,

5 Kawasan Kuliner Enak di Tokyo, Pecinta Kuliner Harus Tahu!

Absen dulu! Daerah mana saja yang sudah sobat tiket tuju buat berburu kuliner enak? Gimana kalau luar negeri? Sudah pernah ke Tokyo belum? Psst, katanya, banyak banget tempat kuliner enak di Tokyo yang harus kamu cobain kalau melancong ke Negeri Sakura ini. Bener nggak, sih?

Tokyo menjadi daerah yang paling sibuk di Jepang. Nggak salah sih, karena selain memiliki penduduk paling banyak, Tokyo juga berperan sebagai ibu kota Jepang. Jadi, sudah pasti dong kota ini sibuk banget, karena semua pusat pemerintahan Jepang ada di kota ini.

Kuliner Enak di Tokyo, Kamu Harus Tahu!

Nggak puas ya, pastinya, kalau jalan-jalan ke Tokyo tapi nggak nyobain kuliner-kulinernya yang katanya rasanya otentik banget itu? Padahal, sudah jauh-jauh melancong ke luar negeri segala. Nah, supaya kamu nggak nyesel, nih rekomendasi tempat kuliner enak yang bisa kamu sambangi kalau ke Tokyo.

1. Ramen Mahal tapi Paling Enak di Jepang, Ramen Ichiran

Kalau sobat tiket suka banget sama ramen, pasti nggak akan lupa nyobain ramen yang katanya paling enak di Tokyo. Namanya Ramen Ichiran, katanya mi asli Jepang ini enaknya kebangetan. Ramen sendiri memang sudah seperti makanan sehari-hari di Jepang.

Bedanya sama ramen lain yang ada di Jepang, Ramen Ichiran punya macam-macam topping yang bisa kamu pilih dari mesin otomatis. Mulai dari bahan sampai level kepedasannya bisa kamu atur sendiri dari mesin. Nggak heran kalau Ramen Ichiran memiliki harga yang terbilang mahal.

Saking ramainya nih, kamu harus rela antre berjam-jam cuma buat mencicipi semangkuk panas dan pedas Ramen Ichiran. Nih, tips buat kamu yang nggak mau ngantre, datangnya pagi antara jam 06.00 sampai 09.00 atau tengah malam pukul 00.00 sampai 02.00 waktu setempat.

Lokasi: Shibuya, Tokyo, Jepang

Jam Buka: Setiap hari selama 24 jam

2. Berburu Kuliner Khas Jepang di Asakusa

Sumber: Shutterstock.com

Kuliner enak di Tokyo selanjutnya bisa kamu jumpai di Distrik Asakusa. Distrik ini sangat terkenal dengan suasana Jepang tempo dulu yang begitu kentara. Sensoji, kuil Budha yang paling terkenal di Asakusa, dibangun sejak abad ke-7 dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Kalau kamu sudah ke kuil yang jadi ikonik di Distrik Asakusa ini, sekarang waktunya kamu berburu kuliner. Nih, beberapa rekomendasi makanan dan tempat makan di Asakusa yang bisa kamu tuju buat isi perut, ada tempura, unagi, gelato, dan kue-kue enak di Asakusa Kagetsudo.

Kalau masih kurang, kamu juga bisa main ke Umezono. Di sini terkenal banget sama semua makanan yang rasanya manis. Ada kakigori atau es serut, yokan, dorayaki, anmitsu, dan oshiruko. Nggak harus makan di tempat, kamu juga bisa jajan buat dibawa pulang.

Lokasi: Distrik Asakusa, Tokyo, Jepang

Jam Buka: Bervariasi sesuai dengan kebijakan masing-masing gerai.

3. Mencicipi Okonomiyaki di Restoran Tradisional Tokyo, Sometaro

Sumber: Shutterstock.com

Okonomiyaki nggak pernah lepas dari kudapan yang super enak di Jepang. Tahu, kan, makanan yang mirip banget sama martabak kalau di Indonesia ini? Di Jepang, okonomiyaki itu disebutnya pancake. Namun, rasanya nggak manis seperti panekuk kebanyakan, melainkan asin gurih.

Nah, sekarang, kamu nggak susah lagi atau harus ke Jepang kalau mau mencoba enaknya camilan ini. Okonomiyaki sudah bisa kamu jumpai di Indonesia, bahkan hampir di setiap sudut kota besar juga ada. Kalau kamu mau mencoba membuat sendiri juga nggak susah, kok!

Beda lagi ceritanya kalau kamu pengen nyobain okonomiyaki yang rasanya Jepang banget. Ada nih satu tempat yang pas banget buat kamu datangi. Namanya Restoran Sometaro, restoran tradisional yang ada di Distrik Asakusa.

Di restoran ini, kamu akan merasakan sensasi menikmati sajian lezat khas Jepang okonomiyaki tempo dulu. Bangunan restorannya masih sangat kuno, begitu pula dengan pilihan interiornya. Pokoknya beneran klasik deh, restoran satu ini!

Uniknya lagi, kamu bisa makan okonomiyaki dengan memasaknya sendiri, lho! Ada beberapa meja di restoran yang dilengkapi sengan fasilitas wajan pembuat okonomiyaki. Wih, pasti seru banget dong ya, bikin okonomiyaki sendiri! Soal rasa nanti saja, yang penting bisa bikin dulu.

Lokasi: Distrik Asakusa, Tokyo, Jepang

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 12.00 sampai 22.30 waktu setempat.

4. Restoran Tonkatsu Terbaik di Tokyo, Katsukura

Sumber: Shutterstock.com

Jepang memang terkenal dengan makanan non-halalnya. Jadi, sebelum mencicipi makanan di sana, ada baiknya kamu tanyakan dulu sama penjualnya, apakah makanan yang dijual halal atau tidak. Jangan sampai kelupaan, ya!

Nah, kuliner satu ini khusus buat sobat tiket yang bisa menikmati makanan non-halal. Tonkatsu yang ada di restoran Katsukura pas banget kamu singgahi. Katanya nih, hidangan tonkatsu yang ada di restoran ini nggak ada duanya, lho!

Tonkatsu sendiri adalah hidangan berupa daging babi yang digoreng dengan tepung dan diiris-iris. Makanan ini sekilas mirip dengan chicken katsu, bedanya hanya pada daging yang digunakan. Di Katsukura, menu tonkatsu dibuat dengan bumbu-bumbu yang memiliki cita rasa Jepang banget.

Selain tonkatsu, kamu juga bisa menemukan banyak menu lain yang rasanya nggak kalah juara di Restoran Katsukura ini. Nggak perlu khawatir nggak kebagian, restoran ini buka sampai malam kok, jadi pas banget kalau kamu mampir ketika nggak sempat makan siang. Mau siang atau malam, tetap saja enak!

Lokasi: Shibuya-ku, Tokyo, Japan

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 11.00 sampai 23 waktu setempat.

5. Nishi-nippori, Kuliner Ekspres Buat yang Buru-Buru

Tempat kuliner di Tokyo terakhir adalah Nishi-nippori. Sebenarnya, Nishi-nippori itu adalah salah satu stasiun yang sibuk di Jepang. Nah, adanya gerai-gerai makanan ini pastinya membantu banget buat masyarakat Jepang yang buru-buru sampai nggak sempat sarapan.

Layaknya stasiun yang ada di ibu kota, ada banyak banget gerai yang bisa kamu jumpai di kawasan Nishi-nippori ini. Kedai kopi, kedai roti, pilih deh apa yang kamu mau. Meski sama dengan suasana hiruk pikuk ibu kota, tetap saja ada pengalaman unik yang nggak akan kamu lupain kalau nyobain sarapan ala masyarakat Jepang di sini!

Kalau kamu ingin mendapatkan suasana khas Jepang yang super sibuk, datang saja pagi-pagi di hari kerja. Meski kamu nggak ikutan berdesakan di kereta, kamu bisa mengabadikan momen-momen unik sembari menyantap aneka makanan enak yang ditawarkan.

Lokasi: Sepanjang Stasiun Nishi-nippori

Jam Buka: Setiap hari sesuai dengan masing-masing gerai.

Mau Coba Kuliner Jepang yang Lain?

Memang, tidak semua kuliner enak di Tokyo ini bisa dinikmati buat kepercayaan tertentu. Nah, kalau kamu termasuk pelancong yang harus menikmati makanan halal, tidak perlu khawatir. Jepang juga punya restoran halal, dan kamu wajib banget nyobain! Apa sih, yang nggak dipunyai Jepang?

Namun, kam nggak boleh kamu lupa, ya, sobat tiket. Mau ke mana saja tujuannya, pesan tiket pesawat dan cari hotelnya harus di tiket.com. Kenapa? Tentu saja karena harganya murah dan promonya segambreng! Apalagi kalau kamu main ke luar negeri, makin banyak bonusnya!