,

10 Wisata Alam Jepang Favorit Turis, Indah Banget!

Sebagai salah satu negara yang populer di kalangan para wisatawan, Jepang menawarkan berbagai macam jenis wisata termasuk wisata alam yang indah banget. Mulai dari gunung, air terjun hingga padang pasir ada di negeri Sakura ini. 

Kerennya lagi semua keindahan alam ini terawat dengan baik dan bersih. Berbagai tempat juga bisa dijangkau dengan transportasi umum. 

Jadi, buat kamu yang mau cari suasana beda dan mau eksplor biar nggak cuma Tokyo doang, kuy ke tempat-tempat wisata alam yang membuat liburanmu makin memorable.

Top 10 Wisata Alam Ciamik di Jepang

Ngomongin wisata alam Jepang sih sebenarnya banyak banget, sobat tiket. Lokasi spot wisatanya juga tersebar di berbagai kota. 

Akan tetapi, tiket.com udah merangkum 10 tempat wisata alam di Jepang yang bisa kamu pertimbangkan untuk dikunjungi. Dibaca yaa!

1. Gunung Fuji

Siapa yang nggak tau Gunung Fuji yang tersohor ini. Harus banget kesini pas liburan ke Jepang, apalagi kalau kamu suka wisata alam. Berlokasi di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jepang dengan tinggi 3.776 meter. 

Sumber: Shutterstock.com

Gunung Fuji bisa didaki di awal bulan Juli sampai September awal saja. Saat musim pendakian di bulan Juli dan Agustus, kamu bisa naik bus langsung ke stasiun yang terletak di kaki Gunung Fuji. Ada pilihan empat rute pendakian tapi yang paling populer adalah Rute Yoshidaguchi karena lebih landai. 

Kalau kamu nggak kuat naik gunung, kamu tetep bisa menikmati keindahan Gunung Fuji di seputaran stasiun. Pemandangannya indah dan asri banget. Kalau cuaca cerah Gunung Fuji bisa terlihat jelas. Cuaca disini cukup dingin jadi pastiin kamu pake jaket yang cukup tebal ya. 

Lokasi      : Gunung Fuji, Kitayama, Fujinomiya, Shizuoka 418-0112

Akses      : Bus dari Shinjuku ke Fuji 5th Station (2.700 yen)

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

2. Padang Pasir Tottori

Padang pasir nggak cuma bisa ditemukan di Timur Tengah, sobat tiket. Di Jepang juga ada dan keren abis tempatnya yaitu di Prefektur Tottori! Padang Pasir Tottori ini cukup luas sekitar 30 kilometer persegi. Siapin tenaga ya untuk mendaki bukit-bukit pasir disini. 

Capek? Kamu juga bisa naik unta dengan membayar sekitar 1.300 yen per orang. Kalau mau naik satu unta berdua bayarnya 2.500 yen. Mau paragliding atau berselancar di atas pasir juga boleh. Seru abiss!!

Disarankan untuk nggak kesini pas musim panas dari bulan Juli sampai Agustus soalnya cuacanya nggak bersahabat. Panas banget dan kering! 

Lokasi         : 2164-661 Fukubecho Yuyama, Tottori, 689-0105

Akses          : Bus kota dari Stasiun Tottori yang menuju Tottori Sakyu, turun di halte terakhir (370 yen)

Tiket masuk : Gratis

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

3. Air Terjun Nachi

Air terjun setinggi 133 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Jepang yang berlokasi di Wakayama. Dikelilingi perbukitan dan pepohonan hijau serta pagoda, pemandangan di sekitar air terjun ini luar biasa indah! Kamu bisa melihat bahwa alam di sekitar kawasan air terjun ini sangat terjaga. 

Untuk mencapai lokasi ini membutuhkan tenaga yang lumayan karena harus naik ratusan anak tangga dari jalan utama. Tapi percaya deh, kamu pasti nggak akan menyesal. 

Percikan air terjun yang membasahi wajahmu akan memberikan sensasi tersendiri pas kamu sudah sampai. Kalau mau foto dengan latar air terjun, kamu harus masuk ke kuil ya.

Lokasi         : Nachisan, Nachikatsuura, Higashimuro District, Wakayama 649-5301

Akses          : Bus dari Stasiun Kiikatsuura turun di halte Nachi-no-Taki-mae (620 yen)

Jam Buka    : 24 Jam

Tiket masuk : 300 yen per orang

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

4. Gunung Hakodate

Mau ke Hakodate? Pemandangan malam sejuta cahaya tuh terkenal banget disana dan bisa kamu lihat di Gunung Hakodate. Di puncak gunung ini, kamu bisa melihat dari pemandangan laut Hokkaido yang berwarna biru jernih. Lautnya terlihat dekat lho karena memang letak gunung ini dekat dengan laut. 

Kalau mau lihat pemandangan malam yang super keren dan juga romantis bersama pasangan juga oke sambil makan malam. Kelap kelip cahaya lampu terlihat seperti kunang-kunang yang berterbangan! 

Kalau mau ke Gunung Hakodate, kamu tinggal naik kereta gantung dari kaki gunung. Cuna 3 menit, sampai deh ke puncak gunung.  Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, bisa di cek disini.

Lokasi         : 19-7 Motomachi, Hakodate-shi, Hokkaido

Akses          : Bus atau trem dari Stasiun Hakodate, turun di Jujigai (210-240 yen)

Jam Buka    : 10.00-21.50

                       (25 April-15 Oktober)

                       10.00-20.50 (16 Oktober-24  

                       April)

Tiket masuk : kereta gantung 1.280 yen/orang (PP)

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

5. Kyoto

Sebagai ibukota kekaisaran Jepang sejak abad ke-19, Kyoto memiliki banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur Jepang. Ada sekitar 18 monumen bersejarah di kota ini yang bisa kamu kunjungi saat lagi liburan ke Kyoto.

Sumber: Shutterstock.com

Mengelilingi Kyoto dan berbagai monumen bersejarahnya bisa bikin terkagum-kagum dengan arsitektur Jepang zaman dulu. Kalau mau ke Kyoto dari Tokyo kamu bisa naik shinkansen atau bus.

Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah kuil Kiyomizudera yang letaknya di sekitar air terjun Otawa. Saat musim gugur, kamu bisa melihat perubahan warna daun pepohonan tinggi di sekitar kuil dari warna kuning menjadi merah.

Akses          : dari Tokyo Willer bus atau shinkansen (17.600 yen dicover oleh JR Pass)

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

6. Takachiho Gorge

Terletak di Miyazaki, Takachiho Gorge adalah ngarai yang berbentuk seperti huruf V yang terbentuk 120 juta tahun yang lalu dari lava letusan Gunung Aso! Tinggi jurangnya bisa sampe 100 meter lho. Jadi, bisa dipastikan pemandangan disini ciamik banget. 

Kamu bisa menikmati air terjun setinggi 17 meter dan naik perahu dayung menyusuri sungai yang diapit oleh ngarai. Airnya jernih berwarna kebiruan, luar biasa indah! Kamu bisa sewa perahu dengan harga 2.000 yen untuk 30 menit. Satu perahu muat untuk 3 orang. 

Ada juga kuil yang berusia 1.800 tahun lho disini. Kalau sudah selesai menikmati keindahan alam Takachiho Gorge, kamu bisa isi perut di restoran-restoran yang ada disini. Mau beli oleh-oleh juga bisa karena ada juga toko souvenir!

Lokasi         : Mukoyama, Takachiho, Nishiusuki District, Miyazaki 882-1103

Akses          : Bus dari Stasiun Kumamoto (2.370 yen)

Jam Buka    : 24 Jam

Tiket masuk : 700 yen/orang

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

7. Lembah Neraka

Serem banget kan namanya? Tapi keunikan tempat ini nggak sehoror namanya kok. Dikenal dengan nama Jigokudani Noboribetsu, lembah ini terletak di Hokkaido. Jigokudani punya kawah aktif dan tebing-tebing curam berwarna merah dan air panas bersuhu sampai 130 derajat! Karena itu, tempat ini dinamakan lembah neraka. 

Wisata alam yang menawarkan pemandangan dan suasana ala gunung vulkanik ini unik dan jarang ada lho. Makanya kamu mesti coba kesini, sobat tiket. Untuk menikmati pemandangan lembah neraka ini, disediakan jalan setapak kayu yang berujung pada kolam air panas Tessen Pond. Cakep banget pokoknya!

Oh ya, kamu bisa lho merendam kaki sambil melihat pemandangan lembah di Sungai Oyunumagawa yang masih berada di wilayah lembah ini. Pas musim gugur, pemandangannya lebih ciamik lagi karena warna daun pepohonannya berwarna-warni.

Lokasi          : Noboribetsuonsencho, Noboribetsu, Hokkaido 059-0551

Akses           : Kereta Express Super Hakuto dari Stasiun Sapporo (sekitar 3.960 yen)

Jam Buka     : 08.00-18.00

Tiket masuk : Gratis

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

8. Taman Odori

Sumber : Shutterstock.com

Taman Odori ini adalah taman yang terletak di jantung kota Sapporo yang luar biasa keren. Dengan luas 1,5 km, taman ini merupakan rumah dari 4.700 pohon dari 92 jenis! Selain pepohonan, kamu juga bisa melihat warna warni berbagai bunga seperti tulip dan lilac. 

Banyak spot-spot unik di taman ini seperti air mancur, kebun bunga mawar, patung, museum sejarah Sapporo sampai menara TV Sapporo setinggi 3 lantai! Kamu bisa masuk ke menaranya lho kalau mau dengan membayar 720 yen.

Ke taman Odori di musim apapun akan selalu mengasyikan sebab selalu ada festival yang berbeda di setiap musim. Kalau musim semi ada Festival Lilac, pas musim panas ada Festival Soran Yosakoi dan Beer Garden, sedangkan pada musim gugur diadakan Autumn Fest yang menyediakan berbagai makanan khas Hokkaido. Ketika musim dingin diselenggarakan Festival Salju tingkat dunia!

Lokasi          : Chome Odorinishi, Chuo Ward, Sapporo, Hokkaido 060-0042

Akses            : Jalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Sapporo

Jam Buka     : 24 Jam

Tiket masuk : Gratis

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

9. Gua Akiyoshido

Gua Akiyoshido merupakan salah satu gua terbesar di Jepang. Terletak di Yamaguchi, gua ini tingginya sekitar 24 meter dan panjangnya sampai 10 km. Akan tetapi, yang dibuka untuk pengunjung cuma 1 km. Cocok lah buat kamu yang suka bertualang.

Ada air sungai mengalir di dalam gua dengan formasi batuannya bertingkat seperti terasering di sawah. Kamu bisa bersantai menikmati keindahan gua sambil duduk-duduk. Seru deh!

Uniknya, suhu di gua ini hampir selalu 17 derajat celcius di musim manapun! Jadi kalau musim panas, gua ini nggak ikutan panas dan hangat saat musim dingin. 

Lokasi         : Akiyoshidai Shuhocho Akiyoshi, Mine, Yamaguchi 754-0511

Akses          : Bus bocho dari stasiun JR Shin-Yamaguchi

Jam Buka    : 08.30-17.30 (Maret-November)

                        08.30-16.30         

                        (Desember-Februari)

Tiket masuk : mulai dari 300 yen

*Harga berlaku saat tulisan ini dibuat

10. Pulau Yakushima

Mau berpetualang di Jepang? Coba ke Pulau Yakushima yang berada di bagian selatan Kyushu. Pulau yang terletak di Kagoshima ini merupakan situs warisan dunia! Kamu bisa ngelakuin apa aja disini. Jelajah hutan, main di pantai, sampai trekking. 

Kalau mau jelajah hutan, kamu bisa ke hutan wisata Yakusugi Land. Disini kamu akan jalan-jalan diantara hutan rimba sambil menikmati keindahan pohon cedar. Udah ada tangga dan jalan yang terbuat dari kayu lho untuk menjelajahi hutannya. Kalau mau yang lebih menantang, trekking aja!

Kalau mau santai di pantai, kamu coba ke Pantai Nagata-Inaka hama. Pantainya bersih berpasir putih dan airnya jernih. Di pantai ini juga banyak penyu yang datang untuk bertelur. 

Lokasi         : Yakushima-cho, Kumage-gun, Kagoshima-ken

Akses          : Pesawat atau ferry dari pelabuhan Kagoshima

Situs resmi  : http://yakukan.jp/

Jepang memang luar biasa ya! Kalau mau liburan kesana tapi mau ke Tokyo aja baca deh Contoh Itinerary Jepang buat referensi. Pesen tiket pesawat sama booking hotelnya di tiket.com aja. Nggak pake ribet. Kuy, berangkat ke Jepang!