,

Mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata, Bikin Berdecak Kagum!

Lagi di Belitung dan tertarik dengan sastra? Sempatkan mampir ke Museum Kata Andrea Hirata. Saat kamu kesini, kamu akan merasakan nuansa film dan novel best seller karya Andrea Hirata yang berjudul Laskar Pelangi.

Museum ini sangat inspiratif, dipenuhi dengan kata-kata indah, quotes yang menarik dengan makna sedalam lautan yang bisa bikin kamu sejenak terpaku merenung untuk meresapi maknanya. Puitis abis! Kreativitasmu juga bisa terpacu lho.

Laskar Pelangi memang tak bisa dipungkiri menjadi salah satu ciri khas Belitung. Oleh karenanya, saat novel dan film Laskar Pelangi sukses besar di pasaran, Andrea Hirata memutuskan untuk mendirikan Museum Kata di kampung halamannya di Gentong pada tahun 2010, dua tahun setelah filmnya dirilis.

Dokumentasi film Laskar Pelangi

Foto adegan film Laskar Pelangi, ruangan yang diberi nama sesuai dengan nama-nama tokoh dalam salah satu tetralogi karya Andrea Hirata tersebut dapat ditemukan di museum ini. Buku-buku sastra menarik dan terkenal juga bisa kamu temukan. Kalau mau ngemil, ada warung Kupi Kuli.

Butuh inspirasi dan motivasi? Atau kangen sama film Laskar Pelangi? Museum Kata bisa jadi pilihan wisata buatmu. Kalau ingin tau lebih lanjut mengenai museum ini, baca terus ya karena tiket.com akan merangkum semuanya buat kamu. So, atur jadwalmu dan cek tiket pesawat dan pesan hotel di Belitung di tiket.com.

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata
Sumber: Shutterstock.com

Museum ini adalah museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia yang terletak tidak jauh dari replika SD Laskar Pelangi. Berlokasi di Desa Gentong, Belitung Timur, Museum Kata didirikan untuk memberikan inspirasi bagi para generasi muda Indonesia agar mereka berani bermimpi dan berjuang mencapainya seperti semangat para anggota Laskar Pelangi.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak dan belajar mengenai karya-karya sastra penulis lokal maupun luar negeri, museum ini merupakan tempat yang sempurna. Terdapat lebih dari 200 literatur dari berbagai negara dan genre seperti musik, seni, hingga arsitektur, sobat tiket.

Desain museum ini juga unik dan menarik cocok untuk jadi background foto kamu. Kenapa? Karena dinding, pintu, dan jendela museum di cat berwarna-warni seperti pelangi. Bahkan bebatuan yang ada di sepanjang museum pun berwarna-warni. Cantik banget dan Instagrammable!

Di dalam museum, kamu juga bisa melihat bahkan membaca karya-karya Andrea Hirata baik yang berbahasa Indonesia maupun versi terjemahan berbagai bahasa. Akan tetapi, kamu cuma boleh baca di tempat ya, nggak boleh dibawa pulang novelnya.

Perjalanan karya sastra yang menjadi kebanggaan masyarakat Belitung akan dapat kamu rasakan sebab Museum Kata secara tidak langsung akan menceritakan perjalanan kisah tersebut saat kamu mengunjungi museumnya.

Ada beberapa ruangan unik yang dinamai sesuai dengan beberapa nama tokoh di novel Laskar Pelangi seperti Ikal, Lintang, dan Mahar. Ada juga Warung Kupi Kuli yang menyediakan camilan dan kopi khas Belitung.

Ruang Ikal

Tentu kamu pasti masih ingat dengan Ikal, tokoh utama di novel Laskar Pelangi. Di ruangan ini kamu bisa melihat beberapa cuplikan novel yang menggambarkan sosok Ikal, anak buruh timah di Belitung yang kecil, kurus, dan berambut ikal. Adegan-adegan Ikal di film Laskar Pelangi juga bisa dilihat karena foto-fotonya tersebar di dinding ruangan ini.

Ruang Lintang

Kurus, luar biasa cerdas, dan tak gentar untuk bertaruh nyawa demi mendapatkan pendidikan. Itulah sosok Lintang, sahabat sang tokoh utama. Karena Lintang adalah anak yang selalu tersenyum, kamu akan banyak melihat foto senyum cerah lintang menghiasi ruangan ini. Ada juga sepeda Lintang yang dia pakai di film Laskar Pelangi.

Ruang Mahar

Mahar adalah sosok seniman nyentrik yang sangat pintar dalam bidang seni. Di dalam ruangan ini, kamu akan menemukan foto-foto Mahar dan seniman favorit yang menjadi inspirasinya termasuk sang raja dangdut Rhoma Irama. Gambar-gambar Mahar yang unik juga dipajang dalam ruangan ini.

Warung Kupi Kuli

Ingin sejenak bersantai dan mengisi perut setelah mengelilingi museum? Kamu bisa mampir ke Warung Kupi Kuli yang menyediakan makanan ringan seperti gorengan, teh, dan kopi khas Belitung dengan harga yang sangat terjangkau.

Warung kopi ini masih satu komplek dengan Museum Kata. Desain warung ini seperti dapur masyarakat Belitung tempo dulu dengan berbagai poster dan quote tertulis di dinding dapur. Ada meja pos tua dan perlengkapan pos di sudut warung.

Kamu bisa memilih dan nulis kartu pos yang akan dikirim langsung dari museum baik ke dalam negeri maupun luar negeri. Letak kartu posnya persis sebelum Warung Kupi Kuli.

Bagaimana Cara Menuju ke Museum Kata?

Museum Kata Andrea Hirata
Sumber: Shutterstock.com

Museum ini terletak di Lenggang, Gantong, Kabupaten Belitung Timur dan dapat ditempuh dari pusat kota selama kurang lebih 1,5 jam dengan kendaraan bermotor. Kamu bisa naik taksi, bus, angkutan umum, atau menyewa kendaraan untuk ke Museum Kata. Hanya saja, bus cuma ada sampai siang.

Museum Kata buka dari jam 09.30-17.00 setiap hari dan pengunjung  dikenakan biaya masuk Rp50.000/orang.

Kuliner di Belitung Timur

1. RM Sinar Laut

Rumah makan ini menyediakan aneka olahan masakan laut dan berlokasi di pinggir pantai. Untuk mencapai RM Sinar Laut dari Museum Kata, diperlukan waktu sekitar 30 menit dengan kendaraan bermotor. RM ini merupakan salah satu resto seafood favorit masyarakat di Belitung Timur.

Resto ini juga menyediakan menu non-seafood seperti nasi goreng dan ayam goreng dengan harga yang cukup terjangkau. Resto ini buka mulai dari jam 10.00-21.00.

2. RM Fega

Terletak di pinggir danau, RM Fega didesain seperti berada di kapal. RM ini populer banget di kalangan wisatawan yang pergi ke Belitung Timur dan cocok buat yang bawa rombongan atau keluarga. Menu utamanya seafood tapi menu khas Belitung Sup Gangan juga ada disini.

Lokasinya berada di Jl. Jend.Sudirman, Manggar dan bisa dicapai dalam waktu 30 menit dari Museum Kata dengan kendaraan bermotor. Harganya lumayan terjangkau dan buka dari jam 09.00-22.00.

3. Basingla Belitung

Di Basingla Belitung, kamu bisa menemukan menu-menu yang sudah tidak asing seperti nasi goreng, ayam bakar, ayam geprek, roti panggang, dan kentang goreng.

Pas buat kamu yang pengen nongkrong atau pengen makan yang pedes-pedes soalnya Basingla Belitung itu salah satu tempat hits buat makan ayam geprek dengan topping yang bervariasi kayak mozzarella, salted egg, dan mie lada hitam.

Kamu bisa pilih mau cabe berapa. Bisa buat challenge nih! Harganya juga terjangkau dan bisa dicapai dalam waktu sekitar 25 menit dari Museum Kata. Lokasinya di Padang, Manggar, Belitung Timur dan buka dari jam 10.30-22.00. Hari Kamis tutup ya.

Itulah ulasan mengenai Museum Kata Andrea Hirata. Keren dan inspiratif kan? Jadi, sempatkan mampir kesana ya saat kamu liburan di Pulau Belitung. Kalau kamu suka museum, bisa nih dibaca rekomendasi tiket.com 7 Museum di Jakarta Populer, Asyik Buat Nambah Pengetahuan. Apa lagi yang kamu tunggu? Yuk, eksplor Museum Kata Andrea Hirata!