadi lebih menyadari lingkungan serta menjaga diri. Hal ini dikatakan tiga dari empat cewek yang sudah melakukan solo-traveling! Saat kamu memutuskan liburan sendiri, sebaiknya kamu juga  simak tips mencuci baju saat kamu liburan biar semakin hemat!

Gimana? Merasa tertantang dengan melakukan solo-traveling?