Solo Traveling - Featured

,

Solo Traveling ke Luar Negeri? Ini Tipsnya!

Solo traveling ke luar negeri? Wih, kayaknya seru dan menantang! Namun, nggak bisa dipungkiri kalau kamu belum pernah melakukan solo traveling ke luar negeri sebelumnya pasti sedikit perasaan was-was. Dari mulai punya pikiran kalau nyasar, takut terjadi apa-apa di jalan dan nggak ada temen, sampai takut kalau kesepian gara-gara nggak ada teman ngobrol dalam perjalanan. Benar?

Sebenarnya, aktivitas solo traveling ke luar negeri itu punya sensasi tersendiri yang nggak bakal kamu dapatkan jika liburan rame-rame. Dengan melakukan solo traveling ke luar negeri, kamu bisa mengatur sendiri itinerary liburan kamu sesuka hati. Selain itu, kamu juga bisa jadi lebih rileks, plus menemukan banyak inspirasi kalau jalan-jalan sendirian.

Nah, kalau kamu punya rencana buat melakukan solo traveling ke luar negeri, kamu bisa kok mencobanya sekali-sekali. Simak nih 7 tips solo traveling yang aman buat kamu yang baru pertama kali jalan-jalan sendirian ke luar negeri. Apa aja?

7 Tips Solo Traveling ke Luar Negeri

  1. Cek Akomodasi dan Transportasi

Ini tips solo traveling yang pertama. Karena mau melakukan solo traveling, tentunya kamu harus berkali lipat lebih cermat mengenai akomodasi penginapan dan transportasi untuk traveling nanti. Kamu bisa mengecek harga hotel murah online di tiket.com untuk mendapatkan pilihan penginapan di negara yang kamu tuju. Cek fasilitas, layanan, dan tempat-tempat terdekat dari hotel yang akan kamu pesan sebagai pilihan penginapan.

Selain hotel, kamu juga harus mengecek transportasi kalau mau solo traveling, Sobat Tiket. Transportasi di sini bukan hanya tiket pesawat untuk menuju ke negara tujuan kamu saja, melainkan juga mengecek transportasi yang akan kamu gunakan untuk menuju ke berbagai tempat yang kamu inginkan setelah sampai di negara tujuanmu nanti.

Jangan lupa, karena kamu traveling sendirian, kamu juga harus mengantisipasi terjadinya kejahatan atau hal-hal lain yang tidak diinginkan di moda transportasi publik yang nantinya akan kamu gunakan untuk ke sana-sini.

  1. Tentukan Itinerary dan Perencanaan Keuangan

Sebelum memutuskan untuk melakukan traveling sendirian, kamu sebaiknya tahu dulu pilihan tempat apa aja yang bisa kamu kunjungi di negara tujuan kamu. Hal ini akan mengantisipasi kalau kamu nggak punya ide mau jalan ke mana. Maklum, kalau traveling sendirian kan nggak ada temen buat sharing ide perjalanan. Manfaatkan internet untuk mencari informasi tentang tempat-tempat menarik di negara tujuanmu.

Selain menentukan rencana perjalanan, tips solo traveling yang nggak boleh kamu lewatkan adalah merencanakan keuangan alias anggaran saat liburan. Jangan sampai kamu benar-benar kehabisan uang pas melakukan solo traveling ke luar negeri ya, Sobat Tiket.

  1. Packing Barang yang Rapi & Ringkas

Membawa banyak barang nggak hanya akan memberatkan bagasimu saja, melainkan juga akan membuat kamu kerepotan saat berada di negara tujuanmu nanti. Apalagi kalau kamu ada rencana berpindah-pindah hotel, wih, pasti bakalan repot banget deh buat bawa barang-barang yanag banyak banget. Makanya, bawa aja barang secukupnya dan jangan lupa untuk packing barangmu dengan rapi dan ringkas agar pergerakanmu lebih bebas.

Jangan lupa untuk menyiapkan seluruh dokumen yang kamu perlukan untuk mengunjungi negara tujuan. Sebaiknya, kamu juga membuat kopian untuk semua dokumen penting kamu untuk jaga-jaga kalau ada sesuatu.

  1. Jangan Bersikap Seperti Solo Traveler di Negara Tujuan

Ini tips solo traveling ke luar negeri yang juga penting banget, Sobat Tiket. Ada kalanya di film-film kamu melihat orang yang melakukan solo traveling akan mengecek selembar peta di pinggir jalan karena nggak tahu arah. Sebenarnya, hal ini cukup berbahaya lho, Sobat Tiket. Kita kan nggak tahu kemungkinan terjadinya kejahatan akibat ada yang tahu kalau kita lagi jalan-jalan sendirian. Biar lebih aman, simpan aja petanya di ponsel agar nggak ketahuan kalau kamu lagi traveling sendirian. Atau kalau memang harus banget pakai peta print out, kamu buka petanya di tempat yang aman, ya.

Solo Traveling ke luar negeri
Jangan bersikap ‘turis banget’ biar nggak mengundang kejahatan.
  1. Jaga Daya Baterai Ponsel Agar Tetap Hidup

Pas solo traveling ke luar negeri, eh ponselmu mati. Duh! Pasti mimpi buruk banget kan? Jangan sampai deh kamu kehabisan baterai ponsel saat jalan-jalan sendirian. Tips solo traveling nomor 5 ini harus kamu ingat ya, Sobat Tiket. Jangan sampai saat kamu butuhkan, ponselmu mati total. Kalau sampai sesuatu dan nggak bisa menghubungi pihak hotel atau menghubungi nomor kontak darurat, bisa gawat kan?

  1. Jangan Sembarangan Minta Tolong Fotoin pada Orang Asing

Karena kamu lagi traveling sendirian, bukan nggak mungkin kalau kamu butuh untuk minta difotoin agar momen jalan-jalanmu bisa jadi memori indah untuk dikenang. Namun, kamu perlu cermat saat meminta tolong orang lain untuk memfoto dirimu. Jangan meminta orang yang sedang terburu-buru, sibuk, atau orang yang sepertinya sedang bad mood. Dekati orang yang sepertinya bisa dimintai tolong dengan senyuman. Jangan lupa, siapkan kamera atau ponselmu dalam mode siap foto biar tinggal cekrek. Kalau udah, berterimakasih adalah hal yang wajib kamu ucapkan.

  1. Siapkan Fisik dan Kondisi Mental Terbaik saat Solo Traveling

Fisik prima tentu aja dibutuhkan kalau mau solo traveling ke luar negeri. Makanya, jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi agar energimu tetap terjaga. Selain menyiapkan fisik, kamu juga harus menyiapkan mentalmu untuk menyusuri negara destinasi sendirian. Jangan tampak seperti orang khawatir atau ketakutan. Kamu harus melangkah dengan mantap ke tempat-tempat yang kamu inginkan.

Solo Traveling - Jalan-jalan sendirian
Ada banyak keajaiban yang bakal kamu temukan kalau traveling sendirian.

Itu tadi 7 tips solo traveling yang bisa kamu terapkan. Nah, sekarang pasti kamu udah siap banget dong buat traveling sendirian ke negara impian kamu. Jangan lupa, kamu harus tetap waspada alias jangan lengah dalam setiap keadaan. Selebihnya, kamu bisa tetap enjoy menikmati perjalanan traveling sendirian kamu asalkan persiapannya sudah lengkap.

Oh ya, kalau kamu butuh tiket pesawat buat melakukan solo traveling ke luar negeri, kamu bisa baca artikel Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Promo biar budget jalan-jalanmu menjadi semakin hemat.

Mau ke mana? Ke mana pun, tiket.com aja!