,

Rekomendasi Itinerary 5D4N Tokyo, Kyoto dan Nara

Sudah mantap mau liburan ke Jepang? Pertama-tama susun rencana perjalananmu dulu ya. tiket.com ada rekomendasi itinerary 5D4N ke Tokyo dan Kyoto nih yang cukup padat tapi tetep seru dong.

Eksplor kota-kota terkenal di Jepang seperti Tokyo, Osaka dan Kyoto memang membutuhkan waktu yang nggak sebentar biar bisa maksimal. Oleh karenanya, rencana perjalanan sangat penting supaya kamu nggak kebingungan saat sudah sampai di Jepang.

Nah, buat kamu yang jadwal liburnya mepet banget tapi pengen jelajah nggak cuma Tokyo saja, kamu bisa nih baca rekomendasi itinerary tiket.com. Semoga bisa kasih pencerahan dan membuatmu makin mantap untuk terbang ke Jepang. Jangan lupa kalau mau ke Jepang, book akomodasi dan tiket pesawat di tiket.com, ya!

Itinerary 5D4N di Tokyo, Kyoto dan Nara

What? emang bisa ke 3 kota yang berbeda dalam waktu 5 hari? Bisa dong. Memang capek sih tapi menyenangkan dan pasti memorable. Jangan lupa beli JR pass ya untuk memudahkan berpindah dari satu kota ke kota lain dengan kereta.

Silakan di baca ya itinerary rekomendasi tiket.com. Pasti jadi semangat deh habis baca.

Hari ke I (Bandara – Hotel – Shinjuku)

  • Tiba di Bandara Internasional Narita atau Haneda

  • Check in Hotel

  • Istirahat 

  • Ke Shinjuku 

  • Makan malam

Sumber: Shutterstock.com

Untuk hari pertama itinerary 5D4N di Tokyo, Kyoto dan Nara dimulai di Tokyo. Dengan kondisi sampai di sana sudah sore, tiket.com merekomendasikan kamu untuk eksplor Shinjuku setelah beristirahat sejenak di hotel. Shinjuku merupakan salah satu area di Tokyo yang terkenal akan berbagai hiburan dan tempat belanja yang akan memanjakan mata kamu!

Daerah ini hampir tidak pernah tidur, sobat tiket. Jadi kamu bisa eksplor sampai kamu capek. Di sini juga ada sekitar 200 restoran ramen. Bisa nih jadi menu makan malam pertama di Jepang. Beberapa restoran menawarkan pilihan ramen vegan dan halal lho.

Hari ke II (Shibuya – Taman Inokashira – Roppongi Hills Mori Tower)

  • Sarapan di Hotel

  • Eksplor Shibuya

  • Makan Siang di Shibuya

  • Ke Taman Inokashira 

  • Ke Roppongi Hills Mori Tower

  • Makan malam di daerah Roppongi

Rekomendasi itinerary hari kedua adalah jelajah Shibuya. Habis sarapan, kamu bisa langsung ke area yang terkenal sebagai surga belanjanya anak muda! Selain belanja, ada banyak lho destinasi wisata di area ini. Ada patung Hachiko si anjing setia dari Akita yang selalu menunggu majikannya di Stasiun Shibuya sampai akhir hayat.

Kamu akan melihat banyak turis mengantri untuk foto di dengan latar patung Hachiko. Kamu juga jangan lupa mampir ya. Setelah itu, kamu bisa ke persimpangan Shibuya yang terkenal itu buat merasakan sensasi menyebrang bersama ribuan orang dalam waktu bersamaan.

Untuk makan siang, ada banyak kok restoran di Shibuya. Kamu bisa coba makan sushi nih di sini. Udah kenyang, lanjut yuk ke Kuil Meiji Jingu yang juga terletak di Shibuya. Kuil ini asri banget karena ada 365 jenis pohon yang ditanam di area kuil dengan jumlah 120.000 batang pohon! Meiji Jingu juga terkenal sebagai tempat pernikahan. Siapa tau kamu lagi beruntung pas kesana jadi bisa lihat prosesnya.

Lanjut ke Taman Inokashira buat bersantai dan naik perahu kecil untuk menyusuri sungai. Indah banget deh. Malamnya, kamu bisa ke Roppongi Hills Mori Tower untuk melihat Tokyo dari ketinggian. Dari sini Tokyo Tower dan Tokyo Skytree bisa terlihat lho. Lapar? Ada cukup banyak restoran di area Roppongi.

Hari ke III (Kyoto – Hotel – Kiyomizudera – Fushimi Inari Taisha)

  • Sarapan di hotel

  • Check out

  • Menuju Kyoto naik kereta Shinkansen

  • Menitipkan barang di hotel

  • Ke Kiyomizudera

  • Makan siang di Gion

  • Ke Fushimi Inari Taisha

  • Kembali ke hotel

Rekomendasi hari ketiga adalah ke Kyoto, biar kamu ada waktu untuk eksplor. Begitu sarapan di hotel, langsung check out dan ke stasiun shinkansen terdekat buat ke Kyoto. Kalau kamu punya JR Pass, kamu bisa naik kereta shinkansen hikari gratis dan bisa mencapai Kyoto dalam waktu 2 jam 40 menit.

Begitu sampai, langsung titipin barang di hotel dan pergi ke Kiyomizudera yang merupakan kuil paling terkenal di Kyoto. Dari aula utamanya yang berupa panggung, kamu bisa melihat pemandangan alam super indah. Kalau kesini pas musim gugur, kamu bisa melihat daun pepohonan berubah warna menjadi kuning kemerahan.

Habis dari sini lanjut ke Gion untuk mencari restoran khas Kyoto. Kamu juga bisa sekalian lihat-lihat kawasan yang masih sangat kental nuansa Jepangnya. Banyak rumah-rumah tradisional berjajar dengan rapi. Cocok deh buat foto-foto.

Kalau udah kenyang dan puas liat daerah Gion, lanjut ke Fushimi Inari Taisha, kuil Shinto yang memiliki sepuluh ribu gerbang merah. Cakep banget dan sangat instagrammable. Kuil ini terletak di kaki Gunung Inari yang tingginya 233 meter. Kalau sempat, kamu bisa juga mendaki gunungnya.

Pasti udah capek keliling, kamu bisa mampir cari makan sebelum balik ke hotel untuk check-in dan istirahat!

Hari ke IV (Nara)

  • Sarapan di hotel

  • Naik kereta ke Nara

  • Eksplor Taman Nara

  • Ke Higashimuki Shopping Center

  • Kembali ke Kyoto

Sumber: Shutterstock.com

Rekomendasi hari keempat adalah ke Nara yang bisa dicapai dalam waktu 45 menit dengan naik kereta. Gratis kalau punya JR Pass. Begitu sampai, kamu bisa langsung ke Taman Nara.

Di taman ini, kamu bisa melihat rusa-rusa berkeliaran dengan bebas. Mereka jinak kok dan kamu bisa memberi makan mereka dengan membeli biskuit khusus ‘shika senbei’ yang banyak di jual di area taman. Kamu juga bisa foto bareng mereka lho.

Habis puas main sama rusa, kamu bisa makan siang di area dekat Kuil Todaiji yang masih berada di dalam kompleks taman. Ada restoran dan street food juga. Pas udah kenyang, bisa eksplor kuilnya. Kuil Todaiji ini memiliki pintu masuk yang luar biasa megah bernama Pintu Nandaimon.

Kuil Todaiji memiliki patung Buddha yang besar banget dengan tinggi hampir 15 meter dan berat mencapai 550 ton. Patung ini ditempatkan di bangunan kayu terbesar di dunia setinggi 48 meter! Keren kan?

Sebelum balik ke Kyoto, kamu mampir dulu ke Higashimuki Shopping Street buat cari jajanan khas Nara dan belanja oleh-oleh. Lebih murah lho disini harganya, sobat tiket. Shopping street ini dekat banget sama stasiun Kintetsu Nara. Asik kan. Kalau mau, kamu bisa sekalian makan malam juga di sini.

Hari ke V (Kastil Nijo – Bandara Internasional Osaka)

  • Sarapan di hotel

  • Ke Kastil Nijo

  • Check out dari hotel

  • Menuju Bandara Internasional Osaka

Di hari terakhir ini, tiket.com ngerekomendasiin kamu buat ke Kastil Nijo yang sudah buka sejak jam 08.45. Kastil ini dibangun pada tahun 1603 oleh klan Tokugawa. Tidak hanya sebagai kastil, tempat ini juga digunakan sebagai benteng pertahanan.

Eksplor Kastil Nijo bakal membuat kamu terbayang gimana Jepang di masa lalu. Kalau kamu suka arsitektur dan sejarah, pasti makin semangat pas di sini. Kastil Nijo ini masuk dalam UNESCO World Heritage Site!

Setelah keliling dan foto-foto di kastil, kamu bisa kembali ke hotel untuk check out dan siap-siap untuk pulang. Bandara Internasional Osaka bisa dicapai dalam waktu 50 menit dengan mobil atau bus dari Kyoto dan merupakan bandara terdekat.

Gimana menurut kamu? Cukup oke kan. Kuy, pesan tiket pesawatmu ke Jepang di tiket.com. Rajin-rajin di cek soalnya suka ada promo! Kalau mau cari hotel di Tokyo, bisa nih dibaca 7 Hotel Kapsul Nyaman di Tokyo. Mantap jiwa!!