,

Mau Belanja Seru di Bangka Belitung? Ke Sini Aja!

Sebenarnya, Indonesia itu cantik kok! Sayangnya, mayoritas penduduknya lebih suka dengan tempat yang itu-itu aja. Ya Bali, ya Jogja, ya Lombok. Padahal, kalau mau cari-cari lagi, masih banyak tempat asyik di negara kita ini.

Coba deh tengok ke Pulau Sumatra. Kecil daerahnya, jadi masih belum populer, tapi enggak kalah kaya dengan daerah-daerah populer tadi. Bangka Belitung. Sebenarnya, ada apa sih di pulau kecil ini sampai kamu harus banget main ke sini? 

Bangka Belitung, Kaya Wisata Alam, Surga Penikmat Belanja

Yes, Bangka Belitung itu kaya wisata alam. Gugusan pantainya punya pasir putih yang halus dan ombak yang tenang. Alam bawah lautnya begitu bersahabat. Deretan pulau kecilnya juga sangat indah.

Belum lagi dengan pilihan kulinernya yang pasti nggak akan bisa kamu lupakan. Masih ada lagi, tempat belanja! Yakin enggak mau belanja di sini? Nyesel lho, karena ada banyak tempat bagus yang bisa kamu datangi.

1. Berburu Suvenir Laskar Pelangi di Museum Kata Andrea Hirata

Sumber: Shutterstock.com

Pernah baca buku Laskar Pelangi atau nonton filmnya? Dijamin seru deh, karena kamu akan terinspirasi sama tekad kuat anak-anak bangsa untuk tetap bisa sekolah. Kamu bisa kok, bawa pulang semangat mereka!

Gimana caranya? Pastinya dengan membeli pernak-pernik khas Laskar Pelangi. Ada kaus, cendera mata yang unik, bahkan buku. Harganya bervariasi, Rp100.000* untuk kaus, Rp200.000* untuk buku, dan suvenir mulai dari Rp10.000*.

Belinya di mana? Tentu saja di Museum Kata Andrea Hirata. Jadi, selain mengintip beragam literatur unik dari berbagai aliran, kamu juga bisa memborong pernak-pernik khas Laskar Pelangi yang begitu populer.

Lokasi: Desa Gentong, Pulau Belitung

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB

2. Belitung Art Gallery, Tempat Benda-Benda Unik dan Kreatif

Sumber: Shutterstock.com

Kalau sobat tiket mencari oleh-oleh yang unik dan kreatif, nggak ada tempat lain yang bisa dituju selain Belitung Galeri KUMKM. Di sini, kamu bisa membeli kaus dengan tulisan Bangka Belitung atau gantungan kunci unik.

Tidak hanya itu, Belitung Galeri KUMKM juga menawarkan produk kalung etnik. Modelnya bermacam-macam, yang pasti membuat kamu tertarik untuk membeli. Nggak ketinggalan, kamu juga bisa jajan camilan di sini.

Mayoritas adalah olahan hasil laut, seperti kerupuk ikan, sambal teri krispi, pletek, hingga keripik ketam. Ada juga keripik sukun, keripik kopi, minuman kopi bubuk, dan sirup jeruk kunci yang nggak boleh kamu lewatkan.

Soal harga, sobat tiket nggak perlu khawatir, semua murah dan pastinya nggak bikin dompet jebol. Misalnya saja nih, gantungan kunci unik di Belitung Galeri KUMKM bisa kamu dapatkan mulai dari Rp5.000* saja.

Lokasi: Jalan Sriwijaya, sekitar 200 meter dari Bundaran Batu Satam

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00 WIB

3. Cari Apa Saja di Mall Pangkalpinang

Kalau sobat tiket lagi cari-cari kebutuhan harian pas main ke Bangka Belitung, coba deh mampir ke Mal Pangkalpinang. Di sentra belanja ini, ada Ramayana yang jadi favorit warga kalau mau belanja bulanan. 

Barang-barang yang dijual terbilang lengkap, belum lagi sobat tiket bisa banget cuci mata jalan-jalan keliling mal, ada deretan toko yang menawarkan beragam produk, mulai dari pakaian, sampai makanan. 

Kalau lelah, coba deh duduk-duduk di tangga mal. Jangan salah, tangga ini jadi tempat nongkrong yang populer, lho! Biasanya, pengunjung yang datang bersama teman tapi terpisah jalan akan janjian untuk ketemuan di sini.

Lokasi: Jalan Sriwijaya No. 10-F, Gedung Nasional, Taman Sari, Pangkalpinang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB

4. Berburu Kain Cual Khas Bangka di Toko Kain Cual Ishadi

Kain cual adalah sejenis kain tenun yang memiliki motif tanaman atau hewan dengan warna- warna cerah. Jenis kain ini asalnya dari Mentok dan hanya dipakai oleh para bangsawan, sehingga lebih akrab disebut dengan Cual Mentok. 

Sutra menjadi bahan serat utama dari kain cual. Pembuatannya masih menggunakan alat yang terbilang tradisional. Untuk satu kilogram kain, digunakan benang emas seberat 18 karat, lho! Nggak heran kan kalau harganya cukup mahal? 

Namun, kalau sobat tiket cari kain cual yang murah, ada kok. Hanya saja, benang emas dan kualitas kain sutranya sudah pasti berbeda dengan yang mahal, ya! Kalau mau cari-cari kain cual, sobat tiket bisa ke Toko Kain Cual Ishadi. 

Lokasi: Jalan Jend. A. Yani No.46, Pangkalpinang

Jam Buka: Setiap hari mulai jam 07.00 WIB

5. Pernak-Pernik Timah Unik di Pewter TKF

Sobat tiket pasti nggak lupa dong, kalau Bangka itu juga terkenal sebagai daerah penghasil timah? Jadi, jangan sampai lupa untuk membeli pernak-pernik unik dari timah atau biasa disebut pewter. Banyak banget modelnya, mulai dari asbak, pot, sampai miniatur kapal.

Dijamin, kalau ke sana, sobat tiket pasti langsung tersihir sama keunikan benda-benda hasil sulapan tangan masyarakat setempat. Benar-benar kreatif, lho! Setiap lekuk benda yang dibuat sangat detail, mungkin sobat tiket nggak pernah menyangka kalau ini buatan tangan. 

Kalau mau coba tengok, sobat tiket bisa ke Pewter Bangka. Tempat ini paling sering dikunjungi oleh wisatawan yang seneng banget sama benda-benda unik dari timah untuk dibawa pulang. Soal harga, bisa dinegosiasikan dulu sama penjualnya, ya!

Lokasi: Jalan Jend. Sudirman, Pangkalpinang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 07.00 WIB

6. Belanja Perhiasan dari Akar Bahar di Arief Workshop

Sobat tiket tahu akar bahar? Ini termasuk jenis karang yang banyak terdapat di bawah laut. Melalui tangan-tangan masyarakat yang sangat kreatif, akar ini disulap menjadi beragam perhiasan yang sangat cantik.

Biasanya, perhiasan akar bahar ini dibuat dengan campuran emas. Jadi, sobat tiket pasti terpukau deh sama keindahannya! Ada gelang, anting, kalung, dan masih banyak lagi. Nggak hanya buat cewek, perhiasan buat cowok juga ada, kok! Perhiasan akar bahar ini bisa kamu jumpai di M. Arief Workshop.

Lokasi: Jalan Raya Peltim No.63, Muntok, Bangka

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 07.00 WIB

7. Jajan di Pasar Pagi

Nggak cuma Jakarta yang punya Pasar Pagi, di Bangka pun ada! Nah, Pasar Pagi Bangka ini berada di lokasi yang sama dengan toko-toko yang cukup terkenal lho. Misalnya saja, ada Toko Kue Atet yang menjual kue panada dan tew su fui atau susu kedelai yang terkenal banget di Bangka.

Biasanya, pasar yang memang buka setiap pagi ini sangat ramai dikunjungi penduduk lokal. Ngapain lagi kalau bukan untuk belanja keperluan sehari-hari. Jadi, kalau kamu mau merasakan pola hidup masyarakat Bangka, coba ke sini aja!

Lokasi: Jalan Pasar Pagi, Pangkalpinang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 05.00 WIB

Bangka Juga Tepat Disebut Surga Dunia

Nggak cuma Bali atau Lombok yang pantas dapat sebutan surga dunia. Bangka Belitung juga pastinya. Kenapa? Pastinya bukan cuma karena tempat belanjanya, tapi juga karena wisata alamnya yang sangat mengagumkan dan sayang buat kamu lewatkan. Sebut saja Danau Kaolin yang beneran Instagrammable. 

Nah, supaya bisa keliling Bangka Belitung, sobat tiket pasti harus cari akomodasi dulu dong. Kalau mau dapat yang murah, coba deh pesan melalui aplikasi tiket.com. Pilihan akomodasi di tiket.com pasti banyak, promonya juga nggak kalah banyaknya. Pokoknya, liburan sobat tiket dijamin seru deh!

*harga saat artikel ditulis