Makassar Souvenirs

,

Oleh-Oleh Khas Makassar yang Hits Banget Buat Dibawa Pulang

Oleh-oleh Khas Makassar – Kota Makassar adalah salah satu kota yang memiliki pelabuhan paling sibuk di Indonesia, khususnya bagian timur. Hal tersebut membuat kota ini sangat ramai oleh pendatang. Selain itu, kota Makassar juga memiliki sederet daya tarik yang akan membuat kamu betah untuk berada di sini.

Kota ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai tempat berlibur di mana kamu akan menemukan banyak tempat wisata yang bisa dipilih seperti pelabuhan Paotere, Pulau Samalona, Benteng Rotterdam, dan masih banyak lagi. Tak hanya tempat yang menarik, di sini juga banyak hasil kerajinan tangan, hasil alam, dan makanan tradisional yang sangat cocok kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas Makassar.

Daftar Oleh-Oleh Khas Makassar

Jika kamu pergi berlibur ke kota Makassar, pastinya kamu ingin membeli sesuatu untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Selain memiliki banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi, kota Makassar juga memiliki banyak pilihan oleh-oleh khas Makassar yang wajib kamu bawa pulang, baik itu makanan tradisional maupun hasil kerajinan tangan.

1. Kopi Toraja

Oleh-oleh Khas Makassar

Meskipun letaknya tidak berdekatan dengan Tana Toraja, namun kamu bisa dengan mudah menemukan salah satu hasil kopi terbaik dunia di kota Makassar. Kopi Toraja memang sangat terkenal dan menjadi salah satu hal yang paling diminati dari pulau Sulawesi. Jangan lupa beli kopi Toraja sebagai oleh-oleh khas Makassar.

Salah satu jenis kopi paling terkenal di dunia tumbuh di Indonesia, tepatnya di daerah dataran tinggi Toraja. Terletak di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut, Toraja menjadi tempat yang sangat ideal untuk menghasilkan biji kopi terbaik. Kopi Toraja memiliki rasa khas yang dicari-cari oleh para penikmat kopi.

2. Kain dan Sarung Bugis

Oleh-oleh Khas Makassar

Oleh-oleh khas Makassar selanjutnya adalah kain atau sarung Bugis. Sarung merupakan salah satu benda yang sering sekali digunakan oleh masyarakat Makassar, khususnya pemeluk agama Islam. Sarung adalah benda yang wajib digunakan kaum pria untuk menutupi aurat ketika melaksanakan shalat.

Sarung Bugis dijual dengan harga yang sangat terjangkau sehingga kamu bisa membeli dalam jumlah banyak untuk orang-orang di rumah. Selain itu motif dan kualitas sarung tersedia dalam banyak pilihan sehingga kamu bisa bebas memilih. Sarung tak hanya digunakan untuk shalat saja, melainkan juga untuk selimut ketika udara sedang dingin.

3. Kerajinan Tangan Toraja

Oleh-oleh Khas Makassar

Selain mencicipi kopi Toraja, dan mungkin membawanya pulang ke rumah, kamu juga bisa membeli kerajinan tangan Toraja sebagai oleh-oleh khas Makassar. Sisi artistik dari Toraja tidak pernah berhenti untuk membuat orang terkesima.

Kerajinan tersebut terbagi menjadi beberapa jenis, di mana yang paling populer antaranya adalah hasil ukiran dan kain tenun. Hasil kesenian tradisional Toraja sangat mudah untuk kamu temukan di kota Makassar.

4. Kue Kurma

Makanan ringan juga menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang paling populer. Kota Makassar memiliki makanan ringan khas yang disebut dengan kue kurma. Makanan ini memang tidak dibuat dengan menggunakan kurma yang sebenarnya, namun disebut demikian karena bentuknya yang mirip dengan buah kurma.

Kue ini terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, dan balutan karamel di bagian luarnya. Hasilnya adalah kue dengan bentuk menyerupai kurma dan rasa manis serta sedikit gurih karena ada remahan kacang juga. Kue ini cocok dijadikan oleh-oleh khas Makassar, terutama bagi kamu yang harus menempuh jarak jauh ke rumah karena kue kurma bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

5. Banang- Banang

Oleh-oleh khas Makassar ini juga bisa dibilang sebagai kue atau makanan ringan, namanya banang-banang. Makanan ini merupakan salah satu makanan ringan khas kota Makassar. Banang-banang memiliki rasa yang agak manis dan garing. Biasanya makanan ini disajikan di acara pernikahan.

Jika kamu ingin mencoba makanan ini, kamu bisa membelinya di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh yang bisa kamu temukan di pinggir jalan. Jika kamu penasaran kenapa makanan ini namanya banang-banang, hal tersebut karena makanan ini mirip seperti benang.

6. Kacang Sembunyi

Nama makanan yang satu ini memang terdengar lucu dan unik. Kacang yang bersembunyi? Ya, benar sekali karena makanan ini terbuat dari kacang dan kemudian dibalut oleh tepung. Adonan tersebut kemudian digoreng kering sehingga rasanya menjadi gurih dan renyah.

Jika kamu suka makanan ringan yang renyah, atau orang-orang di rumah menyukai cemilan asin, maka kacang sembunyi ini dijadikan sebagai oleh-oleh khas Makassar yang pas. Makanan ini memang sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Tapi jika kamu membeli langsung dari kota asalnya, maka rasa yang didapatkan pun bisa berbeda.

Oleh-Oleh Menarik yang Mudah Didapatkan

Menarik bukan pilihan oleh-oleh khas Makassar yang telah disebutkan di atas. Kamu tak perlu bingung lagi untuk memikirkan oleh-oleh apa yang harus kamu bawa pulang setelah pergi berlibur ke kota Makassar. Nah, tempat wisata di Makassar yang instagrammable berikut ini juga jangan sampai kamu lewatkan. Ingin terbang murah ke Makassar? Bisa langsung pesan di tiket.com.